Connect with us

10 Manfaat dan Khasiat Puasa Arafah, Sejarah, Keutamaan, Waktu, Tata Cara Serta Efeknya

Agama

10 Manfaat dan Khasiat Puasa Arafah, Sejarah, Keutamaan, Waktu, Tata Cara Serta Efeknya

Manfaat Puasa Arafah – Umat Muslim sebentar lagi akan memasuki Hari Raya Idul Adha. Sebelum merayakan Hari Raya tersebut, umat muslim di sunnahkan untuk melakukan puasa yang dinamakan dengan puasa Arafah. Bagi siapa yang mau menjalankan puasa sunnah Arafah ini diyakini akan memperoleh pahala yang berlipat.

Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah

Namun bukan hanya mendapatkan pahala yang besar saja, ternyata dengan menjalankan puasa sunnah Arafah juga dipercaya mampu menjadi salah satu aktivitas yang bagus untuk menyehatkan tubuh. Puasa Arafah sendiri dilaksanakan sehari menjelang hari raya Idul Adha.

Pengertian Puasa Arafah :

Puasa Arafah adalah salah satu puasa sunnah yang dilaksanakan sebelum idul adha atau hari raya qurban yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah. Tanggal 9 Dzulhijjah tersebut merupakan hari yang amat mulia karena merupakan hari datangnya pengampunan dosa dan juga pembebasan diri dari siksaan api neraka.

Puasa sunnah ini dinamakan dengan puasa Arafah karena pada saat itu para itu para jama’ah haji tengah melaksanakan wukuf di padang Arafah tepat di bawah terik matahari. Puasa sunnah ini dianjurkan bagi umat Muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji. Sedangkan mereka yang melaksanakan ibadah haji tidak dianjurkan untuk berpuasa Arafah. Hari arafah sendiri dikatakan sebagai salah satu hari yang istimewa karena di hari tersebut Allah SWT membanggakan para hamba-Nya yang tengah bersama dan berkumpul di hadapan para malaikat Allah di Arafah. Oleh sebab itu tak heran jika umat Muslim yang tidak sedang wukuf di Arafah dianjurkan untuk melaksanakan puasa satu hari sebelum idul adha dengan janji keutamaan pahala yang melimpah.

Loading...

Sejarah Puasa Arafah :

Munculnya puasa sunnah arafah berkaitan dengan umat Muslim pada generasi awal. Pada saat itu, para umat Islam memiliki semangat membara untuk berlomba dalam melakukan kebaikan. Pada kesempatan lain umat Muslim melaksanakan ibadah haji saat wukuf di Arafah. Karena hal itulah maka terbesit keingintahuan para umat Muslim yang belum berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji agar memiliki kesempatan melakukan ibadah. Bagi mereka yang menunaikan ibadah haji maka mereka bisa melaksanakan wukuf di Arafah. Sedangkan bagi umat Muslim lain yang belum memiliki kesempatan untuk pergi haji dan melaksanakan wukuf maka bisa menjalankan ibadah dengan berpuasa arafah.

Waktu Pelaksanaan Puasa Arafah :

Puasa arafah dilaksanakan menjelang hari raya idul adha bertepatan dengan tanggal 9 Dzulhijjah. Adapun pada tahun ini tanggal 9 Dzulhijjah 1439 H bertepatan pada hari Selasa, tanggal 21 Agustus 2018.

Tata Cara Puasa Arafah :

Sebelum menjalan puasa sunnah arafah ini, dianjurkan untuk membaca niat terlebih dahulu. Adapun lafadz niat puasa arafah adalah :

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى
NAWAITU SAUMA ARAFAH SUNNATAN LILLAHI TA’ALAH
“ Saya niat puasa Arafah , sunnah karena Allah ta’ala.”

Selain waktu pelaksanaan puasa arafah, tata cara berpuasa sunnah ini sama dengan puasa sunnah yang lainnya.

Keutamaan Puasa Arafah :

Beberapa keutamaan dari puasa arafah adalah :

1. Diampuni dosanya oleh Allah SWT selama 2 tahun

Pengampunan dosa ini yakni dosa pada tahun lalu dan juga dosa pada tahun depan

2.Dijaga dari perbuatan dosa

Allah SWT akan senantiasa menjaga hamba-Nya yang melakukan puasa arafah dari berbuat dosa selama 2 tahun

3. Pembebasan diri dari neraka

Sebagian ulama’ menerangkan bahwa pembebasan diri dari api neraka di hari Arafah merupakan karunia Allah yang diberikan bukan hanya bagi mereka yang menunaikan ibadah haji dan melaksanakan wukuf saja namun juga bagi umat muslim yang tidak pergi haji. Terlimpahkannya ampunan terhadap dosa selama 2 tahun oleh Allah SWT bagi mereka yang melaksanakan puasa arafah berkaitan dengan keutamaan ini.

