Connect with us
Sholat Magrib, Manfaat Sholat Magrib, Khasiat Sholat Magrib, Shalat Magrib

Agama

90 Manfaat dan Khasiat Sholat Maghrib untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Loading...

Sholat Maghrib – Sholat Maghrib atau Salat Magrib adalah sholat wajib yang dilaksanakan usai matahari terbenam. Shalat ini dilakukan sebanyak 3 rakaat. Waktu pelaksanaan sholatnya tentu saja sangat dipengaruhi waktu tenggelamnya matahari. Sehingga jam pelaksanaannya di masing-masing belahan bumi tentu saja berbeda.

Sholat Magrib, Manfaat Sholat Magrib, Khasiat Sholat Magrib, Shalat Magrib

Oleh karena tergolong sholat wajib, bilamana dilakukan mendapatkan pahala. Sedangkan bila ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Untuk itu, bersungguh-sungguhlah dalam mengerjakan sholat maghrib, agar senantiasa mendapatkan keselamatan dari Allah di dunia maupun di akhirat.

Keutamaan Sholat Maghrib :

1. Merupakan Perintah Allah yang Utama

Sholat Fardhu adalah perintah Allah yang utama. Bagaimana bisa seorang muslim meninggalkan sholat yang utama ini? Tentu saja dosa akan selalu membayang-bayangi. Keutamaan sholat maghrib sebagai sholat malam yang mestinya didirikan. Sebagaimana tertuang dalam Al Qur’an surat Al Israa ayat 78 :

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat) – Q.S Al Israa: 78

Loading...

2. Sholat adalah Penolong

Sesungguhnya sholat adalah penolong. Mereka yang bersabar dan menegakkan sholatnya, maka Allah akan menyertai mereka selalu. Allah akan bersama mereka, menolong dan melindungi. Seperti yang tertulis dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 153:

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.  – Q.S Al Baqarah: 153

3. Sholat Maghrib untuk Mengingat Allah

Shalat merupakan jalan untuk mengingat Allah. Bahwa Allah adalah Tuhan yang seharusnya disembah dan diimani. Tiada Tuhan selain Allah dan tidak ada Tuhan yang hak (benar) selain Allah. Dengan rajin sholat, maka manusia akan semakin teguh keimanannya sebagai hamba yang mengakui keesaan Allah. Sebagaimana tersurat dalam Al Qur’an surat Thahaa ayat 14:

Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku. – Q.S Thahaa: 14

4. Merupakan Salah Satu dari Lima Sholat Fardhu

Sudah tentu keutamaan sholat maghrib yang menjadikannya penting adalah hukumnya yang fardhu, yakni wajib dilakukan. Jika ditinggalkan, tentu mendapatkan dosa, yang mana bila dosa ini telah menumpuk, sudah tentu akan membuat seseorang jadi masuk neraka. Lain cerita jika dikerjakan akan mendapatkan pahala dan bisa masuk surga.

5. Menambah Kadar Keimanan

Tak dapat dipungkiri, sholat adalah jalan menambah kadar keimanan. Tanda dari iman yang meningkat yakni selalu merindukan Allah dan tidak bisa hidup tanpa mengingat Allah. Yang mana perilaku ini pada akhirnya mengantar pada hidup yang lebih rajin beribadah dan beramal soleh.

Keutamaan Sholat Maghrib Lainnya :

6. Menandai bergantinya siang menjadi malam

7. Membuka sholat malam

8. Menambah rasa syukur

9. Melepas rasa lelah setelah seharian beraktivitas

10. Membuat cahaya nurani memancar

Niat Sholat Maghrib :

USHOLLI FARDHAL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA’AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAHI TA’AALA

Artinya: “Aku berniat shalat fardhu maghrib tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala”

Tata-Cara Sholat Maghrib :

