Connect with us
Sahur, Sahur Subuh, Sahur Imsak

Agama

30 Manfaat dan Khasiat Sahur untuk Berpuasa, Kesehatan Jasmani Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Sahur – Sahur adalah kegiatan makan sebelum puasa, dilakukan pada pagi hari, sebelum waktu imsak. Meskipun bukan merupakan rukun puasa dan hukumnya sunnah, namun bersahur sangat dianjurkan. Nabi Muhammad senantiasa mengajak keluarga dan sahabat-sahabatnya agar bersahur karena di balik sahur, ada berkah.

Sahur, Sahur Subuh, Sahur Imsak

Tidak ada menu sahur yang lebih sehat selain dengan makan makanan yang baik. Apa sajakah makanan yang baik? Tentu saja jenis makanan yang mampu menunjang puasa, seperti memenuhi kebutuhan gizi 4 sehat 1 sempurna. Oleh karena sedang puasa, maka memakan kurma dan minum madu juga bisa menambah tenaga, sehingga kuat menahan lapar hingga bedug maghrib nanti.

Keutamaan Sahur Saat Hendak Berpuasa :

Mengapa sahur begitu penting dilakukan? Bagi mereka yang sedang bersahur untuk puasa ramadhan maupun puasa sunnah, ingatlah baik-baik bahwa bersahur itu adalah jalan mendapatkan keberkahan dari Allah. Sebagaimana tersurat dan tersirat dalam hadits di bawah ini:

Dari sahabat Anas bin Malik Ra, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda “makan sahurlah kalian, sesungguhnya dalam makanan sahur terdapat barakah.” (H.R Mutaffakun ‘Alaih)

Loading...

Dari Abu Sa’id Al-Khudri Ra, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Makan sahur adalah barakah. Maka janganlah kalian meninggalkannya meskipun salah seorang di antara kalian hanya minum seteguk air.” (HR. Ahmad)

Waktu Pelaksanaan Sahur :

Muslim dan muslimah bisa mulai menyantap makan sahurnya mulai dini hari, antara jam 2 pagi hingga sebelum imsak. Ini adalah jam ideal agar makanannya bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Di dalam hadits pun dijelaskan mengenai jarak antara adzan dengan bersahur, maksudnya adalah jeda waktu bersahur dan imsak dengan adzan sholat subuh. Berikut adalah haditsnya:

Dari Zaid bin Tsabit r.a, ia berkata “kami pernah makan sahur bersama Rasulullah, kemudian beliau berdiri sholat. Lalu aku bertanya ‘berapa lama jarak antara adzan dengan sahur?’ Beliau menjawab, ‘sekadar membaca 50 ayat.’” (H.R Bukhori & Muslim)

Manfaat Sahur untuk Berpuasa :

1. Dianjurkan Saat Puasa

Ketika hendak puasa, maka biasakanlah untuk sahur. Biarpun tanpanya juga tidak membatalkan puasa tersebut, namun akan sangat berat tentunya bilamana tidak dilakukan. Sebab puasa itu membutuhkan waktu menahan lapar yang lama, dari fajar terbit hingga fajar terbenam di waktu maghrib.

2. Membuat Badan Lebih Siap Berpuasa

Kalau tidak sahur, tentu saja badan manusia menjadi tidak kuat. Meskipun rasanya tidak lapar, tapi tubuh meresponnya dalam tekanan-tekanan. Misalnya kenaikan asam lambung. Yang mana asam lambung ini bersifat mengikis organ saluran pencernaan, terutama lambung, hati dan kerongkongan. Untuk para penderita maag, tentunya jadi bisa mengancam nyawa. Padahal berpuasa itu aman dan bisa saja dilakukan oleh para penderita maag.

3. Membuat Pikiran dan Mental Lebih Siap Menahan Nafsu

Orang yang sedang lapar cenderung tidak terkendali emosi dan pikirannya. Mental mereka lebih gampang down dan nafsu pun tak terkendali. Apalagi ketika berpuasa, godaan dan gangguan macam ini bisa berkali-kali lipat. Untuk itu, antisipasi segera dengan sahur. Bangunlah di kala waktunya sahur dan tidurlah ketika siang hari, usai kerja. Jangan tidur di pagi hari usai sahur atau sholat subuh karena ini bisa meningkatkan resiko diabetes.

4. Meningkatkan Rasa Cinta Pada Islam

Puasa, terutama puasa ramadhan selalu menuai cerita pada 2 waktu, yaitu waktu sahur dan waktu buka. Mereka yang senantiasa bersahur tiap harinya, dengan keluarga, teman atau kolega pastilah akan merasakan iklim Islam yang damai. Ada perasaan cinta yang lebih besar pada islam. Kegiatan berpuasa wajib pun menjadi lebih asyik dijalani.