“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim)

4. Dikabulkannya doa

Doa orang yang sedang berpuasa pada umumnya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Ditambah lagi dengan puasa yang dilaksanakan pada hari arafah yang memiliki keutamaan luar biasa maka semakin besar pula keutamaan dikabulkannya doa mereka yang berpuasa arafah.

“Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir (Tidak ada Ilah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. MilikNyalah segala kerajaan dan segala pujian, Allah Maha Menguasai segala sesuatu).” (HR. Tirmidzi, Hasan)

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Puasa Daud untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Puasa Arafah untuk Kesehatan :

1. Membantu membakar lemak

Dikutip dalam laman Livestrong, bahwasanya salah satu manfaat menjalankan puasa arafah adalah membakar lemak. Sama halnya seperti melaksanakan puasa yang lain, ketika porsi asupan makanan dalam tubuh dikurangi, maka tubuh kita akan mengoptimalkan nutrisi yang ada secara alami. Jika asupan dalam tubuh tidak maksimal maka lemak pun akan terbakar dengan baik.

Selain itu, dalam sebuah study berjudul The American Journal of Clinical Nutrition. Studi ditemukan bahwa dengan melakukan ibadah puasa setiap hari dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Penelitian tersebut melibatkan partisipan yang berpuasa selama satu hari. Dalam pendataan yang dilakukan ditemukan tubuh partisipan yang mampu membakar hingga 15 gr lemak atau setara dengan 135 kalori setiap hari daripada mereka yang tidak berpuasa.

2. Memicu sensitivitas insulin

Manfaat lain dari berpuasa arafah adalah membantu memicu sensitivitas insulin. Dalam sebuah penelitian edisi Desember 2005 berjudul Journal of Applied Fisiology  menyatakan bahwa melaksanakan puasa dapat meningkatkan perbaikan sensitivitas insulin yang dapat membantu pembesaran otot sekaligus mencegah kegemukan.

Namun yang harus diingat, manfaat puasa sunnah arafah ini akan semakin ideal jika kita mau melaksanakan puasa – puasa sunnah yang lain. Aktivitas puasa ini sebaiknya juga dilakukan sesering mungkin agar kita terbiasa melakukannya sehari-hari.

3. Membantu menurunkan berat badan

Menurut study, berpuasa sangat bagus untuk membantu program penurunan berat badan. Sebanyak 3% lemak dalam tubuh akan hilang diiringi dengan penurunan kolesterol jahat dan kadar kolesterol total.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Berpuasa telah diketahui memiliki manfaat penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh. Hal ini berarti bahwa dengan melaksanakan puasa dapat membantu menurunkan pembentukan trigliserida. Namun demikian kolesterol baik yang ada di dalam tubuh kita akan tetap terjaga. Saat kolesterol jahat dalam tubuh kita menurun maka tubuh kita maka semakin rendah pula resiko terkena penyakit jantung.

5. Mempromosikan sekresi hormon pertumbuhan manusia

Berpuasa dapat mmbantu mempromosikan sekresi hormon pertumbuhan yang sangat bagus untuk pembakaran lemak. Dengan menjalankan puasa maka tubuh manusia berjalan layaknya mesin pembakaran lemak yang cukup efektif.

6. Memberikan efek bagus untuk masa tubuh

Dengan melaksanakan ibadah puasa dapat menjadi efek bagus bagi masa tubuh. Selain itu, berpuasa juga menjadi satu penanda kesehatan pada atlet profesional. Ini karena saat berpuasa tubuh akan membakar lemak secara efektif serta mengoptimalkan pertumbuhan otot.

Manfaat Puasa Arafah untuk Kecantikan :

1. Menjadikan awet muda

Puasa arafah dapat membantu mencega proses penuaan. Dengan berpuasa dapat menjadikan tubuh memproduksi banyak hormon pertumbuhan manusia atau HGH. Hormon tersebut sangat berhubungan erat dengan proses penuaan. Saat tubuh cukup banyak memproduksi hormon tersebut maka proses penuaan akan menjadi lambat.

Efek Samping Puasa Arafah :

  • Pusing
  • Kurang konsentrasi
  • Tubuh lemas
  • Dehidrasi
  • Rasa mual

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Puasa Asyura, Sejarah, Keutamaan, Waktu, Tata Cara Serta Efeknya

Keutamaan puasa arafah ternyata tidak hanya dapat memperoleh pahala yang melimpah saja namun juga bagus untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu, karena termasuk puasa yang disyariatkan oleh Islam maka sudah sepantasnya sebagai umat Muslim kita berusaha untuk melaksanakan ibadah puasa arafah tersebut pada tanggal 9 Dzulhijjah mendatang.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top