Connect with us
Sholat Dhuha

Agama

100 Manfaat dan Khasiat Sholat Dhuha untuk Rejeki, Jodoh, Kesehatan Serta Cara Melakukan

Sholat atau salat adalah ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh seorang hamba kepada Tuhannya. Namun, ada juga sholat yang hukumnya sunnah seperti sholat dhuha. Segala amal perbuatan seseorang dapat terlihat dari bagaimana kualitas sholatnya. Apabila sholatnya khusyuk maka baiklah seluruh amal perbuatannya. Hal itu disebabkan karena sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Oleh karena itu mengapa sholat sering disebut tiang agama.

Sholat Dhuha, Salat Dhuha, Manfaat Sholat Dhuha, Khasiat Sholat Dhuha, Sholat Sunah

Selain mengerjakan sholat wajib, kualitas ketaqwaan seorang hamba juga dilihat dari sholat sunahnya. Salah satu solat sunah yang sebaiknya dikerjakan karena banyak manfaat dan keutamaannya adalah sholat dhuha. Sholat dhuha dikerjakan sejak pagi menjelang siang. Sholat ini sering disebut sholat meminta rejeki karena manfaatnya dapat melancarkan urusan duniawi seseorang.

Keutamaan Sholat Dhuha :

Sholat dhuha adalah sholat sunah dua rekaat yang mempunyai banyak keutamaan yaitu pahalanya seperti bersedekah, dicukupi kebutuhannya, meraih ghanimah atau keuntungan lebih besar dan cepat, diganjar dengan rumah di surga, mendapat pahala haji dan umrah, menggugurkan dosa, dan dibukakan pintu khusus di surga.

Niat Sholat Dhuha :

Seperti dalam mengerjakan solat pada umumnya, hal utama yang harus diperhatikan adalah niatnya. Niat adalah tujuan kita melakukan sesuatu. Jika niatnya baik hasilnya juga akan baik dan jika niatnya buruk hasilnya juga akan buruk. Sebagai hamba Allah yang selalu mengharap kebaikan dari Tuhannya, kita mengerjakan sholat dhuha dengan tujuan mendapatkan banyak kebaikan dan petunjuk dalam menjalani hidup ini.

Tata Cara Sholat Dhuha :

Sholat dhuha dikerjakan dua rekaat dengan diawali takbiratul ikhrom dan diakhiri dengan salam. Pertama tama adalah membaca niat, selanjutnya membaca doa iftitah, al-fatihah dan salah satu surat dalam Alquran, ruku dan tasbih tiga kali, i’tidal, sujud pertama dengan tasbih sebanyak tiga kali, duduk diantara dua sujud, sujud kedua, rekaat kedua seperti bacaan pada rekaat pertama, tasyahud akhir, salam.

Waktu Sholat Dhuha :

Sholat dhuha dimulai ketika matahari terbit kemudian meninggi sampai setinggi tombak sekitar 2 meter lebih kurang 15 menit setelah matahari terbit. Lebih tepatnya pagi hari menjelang siang dimana kita sedang produktif dalam mencari rezeki yang datang dari sang pencipta. Alasan ini lah yang dipercaya mengapa sholat dhuha dapat melancarkan rezeki seseorang.

Manfaat Sholat Dhuha :

1. Bentuk penghambaan kepada sang kuasa

Sebagai hamba yang diciptakan oleh Tuhan YME, kita wajib beriman dan bertaqwa kepada sang kuasa yaitu mempercayai adannya Tuhan dan mengamalkan segala perintah dan menjauhi larangannya. Salah satu perintah Allah adalah menyembah dan mengingatNya sepanjang hari karena setiap tindak tanduk kita selalu diawasi sang kuasa.

2. Terhindar dari keburukan

Sebagai manusia, kita selalu berharap mendapat kebaikan hidup dan terhindar dari segala keburukan seperti penganiayaan oleh orang lain, perselisihan, pergaulan bebas yang marak seperti narkoba rokok pesta seks , terhindar dari dosa kecil maupun besar, terhindar dari menghibah orang lain yang dapat merusak pahala kita, terhindar dari tipu daya dan lain sebagainnya.

3. Keajaiban di hari anda

Tidak menutup kemungkinan dalam keseharian kita sering mendapt keajaiban. Keajaiban seperti sesuatu yang mustahil tetapi nyata adannya. Hanya Allahlah yang mengatur siapa dan bagaimana kita mendapatkan keajaiban dalam hidup. Dengan menjalankan sholat dhuha secara rutin akan membuat anda lebih sering mendapatkan keajaiban walaupun dari hal terkecil.

