Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Agama

100 Manfaat dan Khasiat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Puasa senin kamis biasanya dilakukan orang-orang yang memeluk agama Islam karena sudah menjadi kepercayaan bersifat Sunnah. Selain untuk kegiatan ibadah dan religi, manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan maupun kecantikan ternyata cukup banyak. Karena itulah tidak sedikit orang yang rutin melakukan ibadah puasa senin kamis karena tidak hanya untuk ibadah. Jenis puasa ini juga membantu dalam menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan sehat.

Puasa Senin Kamis, Puasa, Manfaat Puasa Senin Kamis, Khasiat Puasa Senin Kamis

Puasa ini terbilang tak perlu dilakukan atau tak bersifat wajib, bagi Muslim. Namun banyak orang yang melakukannya bahkan di luar Muslim karena manfaatnya begitu terasa. Contoh dalam kesehatan, puasa senin kamis bisa membantu untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan terhindar dari penyakit berbahaya seperti kolestrol, penyakit jantung, obesitas, atau lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat besar yang bisa diperoleh dalam puasa sunnah ini.

Waktu Puasa Senin Kamis :

Dalam suatu hadis sudah dijelaskan, kalau puasa senin kamis dilaksanakan pada hari senin dan juga kamis. Senin dan kamis merupakan waktu di mana amalannya dilaporkan/diperlihatkan kepada Allah SWT. Karena itulah, Sejarahnya Nabi Muhammad SAW melaksanakan puasa senin kamis ini pada hari senin dan kamis. Berbicara tentang waktunya, tentu saja dilaksanakan pada hari senin dan kamis sesuai dengan ketentuan seperti puasa ramadhan.

Namun perlu diingat, ada beberapa golongan yang tidak boleh berpuasa dan semuanya juga berkaitan dengan waktu seperti pada wanita, ada waktu khusus di mana mereka tak diperbolehkan untuk beribadah. Jenis puasa ini bersifat sunnah karena merupakan kebiasaan Rasulullah yang diikuti oleh para pengikutnya. Waktu imsyak biasanya ditentukan sebelum adzan subuh. Hal ini perlu kehati-hatian karena tidak seperti ramadahan, imsyak sedikit sulit ditentukan.

Loading...

Niat Puasa Senin Kamis :

Setiap puasa memerlukan niat agar apa yang Anda lakukan bermanfaat baik untuk dunia dan akhirat. Untuk hari senin dan kamis niatnya berbeda, karena berbeda juga harinya. Pada hari senin, niatnya berbunyi :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA”

Yang berarti, “Saya niat puasa hari senin, sunnah karena Allah ta’ala”

Karena nama hari pada kamis berbeda dengan senin, otomatis lafadznya juga berbeda. Untuk puasa sunnah pada hari kamis niatnya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA”

Yang berarti, “Saya niat puasa hari kamis, sunnah karena Allah ta’ala”

Pembacaan niat dilakukan sebelum sahur untuk memberikan asupan makanan agar siangnya bisa beraktivitas seperti biasa.

Tata Cara Puasa Senin Kamis:

Hampir sama seperti puasa ramadhan pada umumnya, berpuasa senin kamis juga diwajibkan untuk tidak makan, minum, dan menahan segala jenis hawa nafsu. Puasa baik pada hari senin dan kamis harus diawali dengan niat, seperti yang telah dibahas di atas. Setelah niat, Anda sahur/makan subuh seperti biasanya.

Setelah Anda berniat dan sahur, baru boleh memulai puasa seperti yang ditentukan waktunya. Berpuasa berarti tidak boleh makan dan minum saat siang hari sampai pada waktunya buka puasa. Setelah Anda berpuasa seharian, berbukalah dengan waktu yang sudah ditentukan juga seperti saat bulan ramadhan, yaitu magrib.

