Connect with us

90 Manfaat dan Khasiat Sholat Isya untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Agama

90 Manfaat dan Khasiat Sholat Isya untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Manfaat Sholat Isya – Sholat Isya adalah salat fardhu (wajib) yang dilaksanakan usai sholat maghrib. Tandanya adalah ketika semburat merah senja di ufuk barat benar-benar telah lenyap seutuhnya dan adzan pun berkumandang. Jumlah rakaatnya yakni 4 rakaat. Oleh karena tergolong sholat wajib, maka jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa, sedangkan bila dikerjakan tentu berpahala.

Sholat Magrib, Manfaat Sholat Magrib Khasiat Sholat Magrib, Keutamaan Sholat Magrib

Namun sejatinya ibadah sholat isya dan lainnya adalah untuk mendapatkan Ridho Allah. Sebab saat Allah ridho, maka segala urusan akan dipermudahkan oleh Allah. Memang pahala itu selalu diharapkan oleh seorang hamba, namun tanpa perlu diminta dan diharapkan, segala ibadah secara otomatis akan dicatat oleh malaikat dan dilaporkan sebagai amalan yang baik dan kelak akan meringankan perjalanan di alam kubur dan yaumul mizan.

Keutamaan Sholat Isya :

1. Meningkatkan Ketakwaan

Sudah tentu sholat akan meningkatkan ketakwaan seorang hamba kepada Allah. Takwa adalah wujud iman yang sempurna karena kepercayaan dan keyakinan akan eksistensi Allah tidak hanya sebatas ucapan, tapi juga sudah melalui tindakan, yakni ibadah yang sungguh-sungguh.

2. Mendapatkan Perlindungan dari Gangguan Syaitan Saat Tidur

Waktu sholat isya yang di malam hari menjamin seorang hamba untuk terlindungi ketika mereka hendak tidur. Sesungguhnya syaitan (jin) memiliki kemampuan untuk menganggu manusia saat mereka tidur, biasanya dalam wujud mimpi.

Loading...

3. Merupakan Sholat Wajib 5 Waktu

Perlulah pula diketahui bahwasanya sholat isya adalah salah satu dari 5 sholat fardhu yang wajib dikerjakan. Dibandingkan sholat sunnah, tentu sholat isya lebih diutamakan.

4. Mendapatkan Cahaya di Hari Kiamat

Seorang hamba yang melakukan sholat isya dengan mendatangi masjid, di kala langit gelap karena malam, maka kelak saat kiamat ia akan diliputi oleh cahaya. Seperti dalam hadits berbunyi:

Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Berilah kabar gembira kepada orang yang berjalan di masjid dalam keadaan yang gelap bahwasanya kelak dia akan mendapatkan cahaya sempurna di hari kiamat.” (H.R Abu Daud dan Tirmidzi)

5. Memperoleh Keselamatan di Hari Kiamat

Mereka yang menegakkan sholat isya pun akan memperoleh keselamatan di hari kiamat, sungguh mereka berada dalam naungan dan cahaya ilahi, sebagaimana dijelaskan dalam hadits:

Dari Abdullah bin Amr bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Siapa yang menjaga sholat lima waktu, baginya cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Siapa yang tidak mengerjakannya, maka dia tidak akan mendapatkan cahaya, bukti dan juga tidak mendapatkan keselamatan. Pada hari kiamat kelak, dia akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman dan Ubay bin Kholaf.” (H.R Ahmad)

Keutamaan Sholat Isya Lainnya :

6. Tidur lebih nyenyak

7. Menghindarkan dari kejahatan di malam hari

8. Meningkatkan kesehatan fisik

9. Membuat batin lebih bersih

10. Menenangkan pikiran

Niat Sholat Isya :

USHOLLI FARDHAL ISYAA-I ARBA’A RAKA’AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAHI TA’AALA

Artinya: “Aku berniat shalat fardhu Isya empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala”

