Connect with us

80 Manfaat dan Khasiat Sholat Fajar untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Agama

80 Manfaat dan Khasiat Sholat Fajar untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Manfaat Sholat Fajar – Sholat Fajar adalah sholat sunnah yang dianjurkan dilakukan umat Islam, sebagaimana dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Waktu pelaksanaan sholat ini adalah setelah terbit fajar shadiq dan sebelum sholat subuh, sebanyak 2 rakaat. Sholat ini dianggap sangat ringan bacaannya dan relatif cepat dilakukannya karena menggunakan surat pendek Al Kafirun pada rakaat pertama dan Al Ikhlas pada rakaat kedua. Tentunya setelah membaca Al Fatihah.

Sholat Fajar, Manfaat Sholat Fajar, Keutamaan Sholat Fajar

Ada pula yang menyebut sholat ini dengan nama sholat sunnah rawatib qobliyah subuh, meskipun berbeda, di mana sholat sunnah fajar ini dilakukan sebelum qobliyah subuh. Namun keduanya sama-sama merujuk pada sholat yang dilakukan sebelum sholat wajib subuh. Adapun keistimewaan sholat ini adalah merupakan sholat yang lebih baik dari dunia dan seisinya. Rasulullah selalu kusyuk dan tenang dalam melaksanakannya.

Keutamaan Sholat Fajar :

Untuk melihat keutamaan sholat fajar, alangkah baiknya untuk melihat dari hadits-hadits tentangnya. Ada dua keutamaan yang paling utama dari sholat ini. Maka dari itu, biasakanlah buat mengerjakan sholat ini. Sama sekali tidak berat dikerjakan, sebab Rasulullah Muhammad sendiri meringankannya.

1. Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Sesungguhnya sholat pada fajar hari sungguh baik, lebih baik dari dunia dan seisinya. Mengerjakan sholat pada fajar hari, artinya manusia telah menempatkan sholat di atas segala urusan dunianya. Rasulullah Saw bersabda: “Dua rakaat shalat sunat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya” (HR. Muslim, At-Turmudzi dan Ahmad)

Loading...

2. Sholat Sunnah yang Dianjurkan Nabi Muhammad

Adapun Rasulullah Muhammad begitu sungguh-sungguh dalam mengerjakan sholat ini, serta meringankan bacaannya. Aisyah r.a berkata : “Tidak pernah Rasulullah SAW melakukan sholat sunnah apapun yang begitu kuat kesungguhannya selain pada sholat dua rakaat sunat fajar (HR. Bukhori & Muslim)

Niat Sholat Fajar :

USHOLLI SUNNATAL FAJRI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALA

Artinya: Aku berniat sholat sunnag fajar karena Allah Ta’ala

Tata Cara Sholat Fajar :

Rakaat Pertama:

  1. Mengucapkan niat sholat fajar
  2. Takbiratul ihram
  3. Berdiri bersedekap menghadap kiblat
  4. Membaca doa iftitah, kemudian surat Al Fatihah, lalu surat Al Kafirun
  5. Ruku
  6. I’tidal
  7. Sujud pertama
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Sujud kedua
  10. Berdiri lagi

Rakaat Kedua:

  1. Kembali bersedekap menghadap kiblat
  2. Melantunkan doa iftitah,  kemudian Al Fatihah, dilanjutkan dengan surat Al Ikhlas
  3. Ruku
  4. I’tidal
  5. Sujud pertama
  6. Duduk di antara dua sujud
  7. Sujud kedua
  8. Tahiyyat akhir
  9. Salam

Waktu Sholat Fajar :

Berhati-hatilah dalam menentukan waktu pelaksanaan sholat fajar, sebab mesti melihat tanda-tanda alam. Bisa saja sholatnya tidak sah karena salah mengenali tanda ini. Perlu diingat bahwa namanya saja salat fajar, artinya dilakukan ketika fajar mulai nampak (semburat oranye merah matahari terbit di timur), inilah yang disebut fajar shadiq. Jika fajar shadiq muncul, maka adzan subuh berkumandang. Nah waktu sebelum iqamah merupakan waktu untuk shalat fajar.

