Connect with us
Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud, Khasiat Sholat Tahajud

Agama

87 Manfaat dan Khasiat Sholat Tahajud untuk Rejeki, Jodoh Serta Kesehatan

Manfaat Sholat Tahajud – Bisa dibilang sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunah yang sangat istimewa. Selain mendekatkan diri pada sang maha kuasa, sholat tahajud juga memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan selama di dunia seperti rejeki, jodoh, bahkan kesehatan. Sebagai seorang muslim yang benar-benar menjalankan sunnah-sunnah rasul, melakukan sholat tahajud sering kali dijadikan sebagai sholat yang spesial. Selain itu ada keajaiban sholat tahajud ketika sering melakukannya dengan istiqomah.

Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud, Khasiat Sholat Tahajud

Sama seperti sholat istimewa lainnya, sholat tahajud juga memiliki keutaman, cara sholat yang benar, sampai waktu yang benar dan tepat agar tak terjadi kesalahpahaman dalam melakukan sholat tahajud ini. Sejarahnya sendiri menyebutkan bahwa sholat ini bersifat wajib untuk muslimin. Tapi setelah turunnya perintah sholat 5 waktu, sholat tahajud menjadi sholat sunnah muakkadah atau dalam artian sholat yang dianjurkan.

Keutaman Sholat Tahajud :

1. Kedudukan Terpuji

Sesuai dengan firman Allah SWT yang menyebutkan bahwa orang yang ahli sholat tahajud akan diangkat ke tempat atau tingkatan yang terpuji. Firman Allah SWT ini berada pada surat Al Isra ayat ke-79.

2. Sebagai Kunci Masuk Surga

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa bagi mereka yang melakukan sholat ini (Dalam artian lain), beliau berkata mereka akan masuk surga dengan selamat.

3. Sholat yang Lebih Afdhol Setelah Sholat Fardu

Sabda Rasulullah berkata sholat yang paling baik atau afdhol setelah sholat fardu merupakan sholat malam atau bisa juga berarti sholat tahajud.

4. Kedudukan Mulia di Dunia

Barang siapa yang ahli sholat tahajud, disebutkan dalam salah satu HR. Hakim; hasan bahwa Allah SWT akan memberikan kedudukan mulia di dunia.

5. Doanya Dikabulkan

Percayalah bahwa mereka yang melakukan sholat tahajud di sepertiga malam yang terakhir, Insya Allah doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Keutamaan Sholat Tahajud Lainnya :

6. Kebiasaan orang shalih

7. Sebagai penghapus dosa

8. Mencegah dosa

9. Menolak segala penyakit

Niat Sholat Tahajud :

Sholat ini memiliki bacaan niatnya sendiri, berbeda dengan sholat fardu atau sholat-sholat lainnya. Niatnya berbunyi:

USHOLLI SUNNATAT TAHAJUDI ROK’ATAINI LILLAHI TA’AALAA

Artinya, “Saya niat sholat sunnah tahajud, dua rokaat karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Sholat Tahajud :

Berikut ini adalah secara ringkas bagaimana melakukan tata cara sholat tahajud dua rakaat dengan benar dan tepat:

1. Niat

2. Takbiratul ihram, yang diikuti doa iftitah

3. Surat Al Fatihah sebagai bacaan wajib

4. Membaca surat pendek atau ayat Al Quran. Rasullulah dahulu sering membaca surat atau ayat-ayat yang panjang.

5. Melakukan ruku’ secara tuma’ninah

6. I’tidal dengan tuma’ninah

7. Melakukan sujud dengan tuma’ninah

8. Dudu di antara dua sujud secara tuma’ninah

9. Sujud kedua secara tuma’ninah

10. Melakukan rakaat kedua dengan berdiri

11. Membaca bacaan wajib Surat Al Fatihah

12. Membaca surat pendek atau ayat dari Al Quraan

13. Ruku dengan tuma’ninah

14. I’tidal dengan tuma’ninah

15. Sujud dengan tuma’ninah

16. Duduk di antara dua sujud secara tuma’ninah

17. Sujud ke dua dengan tuma’ninah

18. Tahiyat akhir secara tuma’ninah

19. Salam kanan dan kiri

Dengan tata cara di atas, diulangi sampai empat kali salam atau dalam artian lain delapan rakaat. Setelah itu, ditutu dengan melakukan sholat witir.