Tata-Cara Sholat Isya :

Tidak ada perbedaan antara sholat wajib yang satu dengan yang lainnya, selain pada jumlah rakaatnya. Kecuali pada sholat subuh, biasanya ada jamaah yang menambahkan do’a qunut. Langkah awalnya tentu saja adalah melakukan rukun sholat dengan berwudhu. Sholat isya terdiri dari 4 rakaat. Berpakaianlah yang sesuai dengan syariat dan menutup aurat. Berikut adalah tahapan-tahapannya:

Rakaat Pertama:

  1. Melafalkan niat.
  2. Takbiratul ihram.
  3. Berdiri bersedekap, membaca doa iftitah, Al Fatihah dan surat-surat pendek atau surat yang dihafal dalam Al Qur’an.
  4. Ruku.
  5. I’tidal.
  6. Sujud pertama.
  7. Duduk di antara dua sujud.
  8. Sujud kedua.
  9. Berdiri lagi.

Rakaat Kedua:

  1. Kembali bersedekap, melantunkan lagi doa iftitah, dilanjutkan dengan Al Fatihah dan surat-surat pendek atau surat yang dihafal dalam Al Qur’an.
  2. Kembali melakukan ruku.
  3. I’tidal.
  4. Sujud pertama.
  5. Duduk di antara dua sujud.
  6. Sujud kedua.
  7. Tahiyyat awal.
  8. Kembali berdiri

Rakaat Ketiga:

  1. Kembali berdiri bersedekap, membaca doa iftitah, lalu Al Fatihah dan surat-surat pendek atau surat yang dihafal dalam Al Qur’an.
  2. Lakukan ruku.
  3. I’tidal.
  4. Sujud pertama.
  5. Duduk di antara dua sujud.
  6. Sujud kedua.
  7. Berdiri lagi

Rakaat Keempat:

  1. Kembali bersedekap, lantunkan doa iftitah,  kemudian Al Fatihah dan surat-surat pendek atau surat yang dihafal dalam Al Qur’an.
  2. Kembali melakukan ruku.
  3. I’tidal.
  4. Sujud pertama.
  5. Duduk di antara dua sujud.
  6. Sujud kedua.
  7. Tahiyyat akhir.
  8. Salam.

Sholat isya alangkah baiknya dilakukan secara berjamaah, apalagi kalau rumahnya di dekat mushola atau masjid. Namun jika tidak memungkinkan, maka sholat sendiri pun baik, asalkan kusyuk dan benar.

Waktu Sholat Isya :

Sholat isya dimulai ketika adzan isya berkumandang, tepatnya begitu syafaq (cahaya merah) di ufuk barat menghilang. Sedangkan batas akhir mengerjakannya, yakni saat fajar shadiq di langit timur muncul, yakni sesaat sebelum sholat subuh dilakukan. Pokoknya acuannya adalah berkas cahaya merah dari matahari yang terbenam dan terbit.

Manfaat Sholat Isya untuk Rejeki :

1. Memudahkan Rejeki Datang

Manfaat sholat isya memang akan memudahkan rejeki datang. Biar bagaimana pun, sholat sungguh akan menjadi penolong di dunia dan akhirat. Jika sedang mengalami masalah rejeki yang seret, tak ada salahnya buat lebih meningkatkan ibadah, terutama sholat wajib dan sholat malam. Jangan lupa pula buat berdo’a memohon kemudahan rejeki.

2. Membuka Pintu Rejeki dari Arah Tak Terduga

Allah Maha Pemurah, manusia harusnya meminta pada-Nya agar senantiasa dilimpahi rejeki, meskipun jalan hidup terasa monoton.. Seringkali gaji yang pas-pasan membuat seseorang jadi pesimis, bagaimana mungkin akan bisa memperoleh rejeki yang melimpah? Nah, hilangkan pikiran semacam ini dan selalu ingatlah bahwa Allah Maha Pemurah.