Manfaat Sholat Fajar untuk Rejeki :

1. Memudahkan Segala Urusan Pekerjaan

Sholat fajar bisa memudahkan segala urusan kerja. Pekerjaan yang tadinya banyak dirundung masalah pun pelan-pelan akan terselesaikan. Sebab sholat yang dilakukan pada dini hari ini adalah wujud dari rasa tawakkal seorang hamba kepada Allah. Pagi hari, di kala hendak memulai urusan pekerjaan, jangan lupa untuk lakukan sholat ini, di samping tentunya juga sholat subuh dan tahajjud.

2. Membantu Menyelesaikan Masalah Keuangan

Masalah keuangan kadangkala memang sangat menyiksa batin. Membuat pikiran remuk dan stress. Untuk menyelesaikan masalah keuangan yang sedang menimpa, jangan lupa buat tingkatkan sholat. Sebab, di dalam sholat itu ada suatu limpahan karunia dan keselamatan dari-Nya, serta petunjuk yang ditumpahkan pada sanubari. Salah satu amalan sholat yang baik dilaksanakan adalah sholat fajar.

3. Mendapatkan Rejeki dari Arah Tak Terduga

Manfaat sholat fajar akan membuat seseorang dapat rejeki dari arah tak terduga. Maksudnya adalah rejeki yang sama sekali tak pernah disangka sebelumnya. Misalnya mendapatkan uang yang bukan berasal dari gaji, namun sekadar bonus dari perusahaan. Ataupun uang dari hasil peruntungan modal yang berputar pada bisnis yang dikerjakan.

4. Membuat Posisi Kerja Selalu Mapan

Khasiat sholat fajar baik untuk membuat posisi kerja selalu mapan. Profesi yang mapan artinya adalah sebuah pekerjaan yang sama sekali tidak pernah goyah selama bertahun-tahun. Bahkan mengalami peningkatan posisi yang signifikan. Orang yang mapan kerjanya tentu saja rejekinya akan lebih mudah diperoleh.

5. Meningkatkan Peluang Bisnis

Peluang bisnis dapat juga terbuka bilamana seseorang rajin meningkatkan ibadahnya. Tidak hanya ibadah sholat wajib, tapi juga sholat-sholat sunnah seperti sholat fajar ini. Peluang bisnis artinya adalah sebuah kesempatan usaha baru yang bisa meningkatkan taraf hidup.

Manfaat Sholat Fajar untuk Rejeki Lainnya :

6. Membuat selalu percaya diri dalam berkarir
7. Memicu perasaan syukur dan ikhlas
8. Mendorong untuk berperilaku disiplin
9. Mengajarkan untuk tawakkal
10. Menjadi jalan ikhtiar terbaik
11. Memancarkan karima pada diri
12. Membuka peluang yang disangka-sangka
13. Mencegah dari pemutusan hubungan kerja (PHK)
14. Memotivasi untuk meraih mimpi
15. Memperlancar segala usaha
16. Menemukan ide usaha yang brulliant
17. Memberikan keberkahan pada rejeki yang didapat
18. Mengajarkan untuk selalu sabar
19. Meningkatkan sikap tanggungjawab dalam diri
20. Melaksanakan sunnah Rasulullah dan Perintah Allah

Manfaat Sholat Fajar untuk Jodoh :

1. Mendekatkan Pada Jodoh yang Paling Baik dan Tepat

Khasiat sholat fajar akan mendekatkan seseorang pada jodohnya yang paling baik dan tepat. Konon jodoh manusia itu ada beberapa, yang mana di antaranya adalah yang terbaik. Terkadang pilihan hidup manusia yang tidak memikirkan konsekuensi atau grasa-grusu seringkali membuat jodoh jadi meleset. Cobalah senantiasa meminta pertolongan Allah agar didekatkan pada jodoh yang baik dan tepat, salah satunya adalah melalui sholat fajar.

2. Memberikan Petunjuk Tentang Siapa Jodohnya

Manfaat sholat fajar akan memberikan petunjuk mengenai jodoh seseorang. Artinya Allah akan memberikan ilham atau informasi mengenai tanda-tanda jodoh. Di kala seseorang sudah sangat bingung tentang siapa jodohnya, maka saatnya buat menyerahkan pada Allah melalui amalan ibadah.

