Connect with us
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna

Agama

80 Manfaat dan Khasiat Asmaul Husna untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Asmaul Husna atau Asma Allah Al Husna adalah 99 nama baik Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang menunjukkan pula sifat-sifat Ketuhanan-Nya. Di mana dari sembilan puluh sembilan nama tersebut, menjadi bukti akan Kekuasaan dan Kebesaran-Nya. Yang mengukuhkan keesaan-Nya, sehingga menjadikan Allah sebagai Tuhan yang Menciptakan dunia dan segala isinya menurut kehendak-Nya.

Manfaat Asmaul Husna

Asmaul Husna berasal dari dua kata, Asma yang artinya Nama, sedangkan Husna artinya Baik atau Indah. Jadi dapat disimpulkan bahwa ini merupakan sekumpulan nama penyebutan yang layak kepada Allah yang memanifestasikan akan sifat dan gelar-gelar yang Maha Agung dan Maha Tinggi.

99 Asmaul Husna :

Berikut di bawah ini adalah 99 nama-nama Allah yang baik lagi indah yang wajib diketahui dan diingat:

Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna

Manfaat Asmaul Husna Untuk Rejeki :

1. Memudahkan Keuangan

Khasiat asmaul husna bisa untuk memudahkan urusan keuangan. Sebab pada dasarnya 99 nama-nama Allah ini bisa dijadikan dzikir harian untuk mendatangkan rejeki berupa uang. Apalagi dengan memilih nama tertentu yang berhubungan dengan rejeki sebagai dzikir dan wirid sehari-hari, seperti Al Ghani (Maha Kaya). Dengan memilih asma Allah yang khusus seperti itu, diharapkan efeknya jauh lebih berasa.

2. Membuat Pekerjaan Jadi Mapan

Asmaul husna sesungguhnya adalah nama-nama Allah yang baik. Yang ditujukan sebagai pengingat bahwa Allah memang pantas disebut dengan berbagai nama yang mewakili urusannya. Pekerjaan adalah salah satu penyangga rejeki. Untuk membuat pekerjaan jadi selalu mapan, bisa mencoba dzikir Al Hafiz yang artinya Allah Maha Memelihara. Maksudnya adalah memelihara urusan makhluk-Nya seperti pekerjaan dan profesi, senantiasa dijaga dan dirawat oleh Allah, agar mapan.

3. Membantu Meraih Cita-Cita

Allah akan selalu membantu hamba-Nya untuk meraih cita-citanya. Segala macam hajat dan keinginan atau disebut cita-cita ini mudah saja dikabulkan dengan ridho-Nya. Sesuai dengan nama-Nya di dalam asmaul husna ini adalah Al Mujib, yang artinya Allah Maha Mengabulkan. Tiap keinginan manusia yang baik, pastilah dikabulkannya, cepat atau lambat. Asalkan dilandasi dengan ikhtiar dan tawakkal yang besar.

4. Memberi Karunia dan Rejeki

Tentu saja Allah adalah pembuka pintu rejeki dan karunia dari segala arah. Sebagaimana dalam asmaul husna ada Ar Razzaq (Maha Pemberi Rejeki) dan Al Wahhab (Maha Pemberi Karunia). Maka janganlah khawatir lagi mengenai karunia dan rejeki, jika sudah masanya pastilah akan diberikan. Bila sudah sampai pada masanya, pastilah sampai kepada diri manusia dan tidak akan pernah tertukar. Masing-masing orang mendapatkan bagiannya masing-masing.

5. Membantu Memecahkan Masalah yang Sedang Dialami

Segala permasalahan itu ada solusinya. Dan semua solusi bisa diperoleh dengan ilmu dan pengetahuan. Allah memiliki asmaul husna Al Alim yang artinya Maha Mengetahui (memiliki ilmu). Maka jangan ragu buat meminta petunjuk Allah mengenai masalah keuangan atau rejeki yang tak kunjung usai. Mintalah solusi dalam wujud terbaik, niscaya Allah akan memberikan itu. Asalkan diri benar-benar berusaha mengubah nasibnya di jalan yang lurus dan diridhoi Allah.

Manfaat Asmaul Husna untuk Rejeki lainnya :

6. Meningkatkan kemampuan dalam bekerja
7. Melatih perasaan syukur atas nikmat
8. Mengajarkan kedisiplinan
9. Mendorong untuk pasrah dan tawakkal
10. Menjadi wujud ikhtiar yang nyata
11. Memancarkan karisma kebaikan
12. Membuka peluang akan rejeki yang lebih baik
13. Memberikan posisi pekerjaan yang mapan
14. Mendorong untuk meraih cita-cita dengan semangat
15. Memperlancar aktivitas usaha dan bisnis
16. Memberikan ide usaha dan bisnis
17. Membuat rejeki jadi berkah
18. Melatih syukur dan sabar
19. Membuat jadi pribadi yang bertanggungjawab
20. Menjaga keimanan agar selalu percaya rejeki di Tangan Tuhan

Manfaat Asmaul Husna untuk Jodoh :

1. Memberikan Tanda-Tanda Hadirnya Jodoh

Allah memiliki asmaul husna Al Wajid yang artinya Maha Penemu dan Al Hadi yang artinya Maha Pemberi Petunjuk. Cobalah selama dalam pencarian jodoh, rutin wirid Al Wajid dan Al Hadi tiap harinya, sehabis sholat dan tiap saat ketika ingat. Niscaya diri akan dibimbing dalam menemukan jodoh melalui tanda-tanda hadirnya jodoh yang diberikan secara simultan oleh Allah. Yakinlah bahwa Allah Maha Penemu dan Allah memang telah menciptakan manusia secara berpasang-pasangan.