4. Gerakan solat dhuha menghindarkan dari pengeroposan tulang

Gerakan sholat yang dilakukan rutin setiap hari akan membuat organ tubuh kita secara tidak langsung seperti menjalani olahraga. Seperti tulang yang selalu digerakkan akan membuat sel-sel nya aktif dalam metabolisme sehingga lebih kuat dan tidak mudah keropos. Gerakan solat sudah diatur sedemikian rupa oleh Allah sehingga memberikan manfaat bagi kesehatan.

5. Waktu paling ijabah ketika berdoa

Seperti layaknya sholat tahajut di sepertiga malam, sholat dhuha juga membuat doa-doa yang kita panjatkan untuk dikabulkan oleh Allah. Dalam mengerjakan sholat apapun kita pasti tidak lupa dalam berdoa kepada Allah untuk selalu diberikan kemudahan dan terhindar dari kesulitan. Dengan sholat dhuha komunikasi anda dengan sang pencipta akan lebih dekat dan terikat.

6. Menyehatkan jantung

Gerakan – gerakan sholat yang seperti olah raga juga baik untuk kesehatan jantung anda. Selain itu waktu sholat yang dikerjakan pagi menjelang siang mempunyai sirkulasi udara yang masih segar dan bersih. Hal tersebut membuat oksigen masuk maksimal dalam sistem peredaran darah dan membuat jantung lebih sehat dan efektif dalam memompa darah.

7. Menentramkan jiwa

Dengan kekhusukan dan niat yang tulus dari dalam hati, sholat akan membuat seorang hamba merasakan ketentraman jiwa. Jiwa akan terhindar dari ketakutan yang sering menghampiri karena urusan duniawi. Kedekatan kita dengan Tuhan akan memberikan perasaan damai walau dalam keadaan yang serba kekurangan. Seperti ketika kita tidak mempunyai uang.

8. Menambah semangat

Sholat dhuha dikerjakan ketika matahari mulai terbit. Di waktu pagi menjelang siang tersebut adalah dimana terkumpulnya seluruh energi yang kita dapatkan selepas istirahat semalam dan sarapan. Oleh karena itu mengerjakan sholat dhuha akan membuat anda mendapatkan kebaiakan energi baik itu energi fisik maupun energi jiwa yang datang dari dalam diri.

9. Sholat dapat mengetahui karakter seseorang

Dengan rajin dan istiqomah menjalankan sholat wajib dapat memperlihatkan tingkat ketaqwaan kita kepada sang pencipta. Apalagi jika kita rutin menjalankan sholat sunah seperti dhuha yang diyakini banyak sekali keutamaan dan manfaatnya. Hal tersebut membuat karakter kita diukur lebih kuat yaitu tingkat keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah.

10. Wajahnya kelihatan bercahaya

Sholat dhuha yang kita kerjakan dengan khusuk hanya mengharapkan kebaikan dari Allah akan bereaksi dari dalam hati. Sehingga membuat hati menjadi lebih tentram, damai dan tenang. Selain itu cerminan energi positif tersebut akan terpancar dari hati menuju aura yang tampak terlihat dari wajah yang semakin bercahaya walaupun tidak sering perawatan ke salon.

Manfaat Sholat Dhuha Lainnya :

11. Bikin awet muda
12. Menang jihad melawan musuh
13. Terhindar dari bahaya
14. Melancarkan peredaran darah
15. Mendapatkan petunjuk
16. Cepat dikabulkannya doa
17. Menormalkan prodhilangkan produksi hormone
18. Mengnhilangkan stress
19. Memberikan ketenangan dan kedamaian
20. Membersihkan muka
21. Menambah cinta kita terhadap Tuhan YME
22. Memberikan jalan hidup yang lurus
23. Mencegah dari berbuatan munkar
24. Membuka pintu rejeki
25. Melancarkan rejeki
26. Memperkuat keimanan dan ketaqwaan
27. Mengajarkan keistiqomahan
28. Memperkuat hubungan dengan Allah
29. Mudah dalam menjalani hidup
30. Membuat selalu mengingat Allah

Dari sekian banyak manfaat dari sholat dhuha membuat kita sadar bahwa ibadah yang dikerjakan dikala hari sedang produktif yaitu pagi menjelang siang, dikala kita sedang sibuk dengan pekerjaan tetapi ada sholat sunah yang apabila dikerjakan akan membawa banyak manfaat yang tidak kita sangka-sangka. Segala manfaat itu datang dari Allah yang sudah dijelaskan dalam beberpa ayat dan hadis.

Salah satu manfaat dari sholat dhuha adalah memperlancar rezeki. Allah sengaja membuat waktu untuk sholat sunah dikala hari sedang produktif adalah wujud dari seberapa seorang hamba mengingat Allah ketika sedang menangani masalah dunia. Sehingga Allah menjanjikan untuk kelancaran rejeki dan kemudahan dalam urusan dunia ketika seorang hamba tidak lupa untuk selalu mengingatNya.

Continue Reading

Lainnya dari Agama

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top