Sholat Maghrib dilaksanakan ketika fajar terbenam. Tentu di tiap daerah berbeda-beda perihal jamnya. Namun untuk tahapan atau urutan rukun, niat, bacaannya tentu saja sama. Berikut adalah langkah-langkah shalat maghrib:

Rakaat Pertama:

  1. Mengucapkan niat sholat maghrib
  2. Takbiratul ihram
  3. Berdiri bersedekap, membaca doa iftitah, Al Fatihah dan surat-surat pendek atau surat yang dihafal dengan fasih yang ada dalam Al Qur’an
  4. Ruku
  5. I’tidal
  6. Sujud pertama
  7. Duduk di antara dua sujud
  8. Sujud kedua
  9. Berdiri kembali

Rakaat Kedua:

  1. Bersedekap, membaca lagi doa iftitah, dilanjutkan dengan Al Fatihah dan suratan-suratan pendek atau surat di Al Qur’an yang hafal dengan fasih
  2. Ruku
  3. I’tidal
  4. Sujud pertama
  5. Duduk di antara dua sujud
  6. Sujud kedua
  7. Tahiyyat awal
  8. Kembali berdiri

Rakaat Ketiga:

  1. Kembali bersedekap, lantunkan doa iftitah,  kemudian Al Fatihah dan suratan-suratan pendek atau surat di Al Qur’an yang benar-benar dihafal secara fasih
  2. Ruku
  3. I’tidal
  4. Sujud pertama
  5. Duduk di antara dua sujud
  6. Sujud kedua
  7. Tahiyyat akhir
  8. Salam

Alangkah baiknya bila sholat maghrib dilakukan secara berjamaah di masjid atau mushola. Sebab pahalanya akan bertambah banyak. Selain itu, bagi mereka yang terbiasa sholat malam berjamaah pun akan selalu mendapatkan limpahan nur dari Allah Ta’ala.

Waktu Sholat Maghrib :

Sholat maghrib dilakukan usai adzan berkumandang, ditandai dengan terbenamnya matahari hingga langit berwarna gelap semu kebiruan. Jika adzan sudah berkumandang, segeralah mengambil air wudhu, janganlah menunda-nunda sholatnya, sebab jangka waktu maghrib sangatlah pendek, hanya sekitar 1 jam saja, sebelum masuk waktu isya.

Manfaat Sholat Maghrib untuk Rejeki :

1. Melancarkan Aliran Rejeki

Khasiat sholat maghrib bisa melancarkan aliran rejeki. Mereka yang memiliki rejeki yang selalu lancar memang biasanya adalah orang yang tidak pernah meninggalkan sholat. Maka dari itu, cobalah buat selalu melaksanakan salat maghrib apapun halangannya.

2. Membuka Pintu Rejeki Selebar-Lebarnya

Sholat 3 rakaat ini akan membuka pintu rejeki manusia selebar-lebarnya, bahkan dari arah yang tidak terduga sebelumnya. Seusai sholat maghrib, cobalah buat membaca do’a, dzikir dan sholawatan. Jangan sungkan dan lupa buat berdo’a memohon limpahan rejeki. Sesungguhnya Allah Maha Memberi bagi mereka yang mau meminta setelah usahanya.

3. Membuat Pekerjaan Jadi Mapan

Manfaat sholat maghrib akan membuat pekerjaan seseorang jadi mapan.. Dengan mapannya sebuah profesi, niscaya perolehan gaji menjadi aman. Namun ada yang perlu diingat bahwa pekerjaan yang mapan ini mestilah dituai dengan kerjakeras pula dan dedikasi. Semangat bekerja tiap harinya dengan motivasi mimpi diri masing-masing.

4. Memberikan Kebahagiaan dan Kenikmatan Atas Rejeki

Ada banyak orang yang meskipun sudah kaya dan mapan, tapi tidak pernah merasa bahagia dan nikmat. Mengapa demikian? Sudah tentu karena tidak ada rasa syukur di dalam diri, serta Allah telah mencabut kenikmatan dan kebahagiaan itu. Untuk mengembalikan nikmat dan bahagianya rejeki, cobalah buat rajin sholat dan bersedekah!

