Connect with us
Puasa Daud, Niat Puasa Daud, Keutamaan Puasa Daud, Manfaat Puasa Daud, Puasa Sunnah, Puasa Daud Khasiat

Agama

50 Manfaat dan Khasiat Puasa Daud untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Puasa Daud – Bagi umat muslim tentunya sudah mengetahui bahwa salah satu nabi yang dikaruniai kekuatan hebat serta kecerdasan yang luar biasa adalah Nabi Daud AS. Selain itu, Nabi Daud juga dikaruniai Allah dengan suara yang merdu dalam membacakan setiap mushaf Zabur. Siapa saja yang mendengar lantunan ayat yang dibaca oleh Nabi Daud akan menjadi tentram hatinya, bahkan burung-burung pun berhenti sejenak dan mendengarkannya dengan tenang.

Puasa Daud, Niat Puasa Daud, Keutamaan Puasa Daud, Manfaat Puasa Daud, Puasa Sunnah, Puasa Daud Khasiat

Salah satu kebiasaan baik yang dilakukan oleh Nabi Daud adalah berpuasa. Puasa tersebut dinamakan dengan puasa Daud. Puasa daud sendiri merupakan puasa yang dilaksanakan setiap selang satu hari. Dalam artian saat kita berpuasa  hari ini maka besok kita tidak berpuasa dan kembali berpuasa kembali besok lusa. Anjuran puasa sunah  daud tentunya dilaksanakan selain pada bulan suci Ramadhan sebab pada bulan tersebut umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa setiap hari kecuali jika berhalangan.

Sejarah Puasa Daud :

Dikisahkan dalam sebuah hadits dimana salah seorang pengikut Nabi Muhammad SAW bertanya kepada beliau mengenai amalan puasa sunnah yang baik. Lalu Baginda Nabi menjawab sebagaimana tersurat dalam hadits yang artinya : “Tidak ada puasa yang lebih utama dari puasa Dawud, yaitu puasa setengah tahun, yakni, puasa sehari dan berbuka sehari.” [Shahih Muslim, 1971]

“Nabi Daud As. biasa tidur seperdua malam dan shalat pada sepertiganya, kemudian tidur lagi seperenamnya. Dan beliau berpuasa satu hari dan tidak berpuasa satu hari.” [HR Bukhari]

Loading...

Kemampuan berpuasa yang dilakukan oleh Nabi Daud ini ternyata juga menurun pada sang anak yaitu Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman terbiasa berpuasa setiap tiga hari pada awal bulan, tiga hari di pertengahan bulan dan tiga hari setiap akhir bulan.

Jika diperhatikan, pada dasarnya hampir masing-masing Nabi memiliki amalan puasa sesuai dengan konteksnya. Sebagaimana disebutkan dalam ayat suci Al-Quran yakni surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu (Umat Muhammad) berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar bertaqwa”.

Waktu Pelaksaan Puasa Daud :

Puasa daud merupakan puasa sunnah yang bisa dilakukan sepanjang tahun kecuali pada hari-hari yang dilarang untuk berpuasa. Untuk hari yang dilarang untuk berpuasa tersebut yaitu pada 2 hari raya baik Idul Fitri maupun Idul Adha dan juga hari Tasrik. Puasa daud bisa dilakukan pada hari Jumat asalkan hari Jumat tersebut merupakan hari yang termasuk jadwal puasa Daud. Bukan puasa yang khusus dilakukan pada hari Jumat saja.

Puasa daud akan lebih baik dilakukan bagi yang sudah terbiasa melakukan puasa sunah Senin Kamis. Dengan demikian siapa saja yang menjalankan puasa tersebut tidak akan mengalami kesulitan dengan siklusnya.

Namun hal tersebut bukan berarti kita harus melakukan puasa Senin Kamis terlebih dahulu sebelum melakukan puasa daud. Perlu diingat bahwa puasa daud bisa dilakukan kapan saja dan juga bisa dtinggalkan kapan saja. Saat seseorang melakukan puasa daud lalu tiba-tiba ingin berhenti maka hal tersebut juga boleh-boleh saja. Sebab kita sebagai umat Nabi Muhaammad tidak diwajibkan berpuasa kecuali puasa Ramadhan dan puasa qadha atau puasa nazar.

Tata Cara Puasa Daud :

Sebelum mengerjakan puasa sunnah ini, sebaiknya kita berniat terlebih dahulu untuk berpuasa daud. Adapun lafadz niat puasa daud beserta artinya adalah :

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAN LILLAAHI TA’ALAA

“Saya niat puasa daud, sunnah karena Allah Ta’ala”

Meskipun niat puasa daud hanya diungkapkan dengan bahasa Indonesia maupun bahasa kita sendiri tanpa menggunakan bahasa Arab itu tidak menjadi masalah. Karena niat yang terpenting adalah yang tulus dari dalam hati.

