40 Manfaat dan Khasiat Istighfar untuk Rejeki, Jodoh, Dunia dan Akhirat - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Istighfar, Manfaat Istighfar, Khasiat Istighfar

Agama

40 Manfaat dan Khasiat Istighfar untuk Rejeki, Jodoh, Dunia dan Akhirat

Istighfar atau Astaghfirullah merupakan tindakan meminta maaf atau memohon keampunan kepada sang pencipta yang sering dilakukan oleh umat Islam. Manfaat istighfar tentu meminta ampunan kepada Allah atas semua perbuatan-perbuatan dosa-dosa kita yang telah dilakukan. Baik itu pada saat lapang maupun sempit.

Istighfar, Astaghfirullah, Manfaat Istighfar, Khasiat Istighfar

Namun, pada umumnya, istighfar baru dilakukan pada saat seseorang tertimpa masalah berat yang penuh dosa. Ia merasa bingung dan tertekan sampai-sampai merasa tak ada orang yang mampu menolong. Pada saat itulah tanpa sadar ia memohon ampun pada Allah atas dosa-dosanya yang telah diperbuat.

Secara syariat, bila orang itu berdosa yang berhubungan dengan orang lain, maka meminta maaf kepada orang tersebut didahulukan dan dicari penyelesaian. Baru kemudian meminta mohon ampun kepada Allah. Bila perbuatan dosa yang dilakukan langsung berhubungan dengan Allah, lakukan sholat tobat dan berjanji tidak akan lagi mengulangi perbuatan dosa itu lagi.

Manfaat Istighfar Untuk Dunia :

1. Hati merasa tenang

Orang yang baru saja membaca atau mengucapkan istighfar akan merasakan hatinya lebih tenang. Hati terasa lebih lapang dan sinar-sinar illahi menyinari kalbunya yang sebelumnya terasa gelap. Hati yang tenang karena ia bisa jujur pada diri sendiri atas perbuatan dosa-dosa yang telah dilakukannya.

Loading...

2. Hati merasa lega

Masih terkait dengan kalbu atau hati, orang yang mengakui dosa-dosanya dan meminta ampun pada sang pencipta, Allah sendiri akan membukakan pintu tobat selebar-lebarnya. Hati orang yang sempit itu pun akan terbuka luas sehingga merasa lega.

3. Membuang pikiran-pikiran jahat

Dengan beristighfar, pikiran-pikiran jahat yang terlintas di benaknya bisa pupus. Entah pikiran jahat terhadap diri sendiri, dengan orang lain, maupun dengan Allah. Pikiran-pikiran jahat ini sejatinya bisikan-bisikan setan yang ingin menjerumuskan orang tersebut masuk ke jurang dosa yang lebih dalam lagi.

4. Merasa adanya Allah di kehidupan kita

Sudah pasti orang yang memohon ampunan pada Allah akan merasakan kehadiran-Nya. Orang itu merasa ada yang menemani dan siap memberikan pertolongan di manapun dan kapanpun. Orang itu pun merasakan diri ini hanyalah sebagai hamba yang sudah ditentukan amal perbuatannya oleh Allah. Bahkan ketika melakukan perbuatan dosa yang paling besar sekalipun itu merupakan atas seizin Allah.

5. Pengingat diri sendiri

Beristighfar akan mengingatkan diri sendiri atas dosa-dosa yang telah diperbuat. Entah pada saat diberi kelapangan maupun kesempitan. Mohon ampun kepada Allah tak hanya ketika kita mendapatkan masalah atau sedang melakukan dosa, tapi juga dilakukan setiap saat. Hal ini karena kita sebagai manusia sadar bahwa sering melakukan kekhilafan.

6. Memperlancar kegiatan hidup

Dengan pengakuan akan dosa-dosa yang telah kita perbuat, lalu memohon ampunan kepada Allah akan membuat segala urusan lebih dipermudah dan lancar. Apalagi kita bersedia memperbaiki kesalahan-kesalahan kita pada orang yang telah kita zalimi. Atas kelapangan orang yang telah kita zalimi, semua permasalahan bisa dicari penyelesainnya. Demikian juga apabila kesalahan-kesalahan yang kita perbuat terhadap Allah, maka kita harus benar-benar taubat nasyuha supaya urusan di dunia lancar.

7. Membantu orang lain

Dengan istighfar, secara tidak langsung telah membantu orang lain dalam mengatasi permasalahan yang menyangkut kita sendiri. Kita sendiri terbuka dengan orang lain untuk mencari penyelesaian bersama dengan segala resiko dan konsekuensinya. Walaupun kita sendiri menerima hukuman di dunia, tapi kita sendiri sudah menjalankan syariat agama dengan baik dan benar.