3. Melancarkan Urusan Karir

Khasiat sholat isya pun pada dasarnya akan melancarkan urusan karir. Terkait dengan posisi seseorang, menjadi lebih mapan. Begitu pun dengan prestasi seseorang akan lebih meningkat karena kondisi psikologi yang selalu baik. Urusan karir yang lancar tentu saja akan membuat rejeki selalu lebar.

4. Mendapatkan Keberkahan Atas Rejeki yang Diperoleh

Manfaat sholat isya akan membuat rejeki yang diperoleh menjadi barokah. Keberkahan ini menambah nikmat menjadi begitu nikmat. Sampai rasanya tidak ada celah lagi buat tidak bahagia. Maka jangan pernah tinggalkan sholat malam ini. Apalagi tergolong sholat wajib yang harus ditegakkan seorang muslim.

5. Menambah Rasa Syukur

Orang yang senantiasa sholat akan memiliki rasa syukur yang tinggi. Manfaat sholat isya membuat rasa syukur ini semakin melejit. Sungguh akan memberikan kedamaian hati dan pikiran sehingga tidak ada ruang lagi buat bersedih dan menyalahkan keadaan. Segala perasaan yang timbul karena suatu permasalahan selalu menyiratkan syukur dan sabar.

Manfaat Sholat Isya untuk Rejeki Lainnya :

6. Selalu mendapat pertolongan Allah di saat sedang sulit
7. Menghilangkan rasa takut miskin
8. Lebih bisa mengatur keuangan
9. Menjadi bersikap dermawan
10. Tumbuh rasa ingin bersedekah selalu
11. Mencegah sikap serakah
12. Membantu keuangan selalu stabil
13. Mencegah kebangkrutan
14. Memberikan ketenangan
15. Melancarkan pengambilan keputusan
16. Mendapatkan pekerjaan yang layak
17. Memperoleh penghidupan yang mapan
18. Menghindarkan dari sifat riya
19. Meredam sifat boros
20. Selalu berada di jalan yang diridho Allah

Manfaat Sholat Isya untuk Jodoh :

1. Memberikan Petunjuk Tentang Jodoh

Manfaat sholat isya akan memberikan petunjuk tentang siapa jodohnya. Tentu saja, sebab Allah akan memberikan tanda-tanda kekuasaan-Nya bagi mereka yang mau berpikir dan merasakan ilham-Nya ini. Ketika hati bersih karena senantiasa mengerjakan sholat, maka niscaya petunjuk tentang siapa jodoh akan datang, entah melalui mimpi, maupun perjumpaan langsung.

2. Memperoleh Jodoh Terbaik

Orang yang selalu beribadah kepada Allah pastilah akan memperoleh jodoh yang terbaik. Sebab Allah sudah menjamin bahwa orang baik akan berjodoh dengan orang baik, sedangkan orang yang buruk pun akan berjodoh dengan orang yang buruk. Ketika seseorang senantiasa menegakkan sholat isya, maka jodohnya pun niscaya adalah orang yang selalu sholat.

3. Melancarkan Pernikahan

Di dalam sholat-sholat malam, termasuk sholat isya, sesungguhnya Allah melipatgandakan pahalanya. Do’a-da’a yang dipanjatkan pun akan dikabulkan. Termasuk do’a pernikahan. Jika seseorang hendak menikah, coba saja buat rajin meminta agar diberi kelancaran. Allah Maha Mengabulkan, bersama kesulitan pernikahan pastilah ada kemudahan.

4. Menjadikan Keluarga yang Sakinah Mawadah Warahmah

Manfaat sholat isya akan membentuk sebuah keluarga sakinah, mawadah dan warahmah. Apalagi jika seorang ayah menjadi imam yang menuntun istri dan anaknya untuk selalu sholat dan lurus di Jalan yang Diridhoi Allah. Keluarga yang samawa sudahlah tentu merupakan harapan semua orang yang telah berkeluarga.

