Connect with us
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh

Agama

80 Manfaat dan Khasiat Sholat Subuh untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Manfaat Sholat Subuh – Sholat Subuh, Sholat Fajar, Sembahyang Fajar atau Subuhan merupakan sholat wajib yang dikerjakan oleh ummat agama Islam. Waktu mengerjakannya sebelum matahari terbit, biasanya jamnya antara jam 3-4 pagi. Sholat wajib ini dikerjakan sebanyak 2 rakaat yang disertai dengan doa qunut. Manfaat sholat subuh untuk rejeki, jodoh, dunia dan akhirat ternyata sangat banyak. Begitu pun untuk kesehatan, sholat fajar ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga sebagai tiang agama.

Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh

Alangkah baiknya bila sholat subuh dilaksanakan secara berjamaah karena pahalanya lebih besar. Namun jika dilaksanakan sendiri pun sudah baik. Jangan lupa buat berwudhu sebelum melakukannya. Tata cara dan bacaan sholatnya sebagaimana sholat fardhu pada umumnya, hanya ketambahan doa qunut saja.

Keutamaan Sholat Subuh :

Tiap-tiap waktu sholat itu memiliki keutamaan, yakni manfaat yang menjadikannya lebih unggul daripada sholat yang lainnya. Allah berfirman dalam Al Quran Surat Al-Isra Ayat 78 bahwa sholat subuh itu wajib didirikan, keutamaannya adalah disaksikan oleh malaikat. Bunyi ayatnya adalah sebagai berikut:

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al Isra :78)

Sholat yang dilaksanakan di antara 2 waktu, ketika matahari hendak terbit ini juga merupakan sholat yang membuka pintu rejeki dan kesehatan. Di saat diri masih mengantuk, wajib melaksanakan sholat 2 rakaat. Ini akan menimbulkan sikap tanggungjawab dan disiplin tinggi. Air wudhu yang membasahi tubuh membuat tubuh lebih sehat. Gerakan sholatnya juga memperbaiki segala kerusakan organ tubuh.

Manfaat Sholat Subuh Untuk Rejeki :

1. Melancarkan Keuangan

Manfaat sholat subuh bisa melancarkan keuangan. Bagus untuk mereka yang sedang mengalami masalah keuangan tersendat. Tak perlu risau lagi karena hanya dengan sholat, segala masalah finansial bisa terselesaikan. Apalagi sholat yang dilakukan saat fajar hari ini, menjadi pembuka bagi tiap orang memulai mengais rejeki. Ketika hendak bekerja, sebelum memulai aktivitas memang baiknya dimulai dengan sholat fajar, dilanjutkan dengan sholat dhuha di pagi sekitar jam 7-8.

2. Memudahkan Urusan Pekerjaan

Khasiat sholat subuh tentu saja akan melancarkan urusan pekerjaan. Membuat segala tantangan pekerjaan menjadi lebih gampang dijalani. Diri menjadi pribadi yang penuh visi misi dan selalu diberi petunjuk akan langkah yang bijaksana dalam karir. Kemudahan dalam pekerjaan akan membawa diri manusia semakin bersyukur kepada Allah.

3. Membuat Profesi Jadi Mapan

Kemudian, manfaat sholat subuh juga membuat seseorang jadi mapan profesinya. Yang dimaksud dengan mapan adalah kondisi yang kuat dan stabil, tidak gampang goyah. Profesi yang mapan tidak perlu takut bayang-bayang PHK karena memang posisi dan jabatan karir diperoleh berkat kompetensi dan kemampuan diri. Ketika profesi seseorang jadi mapan, niscaya rasa syukur semakin besar tersemat di dirinya.

4. Mendapatkan Rejeki dari Arah Tak Terduga

Seseorang yang rajin menegakkan sholat subuh akan mendapati dirinya memperoleh rejeki dari arah tak terduga. Pertolongan dari Allah sungguh datang dengan cara yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Jangan lupa buat berdoa memohon rejeki macam ini. Allah sungguh Maha Pemurah. Rejeki dari arah tak terduga ini seringkali membuat diri semakin mantap keimanannya.

5. Membantu Memberikan Solusi dan Petunjuk

Ketika sedang kalut dan dipenuhi masalah yang tak kunjung selesai, cobalah segera mengambil air wudhu. Supaya nantinya Allah segera bisa memberikan solusi dan petunjuk. Banyak kejadian di mana ketika sedang sholat, pikiran selalu berlarian ke mana-mana. Susah mencapai sikap kusyuk, namun di saat inilah mendadak muncul kelebat solusi dan petunjuk. Solusi dan petunjuk ini sungguh ampuh dalam menyelesaikan masalah yang sedang melanda.