5. Mencegah Batalnya Puasa

Seringkali orang batal puasanya karena tidak kuat menahan lapar. Biasanya karena mereka beraktivitas berat, sedang sakit maupun karena tidak sahur. Untuk itu, segera saja atasi batalnya puasa dengan khasiat sahur ini. Jangan lupa saat sahur untuk minum madu dan makan kurma. Selain itu, makan nasi yang cukup dengan air putih banyak juga sangat diperlukan agar tubuh selalu fit ketika berpuasa.

Manfaat Sahur untuk Berpuasa Lainnya :

6. Menyempurnakan puasa
7. Mendapatkan berkah
8. Dilindungi oleh Allah
9. Mendapatkan nikmat
10. Membuat puasa lebih fokus
11. Menegakkan niat puasa
12. Lebih mudah meredam hawa nafsu
13. Mengontrol emosi
14. Mencegah pikiran negatif
15. Mendapatkan pahala

Manfaat Sahur untuk Kesehatan Jasmani :

1. Memperbaiki Jam dan Pola Makan

Ada banyak orang yang memiliki jam dan pola makan yang buruk. Biasanya mereka adalah orang yang sibuk ataupun tipikal orang yang memang nafsu makannya buruk. Padahal jam makan yang teratur dan pasti, serta pola makan dengan komposisi gizi dan vitamin yang lengkap sangat diperlukan. Kegiatan macam puasa dan bersahur sebetulnya adalah upaya untuk memperbaiki jam dan pola makan itu. Jadi lebih teratur dan terjadwal.

2. Membersihkan Saluran Pencernaan

Manfaat sahur bisa membersihkan saluran pencernaan. Saluran cerna yang baik bisa menunjang kesehatan tubuh secara total. Sebab, pencernaan merupakan jalan masuk dan diprosesnya segala macam makanan sebagai gizi di tubuh manusia. Untuk itu, biasakan untuk bersahur dengan makanan yang bervitamin dan seimbangan gizinya.

3. Mengatasi Masalah Metabolisme Tubuh

Bersahur pun akan mampu mengatasi masalah metabolisme tubuh. Ingatlah bahwa metabolisme merupakan proses penyerapan zat-zat makanan di dalam tubuh. Biasanya proses ini bisa tersendat karena gaya hidup buruk, seperti pola makan berantakan. Untuk itu, cobalah perbaiki pola makan demi metabolisme tubuh dengan jalan bersahur.

4. Menjaga Berat Badan Agar Ideal

Manfaat sahur tentu saja bisa menjaga berat badan pada posisi ideal. Biar bagaimana pun, orang yang rutin sahurnya serta puasanya maka umumnya akan makan berat hanya di 2 waktu. Ini bisa menjadi jalan diet yang terbaik dan berpahala pula. Untuk itu, biasakan makan di waktu bersahur. Makan makanan dengan cukup asalkan seimbang gizinya, ini amat membantu capai berat badan ideal.

5. Menghalau Berbagai Penyakit

Pilihlah menu sahur sehat agar bisa jadi upaya menghalau berbagai penyakit. Meskipun sedang berpuasa, dilarang makan berlebihan dan apa saja dimakan seolah sedang balas dendam. Apalagi di waktu bersahur, sebenarnya juga adalah kunci dari suksesnya ibadah puasa atau tidak. Serta menjadi kunci dari suksesnya upaya menjadikan puasa untuk gaya hidup sehat atau tidak.

Manfaat Sahur untuk Kesehatan Jasmani Lainnya :

6. Membuat badan jadi kuat
7. Mengatasi kelelahan
8. Menghindarkan dari dehidrasi
9. Mengobati sakit kepala
10. Membuat badan lebih fit
11. Menjaga stamina agar tetap kuat
12. Menambah asupan kalori
13. Melancarkan pencernaan
14. Mencegah sakit lambung
15. Mengatasi rasa lemah dan lesu

Efek Samping Sahur :

Berikut adalah dampak dari bersahur. Kegiatan ini amatlah baik untuk tubuh dan amalan sunnah sebelum puasa, namun tidak menutup kemungkinan terjadinya efek-efek di bawah ini:

1. Perubahan Pola Tidur
2. Perubahan Pola Makan
3. Mengantuk di Pagi Hari

Perhatikan baik-baik soal efek mengantuk di pagi hari. Ini pasti kerap dirasakan oleh banyak orang yang berpuasa. Biasanya disebabkan karena karbohidrat yang berlebihan ketika bersahur. Untuk itu, saat bersahur, pilih juga menu vegetarian dan fruitarian. Banyaklah makan sayur dan buah, di samping makanan berat seperti nasi dan roti.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Puasa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jikalau tetap mengantuk, tahan dan lawan ngantuknya dengan olahraga ringan seperti jalan kaki. Soalnya kalau tidur di pagi hari bisa bahaya, nanti malah kena diabetes dan gangguan jantung serta paru-paru. Tidur sehabis bersahur dan sholat subuh pun rawan menyebabkan seseorang jadi mimpi buruk dan lemas badannya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top