2. Membekali Diri untuk Jadi Imam yang Baik

Seorang suami pada akhirnya akan menjadi imam untuk keluarga yang dibinanya. Maka cobalah buat dzikir asmaul husna Al Wali yang artinya Maha Memerintah dan Al Wadud yang artinya Maha Mengasihi. Agar nantinya bisa tumbuh menjadi calon suami maupun suami yang bisa mengayomi dan memimpin anak istrinya di dunia maupun di surga.

3. Memantaskan Diri Menjemput Jodoh

Allah memiliki asma Al Hakim di antara 99 asmaul husna yang artinya Maha Bijaksana. Dengan melantunkan asma ini diharapkan makhluk Allah terpancarkan pula akan kebijaksanaan. Dengan sikap bijaksana ini, niscaya diri menjadi lebih pantas dalam menjemput jodoh. Sebab jodoh yang bijaksana adalah jodoh yang terbaik dan seharusnya dimiliki.

4. Mendatangkan Jodoh Terbaik dan Rupawan

Asmaul husna Allah ada yang bernama Al Musawwir yang artinya Maha Membentuk Rupa (makhluk-Nya). Wirid Al Musawwir bagus dilafalkan di kala sedang menanti jodoh. Agar nantinya didatangkan jodoh terbaik dengan paras yang rupawan. Dengan kondisi demikian niscaya bisa menambah nikmat dan syukur atas karunia jodoh ini. Sehingga kehidupan pernikahan pun akan samawa.

5. Memuliakan Pasangan Suami-Istri

Di dalam asmaul husna ada Al-Muʿizz yang artinya Allah Maha Pemberi Kemuliaan. Dengan rutin mengamalkan dzikir Al-Mu’izz niscaya sepasang suami istri akan mendapatkan kemuliaan di mata masyarakat. Rumah tangganya menjadi teladan bagi pasangan suami istri lain. Kehidupan rumah tangganya langgeng hingga maut memisahkan.

Manfaat Asmaul Husna untuk Jodoh lainnya :

6. Membantu wujudkan cita-cita pernikahan
7. Memberikan kedamaian jiwa
8. Menumbuhkan rasa sabar menanti jodoh
9. Menghilangkan ketakutan akan tiadanya jodoh
10. Mengendalikan nafsu birahi
11. Mencegah syahwat berlebih
12. Membuat keluarga jadi samawa
13. Mencegah perceraian
14. Melancarkan prosesi sebelum nikah
15. Menenangkan pikiran
16. Mencegah datangnya jodoh yang buruk
17. Membuat diri lebih menarik di mata pasangan
18. Melindungi pernikahan
19. Mencegah hadirnya orang ketiga
20. Merekatkan rumah tangga

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Istighfar untuk Rejeki, Jodoh, Dunia dan Akhirat

Manfaat Asmaul Husna untuk Dunia :

1. Melimpahkan Karunia

Allah Maha Pemberi Karunia, seperti dalam asmaul husna disebut sebagai Al Wahhab. Karunia dunia itu artinya memiliki banyak indikator, seperti rejeki, kesehatan dan kebahagiaan.. Ketika karunia dari Allah datang, sungguh tidak ada kesedihan dan penderitaan lagi di benak seseorang. Tiap hari dijalani dengan melimpah nikmat disertai rasa syukur dari dalam diri.

2. Membuat Aman dan Damai

Di antara asmaul husna, asma Allah disebut sebagai Al Mu’min yang artinya memberi keamanan. Dengan rutin berdzikir Al Mu’min tiap harinya sudah tentu manusia akan selalu merasa aman dan damai. Sebab Allah selalu menjaganya dalam tiap napas kehidupan. Perasaan aman dan damai inilah yang disebut sebagai kebahagiaan dunia, yang seringkali dicari oleh banyak orang.

3. Memberikan Keselamatan di Dunia

Allah Maha Memberikan Keselamatan, itulah yang tersurat dan tersirat dari asmaul husna AS-Salam. Keselamatan di dunia membuat manusia selalu hidup dalam kemudahan. Dirinya tidak gampang terperosok dalam kubangan ujian yang sulit yang terkadang membuat manusia menderita dan berpaling dari-Nya. Cobalah amalkan dzikir As-Salam ini agar memperoleh keselamatan dunia.