Manfaat Sholat Subuh untuk Rejeki lainnya :

6. Meningkatkan kepercayaan diri dalam berkarir
7. Menambah rasa syukur
8. Mengajarkan disiplin
9. Menuntun untuk tawakkal
10. Merupakan wujud ikhtiar
11. Membuka karisma diri
12. Memberikan peluang tak terduga
13. Membuat profesi mapan
14. Membantu meraih cita-cita
15. Melancarkan bisnis
16. Mengembang ide usaha
17. Membuka pintu rejeki barokah
18. Mengajarkan rasa syukur
19. Meningkatkan rasa tanggungjawab
20. Meningkatkan spiritualitas di tengah masalah pelik

Manfaat Sholat Subuh untuk Jodoh :

1. Memberikan Petunjuk

Jodoh akan datang melalui petunjuk-petunjuk. Ada petunjuk jodoh yang mengisyaratkan bahwa seseorang memang jodoh kita. Bagaimana manusia bisa menerima petunjuk jodoh ini, bila hati dan pikirannya kotor. Selalu dipenuhi nafsu dan amarah. Untuk itu, bersihkan dulu hati dan pikiran supaya bisa menerima petunjuk akan jodoh ini.

2. Melatih Kesabaran

Manfaat sholat subuh bisa melatih kesabaran. Tentu saja sabar dalam menghadapi cobaan yang tiada pernah habis soal perjodohan. Bukannya tidak ingin segera menikah, tapi memang belum ada pasangannya saja. Makanya dibutuhkan sabar yang lillahi ta’ala. Maksudnya sabar yang benar-benar dilakukan karena Allah.

3. Mendatangkan Jodoh Terbaik

Dengan sholat subuh pun akan bisa mendatangkan jodoh yang terbaik. Percayalah bahwa Allah memang sudah menggariskan jodoh terbaik bagi diri kita. Untuk itu jangan berpaling dari rahmat-Nya. Percayalah bahwa jodoh terbaik sudah disiapkan di depan, tinggal memantaskan diri saja buat menerimanya. Jodoh yang baik tidak selalu datang dengan cara berusaha sekeras-kerasnya. Terkadang cukup dengan perbanyak ibadah seperti sholat fajar ini pun akan memberikan dampak yang baik.

4. Menjadi Wujud Ikhtiar

Sholat sesungguhnya merupakan wujud ikhtiar yang paling sederhana, nyata namun efeknya luar biasa. Termasuk sholat subuh, di kala subuhan jangan lupa buat berdoa mengenai jodoh ini. Mintalah jodoh pada Allah, niscaya jodoh itu datang dari arah-arah yang tak pernah disangka. Ikhtiar tertinggi terletak pada sholat karena di balik sholat seperti sholat fajar sesungguhnya ada nikmat yang luar biasa. Seperti nikmat pencerahan akan jodoh.

5. Menumbukan Sikap Tawakkal

Dengan sholat subuh, sikap tawakkal dalam diri manusia juga akan muncul. Tawakkal adalah usaha yang dilakukan semata-mata karena Allah. Usaha mencari jodoh dan memantaskan diri menerima jodoh itu. Hasilnya apakah berjodoh atau tidak akan dipasrahkan kepada Allah. Hanya orang tawakkal yang akan selamat di dunia, termasuk selamat dalam hal asmara dan perjodohan. Tidak terjungkal ke jurang maksiat.

Manfaat Sholat Subuh untuk Jodoh lainnya :

6. Memancing datangnya jodoh
7. Melindungi dari godaan syahwat
8. Melatih menahan nafsu
9. Membuat fisik jadi rupawan
10. Menarik jodoh datang
11. Melancarkan proses menuju pernikahan
12. Menjadi keluarga samawa
13. Mendapatkan jodoh paling tepat
14. Memancarkan aura bijaksana
15. Mencegah jodoh buruk
16. Meningkatkan keimanan
17. Membentuk pribadi yang menyenangkan
18. Melatih jadi imam keluarga
19. Menghilangkan kesedihan hati
20. Melepas masa lajang segera

Manfaat Sholat Subuh untuk Dunia :

1. Memberikan Kedamaian Jiwa

Manfaat sholat subuh bisa memberikan kedamaian bagi jiwa. Ingatlah bahwa jiwa merupakan entitas yang terkandung di dalam spiritual manusia. Jika jiwa damai, niscaya pola pikir dan suasana hati selalu terkendali. Emosi senantiasa terjaga baik dan berbagai urusan dunia akan lancar.

2. Memancarkan Aura Kebijaksanaan

Khasiat sholat subuh bisa memancarkan aura kebijaksanaan. Seseorang yang rajin melaksanakan subuhan ini sungguh nantinya menjadi manusia yang bijaksana dalam tindakan dan ucapannya. Ini akan memudahkannya dalam memperoleh nikmat kebahagiaan dunia. Orang yang auranya bijaksana tentu akan mampu menarik rejeki dunia dan mendatangkan wibawa.