Waktu Sholat Tahajud :

Berbeda dengan sholat istimewa lainnya, sholat tahajud memiliki waktu tersendiri untuk melakukannya. Tak bisa disebut sholat tahajud jika dilakukan bukan pada waktunya. Sholat ini disebut juga sebagai sholat malam karena dilakukan pada malam hari, lebih baik jika dilakukan sepertiga dari malam. Sholat ini syaratnya adalah setelah tidur. Belum tentu disebut sebagai sholat tahajud jika tidak tidur terlebih dahulu.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud :

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Manfaat Sholat Tahajud Untuk Rejeki :

1. Dilancarkan Segala Rejekinya

Sholat tahajud bermanfaat untuk melancarkan segala rejeki hamba Allah SWT. Bagi mereka yang sering melakukan sholat ini niscaya diperlancar rejekinya baik itu rejeki harta maupun rejeki lainnya selama hidup di dunia dan akhirat.

2. Dikabulkan Doanya

Sebagaimana yang telah menjadi salah satu keutamaan sholat tahajud adalah dikabulkan doanya bagi mereka yang ahli sholat tahajud. Berdoalah setelah melakukan sholat tersebut dan penutupnya yakni sholat witir agar bisa berdoa secara dalam agar diterima doanya.

3. Dihindarkan dari Kemiskinan

Sholat ini memberikan manfaat yang baik dalam hal rejeki. Mereka yang merasakan kemiskinan diberikan kekayaan baik harta atau ketabahan hati yang tinggi karena melakukan sholat ini membantu mendinginkan hati dan selalu berdoa untuk dihindari dari sengsara kemiskinan.

4. Dilimpahkan Kekayaannya

Bagi hamba Allah SWT yang sering melakukan sholat tahajud jika mereka terbangun pada malam hari, akan dilimpahkan kekayaan bagi mereka yang telah kaya dan dikayakan bagi mereka yang miskin. Rajinlah berdoa dan meminta kekayaan setelah melakukan sholat tahajud ini.

5. Melancarkan Usaha

Doa bisa dikabulkan oleh Allah SWT, termasuk berdoa untuk dilancarkan rejekinya melalui usaha yang sedang mereka kembangkan.

Manfaat Sholat Tahajud Untuk Rejeki Lainnya :

6. Dimudahkan dalam urusan hutang piutang

7. Bebas dari penipuan

8. Diperlancar usaha barunya

9. Terhindari dari fitnah

10. Diberikan kesempatan untuk bekerja

11. Diberikan kemudahan bekerja

12. Dilimpahkan keuntungan usaha

13. Dijauhkan dari kata bangkrut

14. Dijauhkan dari penyakit yang merugikan

15. Dijauhkan dari mimpi buruk

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sholat Subuh untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Manfaat Sholat Tahajud Untuk Jodoh :

1. Diperlancar Mendapatkan Jodoh

Selain dilimpahkan rejekinya, sholat ini juga bermanfaat untuk membantu dalam diperlancar urusan jodoh duniawi. Cocok sebagai salah satu sisi keagamaan untuk mendapatkan seorang jodoh untuk dijadikan pasangan hidup secara halal. Berdoalah untuk diberikan jodoh ketika selesai sholat tahajud.

2. Diberikan Petunjuk Mencari Jodoh

Bagi mereka yang bimbang dalam mencari jodoh, jika dibangunkan di tengah malam dalam keadaan bingung tentang usia dan jodoh yang tak kunjung datang maka sholat tahajud lah dan berdoa untuk mendapatkan jodoh yang sesuai dengan karakteristik suami/istri yang baik dalam pandangan Islam.

3. Diperlancar Dalam Proses Pencarian

Mencari jodoh sering kali menjadi halangan bagi banyak orang, maka berdoalah ketika melakukan sholat ini untuk diperlancar proses bertemunya dengan jodoh yang telah ditakdirkan agar tidak tertunda-tunda lagi.

4. Diberikan Jodoh yang Berakhlak Baik

Jodoh kita tak tau bagaimana sifat aslinya, maka berdoalah ketika melakukan sholat tahajud untuk diberikan jodoh suami/istri yang berakhlak baik dan taat beragama.

5. Dijauhkan dari Jodoh yang Buruk

Melakukan sholat ini dan jika dibangunkan tengah malam kemudian sholat, berdoalah bagi Anda yang sedang bingun tentang sifat asli jodoh kelak agar tehindar dari jodoh yang berakhlak buruk, bersifat keras, jahat, dan semacamnya.

Manfaat Sholat Untuk Jodoh Lainnya:

6. Diberikan jodoh yang memiliki wajah yang cantik/tampan

7. Diberikan jodoh bersifat baik hati

8. Diberikan jodoh yang penyayang

9. Diberikan jodoh yang taat agama

10. Diberikan ketabahan dalam menunggu

11. Diberikan kemudahan dalam bertemu jodoh

12. Jauh dari rasa galau akibat belum mendapat jodoh

Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kesehatan :

1. Menjaga dan Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Di zaman Nabi Muhammad SAW dahulu berkata tak pernah meninggalkan sholat tahajud bahkan saat beliau sedang sakit. Karena selain bisa mendekatkan dengan Allah, menjaga rezeki, jodoh, dan semacamnya, sholat ini juga membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindari dari penyakit-penyakit.