5. Mencegah Sikap Sombong

Orang yang melimpah rejekinya tentu saja tidak boleh sombong. Apa yang mau disombongkan sedangkan rejeki itu sesungguhnya datang dari Allah? Untuk mencegah seseorang dari sikap sombong ini, jangan pernah kendur dalam melaksanakan sholat, apalagi sholat maghrib. Orang yang sholat akan selalu mawas diri dan ingat bahwa Allah lah yang memberikan segalanya. Sewaktu-waktu jika Allah menghendaki, bisa saja rejeki dihilangkan dari hidup karena sikap sombong ini.

Manfaat Sholat Maghrib untuk Rejeki Lainnya :

6. Membuat diri lebih pandai bersyukur
7. Menjadikan seseorang jadi dermawan
8. Menambah sikap waspada
9. Mencegah putus asa berkepanjangan
10. Menghilangkan rasa besar diri
11. Mengatasi kesulitan finansial
12. Mencegah godaan syaitan
13. Mencegah aliran rejeki berhenti
14. Menambah kekayaan
15. Mencegah dari sikap kikir dan pelit
16. Menjadi lebih sabar
17. Mencegah stress
18. Mengatasi depresi karena masalah ekonomi
19. Membuat manusia jadi lebih tawakkal
20. Mendapatkan ridho Allah dalam mengais rejeki

Manfaat Sholat Maghrib untuk Jodoh :

1. Memberikan Tanda-Tanda Kehadiran Jodoh

Khasiat sholat maghrib untuk jodoh akan memberikan tanda-tanda kehadiran jodoh. Bila jodoh sudah datang, ia sungguh akan nampak dalam alam batin, melalui mimpi maupun keyakinan yang kuat. Jodoh yang telah datang itu akan diikat oleh Allah sehingga tidak akan bisa berpaling hingga kelak saatnya pernikahan.

2. Mendapatkan Pasangan yang Soleh dan Solehah

Tentu saja mereka yang rutin melaksanakan sholat akan mendapatkan pasangan yang soleh dan solehah. Jodoh adalah cerminan dari diri kita sendiri. Jika diri kita tegakkan sholat maghrib, niscaya ia pun demikian. Maka dari itu, bilamana memang ingin memperoleh pasangan yang soleh dan solehah, jangan pernah tinggalkan sholat! Sekalipun sedang sakit.

3. Menjaga Hubungan Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis

Manfaat sholat maghrib akan menjaga hubungan rumah tangga menjadi harmonis. Kunci dari keutuhan rumah tangga adalah suami dan istri yang sholat bersama anak-anak mereka. Makanya ketika azan maghrib berkumandang, segeralah laksanakan sholat berjamaah dengan keluarga inti!

4. Melimpahkan Keselamatan dan Kebahagiaan Kehidupan Perkawinan

Mereka yang rutin menegakkan sholat maghrib akan memperoleh keselamatan dan kebahagiaan pada kehidupan perkawinannya. Tidak akan mengalami perselingkuhan yang berujung perceraian. Tentu saja pada yang demikian adalah wujud perlindungan dari Allah kepada suami-istri yang berlaku baik dalam menjalankan ibadah.

5. Mendapatkan Jodoh yang Setia

Memperoleh jodoh itu mudah, yang sulit adalah mendapatkan jodoh yang setia. Percuma memiliki hubungan spesial dengan seseornag begitu lama, jika pada akhirnya berujung pada perceraian? Makanya seseorang mestinya senantiasa menjaga kepribadiannya agar setia dengan selalu sholat dan mengingat Allah. Sebab dengan ibadah, diri menjadi lebih bersih dan mampu lebih positif, ramah, welas asih dan penuh kasih sayang pada pasangan.