3. Melatih Jiwa Kesabaran

Jiwa yang sabar tidak akan diperoleh tanpa latihan. Manfaat sholat subuh dapat menjadi cara untuk melatih kesabaran ini. Orang yang menegakkan subuh untuk bermunajat pada Tuhannya, sungguh adalah orang-orang yang sabar. Dan orang sabar adalah orang yang akan selalu bahagia di dunia. Sebab di hatinya tiada sedikit pun kekhawatiran karena Allah Maha Kuasa dan Maha Penolong.

4. Membuat Disiplin dan Tanggungjawab

Manfaat sholat subuh dapat membuat seseorang jadi disiplin dan tanggungjawab. Karena terbiasa sholat di pagi hari, ketika diri masih terlelap tidur, harus bangun. Ketika diri masih kucel harus segera mandi dan ambil air wudhu.

5. Membuat Diri Selalu Tawakkal

Dengan sholat subuh, niscaya diri menjadi lebih tawakkal. Semangat dalam ikhtiar usahanya dan ikhlas dalam hasil usahanya itu. Segala sesuatu akan diserahkan pada Allah akan bagaimana. Diri hanya bisa berusaha yang terbaik.

Manfaat Sholat Subuh untuk Dunia Lainnya :

6. Menimbulkan sikap ikhlas
7. Memberikan kepercayaan diri
8. Membuat mawas diri
9. Membantu menemukan solusi permasalahan
10. Menanggalkan sikap sombong
11. Membuat rejeki lancar
12. Meningkatkan rasa syukur
13. Memberikan kedamaian jiwa
14. Mencegah dari sikap takabur
15. Melapangkan dada
16. Melatih mental tangguh
17. Mencegah gangguan jiwa
18. Memberikan motivasi pada diri
19. Membuat pikiran jernih
20. Memudahkan segala urusan dunia

Manfaat Sholat Subuh untuk Akhirat :

1. Mendapatkan Pahala

Manfaat sholat subuh tentu akan mendapatkan pahala. Kelak di akhirat bakal ada timbangan dosa dan perbuatan baik. Subuhan adalah ibadah yang baik mendatangkan pahala karena termasuk sholat wajib.

2. Menggugurkan Dosa

Dosa bisa gugur karena perbuatan yang baik. Sholat subuh akan menggugurkan dosa dan membuat diri selalu dalam kondisi positif. Gugurnya dosa-dosa inilah yang akan melapangkan jalan seseorang di akhirat kelak.

3. Meningkatkan Iman

Jika seseorang ingin meningkatkan imannya, maka tak ada cara lain selain melaksanakan Perintah-NYA dan menjahuhi Larangan-NYA. Sholat subuh adalah perintah dari Allah, maka dengan menegakkannya sepanjang hidup, pastilah iman akan melejit.

4. Mengkokohkan Ketakwaan

Takwa adalah suatu wujud sikap nyata dari iman. Belum dapat disebut beriman kalau keimanannya itu hanya ditunjukkan lewat kata-kata. Untuk itu tindakan nyata seperti sholat subuh sangat dibutuhkan.

5. Meringankan Ruh

Manfaat sholat subuh bisa meringankan ruh. Di akhirat kelak akan ada masa di mana ruh dibangkitkan dan digiring menuju pertanggungjawabannya. Hisab akan perbuatan baik dan buruk akan menentukan seseorang apakah masuk ke surga atau neraka. Ruh yang ringan merupakan ruh para ahli surga.

Manfaat Sholat Subuh untuk Akhirat Lainnya :

6. Mencegah siksa neraka
7. Menjauhkan dari godaan syaitan terkutuk
8. Memancarkan cahaya nurani
9. Membuat wajah bersinar terang benderang
10. Menyejukkan jiwa raga
11. Menghindarkan dari siksa kubur
12. Menyelamatkan di padang mahsyar
13. Membuat ruhani selalu sehat
14. Mencegah hilangnya sukma
15. Mengatasi gangguan psikis
16. Menumbuhkan rasa pasrah
17. Mencegah dari kebatilan
18. Menunjukkan kebenaran
19. Menuntun ke surga
20. Mengalami perjumpaan dengan-Nya

Banyak sekali memang manfaat dan khasiat dari sholat subuh atau sholat fajar. Sudah saatnya para penganut agama Islam untuk menegakkan sholat ini tiap harinya. Jangan sampai sholatnya bolong-bolong karena nantinya manfaatnya pun akan dirasakan oleh diri sendiri.

Keutamaan sholat fajar ini udah layaknya dirasakan oleh semua orang. Sebuah ibadah yang disaksikan oleh malaikat, sungguh istimewa. Sebab malaikat merupakan makhluk yang sangat taat pada Allah. Ketika mereka menyaksikan manusia sholat subuh, niscaya amalan ini akan dicatat dan dilaporkan kepada Allah, kelak di hari penghitungan amal.

Continue Reading

Lainnya dari Agama

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top