Selain waktu pelaksaannya, tata cara puasa sunnah daud sama dengan tata cara puasa yang lainnya.

Keutamaan Puasa Daud :

‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash berkata bahwa Baginda Rasul SAW mengatakan padanya:

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud AS. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Nabi Daud. Beliau terbiasa tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari)

Dalam riwayat lain juga disebutkan :

لاَ صَوْمَ فَوْقَ صَوْمِ دَاوُدَ ، شَطْرَ الدَّهْرِ ، صِيَامُ يَوْمٍ ، وَإِفْطَارُ يَوْمٍ

“Tidak ada puasa yang lebih afdol dari puasa daud. Puasa daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits di atas maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa diantara keutamaan puasa daud adalah sebagai berikut.

  • Puasa daud merupakan puasa sunnah yang paling disukai Allah SWT
  • Tidak ada ketaatan yang lebih baik dari puasa maupun shalat daud
  • Puasa daud bisa dilakukan baik pada hari Jumat atau Sabtu
  • Tidak mengerjakan sesuatu secara berlebihan
  • Menjalankan hak Allah SWT dan hak badan
  • Hanya boleh dilaksanakan bagi mereka yang mampu
  • Bisa lebih memperhatikan ibadah-ibadah yang lainnya

Manfaat Puasa Daud untuk Kesehatan :

1. Menjadikan muslim lebih berwibawa dan berakhlakul karimah.

Manfaat puasa daud yang pertama adalah untuk meningkatkan kewibawaan umat Muslim yang menjalankannya secara rutin. Dengan demikian seorang muslim akan menjadi pribadi yang memiliki akhlakul karimah. Setiap muslim yang memiliki akhlak yang baik akan senantiasa rendah hati, bertutur kata sopan, tidak egois dan sabar. Bahkan mereka akan sangat dicintai teman-temannya, kerabat dan keluarga karena memiliki kharisma yang selalu terpancar.

2. Mencegah penyakit jantung

Menurut pendapat dari Jalal Saour, bahwasanya dengan berpuasa mampu menurunkan kerja jantung karena cairan dalam tubuh berkurang. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah yang merupakan salah satu pemicu serangan jantung.

3. Terpelihara dari maksiat

Orang yang menjalankan puasa dengan niat yang tulus dan ikhlas semata-mata karena Allah Ta’ala niscaya akan senantiasa terpeliharadari perbuatan maksiat. Berpuasa dapat membantu menjauhkan diri dari berbagai perbuatan yang dikendalikan oleh hawa nafsu.

4. Membantu meningkatkan pengetahuan

Allah berjanji akan memberikan pengetahuan yang tak terduga bagi mereka yang mau melakukan puasa sunnah daud. Segala macam pengetahuan asalnya adalah dari Allah SWT. Oleh sebab itu sangat beruntung bagi mereka yang mau melakukan puasa daud sebab Allah akan memberikan anugerah ilmu pengetahuan yang istimewa padanya. Hal ini karena adanya asumsi bahwa dalam melaksanakan puasa daud maka waktu seseorang tidak akan menjadi sia-sia dan diiis dengan kegiatan yang bermanfaat seperti membaca buku atau kegiatan bermanfaat lainnya.

5. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menurut Ahmed Ekadi dan Riyad Albiby, berpuasa memberikan faedah dalam meningkatkan sistem imun dalam tubuh terhadap serangan penyakit. Hal ini karena fungsi sel limfa mampu meningkatkan produksi sel limmfosit T.

Manfaat Puasa Daud untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu menjaga kesehatan tubuh