Niat buka puasa pada puasa senin kamis sama dengan niat buka puasa pada bulan ramadhan yang berbunyi :

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

“ALLAHUMMA LAKASUMTU, WA’ALAA RIZQIKA AFTHORTU, DZAHABAZH ZHOMA-U WABTALLATIL URUUQU WATSABATAL AJRU, INSYAA ALLAH”

Yang berarti, “Ya Allah karena Mu aku berpuasa, dengan rezekimu aku berbuka (Puasa). Telah sirna dahaga, semua urat telah basah dan pahal telah tetap, Insya Allah”

Secara garis besar, tata cara puasa senin kamis adalah :

1. Niat

2. Sahur

3. Berpuasa

4. Buka puasa

Semuanya dijalankan seperti apa yang sudah ditentukan. Berpuasa senin kamis bersifat sunnah, jika dilakukan mendapat pahala dan jika tak dilakukan tidak mendapat apa-apa. Berpuasa ini hanya kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang ditiru oleh para pengikutnya karena memiliki manfaat yang sangat banyak, baik untuk amal ibadah dan kesehatan tubuh. Berikut ini adalah rangkuman lengkap manfaat puasa senin dan kamis untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Racun Dalam Tubuh

Puasa memang dikenal bisa mengatasi racun, karena itulah banyak dokter yang merekomendasikan puasa untuk mencegah racun dan mengatasi racun ringan yang masuk dalam tubuh. Racun pada umumnya masuk melalui mulut, hidung, atau kulit, racun yang masuk akan diatasi oleh hati yang memang berfungsi untuk mengatasi segala bakteri dan virus yang masuk. Melakukan puasa bisa membantu dalam meningkatkan kerja hati dan mempercepat pengeluaran racun. Selain itu, dengan makan terjaga tidak sembarangan bisa membantu terhindari dari racun yang mematikan.

2. Sehat Untuk Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan tubuh manusia tidak ada hentinya setiap hari. Karena itulah jika tidak berisitirahat sejenak, sistem pencernaan tubuh bisa saja menjadi lemah dan susah dalam mengkonsumsi makanan lagi. Dengan berpuasa rutin bisa membantu untuk mengistirahatkan sistem pencernaan Anda minimal dalam 12 jam seminggu. Selain itu, tidak makan bisa membantu menyehatkan saluran pencernaan karena bersih dari sisa-sisa makanan yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti sembelit dan lainnya.

3. Menurunkan Lemak

Lemak tidak baik untuk tubuh, tidak hanya bisa membuat tubuh menjadi gemuk dan tak enak dipandang, lemak juga bisa mengakibatkan beberapa penyakit berbahaya seperti strok, penyakit jantung, dan gangguan dalam darah. Semuanya tergantung dari jenis lemak yang ada pada tubuh. Semakin banyak lemak dalam tubuh, semakin besar ancaman penyakit yang menyerang tubuh Anda. Berpuasa artinya tidak makan tidak minum, hal ini akan membantu dalam mengurangi lemak dalam tubuh karena saat tubuh sedang berpuasa, lemak yang akan menjadi sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Sebagai Obat Stres

Stres bisa terjadi karena masalah pada kejiwaan dan pikiran Anda. Semakin lelah seseorang, semakin tinggi tingkat stres yang bisa dihasilkan. Untuk mengatasi stres biasanya terkait dengan apakah orang itu perlu hiburan atau tidak. Stres berlebihan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti masalah kejiwaan, sakit kepala, pusing, dan lainnya. Berpuasa bisa membantu dalam menenangkan sel saraf dalam tubuh karena berpuasa bisa berarti sedang istirahat. Selain itu jika dipandang dari sisi religi, berpuasa berarti mendekatkan diri dengan Tuhan yang bisa membuat pikiran menjadi lebih nyaman.

5. Mengatasi Perasaan Tidak Enak

Perasaan yang tidak enak atau serasa ada yang berbeda biasanya disebabkan karena masalah pikiran akibat stres, tekanan darah tinggi, pusing, mual, dan lainnya. Berpuasa bisa membantu dalam mengatasi perasaan yang kurang enak yang sering dirasakan disertai mual, pusing, dan sakit kepala. Perasaan ini biasanya menjadi gejala untuk orang yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Terhindar dari penyakit HAID dan HIV.

