Connect with us
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih

Agama

10 Pengertian, Manfaat dan Khasiat Puasa Mutih Serta Pantangannya

Manfaat Puasa Mutih – Bagi sebagian orang pasti tidak mengetahui apa itu puasa mutih. Karena puasa mutih merupakan salah satu puasa tradisi masyarakat Jawa. Tradisi jawa ini telah jauh berkembang pesat, dari zaman baheula hingga pada saat ini. Namun tidak meninggalkan tujuan dan nilai yang sebenarnya.

Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih

Sebagaimana diketahui, puasa mutih adalah sebuah pantangan sesorang untuk mengkonsumsi makanan atau minuman. Kecuali pada yang putih-putih, maksudnya adalah makanan dan minuman yang berwarna putih, sepeti nasi dan teh putih. Tanpa campuran sambal, lauk pauk, atau sayuran. Tradisi yang sangat melegenda di kalangan pulau Jawa. Puasa mutih dikenal untuk usaha dari praktek supranatural untuk memperoleh kekuatan dan ilmu yang sifatnya gaib.

Nyatanya, puasa mutih juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Pada dasarnya, puasa mempunyai kegunaan yang bermanfaat untuk proses detoksifikasi. Bukan hanya kesehatan fisik, kesehatan mental pun akan tetap terjaga.

Pengertian Puasa Mutih

Islam tidak mengenal yang namanya puasa mutih. Puasa yang sebenarnya menurut pandangan islam adalah puasa yang dilakukan di bulan Ramadhan, dengan menahan haus dan lapar, serta hawa nafsu hingga saatnya berbuka.

Loading...

Selain puasa yang dilakukan di bulan Ramadhan ialah puasa-puasa Sunnah, seperti puasa senin-kamis, puasa daud, puasa arafah, puasa tanggal 10 muharram dan puasa-puasa sunnah yang lainnya. Masyarakat Jawa menafsirkan kegunaannya adalah untuk membersihkan sifat dan energi-energi jahat yang menempel di dalam jiwa manusia.

Konsep “menyiksa” tubuh sebelum meninggal adalah konsep”kejawen” yang mendasarinya. Untuk kalangan kejawen, puasa mutih digunakan untuk memberikan tubuh kekuatan spiritual dengan membiarkan tubuh tidak minum dan makan. Namun, itu mesti dilakukan dengan ikhlas agar khasiatnya didapatkan.

Berapa Lama Puasa Mutih Dilakukan?

Berdasarkan penerapannya, puasa mutih dilakukan tidak tetap lama harinya. Akan tetapi, kebanyakan orang-orang menggunakan 3 jenis waktu lamanya, yakni dilakukan selama 3 hari berturut-turut atau bahkan selama 40 hari. Ketetapan berapa lamanya, biasanya berdasarkan petuah dari guru-guru atau sesepuh yang membimbing untuk melakukannya.

Manfaat Puasa Mutih Berdasarkan Ajaran Kejawen

Tidak sedikit orang yang melakukan puasa mutih untuk memperoleh kesuksesan beserta keperluan lainnya. Bila dikaji secara filsafat, mereka melakukannya untuk membersihkan batin dari sifat-sifat negatif dan energi yang mengakibatkan adanya bencana pada orang itu sendiri. Menurut kejawen, puasa ini harus dilakukan dengan niat yang sungguh-sungguh, jika asal-asalan maka manfaatnya tidak akan didapat.

“Niat ingsun puasa mutih, supaya putih badanku, putih batinku, putih kaya dening banyu suci karena Allah ta’Ala.”

1. Memberikan kekuatan supranatural

Manfaat puasa mutih, selain untuk menghindarkan bencana dan untuk memperoleh kekuatan gaib. Tidak jarang ini dilakukan oleh sebuah ajaran atau perguruan yang kemudian diajarkan oleh murid-muridnya. Hal itu, semata-mata untuk mendapatkan kekuatan gaib dan membuka indera ke-enam. Namun perlu hati-hati, puasa mutih harus memerlukan bimbingan secara langsung oleh guru yang bersangkutan.

2. Memperoleh ilmu kebal

Manfaat yang lainnya adalah untuk memperoleh ilmu kebal. Hal ini dimaksudkan untuk dapat terhindar dari ancaman-ancaman serangan senjata tajam. Sehingga pada dasarnya adalah untuk memberikan perlindungan kepada orang yang mengamalkan puasa itu sendiri.

3. Menjamin kesuksesan sebelum melangsungkan hajatan besar

Sebelum melaksanakan hajatan besar seperti pernikahan, “bagi mereka” boleh melaksanakan puasa mutih untuk kesuksesan acara dan kehidupan kedepannya. Maka dari itu, baik itu mempelai wanita maupun pria mereka melaksanakan puasa kejawen ini sebelum menikah untuk kesuksesan di hari kelak.

4. Membuka kemampuan indra ke-enam

Secara fisik, manfaat puasa mutih memang sangat sulit untuk dijelaskan. Kebanyakan pendapat yang disampaikan hanya mampu dijelaskan secara metafisik. Selain itu, mampu untuk memperkuat sistem eterik dan sistem molekul pada tubuh. Lalu keadaan itu akan mampu memperkuat getaran tubuh sampai membuatnya peka pada kekuatan dan energi supranatural. Setelah semua itu, akan berimbas pada kemampuan diri membangkitkan indra ke-enam.

