Connect with us
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah

Agama

40 Manfaat dan Khasiat Sedekah untuk Beribadah, Kehidupan Dunia Serta Kehidupan Akhirat

Manfaat Sedekah – Sedekah adalah memberikan sesuatu secara ikhlas tanpa dibatasi waktu dan juga apa yang akan diberikan serta jumlahnya tidak ditentukan. Ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang mampu. Kegiatan ini tidak hanya dalam bentuk harta melainkan perbuatan baik juga merupakan sedekah.

Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah

Namun walaupun kita ikhlas dalam melakukan sedekah, ternyata kegiatan yang sangat mudah tapi terkadang terasa berat ini memiliki manfaat dalam beberapa aspek, seperti untuk beribadah, kehidupan dunia dan juga kehidupan di akhirat. Jadi orang yang melakukan kegiatan ini tidak akan merasa rugi. Selain itu, tentu saja bersedekah merupakan perintah Allah yang wajib dilaksanakan, sebagaimana banyak disampaikan dalam ayat-ayat suci Al Quran.

Dalil Sedekah di dalam Al Quran :

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.” (Q.S Al Baqarah: 264)

“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” (Q.S Al Baqarah: 265)

Loading...

“Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.” (Q.S Al Baqarah: 266)

Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (Q.S Al Baqarah: 267)

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu) , maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S Al Baqarah: 271)

“Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: “Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada bari itu tidak ada jual beli dan persahabatan.” (Q.S Ibrahim: 31)

Keutamaan Sedekah :

Bersedekah adalah perintah Allah yang langsung disampaikan melalui kitab suci Al Quran. Sedekah wajib diberikan sebagai wujud rasa syukur atas nikmat dan rejeki yang telah Allah limpahkan. Bahwa rejeki dan nikmat itu sebetulnya tidak kekal, tidak dibawa mati dan pada akhirnya akan kembali pula pada Allah.

Cara bersedekah yang baik adalah dengan sembunyi-sembunyi serta perkataan yang tidak menyakiti perasaan si penerimanya. Namun bilamana bersedekah dilakukan secara terang-terangan, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dari berbagai dalil dalam ayat-ayat suci Al Quran dapat terlihat garis-garis besar atau keutamaan dari bersedekah, yaitu:

I. Menjalankan perintah Allah
II. Mencari Ridho Allah
III. Menafkahkan sebagian rejeki yang Allah limpahkan
IV. Mendapatkan balasan nikmat yang berkali-kali lipat di dunia maupun akhirat
V. Menghapuskan kesalahan-kesalahan (dosa)

Manfaat Sedekah untuk Beribadah :

1. Ibadah Menjadi Semakin di Mudahkan

Manfaat dari sedekah untuk beribadah yang pertama adalah ibadah kita akan di mudahkan oleh Allah SWT. Semakin kita sering melakukan kegiatan baik tersebut rasa syukur kita terhadap apa yang Allah SWT berikan akan semakin meningkat. Rasa syukur yang besar itu akan mendorong kita untuk terus beribadah kepada Nya.

2. Doa Menjadi Mudah dikabulkan

Terkadang kita merasa bahwa doa yang kita panjatkan tidak kunjung di kabulkan oleh Allah. Sedekah bisa dilakukan untuk memudahkan doa kita terkabul. Saat kita bersedekah, orang yang di sedekahi akan mendoakan kita. Doa orang-orang tersebut membantu agar doa kita dikabulkan.

3. Meningkatkan Keimanan Kepada Allah SWT

Sedekah juga mampu meningkatkan keimanan kita terhadap yang maha kuasa. Hal ini karena kesadaran seseorang untuk melakukan kegiatan baik tersebut juga mencerminkan seberapa imannya kepada Allah SWT. Sehingga dengan kita rajin bersedekah maka keimanan kita kepada Allah SWT akan semakin meningkat.

4. Meningkatkan Kekhusukan dalam Beribadah

Dari penjelasan sebelumnya bahwa sedekah dapat meningkatkan keimanan seseorang. Dengan iman yang kuat maka seseorang dalam melakukan ibadah akan khusuk karena dia mengerti untuk siapa dia beribadah dan juga tujuan beribadah itu sendiri. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa bersedekah mampu meningkatkan kekhusukan orang dalam beribadah.

5. Menjadi Semakin Rajin Beribadah

Khasiat selanjutnya dari bersedekah adalah membuat kita semakin rajin beribadah. Ini terjadi karena sedekah mampu meningkatkan keimanan kita kepada Allah. Saat iman kita kuat maka kesadaran kita untuk beribadah akan semakin tinggi dengan begitu kita menjadi rajin beribadah.

Manfaat Sedekah untuk Beribadah yang Lainnya :

6. Semakin mencintai Allah SWT

7. Mengetahui tujuan beribadah

8. Mengetahui untuk siapa kita beribadah

9. Takut saat meninggalkan ibadah tertentu

10. Mengerti arti penting ibadah

11. Ibadahnya tidak sia-sia

12. Ibadahnya di terima oleh Allah

13. Mengerti siapa Allah SWT

14. Semakin dekat dengan Allah

15. Menjadi Ikhlas dalam beribadah

16. Tidak ada tekanan dalam melakukan ibadah

17. Tidak merasa bahwa ibadah adalah beban yang berat

18. Tidak harus disuruh dalam melakukan ibadah

19. Tidak menceritakan ke orang lain jika rajin beribadah

20. Tidak merasa bahwa ibadah adalah tuntutan

Manfaat Sedekah Untuk Kehidupan Dunia :

1. Meningkatkan Rasa Empati Terhadap Sesama

Manfaat sedekah untuk kehidupan dunia yang pertama adalah untuk meingkatkan rasa empati kita kepada orang lain. Dengan kita membagikan apa yang kita punya kepada orang lain, orang itu juga dapat merasakan apa yang kita punya. Jika kita terus melakukan itu, rasa kepedulian kita akan meningkat.