4. Mengampuni Dosa

Allah akan mengampuni dosa manusia melalui banyak cara, salah satunya adalah ibadah dengan cara dzikirullah. Kegiatan mengingat Allah tiap saat dibantu dengan amalan doa dan bacaan tertentu seperti asmaul husna pun bisa mengampuni dosa. Sebab di dalam asmaul husna itu sendiri ada Al Ghafur, yang artinya Allah Maha Pengampun. Sudahlah tentu Allah akan menerima usaha manusia buat menggugurkan dosa-dosanya itu.

5. Mendorong untuk Taubat Nasuha

Salah satu asmaul husna yakni At Tawwab yang artinya Allah Maha Penerima Taubat. Dengan selalu berdzikir At Tawwab tiap harinya, niscaya nurani akan terketuk buat taubat nasuha. Yakni taubat yang sesungguhnya taubat. Tidak akan mengulangi lagi perbuatan musyrik dan dosa yang selama ini selalu dikerjakan tanpa takut akan adanya hari pembalasan dan neraka.

Manfaat Asmaul Husna untuk Dunia Lainnya :

6. Meningkatkan rasa tawakkal
7. Membuat diri jadi bertanggungjawab
8. Melatih sabar dan ikhlas
9. Membangkitkan sikap bijaksana
10. Membuat jiwa raga sehat
11. Membuat rejeki selalu melimpah
12. Membuat diri lebih pandai bersyukur
13. Memberikan ketenangan mental
14. Mencegah sombong
15. Melapangkan dada
16. Melatih mental tangguh
17. Mencegah dan mengatasi gangguan psikis
18. Memotivasi diri
19. Menjernihkan pikiran
20. Memudahkan segala keinginan dan urusan dunia

Manfaat Asmaul Husna untuk Akhirat :

1. Memancarkan Cahaya Nurani

Membaca asmaul husna akan memancarkan cahaya nurani. Sebab bacaan ini, apalagi khusus untuk asma An-Nur menunjukkan sifat dan asma Allah sebagai Maha Pemberi Cahaya. Dengan nurani yang bercahaya, maka kelak ruh tidak akan tersesat ketika kembali pada Allah. Nurani yang bercahaya juga membuat manusia terlindung dari pengaruh sihir dan godaan syaitan terkutuk.

2. Menghapus Dosa

Rutin membaca asmaul husna bisa menghapus dosa-dosa yang telah lama. Sebab Allah Maha Pengampun lagi Maha Menyayangi. Yang mana sifat inilah yang akan selalu diingat di dalam sanubari, sehingga manusia tidak ragu untuk bertaubat nasuha sekarang juga. Meskipun sudah banyak sekali dosanya yang menggunung.

3. Menambah Iman

Tentu saja dengan melafalkan asmaul husna akan menambah kadar keimanan dalam diri seseorang. Sehingga orang menjadi lebih yakin dan mantap langkahnya di jalan yang lurus. Segala tindakannya di dunia selalu mempertimbangkan efeknya di akhirat. Hingga pada akhirnya nanti akan mendapatkan balasan yang bahagia berupa surga.

4. Meningkatkan Ketakwaan

Melantunkan dzikir asmaul husna tiap saat bisa meningkatkan ketakwaan. Ketika ketakwaan meningkat, ini ditandai dengan semakin kokohnya akidah. Ibadah yang tadinya malas-malasan berubah jadi rajin. Semata-mata karena menghadap perlindungan dan ampunan dari Allah atas segala macam dosa yang telah diperbuat.

5. Membuat Ruh Bersih

Tentu saja membaca asmaul husna tiap hari bisa membuat ruh jadi bersih. Dengan memiliki ruh yang bersih, seseorang akan semakin merasa damai hatinya. Selain itu cenderung mendapatkan kewibawaan di mata masyarakat karena dirinya memancarkan cahaya di raut wajahnya. Tiap untai kata yang keluar dari bibirnya adalah kebijaksanaan dan pelajaran yang berharga bagi orang lain. Kemudian tindakannya menjadi teladan.

Manfaat Asmaul Husna untuk Akhirat Lainnya :

6. Mencegah dari neraka jahanam
7. Menjauhkan dari fitnah dan godaan setan
8. Membuat nur diri memancar
9. Memancarkan wajah jadi benderang
10. Menenangkan jiwa raga
11. Mencegah siksa kubur
12. Memberikan pertolongan di hari akhir
13. Menyehatkan badan
14. Mencegah rusaknya nurani
15. Mengatasi penyakit psikis dan mental
16. Menumbuhkan rasa tawakkal dan pasrah
17. Mencegah dari keburukan
18. Menunjukkan jalan yang benar
19. Menuntun ke hari pembalasan yang baik
20. Menghindarkan siksaan akhirat

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Dzikir untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Melihat berbagai manfaat di atas, sudah selayaknya ummat Islam menghafalkan asmaul husna dan mengetahui berbagai arti dan makna dari nama-nama Allah yang baik ini. Penting pula untuk menjadikannya sebagai dzikir atau wirid harian, semata-mata untuk meningkatkan iman dan takwa kepada-Nya.

Continue Reading

Lainnya dari Agama

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top