Connect with us

30 Manfaat Sholat Tahajud untuk Kesehatan, Kecantikan, Jodoh dan Setiap Hari

Agama

30 Manfaat Sholat Tahajud untuk Kesehatan, Kecantikan, Jodoh dan Setiap Hari

Manfaat Sholat Tahajud – Sesuai dari namanya, sholat tahajud merupakan sholat malam yang termasuk sebagai salah satu ibadah sunah yang utama. Berbeda dengan sholat sunah lainnya, sholat tahajud disebutkan secara langsung di dalam Al-Qur’an sebagai ibadah tambahan yang mampu mengangkat hamba pada tempat terpuji.

Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud

Menjadi sebuah ibadah yang dianjurkan, tentu saja sholat tahajud memiliki manfaat untuk berbagai aspek kehidupan. Mulai dari aspek kehidupan sehari-hari, kesehatan, jodoh hingga kecantikan. Tak heran jika banyak orang rela bangun malam untuk melakukan sholat sunah satu ini.

Keutamaan Sholat Tahajud

Sebagai sholat sunah yang perintahnya disebutkan langsung dalam Surah Al Israa, keutamaan dan manfaat sholat tahajud tentunya tak bisa dipandang sebelah mata. Adapun keutamaan sholat malam yang satu ini antara lain :

1. Sholat Sunah Paling Utama

Sholat tahajud disebut juga dengan qiyamul lail merupakan sholat sunah yang paling utama. Saking istimewanya, sholat sunnah tahajud menjadi ibadah yang utama dilakukan setelah sholat fardhu.

Loading...

2. Kunci Surga

Ada tiga kunci surga yang sangat mudah dilakukan, yakni mengucap salam dan memberi orang yang membutuhkan, menyambung silaturahmi serta shalat malam ketika kebanyakan orang tertidur. Sholat malam yang dimaksud tak lan adalah sholat tahajud.

3. Dikabulkannya Doa

Ada waktu-waktu istimewa yang membuat hamba lebih dekat dengan tuhannya sehingga apa yang dimohonkannya dalam doa lebih mudah dikabulkan. Salah satu waktu berdoa yang mustajab adalah saat malam hari ketika banyak orang tertidur atau usai melakukan sholat tahajud.

Waktu Sholat Tahajud

Waktu pelaksanaan sholat tahajud sebenarnya cukup panjang, yakni dalam rentang lepas isya’ hingga sebelum subuh dengan syarat sudah tidur meski hanya sekejap.. Waktu yang cukup lama ini bisa dibagi menjadi 3 periode, yakni sepertiga malam pertama, sepertiga malam kedua dan sepertiga malam terakhir. Dari ketiganya ini, sepertiga malam terakhir menjadi waktu yang paling dianjurkan.

Sedangkan untuk cara pelaksanaannya, sholat tahajud bisa dilakukan sebanyak dua rokaat, namun bisa pula lebih dari dua rokaat dengan ketentuan dua rokaat salam layaknya sholat sunnah tarawih.

Anda bisa melakukannya secara sendirian (lebih utama) atau melakukannya secara berjama’ah (makhruh). Namun, perlu diingat jika sebagian besar ulama’ sepakat menyebut sholat sunnah berjamaah selain sholat tarawih sebagai ta’qib. Ta’qib ini sebaiknya hanya dilakukan satu kali sehari. Jadi, jika sudah melakukan sholat sunnah berjamaah satu kali dalam sehari, baiknya menjalankan sholat sunnah lainnya secara munfarid (sendiri-sendiri).

Manfaat Sholat Tahajud untuk Kesehatan dan Pengobatan

Menjadi salah satu bentuk ibadah sunnah yang diutamakan, sholat tahajud memiliki manfaat yang tak sedikit untuk kesehatan. Manfaat tersebut antara lain :

1. Dijauhkan dari Segala Penyakit

Atas izin Allah, orang yang melakukan tahajud dijanjikan terhindar dari aneka penyakit. Bukan isapan jempol, namun manfaat sholat tahajud yang satu ini sudah terbukti secara medis.

2. Menghilangkan Rasa Nyeri

Percaya atau tidak, sholat tahajud rupanya dapat menjadi obat nyeri yang ampuh. Ketika sholat tahajud dilaksanakan secara rapi, tertib dan khidmat, seorang bisa menghilangkan rasa nyeri secara alami. Hal ini juga berlaku bagi penderita kanker yang sering mengalami nyeri secara tiba-tiba.

3. Memperbaiki Kesehatan Paru-paru

Gerakan takbirotul ihrom saat sholat, termasuk juga sholat tahajud dapat membesarkan rongga paru. Hal ini memungkinkan sirkulasi udara ke paru-paru lebih lancar sehingga kondisi kesehatannya makin membaik.