2. Rezekinya Terus Mengalir

Rezeki memang sudah ada yang mengatur dan setiap orang memiliki rezekinya masing-masing. Tetapi tidak ada salahnya jika kita berbagi dengan orang lain. Justru jika kita membagikan itu ke orang lain, rezeki kita menjadi terus mengalir. Maka sedekah lah selama kita mampu.

3. Selalu Berpikiran Baik

Manfaat dari sedekah yang selanjutnya adalah kita menjadi berpikiran baik atau positive thinking. Berpikiran positif akan membuat kita melakukan hal-hal yang positif. Sehingga kita hidup menjadi tentram dan bermakna.

4. Mendapatkan Kebahagiaan Sejati

Kebahagiaan sejati atau true happiness adalah hal yang terkadang abstrak untuk kita bayangkan dan kita tidak tahu cara meraihnya bagaimana. Kita bisa raih kebahagiaan sejati dengan cara melakukan sedekah kepada orang yang membutuhkan. Sedekah tidak melulu berhubungan dengan harta atau materi, yang paling sederhana adalah senyum. Dengan senyum kita akan memberikan kebahagiaan kepada orang lain sekaligus kebahagiaan untuk diri kita sendiri.

5. Meningkatkan Kesehatan Jiwa

Berbagi kepada orang lain artinya kita membagikan kebahagiaan untuk orang lain. Sehingga dengan sedekah atau berbagi jiwa kita menjadi sehat karena kita terus menerus dalam suatu kebahagiaan. Buatlah diri kita berguna untuk orang lain selama kita bisa.

Manfaat Sedekah untuk Kehidupan Dunia yang Lainnya :

6. Tidak mudah stress

7. Hartanya akan mendapat keberkahan

8. Mencegah maksiat dalam jual beli

9. Menambah harta kekayaan

10. Mengobati penyakit

11. Terhindar dari sifat kikir

12. Memiliki banyak teman

13. Terhindar dari sifat sombong

14. Terlindung dari kejahatan

15. Selalu di doakan oleh malaikat

16. Hidupnya menjadi tenang

17. Hatinya menjadi tidak gelisah

18. Tidak grasa grusu

19. Dipandang baik oleh masyarakat

20. Rezekinya selalu ada

Manfaat Sedekah untuk Kehidupan Akhirat :

1. Dicintai oleh Allah SWT

Khasiat dari sedekah ini bukan hanya dapat kita rasakan di kehidupan dunia. Ternyata juga di kehidupan akhirat. Berbagi dapat membuat kita dicintai oleh Allah SWT. Karena pada dasarnya apa yang Allah berikan ke kita bukan sepenuhnya milik kita. Maka kita berkewajiban membagikannya ke orang lain.

2. Selalu didoakan oleh Malaikat

Melakukan sedekah ternyata bukan hanya akan di doakan oleh orang yang kita beri. Ternyata malaikat juga akan mendoakan kita. Untuk itu kita harus senantiasa bersedekah agar selalu didoakan oleh malaikat.

3. Mendapat Surga Allah SWT

Manfaat dari sedekah yang selanjutnya mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar, yaitu mendapat surga dari Allah SWT. Jika kita ikhlas membagikan sesuatu ke orang lain maka sebagai gantinya Allah SWT akan memberikan surge Nya untuk kita. Maka jangan jadi orang yang pelit.

4. Pahalanya Selalu dilipatgandakan oleh Allah SWT

Pahala adalah hal yang paling kita inginkan, tetapi sebenarnya pahala akan Allah SWT berikan jika tindakan yang kita lakukan itu baik. Melakukan sedekah adalah tindakan yang Allah SWT senangi. Pahala orang yang melakukan itu akan dilipatgandakan.

5. Mendapat Perlindungan dihari Akhir

Pasti kalian pernah mendengar kata syafaat. Syafaat sebenarnya adalah perlindungan. Kita akan mendapat perlindungan Allah saat hari akhir jika kita rajin melakukan sedekah

Manfaat Sedekah untuk Kehidupan Akhirat yang Lainnya :

6. Diampuni dosanya oleh Allah SWT

7. Mendapat tempat terbaik saat di akhirat nanti

8. Dijauhkan dari api neraka

9. Dibebaskan dari siksa kubur

10.Mendapat pintu surga khusus orang bersedekah

11. Dijauhkan dari siksa di akhirat

12. Mendapat surga firdaus

13. Dihapuskan dosanya

14. Menerima hasil almalan di tangan kanan

15. Menjadi kaum yang selalu di lindungi

16. Dimudahkan melewati jembatan siratal mustaqim

17. Menjadi hamba Allah yang beriman

18. Selalu berkeinginan taat kepada Allah

19. Dimudahkan saat di padang mahsyar

20. Tidak merasa panas saat di padang mahsyar

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Thaharah (Bersuci) untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Jangan sungkan untuk membagikan apa yang kita bisa selagi kita bisa. Karena manfaatnya akan terus kita rasakan baik saat kita masih di dunia maupun saat di akhirat. Tetapi yang harus digaris bawahi adalah kita tidak boleh melakukan itu karena ingin mendapat imbalan. Kita serahkan saja pada Allah SWT karena Allah SWT maha adil dan bijaksana.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Agama

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top