3. Membuat Diri Lebih Menarik di Mata Jodoh

Tentu saja orang yang rajin beribadah akan menjadi lebih menarik di hadapan lawan jenisnya, apalagi di mata jodohnya. Sholat fajar adalah sholat yang membuat diri jadi lebih menarik. Pancaran sinar ruh begitu terangnya hingga membuat diri jadi lebih dicintai orang lain, terutama pasangan jodohnya.

4. Mencegah Terjadinya Perceraian

Sesungguhnya di balik sholat adalah keselamatan rumah tangga. Sebuah keluarga yang anggotanya selalu sholat berjamaah bersama pastilah diliputi kebahagiaan dan tidak akan terjadi perceraian. Silahkan mulai dicoba dari sekarang betapa bermanfaatnya sholat fajar dan sholat wajib serta sunnah lainnya.

5. Mempersiapkan Diri Menjadi Imam yang Baik

Imam yang baik tentu saja akan disenangi dan diharapkan, apalagi oleh seorang perempuan. Seorang laki-laki memang harus selalu belajar menjadi imam yang baik, agar dapat memimpin rumah tangganya dalam urusan material maupun spiritual. Salah satu upaya menjadikan diri mampu sebagai imam yang baik adalah dengan rajin melakukan sholat fajar.

Manfaat Sholat Fajar untuk Jodoh Lainnya :

6. Menemukan jodoh terbaik
7. Mencegah perbuatan maksiat
8. Meredam libido atau nafsu birahi yang berlebihan
9. Membuat wajah jadi rupawan
10. Menghilangkan ketakutan akan pernikahan
11. Melancarkan niatan menuju nikah
12. Menjadikan keluarga jadi sakinah mawadah warahmah
13. Mendapat jodoh yang paling tepat untuk diri
14. Memancarkan aura yang cemerlang sehingga memikat jodoh
15. Mencegah mendapatkan jodoh yang buruk
16. Meningkatkan ketakwaan
17. Membentuk seseorang jadi pribadi yang menyenangkan di mata lawan jenis
18. Menggembleng jadi imam yang baik untuk dunia akhirat
19. Menghilangkan rasa kalut hati karena jomblo
20. Melepas masa lajang di usia yang sewajarnya

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sholat Dhuha untuk Rejeki, Jodoh, Kesehatan Serta Cara Melakukan

Manfaat Sholat Fajar untuk Dunia :

1. Membuat Diri Lebih Positif Menjalani Hidup

Manfaat sholat fajar akan membuat diri seseorang jadi lebih positif menjalani kehidupannya. Memang banyak orang mengalami masa-masa suram dalam dirinya, salah satu upaya keluar dari kesuraman ini adalah dengan melaksanakan sholat fajar.

2. Melatih Selalu Disiplin dan Tepat Waktu

Manfaat sholat apapun sebetulnya mengajarkan disiplin dan tepat waktu. Ketika adzan berkumandang dan bersegera melaksanakan sholat, pastilah seseorang akan menjadi lebih disiplin. Di mana sikap disiplin dan on time ini akan mengajarkan seseorang untuk memperoleh kepribadian yang jauh lebih baik.

3. Mengajarkan Akan Kesabaran dan Konsistensi

Khasiat sholat fajar untuk dunia dapat mengajarkan akan kesabaran dan konsistensi. Sikap sabar dan konsisten amatlah penting di dalam menjalankan kehidupan di dunia, agar selalu diliputi perjuangan dan perasaan yang positif dalam menghadapi rumitnya dunia ini.

4. Membuat Hati Damai Walau Dirundung Masalah Pelik

Tentu saja sholat fajar akan membuat hati menjadi lebih damai. Walaupun masalah pelik sedang merundung, hati selalu damai merasakan betapa Allah Maha Baik. Allah tidak akan membuat hambanya selalu berada dalam kesulitan. Sebab pasti ada kemudahan dan solusi yang menghampiri, andai saja manusia mau meminta.

