Connect with us
Puasa, Manfaat Puasa, Khasiat Puasa, Gambar Orang Puasa

Agama

45 Manfaat dan Khasiat Puasa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Puasa tentu sudah pernah dilakukan oleh seluruh umat beragama, terutama Islam dan penghayat kepercayaan kejawen. Manfaat puasa untuk kesehatan dan kecantikan sudah terbukti dan dijelaskan sendiri dalam Al Quran maupun Hadits. Baik puasa wajib, sunnah maupun ritual ala kejawen, semuanya punya manfaat sendiri-sendiri.

Puasa, Manfaat Puasa, Khasiat Puasa, Gambar Orang Puasa

Khasiat berpuasa untuk kesehatan dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan pencernaan dan sistem peredaran darah. Misalnya orang yang kena sakit lambung, justru bisa sembuh dengan puasa. Begitu pun orang yang kena diabetes dan tekanan darah tinggi, berpuasa akan membuat keadaan jadi lebih baik.

Sedangkan manfaat puasa untuk kecantikan lebih mengarah pada kecantikan rohani yang kemudian mempengaruhi kecantikan jasmani. Orang yang berpuasa akan menjadi pribadi yang lebih mampu menahan nafsu dan amarahnya. Sehingga wajah pun terlihat lebih berseri-seri. Tubuh juga akan memancarkan aura yang bagus, sehingga nampak berbinarlah kecantikannya.

Jenis dan Macam-Macam Puasa

Ada banyak sekali jenis dan macam-macam berpuasa yang perlu diketahui. Baik yang ditinjau dari ibadah ummat Islam maupun dari kejawen. Kedua sistem religi ini memang menempatkannya sebagai ibadah dan ritual yang wajib maupun sunnah hukumnya.

Loading...

1. Macam-Macam Jenis Berpuasa Menurut Islam

• Ramadhan
• Qadha
• Kafarat
• Nazar
• Arafah
• 10 Hari Dzulhijah
• Tasu’a
• Asyura
• Syawal
• Senin-Kamis
• Daud
• Sya’ban
• Ayyamul Bidh
• Asyurul Hurum
• Puasa Bagi Pemuda yang Belum Mampu Menikah

2. Macam-Macam Jenis Berpuasa Menurut Kejawen

• Mutih
• Patigeni
• Ngebleng
• Weton
• Ngeruh
• Ngelowong
• Ngrowot
• Nganyep
• Ngepel
• Ngidang
• Ngasrep
• Senen-Kemis
• Wungon

Manfaat Puasa untuk Kesehatan :

1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Khasiat puasa untuk kesehatan bisa perbaiki sistem pencernaan yang buruk. Tanda dari pencernaan buruk yakni tubuh tidak berkembang sesuai dengan semestinya. Misalnya berat badan kurang padahal sudah banyak makan. Barangkali itu disebabkan karena penyerapan gizi makanan berjalan buruk. Dengan berpuasa, maka masalah metabolisme zat-zat makanan dalam sistem pencernaan bisa diatasi.

2. Menerapi Lambung

Lambung manusia bisa rusak karena banyak hal, selain karena penyakit tertentu bisa pula karena gaya hidup buruk. Pola makan yang buruk selalu makan pedas-pedas dan asam-asam yang korosif lama-kelamaan bisa mengikis lambung hingga bocor. Untuk itu terapilah dengan berpuasa, sebab manfaat puasa memang bagus buat lambung. Dapat mengurangi konsentrasi asam lambung.

3. Membuat Pikiran Tenang

Pikiran bisa tenang dengan berpuasa. Ini bukan sekadar mitos, melainkan fakta. Sebab dengan berpuasa emosi menjadi menjadi lebih terjaga. Pikiran yang tenang ini membuat hidup sehari-hari menjadi lebih gampang dijalani. Tidak mudah putus asa dan terjerembab dalam jurang penderitaan pikiran yang berat.

4. Menghilangkan Depresi

Jika sedang mengalami depresi yang berat dan panjang, cobalah untuk berpuasa. Khasiat puasa untuk kesehatan mental memang dapat menjadi alternatif pengobatan depresi. Serahkanlah segala rasa sedih di diri kepada Tuhan, sebab hanya Tuhan yang bisa menyembuhkan. Berpuasa menjadi salah satu wujud berkomunikasi dan memohon kesembuhan depresi pada-Nya.

