Connect with us
Ruqyah, Manfaat Ruqyah, Khasiat Ruqyah

Agama

101 Manfaat dan Khasiat Ruqyah untuk Rohani, Kesehatan Serta Efek Samping

Manfaat Ruqyah – Ruqyah, atau dalam bahasa Inggrisnya disebut exorcism, merupakan suatu metode penyembuhan melalui cara membacakan ayat ayat suci Al-qur’an, surat, ataupun hadis tertentu pada orang yang mengalami penyakit, baik fisik, maupun non fisik/batin. Sakit yang dapat disembuhkan dengan ruqyah biasanya berupa bisa/sengatan hewan, penyakit jiwa, kerasukan, penyakit gangguan mata (dengki). Begitu banyak manfaat Ruqyah yang bisa dirasakan.

Ruqyah, Manfaat Ruqyah, Khasiat Ruqyah

Konon ruqyah sudah ada sejak jaman jahiliyah, sebelum adanya Nabi Muhammad SAW. Dan ketika Nabi sudah datang, metode ruqyah kemudian diperbaharui agar lebih islami. Salah satu surat yang biasanya dibacakan Nabi ketika melakukan ruqyah adalah An-Naas, dan Al-Falaq. Caranya dengan ditiupkan ke telapak tangan setelah dibacakan, dan mengusapkannya ke bagian tubuh yang sakit.

Dalil Diperbolehkannya Ruqyah :

1. Dari Al-qur’an, surat Al-Isra’ (Memperjalankan di Malam Hari), ayat 82:

Dalil yang pertama yaitu dari surat Al-Isra. Pada ayat ke 82 dinyatakan “Dan kami turunkan dari Al-qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.” Al-qur’an di sini dianggap sebagai media penyembuh yang paling manjur.

2. Dari Al-qur’an, surat Fussilat (Yang Dijelaskan), ayat 44:

Selain surat Al-Isra, di dalam surat Fussilat juga dikatakan, “Katakanlah, Al-qur’an adalah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman. Dan orang orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, dan (Al-qur’an) itu merupakan kegelapan bagi mereka. Mereka itu (seperti) orang orang yang dipanggil dari tempat yang jauh.” Al-qur’an sekali lagi sebagai penyembuh bagi si sakit.

3. Dari Al-qur’an, surat Yunus, ayat 57:

“Wahai Manusia! Sungguh, pelajaran (Al-qur’an) telah datang kepadamu dari Tuhan mu, penyembuh bagi penyakit dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” Oleh karena itu perbanyaklah membaca Al-qur’an dan, surat-surat, hadits, memuja Allah SWT, berdzikir, dan ibadah yang baik untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Tata Cara Pelaksanaan Ruqyah :

1. Pertama seorang yang melaksanakan ruqyah harus mensucikan diri atau mengambil wudhu
2. Kemudian ia membaca surat Al-Fatihah, Al-Falaq, An-Naas, Al-Ikhlas, atau apa saja yang diambil dari Al-qur’an
3. Setelah itu meletakkan telapak tangan sebelah kanan di atas bagian tubuh yang mengalami sakit
4. Lalu meniupkan ke tubuh (atau bisa dengan media air) yang sakit di tengah tengah ruqyah
5. Mengusap bagian tubuh yang sakit dengan tangan kanan
6. Pasrahkan diri untuk meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT
7. Yang meruqyah dan yang diruqyah harus percaya dan yakin hanya kepada Allah SWT
8. Lakukan ruqyah di tempat yang bersih dari kotoran dan najis
9. Tidak melakukan perbuatan syirik atau sihir apapun, niatkan karena Allah SWT
10. Jangan mendatangi penyihir atau peramal, orang pintar maupun dukun untuk melakukan ruqyah
11. Dilakukan dengan menggunakan Al-qur’an, hadits, dengan bahasa Arab atau bahasa yang dipahami
12. Tidak menggunakan kata kata kasar yang jahat dan suara yang terlalu lantang
13. Tidak sepenuhnya mengandalkan ruqyah. Hanya percaya kepada Allah SWT sebagai pengendali alam dan isinya

Jenis Jenis Ruqyah :

1. Ruqyah Syar’iyyah

Ruqyah Syar’iyyah ini, ialah salah satu metode atau cara yang diperbolehkan sesuai dengan syariat agama Islam. Karena caranya sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Pengobatannya dilakukan dengan membaca do’a, bacaan bacaan Al-qur’an, berdzikir. Insya Allah jika diterapkan akan terhindar dari pengaruh buruk, sihir, maupun jin, dan sembuh dari segala jenis penyakit.