5. Membawa Kebahagiaan Lahir dan Batin

Dengan sholat fajar, maka kebahagiaan lahir dan batin akan dirasakan. Allah memang akan memberikan kebahagiaan kepada mereka yang senantiasa sabar dan menegakkan sholat. Maka dari itu, jangan berputus asa dari rahmat Allah. Dirikanlah sholat di pagi hari! Sebelum memulai aktivitas.

Manfaat Sholat Fajar untuk Dunia yang Lainnya :

6. Membuat diri jadi ikhlas
7. Meningkatkan kepercayaan diri seseorang
8. Menambah sikap mawas diri
9. Membantu menenangkan pikiran
10. Menghilangkan sikap takabur dan sombong
11. Melancarkan dan meningkatkan keuangan
12. Membuat diri pandai bersyukur
13. Memberikan kedamaian batin
14. Mengatasi rasa takut yang sedang melana
15. Membuat hati menjadi lebih lapang dada
16. Memperkuat mental agar tidak mudah down
17. Menghalau munculnya gangguan psikis
18. Memotivasi diri sendiri
19. Melatih sikap berserah diri pada Allah
20. Merupakan amalan yang berpahala

Manfaat Sholat Fajar untuk Akhirat :

1. Menjalankan Perintah Allah

Khasiat sholat fajar baik tuk jalankan perintah Allah. Biar bagaimana pun, sholat di pagi hari memang perintah yang disampaikan Allah. Dicontohkan langsung oleh Rasulullah Muhammad. Maka jangan ragu buat melaksanakan sholat di fajar hari ini, di samping juga sholat subuh.

2. Menjauhkan Dari Perbuatan Dosa

Manfaat sholat fajar bisa menjauhkan seseorang dari perbuatan dosa. Memang ketika seseorang rajin beribadah, maka secara naluri dirinya jadi enggan berbuat dosa. Selalu saja ada alarm di dalam batin yang berbunyi, tiap kali hendak melalukan perbuatan dosa.

3. Menambah Pahala Agar Selamat di Akhirat

Khasiat sholat fajar bisa menambah pahala yang membuat manusia selamat di perjalanan akhirat, kelak. Biar bagaimana pun, sholat ini memang bisa menambah timbangan amalan baik, ketika di hari perhitungan amal kelak.

4. Membuat Jiwa Lebih Tentram

Sholat apapun sejatinya akan membuat jiwa seseorang jadi tentram. Namun ada yang bisa membuat waktu pagi hari, ketika hendak memulai aktivitas lebih tentram lagi, yakni sholat fajar. Seperti Rasulullah pun senantiasa melaksanakan sholat ini.

5. Memudahkan Langkah Menggapai Surga

Jika ingin mudah langkahnya dalam menggapai surga, maka jalan yang terbaik adalah senantiasa menegakkan sholat. Sebab sholat adalah amalan utama dan pertama yang djperhitungkan sebelum amalan-amalan lainnya. Percuma menjalankan ibadah lainnya, jika sholatnya tidak dilaksanakan. Jika telah mampu menegakkan sholat wajib, cobalah pula sholat sunnah, seperti sholat fajar ini.

Manfaat Sholat Fajar untuk Akhirat Lainnya :

6. Menjauhkan dari neraka
7. Mencegah bisikan syaitan terkutuk
8. Memancarkan sinar nurani
9. Mencerahkan wajah
10. Membuat jiwa jadi lebih sejuk
11. Mencegah siksa kubur
12. Memudahkan perjalanan di padang mahsyar
13. Membuat sehat jasmani rohani
14. Meringankan ruh
15. Mencegah stress
16. Memicu rasa tawakkal
17. Mencegah dari kebatilan
18. Menunjukkan jalan yang benar
19. Mendapatkan ridho Allah
20. Halal menjadi penghuni surga

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sholat Tahajud untuk Rejeki, Jodoh Serta Kesehatan

Berbagai manfaat sholat fajar di atas seharusnya sudah bisa mendorong seseorang buat rutin menegakkan sholat ini selalu. Sholat ini pun sejatinya diperingan oleh Allah, sebagaimana dicontohkan Rasulullah dalam hal raka’at dan bacaannya. Namun sholat di pagi hari ini memang amat baik untuk manusia.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top