Connect with us

32 Manfaat dan Khasiat Membaca Al-Quran untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Agama

32 Manfaat dan Khasiat Membaca Al-Quran untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam. Banyak sekali manfaat membaca Al-quran yang bisa kita peroleh, baik untuk dunia maupun akhirat. Al-Quran adalah kumpulan wahyu yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW yang dijadikan sebagai kitab suci bagi seluruh umat manusia.

Membaca Al-Quran, Manfaat Membaca Al-Quran, Khasiat Membaca Al-Quran, Keutamaan Membaca Al-Quran

Di dalam Al-Quran berisi pedoman dan pegangan hidup bagi umat manusia sebagai makhluk ciptaan Allah. Sebagai umat manusia, kita akan dituntun supaya selamat dunia akhirat. Jadi, tak sebatas sebagai tuntunan untuk kehidupan di dunia saja, tapi juga mencakup kehidupan selanjutnya setelah hari kiamat. Itulah kenapa kita dianjurkan untuk membacanya setiap hari.   

Manfaat Membaca Al-Quran untuk Dunia :

1. Membentuk manusia yang baik

Membaca Al-Quran akan membentuk kita menjadi manusia yang baik. Apalagi tak hanya sekedar dibaca saja, tapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua permasalahan kehidupan dunia ada solusinya di dalam kitab suci umat Islam ini. Entah mulai dari adab kecil sehari-hari sampai dengan permasalahan berat. Dengan membaca dan memahami serta mengamalkannya akan membuat insan memiliki akhlak yang mulia.

2. Membuat kita merasa damai

Saat kita melantunkan ayat-ayat suci Al-quran akan terasa tubuh kita begitu damai dan merasa hangat seperti berada di dalam dekapan ibu. Hidup kita merasa damai dan tentram. Tak mudah panas atau berpikiran negatif yang merusak kehidupan kita sendiri. Hal ini karena ketika kita membaca, di sekeliling kita hadir para malaikat dan disaksikan oleh Allah. Para malaikat bertasbih sehingga suasana di sekitar menjadi terasa damai.

Loading...

3. Membuat kita merasa tenang

Saat hatimu merasa tak tenang, gelisah, dan mudah was-was, bacalah Al-Quran. Hatimu akan merasa tenang dan damai. Keruwetan dan permasalahan hidup yang menghimpit Anda menandakan adanya nilai-nilai spiritual yang rendah. Kembalilah dan bersandar pada sang pencipta dengan cara membaca kalamnya. Dengan ketenangan akan terbuka semua solusi dari permasalahan yang sedang Anda hadapi.

4. Membuat kita merasa tentram

Lagi-lagi soal hati kita yang akan selalu merasa tentram setelah baca Al-Quran. Memang benar, sesungguhnya kitab Allah ini adalah obat. Terutama obat hati dari rasa gelisah, gundah, dan bingung. Tak hanya dibaca saja, tapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Itulah hakekat isi Al-Quran sebagai tuntunan dan pedoman untuk umat manusia.

5. Mendapat rahmat dari Allah

Allah sendiri yang akan memberikan rahmat dan kasih sayangnya pada umatnya yang mau membaca Al-Quran beserta memahami maknanya. Entah rahmat berupa fisik maupun kelapangan hati. Orang yang membacanya akan dikelilingi oleh malaikat dan menyebutkan namanya di hadapan Allah. Rahmat dari Allah bisa saja langsung diterima ke umatnya atau melalui perantara dari media lainnya. Itu semua adalah kuasa ilahi.

6. Diberi naungan oleh para malaikat di dunia

Baik seorang diri maupun bersama dengan orang lain, akan dikelilingi oleh malaikat. Dan malaikat menyebut nama-nama siapa saja yang membaca kitab Al-Quran di hadapan Allah. Itulah kenapa orang-orang seperti ini tampak selalu cerah, ceria, dan terasa adem di dekatnya. Rasa ini menular ke sekeliling orang tersebut. Cobalah Anda berdekatan dengan orang yang sedang membaca kitab Allah, tentu diri kita akan terasa ikut dengan aura orang tersebut.

7. Memperoleh pahala dan ganjaran langsung di dunia

Ganjaran langsung di dunia akan langsung dapat diperoleh. Entah itu berupa rizki yang tak diduga-duga, kelancaran hidup, rasa nyaman, dll. Ganjaran ini bisa saja penguatan batin sehingga mampu menghadapi segala cobaan hidup di dunia, baik pada saat diberi kelapangan maupun kesempitan.