5. Menyembuhkan Penyakit

Berbagai macam jenis penyakit bisa disembuhkan dengan berpuasa. Mengapa demikian? Oleh karena mayoritas penyakit fisik itu munculnya melalui makanan dan minuman. Sedangkan mayoritas penyakit jiwa itu munculnya karena pikiran dan hati yang selalu buruk situasinya. Nah, khasiat puasa ini akan menyeimbangkan fisik dan jiwa, menjadi lebih positif.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Lainnya :

6. Memperbaiki fungsi ginjal
7. Menjaga kebugaran tubuh
8. Mengatasi asam lambung
9. Memperbaiki metabolisme tubuh
10. Meregenerasi sel-sel yang rusak
11. Mencegah penyakit dalam
12. Membuat jiwa tenang
13. Mengatasi gangguan emosi
14. Menjaga kesehatan mental
15. Mengurangi timbunan lemak jahat
16. Menjaga tubuh dari kemasukan radikal bebas
17. Mencegah gangguan pembuluh darah
18. Mengatasi gula darah tinggi
19. Mencegah hipertensi
20. Membangkitkan potensi kecerdasan EQ dan SQ

Cara Melakukan Puasa untuk Kesehatan :

Tidak ada cara khusus buat berpuasa untuk kesehatan. Semuanya dilakukan sesuai dengan prosedur syariat puasa masing-masing. Berpuasa diawali dari sahur dan ditutup dengan prosesi buka.

Namun berbeda dengan berpuasa versi kejawen. Ambillah contoh puasa mutih, ini dilakukan dengan cara tidak memakan makanan dan tidak meminum minuman yang berwarna selain putih. Jadi segala sesuatu yang dimakan dan diminum harus putih.

Manfaat Puasa untuk Kecantikan :

1. Mencerahkan Wajah

Puasa efektif buat mencerahkan wajah. Lihat saja orang yang sedang berpuasa, wajahnya menjadi bersinar terang. Apalagi kalau puasanya disertai dengan kegiatan ibadah lainnya seperti mengaji.

2. Memutihkan Kulit

Khasiat puasa untuk kecantikan juga bagus untuk memutihkan kulit. Ini karena seseorang menjadi terkontrol pola makan dan minumnya. Sumber dari kulit kusam bisa dari makan dan minum yang buruk selama ini. Dengan berpuasa, artinya seseorang mulai menghindari kebiasaan makan dan minum buruknya itu.

3. Memancarkan Aura Kecantikan Jiwa

Tentu saja, puasa bisa membuka aura. Jiwa yang selama ini terselubungi keindahannya karena gaya hidup yang buruk dan berada dalam stress tinggi, perlahan-lahan akan terbuka dan membuat aura memancar begitu terang.

4. Membuat Pancaran Mata Bersinar

Dampak puasa juga terlihat pada bola mata yang menjadi lebih bersinar. Pada dasarnya, mata manusia itu jendela jiwanya. Ketika jiwanya bersinar karena rutinitas berpuasa yang dijalankan, maka otomatis matanya pun bersinar.

5. Menurunkan Berat Badan

Sudah tentu berpuasa akan bisa menurunkan berat badan secara signifikan. Orang yang sedang diet dan berusaha mati-matian menurunkan berat badannya, wajib banget berpuasa! Lakukan puasa tiap harinya, tentu berat badan bisa turun 1-2 kg per bulan.

Manfaat Puasa untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membantu program diet ketat
7. Menguruskan badan
8. Memancarkan inner beauty
9. Membuat fisik lebih cantik
10. Menjaga berat badan tetap ideal
11. Membuang lemak perut
12. Membuat pipi tirus
13. Mengecilkan lengan
14. Membuat badan sintal
15. Mengecilkan paha
16. Baik untuk program memiliki anak
17. Terapi obesitas
18. Menghilangkan selulit
19. Mencegah munculnya jerawat
20. Mengurangi minyak berlebih pada wajah

Cara Melakukan Puasa untuk Kecantikan :

Hakikat berpuasa adalah menahan hawa nafsu untuk makan, minum , marah dan berbuat hal-hal yang sifatnya duniawi dan mengikuti naluri hewaniyah. Ketika seseorang berpuasa, tentu akan berdampak pada kecantikan dirinya. Di mana cahaya diri akan memancar terang benderang.

Ketika berpuasa, alangkah baiknya diiringi dengan keikhlasan dan keridhoan hati menjalaninya. Lawanlah diri sendiri yang senantiasa egois memenjarakan dalam nafsu yang tiada habisnya. Syarat untuk cantik memang adalah pengendalian emosi dan manfaat puasa ini sangat efektif buat melakukannya.

Efek Samping Puasa :

Meskipun memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan, rupanya berpuasa juga memberikan efek samping dan dampak berupa:

1. Lemas
2. Cenderung Mudah Emosional
3. Hipotensi
4. Lapar
5. Dehidrasi

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sholat Dhuha untuk Rejeki, Jodoh, Kesehatan Serta Cara Melakukan

Namun jangan khawatir, sebab dampak di atas mampu dicegah jika memang prosesi sahur dan bukanya dijalani dengan cara yang tepat. Tentu saja yang namanya puasa memang butuh kesiapan fisik dan emosi. Inilah tantangannya sebagai manusia, berani dan mampu atau tidak menjalaninya. Jika mampu, maka kebaikanlah yang akan didapatkan. Anda dapat membaca dan mencari pengetahuan tentang ajaran agama Islam lainnya.

Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Agama

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top