5. Mendapatkan Suami/Istri dan Anak yang Soleh dan Solehah

Orang yang senantiasa melaksanakan sholat isya tanpa bolong-bolong, semoga saja akan mendapatkan pasangan hidup dan keturunan yang soleh dan solehah. Mereka yang senantiasa menjalankan kewajiban sholatnya, sungguh Allah akan memberikan kehidupan rumah tangga yang harmonis dan senantiasa lurus di jalan Islam.

Manfaat Sholat Isya untuk Jodoh Lainnya :

6. Membuat pernikahan jadi langgeng
7. Menghindarkan terjadinya KDRT
8. Membuat keluarga selalu utuh
9. Merukunkan suami istri
10. Menghalau perselingkuhan
11. Membuat suami istri semakin saling menyayangi
12. Membuat keluarga jadi sakinah mawadah warahmah
13. Melancarkan upaya perjodohan
14. Membuat prosesi nikah jadi lancar
15. Dipertemukan dengan jodoh yang terbaik dan paling tepat
16. Mencegah salah memilih pasangan hidup
17. Melahirkan anak yang soleh dan solehah
18. Belajar jadi imam yang baik untuk keluarga
19. Mencegah dari fitnah
20. Menghindarkan perbuatan zina

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sholat Dhuha untuk Rejeki, Jodoh, Kesehatan Serta Cara Melakukan

Manfaat Sholat Isya untuk Dunia :

1. Menambah Rasa Syukur

Khasiat sholat isya akan menambah rasa syukur di benak seseorang. Memang syukur adalah sikap yang sangat utama harus dimiliki seorang muslim. Orang yang pandai bersyukur pastilah akan dilipatgandakan nikmatnya oleh Allah. Berbeda dengan mereka yang tidak pernah bersyukur dan kikir, tentu saja harta yang diperolehnya tidak pernah membuatnya kenyang dan bahagia.

2. Melancarkan Segala Urusan Duniawi

Jangan lupa buat berdo’a setelah sholat isya agar Allah melancarkan segala urusan duniawinya. Jangan hanya meminta dimudahkan di akhirat kelak dengan masuk surga, namun mintalah juga kebahagiaan dunia. Biar bagaimana pun, manusia tengah jalani kehidupan di dunia yang seringkali membuat putus asa dan menderita.

3. Memperoleh Kebahagiaan di Dunia

Bahagia di dunia dan akhirat itu ada ilmunya. Jika ingin bahagia di dunia, harus dengan ilmu. Begitu pun dengan bahagia di akhirat, maka harus dengan ilmu pula. Sholat adalah kunci kebahagiaan, termasuk sholat Isya. Sebab hanya dengan sholat, seorang hamba akan menghadap langsung pada Tuhannya. Di mana perjumpaan spiritual dengan Allah adalah siraman kebahagiaan yang sejati.

4. Merupakan Amalan Wajib di Dunia

Sudahlah tentu bahwa sholat isya merupakan amalan wajib di dunia. Orang yang tegakkan salat isya akan terjamin keselamatannya di alam kubur kelak. Sebab, ibadah yang pertama-tama ditanyakan malaikat kubur adalah sholat, bukan lainnya.

5. Mendapatkan Perlindungan dan Keselamatan dari Allah

Allah menjamin keselamatan dan perlindungan bagi mereka yang senantiasa mengingatnya. Seorang hamba yang selalu sholat isya dan tidak pernah meninggalkannya, tentu saja akan senantiasa dalam perlindungannya, bahkan ketika dirinya tidur. Maka jangan pernah tinggalkan salat isya ini! Apapun yang terjadi.