Manfaat Sholat Maghrib untuk Jodoh Lainnya :

6. Melanggengkan pernikahan
7. Mencegah kekerasan dalam rumah tangga
8. Mencegah retaknya rumah tangga
9. Membuat suami istri rukun
10. Mencegah terjadinya perselingkuhan
11. Membuat istri semakin sayang suami
12. Membuat keluarga jadi samawa
13. Menghilangkan segala masalah perjodohan
14. Membuat pernikahan lancar
15. Menemukan jodoh yang terbaik dari yang terbaik
16. Menghindari salah memilih pasangan
17. Mencetak anak soleh dan solehah
18. Menjadi imam yang baik di keluarga
19. Mencegah fitnah datang mendera
20. Menghindarkan dari zina dan aniaya

Manfaat Sholat Maghrib untuk Dunia :

1. Meningkatkan Sikap Sabar dan Ikhlas

Orang yang selalu sholat maghrib akan memiliki kesabaran dan keikhlasan dalam menjalani kehidupannya. Ia akan memiliki hati yang lebih kuat dengan mental yang tangguh. Sikap sabar dan ikhlas ini memang amat dibutuhkan untuk menghadapi rumitnya dunia ini.

2. Memberikan Solusi Atas Masalah Duniawi

Jika ingin segera lepas dari masalah dunia, mula-mula haruslah sabar dan ikhlas. Kemudian disertai usaha dan doa. Pastilah Allah akan segera menolong. Jangan lupa buat sholat, sebab sholat maghrib maupun lainnya dapat menjadi solusi dari permasalahan. Ketika sedang sholat, seringkali manusia dituntun kepada solusi melalui bisikan nurani yang muncul.

3. Mendapatkan Kasih Sayang dan Ridho dari Allah di Dunia

Mereka yang tidak pernah meninggalkan sholat maghrib akan mendapatkan kasih sayang dan ridho dari Allah di dunia. Ingatlah bahwa hanya dengan Rahman, Rahim dan Ridho Allah, maka dunia ini menjadi begitu mengasyikkan dan indah dijalani. Diri jadi tidak gampang putus asa, seberat apapun hidup ini.

4. Merasakan Kebahagiaan Sejati

Sholat maghrib membuat manusia dapat merasakan kebahagiaan sejati. Apalagi kalau sholatnya dilakukan secara berjamaah di masjid atau mushola di dekat rumah. Saat adzan berkumandang, maka segeralah ambil wudhu dan pakai pakaian yang rapi buat sholat. Berjalan kakilah di bawah langit malam menuju seruan adzan itu. Niscaya batin terasa disiram cahaya yang begitu dingin. Sungguh damai di kalbu!

5. Dijauhkan dari Sengsara dan Penyakit

Mereka yang melaksanakan sholat maghrib pun akan dijauhkan dari rasa sengsara yang melanda jiwa raga. Jasmani dan rohani pun menjadi lebih sehat, tidak gampang terkena penyakit. Sungguh diri akan tumbuh menjadi pribadi yang fit dan sehat luar dalam. Ini tentu amat menunjang kehidupan agar tentram dan gembira selalu.

Manfaat Sholat Maghrib untuk Dunia Lainnya :

6. Melapangkan dada
7. Membuat selalu berpikir positif
8. Mencegah kerusakan mental
9. Membuat jadi lebih optimis
10. Mengatasi rasa sombong
11. Meningkatkan finansial
12. Membuat mudah bersyukur
13. Menenangkan batin dan jiwa
14. Menghilangkan rasa takut
15. Membuat hati lebih mudah memaafkan
16. Mencegah penyakit fisik
17. Mengatasi gangguan psikis
18. Membuat diri jadi lebih termotivasi
19. Menumbuhkan sikap pasrah dan tawakkal pada Allah
20. Mendapatkan pahala yang melimpah

Manfaat Sholat Maghrib untuk Akhirat :

1. Upaya Mendekatkan Diri Pada Allah

Sholat maghrib tentu saja menjadi upaya untuk mendekatkan diri pada Allah. Dengan sholat maghrib, seseorang akan merasakan diri menjadi begitu dekatnya dengan Sang Pencipta. Maka buat para perindu Tuhan, janganlah sesekali meninggalkan sholat, sekalipun dalam kondisi sakit maupun dalam perjalanan.