7. Membersihkan saluran pernapasan.

8. Membersihkan saluran usus.

9. Membantu menjaga kesehatan panca indera.

10. Mengatasi darah kotor.

11. Meningkatkan rasa sabar.

12. Mencerdaskan otak.

Cara Memanfaatkan Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan:

Sesuai dengan ajaran Islam, puasa senin kamis dilakukan pada hari senin dan kamis dengan buka puasa pada waktu Magrib. Untuk tetap menjaga kesehatan Anda, lebih baik untuk mengkonsumsi makanan manis saat berbuka puasa agar sistem pencernaan Anda tidak kaget karena seharian tidak makan. Jangan makan makanan yang terlalu banyak pada malam hari dan hindari makanan berlemak tinggi.

Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kecantikan :

1. Melangsingkan Tubuh

Berpuasa berarti tidak makan dan tidak juga minum. Karena itulah, berpuasa bisa membantu dalam menurunkan berat badan dan membuat tubuh menjadi lebih langsing karena tidak adanya lemak yang masuk dalam tubuh dan pembakaran lemak menjadi energi dalam tubuh sedang berlansung selama Anda sedang berpuasa. Untuk memaksimalkan program pelangsingan tubuh Anda, pada buka puasa sebaiknya makan makanan dengan serat tinggi dan kurangi lemak atau makanan cepat saji karena bisa membuat berat tubuh bertambah dan tidak sehat.

2. Peremajaan Sel-Sel Kulit

Puasa memang membuat tubuh menjadi tak mendapatkan asupan makanan untuk beberapa jam. Kecantikan pun tidak terlalu terlihat saat Anda sedang puasa, namun bisa Anda lihat setelah Anda rutin melakukan puasa senin dan kamis ini. Sel-sel kulit pada dasarnya memerlukan nutrisi dan gizi yang pas untuk menjaga kecantikan dan kesehatannya. Dengan berpuasa, nutrisi yang diberikan sudah sangat cukup dan mencegah masuknya racun yang bisa membuat sel kulit menjadi buruk.

3. Membuat Anda Lebih Peka

Hubungan kecantikan dan kepekaan sebenarnya tidak terlalu saling terkait satu sama lain. Tapi dengan peka, Anda bisa lebih mengerti bagaimana cara dalam mempercantik dan mengerti sifat pasangan. Misalnya, Anda akan lebih mengerti seperti apa Anda yang menarik di mata pasangan Anda. Berpuasa bisa meningkatkan rasa peka yang membantu Anda memperkuat hubungan dengan pasangan. Terlalu peka juga ternyata bisa membuat awet muda karena benar-benar sadar akan penampilannya sehingga akan terus berbuat agar penampilannya dapat bagus lagi.

4. Menyehatkan Gigi

Gigi saat berpuasa memang terlihat bersih karena kurangnya makanan yang dicerna oleh gigi. Untuk memaksimalkan, saat makan subuh sebaiknya sikat gigi agar kesehatan gigi tetap terjaga. Berpuasa membantu dalam mengatasi berbagai masalah gigi seperti karang gigi, gigi kuning, dan lainnya.

5. Menunda Penuaan Dini

Masalah penuaan dini terjadi karena banyak faktor. Salah satunya adalah masalah penyakit yang diderita. Berpuasa membantu dalam mengatasi berbagai penyakit dan pada umumnya, puasa memang menyehatkan. Hal ini bisa berarti membantu dalam menunda penuaan dini yang biasanya sudah dialami oleh para remaja. Penuaan dini biasanya disertai dengan ciri-ciri keriput pada kulit, kusam, dan lainnya.

Cara Memanfaatkan Puasa Senin Kamis Untuk Kecantikan :

Pada saat buka puasa, lebih baik makan makanan berserat tinggi untuk membantu melangsingkan badan. Jangan lupa untuk minum air sebanyak mungkin saat sahur dan buka puasa untuk membantu mengencangkan kulit.

Efek Samping Puasa Senin Kamis :

Pada dasarnya efek samping saat berpuasa itu tidak ada. Tapi karena setiap orang berbeda dan cara penerapan puasa juga salah, beberapa efek samping bisa terjadi seperti:

1. Dehidrasi

2. Kelaparan berlebih

3. Masalah pada ginjal

4. Kulit kurang lembab

Manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah banyak sekali, selain itu efek samping yang bisa terjadi akibat kesalahan dalam berbuka puasa ataupun sahur. Intinya berbuka dan sahur lah dengan yang cukup serta bermanfaat.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top