5. Mampu menghindarkan diri dari santet atau guna-guna jahat

Orang-orang kejawen kebanyakan melaksanakan puasa tersebut untuk memperoleh manfaat ini, yaitu agar terhindar dari guna-guna jahat atau santet. Tidak dapat dipungkiri, aksi gunaguna atau santet memang tak pernah lepas agi kalangan masyarakat kita. Bahkan dunia fisika pernah mencoba menjelaskan ke ilmiahannya. Dengan hasil santet berasal dari peranan atau faktor energi kecepatan cahaya yang membuat benda-benda dapat memasuki tubuh seseorang.

Namun, ilmu fisika tidak mampu untuk menjawab fenomena tersebut. Bagaimana cara mereka yang ahli ilmu santet mengendalikan kecepatan cahaya tersebut. Sedangkan, para pakar teknologi menyebutkan, bantuan jin yang menguasai teknologi kecepatan cahaya yang membuat ilmu santet atau guna-guna berhasil dilakukan.

Karena ilmu medis yang belum bisa memecahkan masalah akibat penyakit guna-guna, oleh sebab itu kebanyakan orang lebih memilih untuk membawanya kepada orang yang memiliki kekuatan supranatural. Maka dari itu, banyak yang menganjurkan cara untuk terhindar adalah melaksanakannya.

Apakah Puasa Mutih Berbahaya

Sampai saat ini, puasa mutih masih dijadikan masyarakat sebagai komunikasi dua ara. Dasar puasa mutih itu sendiri masih tidak dapat lepas dari ajaran kejawen yang tidak ada dalam ajaran Islam. Faktanya, bukan hanya orang muslim, kalangan non muslim pun juga melaksanakan puasa ini. Oleh karena itu, para ulama berpendapat ajaran kejawen yang memiliki panutan atau kepercayaan sendiri.

Keadaan diperparah, tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa puasa ini adalah cara untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT agar menghapus semua dosa-dosanya. Di dalam Al-Quran atau Hadits pun, tidak ada penyebutan puasa mutih termasuk puasa wajib atau puasa sunnah. Lantas dimana letak logikanya? Allah SWT saja tak pernah menyebutkan bahwa puasa penganut kejawen ini merupakan salah satu ritual ibadahnya. Bagaimana cara Allah SWT menghapus dosa-dosa hambanya.

Pantangan Puasa Mutih

Bukan hanya larangan mengkonsumsi makanan dan minuman selain warna putih. Ternyata terdapat beberapa pantangan lagi dalam mengamalkan puasa mutih. Pantangan ini dihindarkan semata-mata agar tidak menyimpang dari tujuan spiritual yang sebenarnya.

Berirkut adalah beberapa pantangan dalam menjalankan puasa mutih, diantaranya:

1. Dilarang membunuh

Baik iu manusia, maupun makhluk hidup lainnya seperti tumbuh-tumbuhan dan binantang. Kotoran sekecil apapun dari bekas pembunuhan akan menodai energi spiritual.

2. Dilarang berbohong

Tidak boleh berbohong ataupun berdusta. Meyebutkan perkataan yang membuat orang lain bingung.

3. Dilarang membuat diri sendiri mabuk

Tidak boleh mengkonsumsi minuman yang mengandung alcohol, ngelem, ngefly, ataupun mengkonsumsi obat-obatan. Merokok pun tidak diperbolehkan. Karena disaat seseorang mabuk, maka besar kemungkinan dia bisa saja melanggar pantangan puasa yang lainnya.

4. Dilarang mengikuti hawa nafsu

Dalam menjalankannya, kita harus mampu menahan hawa nafsu. Seperti tidak boleh melakukan hubungan intim, berpikiran yang mengundang hawa nafsu, ataupun mengucapkan kata yang mengarah kesana.

5. Tidak terikat dengan apapun

Dilarang untuk melakukan sesuatu yang dahulunya sering dilakukan, tidak terikat dengan makanan tertentu, ataupun berkomunikasi dengan orang tertentu.

Jika dikaji dalam ilmu medis, puasa ini sendiri memiliki beberapa dampak negatife yang bisa membahayakan tuuh, diantaranya:

  1. Jika kita hanya mengkonsumsi nasi putih saja, maka itu akan membuat tubuh akan kelebihan kandungan karbohidrat. Sebuah penelitian menyebutkan, kelbihan karbohidrat akan memicu terganggunya konsentrasi kadar gula dalam darah. Bagi penderita diabetes, ini sangat berbahaya.
  2. Bila dibandingkan, puasa ini sangat berbeda dengan puasa pada umumnya. Jika puasa umumnya akan membantu menjaga keseimbangan asupan nutrisi dalam tubuh. Dan membantu dalam proses detoksifikasi. Karena jadwal makannya yang diatur. Bukan malah tidak mengkonsumsi makanan yang sebearnya dibutuhkan oleh tubuh.
  3. Untuk dampak psikologisnya, tubuh akan merasa berat atau tertekan. Tubuh yang seharusnya harus memiliki asupan nutrisi yang baik, namun ini hanya terfokus pada kandungan karbohidrat saja. Tentunya ini sangat tidak baik bagi kondisi mental kita.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Puasa Daud untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sampai saat ini, ritual puasa ini masih banyak dilakukan. Intinya adalah untuk menolak balak. Namun itu pun tidak ada bukti yang akurat. Walaupun begitu, sepertinya mereka telah terdoktrin ajaran sesepuh yang menganut kepercayaan tersebut.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Agama

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top