2. Melaksanakan Perintah Allah

Sholat maghrib adalah perintah Allah. Muslim dan muslimah wajib melakukannya karena bagian dari ibadah wajib. Tidak salat maghrib hukumnya adalah dosa. Untuk itu, tegakkanlah maghrib sebagai penyelamat di dunia maupun akhirat. Jangan sampai kelak menyesal di akhirat!

3. Membentengi Diri dari Bisikan Syaitan

Manfaat sholat maghrib akan membentengi diri dari bisikan syaitan. Apalagi di malam hari, di mana syaitan menjadi makin aktif menganggu manusia. Jika ingin diri mendapatkan perlindungan selalu, maka sholatlah! Sebab syaitan tidak suka berada dalam tubuh manusia yang rajin sholat.

4. Membuat Ruh Jadi Bersih, Ringan dan Bercahaya

Segala jenis sholat apapun akan membuat ruh jadi bersih. Apabila ingin memiliki ruh yang ringan, bersih dan bercahaya, janganlah sesekali meninggalkan sholat! Ruh yang demikian kondisinya sesungguhnya ruh yang mudah perjalanannya di akhirat kelak. Neraka pun bisa menjadi haram baginya, bilamana memang amalan ibadah lain tercukupi.

5. Mendapatkan Pahala dan Masuk Surga

Sudah tentu manfaat sholat maghrib akan memberikan pahala dan membuat manusia jadi masuk surga. Bukan tanpa sebab begini, sholat adalah tiang agama dan sholat merupakan penentu utama dari masuknya manusia ke surga atau neraka. Maka dari itu, mulai sekarang dirikanlah sholat! Selagi jasad masih sanggup tuk bersimpuh dalam penghambaan pada Allah. Jangan menunggu tua, sakit atau malah mati.

Manfaat Sholat Maghrib untuk Akhirat Lainnya :

6. Memudahkan di perjalanan akhirat
7. Mencegah siksa kubur
8. Memudahkan perhitungan amal
9. Mendapatkan syafaat
10. Kekal di surga tertinggi
11. Mendapatkan bidadari yang cantik
12. Membuat ruh lebih hidup dan sadar akan siapa Tuhannya
13. Meningkatkan iman dan takwa
14. Berjumpa dengan Allah
15. Mengharamkan neraka bagi dirinya
16. Mengatasi penyakit psikis dan batin
17. Mencegah gangguan sihir
18. Membuat batin damai dan tenang selalu
19. Berjumpa dengan Nabi Muhammad
20. Memudahkan saat lewat jembatan sirotol mustakim

Banyak memang manfaat sholat maghrib yang mestinya diketahui oleh seluruh muslim dan muslimah di dunia. Jangan pernah tinggalkan sholat wajib ini karena hukumnya dosa, Sebagai ummat Islam haruslah melaksanakannya tiap hari. Sholat 3 rakaat ini sungguh akan membentuk diri menjadi pribadi yang lebih islami dan bertakwa.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sholat Subuh untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Lagipula waktu maghrib adalah sebuah waktu peralihan dari terang menjadi gelap. Sholat maghrib menjadi penanda untuk memulai sholat-sholat malam lainnya. seperti sholat isya dan tahajud. Mereka yang mendirikan salat maghrib usai kegiatan padatnya di kehidupan dunia, pastilah akan selalu merasa damai, sehat dan tentram hatinya. Sebab ketika badan sudah lelah sepulang kerja, badan kembali mendapatkan siraman nur dari Allah melalui sholatnya ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top