7. Dimudahkan segala urusan oleh Allah SWT

8. Menjaga kesehatan mental

9. Sebagai detoksifikasi alami

10. Mempertajam perasaan

11. Meningkatkan ketaqwaan

12. Mampu mengendalikan emosi

13. Menjadikan pribadi yang lebih bersyukur

14. Meningkatkan fungsi otak

15. Mencegah stroke

16. Mencegah terjadinya resiko parkinson

17. Menyehatkan fungsi sel syaraf

18. Menentramkan jiwa

19. Menerima segala pemberian Allah dengan hati yang lapang

20. Mampu berfikir secara positif, inovatif dan kreatif

21. Mendatangkan rezeki dari jalan yang tidak disangka

22. Menumbuhkan sifat Hilm (mampu menahan emosi dengan baik)

23. Menjadikan suasana rumah tangga selalu harmonis

24. Menumbuhkan gairah untuk menuntut ilmu

25. Menjadikan lebih percaya diri

26. Mampu mengalah demi orang lain

27. Terhindar dari hinaan dari orang lain

28. Menuntut diri untuk senantiasa berbakti pada orang tua

29. Senantiasa ikhlas saat beramal

30. Dihargai oleh orang lain

31. Menumbuhkan sifat tawadhu’ (rendah hati)

32. Memiliki kehidupan yang selalu rukun, tentram dan damai

33. Peka terhadap perkembangan zaman

34. Menumbuhkan rasa malu pada Allah SWT

35. Semangat dalam memberdayakan orang lain

36. Menumbuhkan rasa penuh dosa

37. Dapat diterima oleh semua kalangan

38. Merasakan kejadian luar biasa yang tidak disangka

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sahur untuk Berpuasa, Kesehatan Jasmani Serta Efek Samping

Manfaat Puasa Daud untuk Kecantikan :

1. Memunculkan ketertarikan pada tubuh

Manfaat puasa daud untuk memunculkan ketertarikan pada tubuh ini dikemukakan oleh Alvenia M. Fultorn. Ia menyatakan bahwa dengan berpuasa menjadikan rahasia daya pikat serta pesona bagi seseorang. Mereka yang mau melaksanakan puasa secara rutin salah satunya puasa daud maka akan memiliki tubuh yang cantik serta dungsi kewanitaan yang dapat berfungsi dengan baik. Jadi bagi anda yang ingin tampil cantik alami maka anda bisa membiasakan diri untuk berpuasa sunah daud secara rutin.

2. Menjadikan awet muda

Puasa sunah daud juga bermanfaat untuk memberikan kesegaran bagi tubuh sekaligus menjadikannya nampak awet muda. Manfaat puasa daud ini dikemukaan oleh salah seorang dokter bernama Dr. Yuri Nikolayev. Ia menyatakan bahwa nampak muda bukan hanya terletak pada bagian tubuh saja, namun juga pada mental serta spiritual seseorang. Saat seseorang memiliki mental dan spiritual yang bagus maka ia akan selalu tenang dalam menghadapi suatu masalah. Ketenangan inilah yang dibutuhkan seseorang agar terhindar dari yang namanya stress. Dengan demikian hidup seseorang yang selalu tenang akan memiliki kharisma yang murah senyum sehingga nampak awet muda.

3. Mencegah penuaan dini

Manfaat puasa daud untuk kecantikan juga dikemukakan oleh ahli lain bernama Allan Coot. Menurutnya dengan melakukan puasa dapat membantu meningkatkan mental seseorang. Saat melakukan aktivitas puasa secara rutin maka sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan fisik, membersihkan tubuh serta menjaga mental. Manfaat lainnya yang juga sangat penting adalah untuk mengendorkan ketegangan jiwa, membersihkan lemak jahat dan menajamkan indra yang sangat berperan penting untuk mencegah resiko penuaan dini.

4. Menjadikan tubuh langsing alami

Dengan berpuasa menjadikan tubuh kita mengalami detoksifikasi secara alami. Kotoran dan racun dalam tubuh dapat dikeluarkan secara optimal melalui keringat, kencing dan kotoran. Kerja usus pun menjadi lebih ringan sehingga tubuh menjadi langsing dan terawat. Puasa daud ini bisa menjadi program diet alami sekaligus bermanfaat besar karena anda juga akan mendapatkan pahala.

5. Meremajakan, melembutkan, mengencangkan kulit

Puasa daud dapat menjadikan kulit nampak lebih sehat, segar, lembut dan bersinar. Saat berpuasa tubuh mengalami metabolisme yang sempurna. Setiap organ tubuh memiliki cadangan energi dan akan dikeluarkan saat kita berpuasa. Dengan demikian organ dalam tubuh akan menjadi lega karena cadangan energi sudah dikeluarga semua.

Efek Samping Puasa Daud :

Meskipun dengan berpuasa dipercaya sebagai metode alami untuk menjaga kesehatan, namun berpuasa juga dapat memberikan efek samping yang harus dipertimbangkan. Diantaranya :

  • Dehidradi
  • Rasa mulas
  • Sakit kepala
  • Ritme jantung tidak stabil
  • Keringat dingin
  • Susah berkonsentrasi
  • Tubuh kehilangan energi

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Banyak manfaat yang di dapatkan dari puasa sunah daud seperti yang sudah dijelaskan diatas. Memang secara umum puasa daud bermanfaat untuk menjaga kesehatan baik rohani maupun jasmani. Saat menjalakan puasa dengan ikhlas maka organ dalam tubuh memiliki waktu untuk beristirahat sehingga bisa menjalankan fungsinya secara optimal tanpa kelelahan. Oleh sebab itu, puasa sunah ini sangat disarankan bukan hanya untuk mendapatkan pahala namun juga demi kesehatan tubuh kita.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top