2. Ruqyah Syirkiyyah

Selanjutnya ada Ruqyah Syirikiyyah. Ruqyah ini merupakan jenis pengobatan yang terdapat unsure syirik, karena dilakukan oleh dukun. paranormal. ataupun orang pintar. Yang dibacakan bukan bacaan Al-qur’an, melainkan mantra atau perkataan yang tidak jelas. Hati-hati karena di zaman sekarang semakin banyak para dukun yang menggunakan kedok agama agar orang awam percaya dan berobat kepada mereka.

Manfaat Ruqyah Untuk Rohani :

1. Terbebas dari penyakit rohani

Penyakit rohani biasanya berupa gangguan jiwa, perasaan cemas yang berlebihan, gangguan mata (iri/dengki), kerasukan, terkena gangguan jin, dan lain sebagainya. Kesemuanya bisa disembuhkan melalui ruqyah, jika kita yakin dan mengimani, pengaruh bacaan ayat suci Al-qur’an sangatlah besar. Dan percaya bahwa perlindungan Allah SWT itu benar adanya.

2. Dapat memanfaatkan obat Ilahiyyah

Bisa memanfaatkan aktivitas ini sebagai alternatif kesembuhaan atau pengobatan, selain melakukan tindakan medis atau mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, adalah salah satu keuntungan. Apalagi jika penyakit yang diidap bukan penyakit fisik. Melainkan penyakit hati ataupun rohaniah. Insya allah jika kita percaya, segala sesuatunya akan dimudahkan oleh Allah SWT.

3. Menjaga ibadah agar lebih baik lagi

Untuk ini bisa dilakukan ruqyah mandiri maupun yang dilakukan oleh diri sendiri. Hal pertama yang harus dilakukan adalah, yakin kepada Allah SWT, serta sadar akan segala perintah dan larangan Nya. Takut hanya kepada Allah SWT. Harus rutin dilakukan, agar diri semakin yakin dan percaya penuh, dan hasilnya bisa lebih baik lagi.

4. Hidup tenteram

Setelah melakukan ruqyah secara rutin, segala penyakit seperti kecemasan yang berlebihan, tidak memiliki kepercayaan diri, membenci orang lain ataupun keluarga sendiri, bersedih setiap saat, bisa hilang. Dengan hanya sedikit waktu, biaya, dan tenaga yang dibutuhkan. Ruqyah syar’iah disebut sebagai sebaik-baiknya pengobatan yang harus dilakukan.

5. Dapat memotivasi diri sendiri agar tetap semangat dan aktif

Jika keluarga anda mengalami penurunan semangat (down), bisa disarankan untuk melakukan ruqyah syar’iah. Yang terjadi jika dilakukan secara rutin adalah, Insya Allah semangat akan kembali lagi dan kembali aktif seperti sediakala. Terutama untuk putra putri anda, mereka akan bisa semakin berprestasi lagi.

Manfaat Ruqyah untuk Rohani Lainnya :

6. mencegah bala serta marabahaya
7. bekal keselamatan di dunia, maupun di akhirat
8. Keadaan jiwa yang stabil
9. Mendatangkan bahagia
10. mengendalikan emosi
11. penangkal dari bisikan setan
12. penangkal kesulitan dalam kehidupan
13. Keinginan segera bertaubat
14. Menjauhi segala maksiat
15. Menguatkan diri
16. Merasa tenang
17. Dapat mengendalikan emosi
18. Memperbaiki kondisi mental
19. Membentengi diri
20. Senantiasa merasa dalam perlindungan Allah SWT
21. mewujudkan amal saleh
22. Meneguhkan iman
23. Menolong manusia untuk selalu beristiqomah
24. Memiliki keikhalasan hati yang lebih besar
25. Senantiasa merasa diberkahi oleh Allah SWT
26. Menjadi lebih pemberani
27. Selalu merasa rahmat dari Allah SWT tercurah untuk diri & keluarga
28. Lebih ingin memahami dan mendalami agama
29. memberikan kebaikan bagi orang lain
30. Sebagai bentuk keimanan
31. Mengusir gangguan setan
32. Terhindar dari iri
33. Mengamalkan ibadah sunah
34. Mendapat kekuatan dari Allah
35. Senantiasa mengingat dan diingat Allah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ayat Kursi untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Manfaat Ruqyah untuk Kesehatan :

1. Dapat mengobati penyakit fisik

Do’a, dan bacaan Al-qur’an dapat dipercaya sebagai salah satu pemicu atau alat yang dapat mengendalikan sel-sel darah merah, sel kanker, enzim, bakteri, dan jamur yang ada di dalam tubuh setiap manusia. Hal ini sudah diteliti dan disampaikan oleh Dr.Dossey, dari salah satu Universitas di Texas, Amerika.

2. Dapat meningkatkan imun dan kesehatan tubuh

Dikutip dari pernyataan Dr.Emoto dari Jepang, bahwa bacaan yang ada di ayat-ayat Al-qur’an dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Apalagi jika dilakukan secara rutin dan terus menerus. Hal tersebut dapat merangsang sel-sel darah dan organ tubuh yang lainnya sehingga bisa bekerja lebih baik lagi. Dampaknya imun tubuh pun meningkat.