Manfaat membaca Al-Quran untuk Dunia Lainnya :

8. Dinaikkan derajatnya oleh Allah

9. Memperoleh keseimbangan hidup

10. Dipermudah rizki kita

11. Memperoleh banyak kenikmatan

12. Membersihkan segala macam penyakit hati

13. Allah akan memberikan lebih dari yang diminta

14. Selalu ingat pada Allah

15. Dicukupkan kehidupannya

16. Mengurangi rasa gelisah

17. Mencegah kepikunan

18. Sebagai sumber ilmu

19. Penyembuh berbagai macam penyakit

20. Mendatangkan kewibawaan

Manfaat Membaca Al-Quran untuk Akhirat :

1. Mendatangkan syafaat di hari kiamat kelak

Bagi orang yang membaca Al-Quran akan mendapat dua manfaat sekaligus, yaitu bagi diri sendiri dan orang lain. Bahkan sampai kelak di hari kiamat nanti. Di hari kiamat nanti, ia akan diberi perlindungan langsung oleh Allah. Orang yang sering menghadiahkan bacaan suratnya ke orang tua akan membantu keringanan hisab yang diputuskan oleh Allah. Bahkan, ketika di alam kubur, orang tua yang sering dihadiahi surat-suratan Al-Quran akan diberi kelapangan.

2. Bebas dari aduan Rasulullah SAW

Kelak pada hari kiamat, Rasulullah SAW sendiri akan mengadukan berbagai macam manusia di hadapan Allah SWT. Bila kita rutin membaca kitabullah dan mengamalkannya, kita akan terbebas dari aduan ini.

3. Pelebur dosa-dosa kita

Di dalam Al-Quran banyak berisi ayat-ayat yang menerangkan supaya kita selalu terhindar dari perbuatan dosa. Baik itu dosa besar maupun dosa yang hanya sebutir atom. Di dalamnya juga diberikan cara bagaimana melebur dosa-dosa yang telah kita perbuat. Setiap huruf memiliki nilai pahala yang berlipat-lipat sehingga bisa menebus dosa-dosa yang telah kita perbuat. Entah itu dosa sebesar gunung maupun dosa kecil sekecil ion.

4. Selamat dunia akhirat

Ini semua merupakan jalan yang lurus supaya kita selamat dunia akhirat. Di dunia banyak sekali cobaan dan godaan yang mudah menjerumuskan manusia ke lembah penuh dosa. Al-Quran sebagai pedoman dan tuntunan akan mengawali kita dalam menjalani kehidupan di dunia supaya selamat. Demikian juga ketika di kehidupan akhirat juga menjadi penyelamat kita.

5. Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan malaikat

Orang yang terbiasa membaca kitab Allah dan mengamalkannya akan mudah sekali menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh malaikat secara lancar. Mulai dari di alam kubur hingga sampai ke peradilan yang sesungguhnya di hadapan Allah SWT.

6. Termasuk umat Rasulullah SAW

Sudah pasti kelak nanti di hari kiamat, orang-orang yang membaca Al-Quran dan mengamalkannya akan digolongkan ke dalam umat Rasulullah SAW. Ia pun akan diberi perlindungan oleh Rasul SAW.

7. Salah satu yang diberi naungan di padang mashyar

Sebelum seseorang mendapat peradilan yang sesungguhnya di hadapan Allah, manusia akan dikumpulkan di padang masyhar yang luas dan panas karena dekatnya matahari. Manusia yang terbiasa membaca kitab Allah akan diberi keringanan dengan diberi naungan sehingga rasa tersiksa karena panas tidak diperolehnya.

Manfaat Membaca Al-Quran untuk Akhirat lainnya :

8. Salah satu golongan yang tak perlu dihisab bila perjuangan di jalan Allah

9. Disayangi Rosulullah

10. Menyedekahkan nikmat kepada kedua orang tua

11. Mengurangi dosa-dosa kedua orang tua yang sudah meninggal

12. Memberikan kelapangan kepada kedua oran tua di alam kubur

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Manfaat membaca Al-Quran bagi kita sebagai manusia sangatlah banyak. Kitab Allah ini sebagai tuntunan dan pedoman kita dalam menapaki kehidupan di dunia dan akhirat kelak nanti. Di dalamnya juga dijelaskan secara jelas bagaimana kita sebaiknya hidup di dunia dan bagaiman kelak kita menghadapi kehidupan abadi di akhirat kelak.

Setelah membaca Al-Quran, kita wajib mengamalkannya karena dengan mengamalkannya sudah pasti orang tersebut sudah membaca sekaligus mampu memahaminya. Anda dapat membaca tentang pengetahuan agama lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top