Manfaat Istighfar Untuk Dunia Lainnya :

8. Menguatkan iman

9. Terhindar dari hal-hal yang berbuat dosa

10. Mendoakan orang

11. Termasuk orang-orang beruntung

12. Menjauhi kezhaliman

13. Mempermudah peroleh keturunan

14. Memudahkan turun hujan pada masa kekeringan yang panjang

15. Membuat fisik kita sehat

16. membuat jiwa kita sehat

17. Dilancarkan rejeki

18. Cepat mendapatkan jodoh

19. Terhindar dari malapetaka

20. Terhindar dari gangguan setan

21. Terhindar dari azab

22. Membuat hati gembira

23. Membuat pikiran jadi tenang

24. Dijauhkan dari semua masalah

25. Melancarkan semua aktifitas

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Puasa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Istighfar Untuk Akhirat :

1. Jalan masuk ke surga

Ini adalah salah jalan kita menuju surga yang telah dipersiapkan oleh Allah SWT. Pintu surga siap menanti orang-orang yang selalu beristighfar. Pada diri orang tersebut sudah tertanam keimanan yang kuat walau sudah melakukan perbuatan dosa besar sekalipun. Orang tersebut telah bertobat dan tidak melakukan perbuatan dosa itu lagi.

2. Jauh dari api neraka

Sudah pasti dengan beristighfar kita akan merasa dekat dengan Allah. dan Allah itu sendiri akan lebih dekat lagi dengan kita. Orang-orang yang meminta ampun pada Allah akan dijauhkan dari jilatan api neraka kelak di akhirat nanti. Sebagai hamba-Nya yang bertakwa, surga adalah tempatnya. Orang-orang menempati neraka adalah mereka yang tak sempat memohon ampun kepada Allah atas perbuatannya yang penuh dosa semasa hidup di dunia.

3. Termasuk golongan rasul SAW

Rasulullah sendiri menjamin bahwa orang-orang yang beristighfar termasuk golongannya yang kelak akan bertemu dengannya. Bersama-sama masuk ke dalam surga. Jadi, selagi kita masih hidup di dunia, sering-seringlah beristighfar dan banyak bertobat atas segala perbuatan yang kita lakukan.

4. Dicintai Allah

Orang yang beristighfar akan dicintai oleh Allah. Orang tersebut telah menjalankan apa yang diperintahkan oleh-Nya. Orang yang meminta ampun juga menunjukkan sifat kerendahan hatinya yang berlawanan dengan sifat setan yang angkuh dan sombong. Orang yang meminta ampun kepada Allah termasuk orang yang sabar yang akan menjadi kekasih Allah.

5. Digolongkan mukmin sejati

Salah satu sifat mukimin sejati yaitu bersedia mengakui kesalahan dan dosa-dosa yang diperbuatnya sehingga ia meminta ampun kepada rabb-nya. Secara syariat, orang itu telah menjalankan agama dengan baik dan benar. Bila dosa-dosanya berkaitan dengan orang lain, meminta maaf dan mencari penyelesaian menjadi hal yang harus dilakukan supaya permohonan ampunnya diterima oleh Allah SWT.

6. Termasuk mengikuti sunnah rosul

Rosul SAW sendiri selalu beristighfar setiap saat walau beliau sudah dijamin masuk surga oleh Allah. Apalagi kita yang hanya manusia biasa yang penuh khilaf dan salah. Istighfar menjadikan kita termasuk orang-orang yang mengikuti sunnah rasul karena beliau sendiri melakukannya setiap saat.

7. Tidak turut setan di neraka

Orang yang selalu meminta mohon ampun kepada Allah termasuk orang beriman yang bukan sekutu dengan setan. Bersedia mengakui kesalahan-kesalahan dan dosa-dosanya merupakan salah satu sifat orang rendah hati dan tawadhu. Sifat demikian tidak disukai oleh setan yang ingin selalu menjerumuskan manusia ke dalam sifat-sifat setan yang sombong, iri, dengki, dll.

Manfaat Istighfar Untuk Akhirat Lainnya :

8. Termasuk ahli surga

9. Dilapangkan di alam kubur

10. Mendapat teman yang baik karena termasuk amalan baik

11. Diberi naungan di padang mashyar karena termasuk orang sabar

12. Dapat melewati jembatan shirotul mustaqim karena ketakwaannya

Istighfar atau minta ampun kepada Allah sangatlah banyak manfaatnya. Baik dari sisi fisik dan jiwa kita. Dari fisik jelas akan membuat tubuh kita lebih sehat karena fungsi-fungsi organ pada tubuh kita berjalan sesuai dengan fungsinya. Nafsu makan kita baik, istirahat lebih nyaman, bisa beraktifitas apa saja dengan nyaman. Bagi jiwa kita tentu akan merasa lapang, tidak gelisah, tidak cemas, dan lain-lain.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Membaca Al-Quran untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Kita juga lebih fokus untuk bisa menyesaikan masalah karena dosa-dosa yang kita perbuat. Dan balasan di akhirat, diberi kenyamanan mulai dari di alam kubur, hari berkumpul di padang mashyar, hingga hari pembalasan. Itulah kenapa setiap saat kita harus meminta mohon ampun kepada Allah.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Agama

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top