Manfaat Sholat Tahajud untuk Kesehatan Lainnya

4. Memperlancar sistem peredaran darah.

5. Membuat pikiran lebih tenang.

Manfaat Sholat Tahajud untuk Kecantikan

Bukan hanya memberi manfaat untuk kesehatan saja, shoat tahajud juga memberi manfaat untuk kecantikan. Adapun manfaat yang dimaksud antara lain :

1. Wajah Lebih Cerah

Salah satu keutamaan sholat tahajud adalah tanda yang terlihat di muka, yakni muka yang lebih bercahaya dibanding sebelumnya. Dijanjikan langsung oleh Yang Maha Kuasa, shalat tahajud tentunya lebih efektif membuat wajah cerah dibanding krim kecantikan buatan manusia.

2. Membuka Aura

Bukan rahasia lagi jika orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud memiliki aura yang lebih terpancar. Bukan hanya itu, mereka yang rajin tahajud juga memiliki wibawa yang luar biasa.

3. Menghilangkan Jerawat

Saat tidur biasanya kelenjar minyak wajah akan bekerja lebih aktif. Hal ini tentu saja menjadi faktor pencetus timbulnya jerawat, apalagi jika Anda tak membersihkan wajah sebelum tidur. Mengambil wudhu ketika terbangun di tengah malam dan melakukan tahajud setelahnya dapat membersihkan wajah dari minyak hingga menghilangkan jerawat.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sholat Dhuha untuk Rejeki, Jodoh, Kesehatan Serta Cara Melakukan

Manfaat Sholat Tahajud untuk Jodoh

Sholat tahajud rupanya juga baik untuk Anda yang sedang memiliki masalah seputar jodoh. Hal ini dikarenakan sholat tahajud membuat hamba lebih dekat dengan Tuhannya. Adapun manfaat tersebut antara lain :

1. Lebih Dekat dengan Jodoh

Ketika jodoh tak kunjung datang, lebih baik Anda bersujud dan memohon di waktu-waktu yang membuat hamba lebih dekat pada Tuhannya. Salah satu waktu yang dimaksud adalah sepertiga malam terakhir usai sholat tahajud. Cobalah meminta agar jodoh lebih didekatkan serta memohon jodoh yang baik. InsyaAllah semua akan terkabulkan jika Allah berkehendak.

2. Menyelamatkan Rumah Tangga

Setiap rumah tangga pasti memiliki cobaannya masing-masing. Ketika rumah tangga sedang ditimpa masalah besar, ada baiknya Anda mengadu dan memohon kepada Allah usai sholat tahajud. Hal ini lebih baik dan lebih memberi solusi dibandingkan curhat dengan sahabat.

3. Mengubah Watak Pasangan

Seringkali kita merasa tak cocok dengan watak atau karakter pasangan. Berbicara secara langsung dengan pasangan memang diperlukan untuk membuatnya sadar jika kita keberatan dengan pasangan. Namun, berserah dan memohon kepada Allah juga tak kalah pentingnya karena Dialah yang maha membolak-balikkan hati manusia.

Manfaat Sholat Tahajud untuk Jodoh Lainnya

  1. Diberi kesabaran dalam membina rumah tangga.
  2. Menyelesaikan masalah dengan pikiran dingin.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sholat Fajar untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Manfaat Sholat Tahajud Selama 40 Hari Berturut-Turut

Sebagai ibadah yang sangat dianjurkan, sholat tahajud memiliki keajaiban tersendiri jika dilakukan selama 40 hari berturut-turut serta diiringan dzikir dan istighfar sembari mengingat dosa yang telah lalu. Adapun manfaat tahajud 40 hari berturut-turut antara lain :

  1. Mengatasi masalah keturunan.
  2. Memberi jalan keluar pelunasan hutang.
  3. Mengatasi masalah jodoh.
  4. Mengatasi masalah pekerjaan.
  5. Mengatasi aneka macam keluhan kesehatan.

Manfaat Sholat Tahajud Bagi Kehidupan Sehari-Hari

  1. Lancar rezeki.
  2. Menambah kewibawaan.
  3. Dijauhkan dari segala macam bahaya.
  4. Menjadi pribadi yang lebih bijaksana.
  5. Menjauhkan lidah dari perkataan buruk.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sholat Isya untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Dengan rentetan manfaat sholat tahajud untuk berbagai aspek kehidupan seperti yang dipaparkan di atas, tak mengherankan jika jenis ibadah yang satu ini sangat dianjurkan dilaksanakan secara rutin. Namun sayangnya, bangun di tengah malam untuk melaksanakan sholat tahajud 2 rokaat termasuk sangat berat, kecuali bagi mereka yang hatinya dipenuhi dengan iman dan memiliki niat kuat.

Sebenarnya, jika memandang manfaat sholat tahajud yang sangat besar bagi kehidupan, melaksanakan sholat tahajud di tengah malam harusnya tak menjadi ibadah yang memberatkan. Apalagi sholat tahajud sudah dicontohkan oleh Rasulullah sebagai ibadah sunnah yang dilaksanakan setiap hari.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top