3. Mengurangi tingkat stress

Bacaan Al-qur’an yang dibacakan pada waktu ruqyah, termasuk berdzikir, dapat membantu menenangkan jiwa. Jika jiwa tenang, maka perasaan depresi, stress, atau pikiran pikiran yang negatif, dapat dihilangkan. Apabila hal-hal tersebut sudah tidak ada, maka sudah pasti setiap manusia akan memiliki kesehatan yang baik.

4. Menyembuhkan sengatan atau bisa dari hewan

Jenis jenis penyakit yang disebabkan oleh sengatan lebah, kalajengking, ataupun bisa ular, ternyata bisa disembuhkan dengan metode ruqyah. Selain dilakukan tindakan medis, ruqyah juga memungkinkan untuk mempercepat proses penyembuhan. Apalagi jika kedua metode tersebut digabungkan atau dilakukan secara bersamaan.

5. Badan terasa lebih segar

Manfaat melakukan aktivitas ini dalam hal kesehatannya selanjutnya adalah mampu membuat tubuh lebih segar. Dalam tubuh yang sehat, pastinya akan terdapat jiwa yang kuat. Karena ruqyah dapat meningkatkan kesehatan, secara otomatis, badan pun akan terasa lebih ringan, dan juga segar. Segala penyakit dapat dicegah melalui metode ini. Hanya saja tetap harus dilakukan dengan rutin, dan bisa dikombinasikan dengan olahraga.

Manfaat Ruqyah untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengurangi resiko jantung
7. Sebagai penyembuhan penyakit fisik
8. Memberikan efek baik bagi kesehatan
9. Merasakan badan dan jiwa yang segar
10. Mengurangi rasa sakit kepala
11. Menghilangkan sakit
12. Menurunkan urat saraf yang tegang
13. Membuat pembuluh nadi menjadi longgar
14. Meningkatkan suhu kulit
15. Menurunkan frekuensi detak jantung menjadi lebih beraturan
16. Menjaga vitalitas
17. Menjaga keseimbangan tulang belakang
18. Menjaga panca indera agar dapat bekerja dengan baik
19. Meningkatkan daya ingat
20. Menghilangkan kelelahan
21. Mencegah depresi
22. Lebih fokus
23. Tubuh terasa lebih rileks
24. Mengurangi rasa sakit punggung
25. Mengurangi efek gondok
26. Mengurangi gangguan organ reproduksi
27. Menyeimbangkan otak kanan dan kiri
28. Menstimulasi gelombang otak
29. Menghilangkan insomnia
30. Bisa bangun lebih awal/pagi
31. Mengurangi/menghilangkan kista
32. Menjaga organ ginjal agar tetap baik
33. Menghilangkan sakit pada tenggorokan
34. Menyembuhkan demam
35. Menjaga sensor motorik
36. Menjaga saluran pernafasan
37. Tubuh terasa lebih ringan
38. Menambah kandungan darah
39. Melatih respon otak
40. Lebih enerjik dan aktif

Efek Samping Ruqyah :

1. Mulai menangis
2. Terkadang menyabkan perasaan mual
3. Beberapa orang yang tidak tahan akan muntah
4. Kebas atau kesemutan
5. Kedutan
6. Tidak sadarkan diri/pingsan
7. Buang angin
8. Efek lainnya yaitu menyebabkan bersendawa
9. Melakukan perlawanan kepada orang yang melakukan ruqyah
10. Marah marah yang tidak jelas
11. Ruqyah yang salah akan menyebabkan seseorang kerasukan
12. Tubuh terasa ringan, terasa seperti melayang
13. Tidak seimbang/sempoyongan
14. Pusing pusing
15. Merasa seperti terkena aliran listrik/tersetrum
16. Mengajak berkelahi
17. Terlihat tenang
18. Senyum senyum sendiri
19. Meremehkan orang orang yang ada di sekitarnya
20. Badan terasa lemas
21. Seperti orang yang tercekik
22. Datar, tanpa ada reaksi apa-apa
23. Tiba-tiba bisa melihat makhluk yang tidak kasat mata
24. Menyebabkan rasa seperti kepanasan
25. Tiba-tiba terasa sakit di bagian pinggang
26. Dapat menimbulkan sesak nafas

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Dzikir untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Alternatif pengobatan ruqyah sekarang memang semakin marak bahkan menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat. Banyak yang berhasil, ada juga yang belum terasa manfaatnya. Mungkin karena baru dilakukan sekali dua kali. Apapun yang diusahakan untuk kesehatan dan kebahagiaan secara rohani, jangan terlalu berharap penuh atas tindakannya. Tapi kembali berharap dan pasrahkan semuanya hanya kepada Allah SWT.

Continue Reading

Lainnya dari Agama

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top