2. Membuat Menarik dan Cantik

Seperti yang terdapat dalam sabda Rasullullah, beliau bersabda bahwa mereka yang melakukan sholat tahajud pada malam hari maka esok siang hari, Allah akan memberikannya kecantikan secara fisik dan dipercantik pula jiwa, hati, dan akhlaknya.

3. Terhindar Dari Penyakit Infeksi Pernapasan

ISPA merupakan salah satu penyakit infeksi pernapasan yang cukup berbahaya dan bisa bersifat kronis atau akut. Salah satu manfaat untuk kesehatan yang bisa didapat dari sholat ini adalah membantu dalam mengatasi ISPA seperti yang telah diteliti oleh salah satu universitas asal Indonesia bahwa sholat ini membantu dalam mengatasi berbagai penyakit infeksi pernapasan.

4. Mengatasi Sakit Pinggang Saat Setelah Bangung

Sering kali saat seseorang bangun dari tidur atau bangun setelah berbaring sering kali mengalami sakit pada pinggang. Masalah seperti ini biasanya terhubung pada bagian syaraf dan otot. Manfaat lain dari sholat ini adalah membantu dalam mengatasi sakit pada pinggang saat bangung dari tidur. Gerakan-gerakan sholat khususnya rukuk, shujud, dan lainnya membantu dalam menyehatkan otot bagian pinggan sehingga membantu mengatasi sakit pada pinggang, khususnya bagi Anda yang sudah tua.

5. Mengatasi Penyakit Jantung

Melakukan sholat ini akan membantu dalam menyehatkan pikiran dan membuat jiwa tetap tenang. Beberapa penelitian membuktikan bahwa imun tubuh bisa meningkat seiring dengan jiwa yang tenang. Imun tubuh berfungsi untuk meningkatkan ketahanan tubuh seperti memblok bakteri atau radikal bebas yang masuk. Resikonya adalah menyebabkan masalah pada jantung karena mempengaruhi bagian pembuluh darah. Karena itulah sholat ini membantu dalam mencegah penyakit jantung yang beresiko kematian.

6. Memperlancar Peredaran Darah

Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah bisa meningkatkan kelancaran aliran darah dalam tubuh. Hal ini karena gerakan-gerakan sholat yang membantu memperlancar aliran darah. Selain itu, melakukan sholat juga dipercaya bisa memperlancar darah yang mengalir ke bagian otak sehingga membuat otak menjadi sehat dan bisa bepikir lebih baik. Sholat ini juga dipercaya bisa membantu dalam mengatasi darah kotor karena setiap gerakan sholat membantu dalam meningkatkan imun tubuh yang bisa membantu mengatasi masalah seperti darah kotor.

Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kesehatan Lainnya :

7. Getah bening or limfe

8. Memperkuat kekuatan otot tangan

9. Memperkuat tulang belakang

10. Memperbaiki tulang belakang yang bermasalah

11. Mencerdaskan otak

12. Memperbaiki saraf punggung yang bermasalah

13. Membantu dalam mencegah gangguan prostat

14. Baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh

15. Memperkuat otot bagian perut

16. Membantu melonggarkan otot bagian perut

17. Menyehatkan organ-organ tubuh bagian perut

18. Menghindarkan diri dari gejala wasir

19. Membantu dalam menyuburkan seorang wanita

20. Sehat untuk kewanitaan seorang perempuan

21. Sehat untuk saraf nervus ischiadius pada bagian pangkal paha

22. Mengatasi penyakit impotensi

23. Sehat untuk kandung kemih seseorang

24. Sehat untuk ginjal dan mencegah berbagai penyakitnya

25. Merelaksasi anggota badan

26. Memperkuat bagian tangan dan kaki

27. Menyehatkan persendian tubuh

28. Membuat tubuh menjadi lebih lentur

29. Mengatasi leher sakit

30. Mengatasi otot sakit pada bagian leher dan pundak

31. Sehat untuk proses melahirkan wanita

32. Memperbaiki postur tubuh

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sholat Dhuha untuk Rejeki, Jodoh, Kesehatan Serta Cara Melakukan

Manfaat sholat tahajud sangat banyak, baik itu untuk kesuksesan dunia akhirat dan kesehatan tubuh. Semuanya bisa didapat saat menjalan ibadah istimewa ini. Selain bisa membantu untuk memperlancar rejeki di dunia dan menyehatkan tubuh selagi masih hidup, melakukan sholat tahajut jika terbangun dari tidur di malam hari bisa mendekatkan diri pada Allah dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Continue Reading

Lainnya dari Agama

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top