Manfaat Sholat Isya untuk Dunia Lainnya :

6. Melatih sikap lapang dada
7. Memicu agar selalu positive thinking
8. Mengatasi gangguan mental
9. Meningkatkan optimisme
10. Mencegah dari takabur
11. Meningkatkan harkat dan martabat
12. Menjadi lebih mudah bersyukur
13. Membuat batin jadi tenang
14. Melenyapkan rasa khawatir
15. Membuat hati lebih damai
16. Menghalau segala macam penyakit fisik
17. Mencegah gangguan jiwa
18. Menjadi motivasi untuk diri agar selalu berada di jalan yang baik
19. Membuat diri lebih tawakkal
20. Memperoleh pahala untuk masuk surga

Manfaat Sholat Isya untuk Akhirat :

1. Mendekatkan Diri Pada Allah

Khasiat sholat isya sudah tentu merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan diri pada Allah. Jika ingin selalu berada dalam jangkauan kasih sayang Allah, maka dekatilah Allah dengan sholat. Sebab sholat adalah jalan untuk beramal soleh, di mana amalan soleh adalah sebuah jalan perjumpaan dengan-Nya.

2. Menjalankan Perintah Allah

Sudah tentu sholat isya merupakan perintah Allah. Menjalankan salat isya sama saja menjalankan perintah Allah. Jika seseorang meninggalkannya, sama saja membangkang dari Allah dan siap-siap saja buat masuk neraka kelak. Sesungguhnya api neraka sangatlah panas dan tidak akan pernah bisa seseorang keluar dari sana.

3. Menegakkan Sholat

Sholat Isya adalah salah satu dari 5 sholat wajib yang harus dilakukan seorang muslim. Ketika salat isya tegak, maka akan menjadi upaya untuk menegakkan sholat secara keseluruhan dan sempurna. Menyempurnakan sholat itu hukumnya wajib, apalagi menyempurnakan sholat 5 waktu.

4. Membuat Nurani Bercahaya dan Bersih

Nurani yang bercahaya sungguh akan membuat seseorang jadi lebih positif menjalani kehidupannya. Kepercayaan diri pun akan meningkat, sebab orang yang memancar cahaya nuraninya tentu akan menarik di mata orang lain, penuh dengan pujian. Namun meskipun nurani telah bercahaya, janganlah sombong dan takabur. Salah satu amalan untuk mencegahnya adalah dengan sholat isya dan rutin melakukan sholat malam lainnya, seperti sholat tahajud.

5. Menjauhkan dari Neraka, Mendekatkan Pada Surga

Tentu saja sholat isya akan membuat seorang jauh dari neraka dan dekat pada surga. Sebab sholat memang adalah cara untuk menggapai surga dan mengharamkan neraka untuk melahap kita selama-lamanya. Tegakkanlah sholat wajib ini, sebelum kelak disholati karena kematian jasad. Sesungguhnya di balik salat, baik isya maupun lainnya sungguh ada kenikmatan tiada tara, yakni nikmat kasih sayang Allah.

Manfaat Sholat Isya untuk Akhirat Lainnya :

6. Memudahkan perjalanan di padang mahsyar
7. Mencegah dari siksaan di alam kubur
8. Mempercepat perhitungan amal
9. Memperoleh syafaat
10. Mendapatkan kebahagiaan sejati di surga
11. Dipertemukan dengan bidadari tercantik
12. Menyadarkan ruh akan siapa Tuhannya
13. Menambah nilai keimanan dan ketakwaan
14. Upaya untuk berjumpa dengan Allah
15. Mencegah dari siksaan neraka
16. Membuat batin dan fisik selalu sehat
17. Menghalau gangguan sihir
18. Menenangkan sukma
19. Di akhirat berjumpa dengan Rasulullah dan seluruh ummat Islam lainnya
20. Melancarkan perjalanan di akhirat

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sholat Subuh untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Banyak sekali manfaat sholat isya tak seharusnya membuat seseorang meninggalkannya. Apalagi salat ini termasuk salat wajib. Untuk itu, jika adzan telah berkumandang, segeralah laksanakan salat isya! Jangan menunggu hingga mengantuk atau tertidur karena ini dosa namanya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top