Connect with us
Sholawat, Manfaat Sholawat, Khasiat Sholawat

Agama

60 Keutamaan, Jenis, Manfaat dan Khasiat Sholawat untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Manfaat Sholawat – Sholawat atau shalawat merupakan salah satu bentuk ibadah yang terdapat dalam agama Islam. Sholawat yang dilakukan setiap hari kepada Rasulullah merupakan bentuk ibadah yang agung dan digantikan dengan jutaan malaikat yang balik mendoakan kita. Karena itulah sholawat juga sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia khususnya umat islam sehari-hari.

Sholawat, Manfaat Sholawat, Khasiat Sholawat

Tidak hanya itu, manfaat sholawat juga bisa dirasakan dalam berbagai bidang aspek kehidupan dunia seperti kesuksesan, jodoh, rejeki, dan lainnya. Selain itu membaca sholawat 1000 kali dalam sehari sangat dianjurkan, karena banyak sekali keutamaannya.

Keutamaan Sholawat :

Sholawat kepada nabi merupakan salah satu bentuk yang suci dari umatnya kepada Rasulullah. Hal ini secara rinci dijelaskan pada HR. An-Nasa’i yang berkata bahwa Rasulullah SAW pernah datang dengan wajah yang bersinar kemudian bersabda:

“Malaikat jibril datang padaku kemudian berkata, ‘Sangat menyenangkan kepada engkau wahai Muhammad bhawa satu sholawat dari umatmu akan kuimbangi dengan sepuluh doa untuknya serta sepuluh salam bagiku akan kubalas dengan sepuluh salam untuknya.’”

Keterkaitan yang lain juga ada pada hadits lain di mana Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa:

“Jika orang bersholawat untukku, maka malaikat juga akan mendoakan keselamatan untuknya, karena itu bersholawatlah, baik sedikit maupun banyak.”

Jenis-Jenis Sholawat :

Macam-macam sholawat sendiri sebenarnya cukup banyak. Namun hanya ada dau lafadz yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan para ulama yaitu:

1. Sholawat Ma’sturah

Shalawat ini sangat lah spesial karena disusun sendiri oleh Rasulullahl, baik itu kalimat lafadz maupun cara membacanya. Shawalat ini berbunyi:

“Allahumma Sholli a’laa Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi wa a’laa aalihii wa shohbihii wa sallim”

Yang berarti: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tak mampu membaca serta menulis (Ummy) dan sukseskan lah tercuah pada segenap keluarganya.”

Adapun lafadz lain yang termasuk dalam Ma’tsurah adalah Shawalat Ibrohimiyyah yang berbunyi:

“Allahumma Shalli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad kama shollayta ala sayyidina ibrohim wa ala sayyidina ibrohim wa barik ala sayyidina Muhammad wa ala sayyidina Muhammad kama barakta ala Sayyidina Ibrahim wa ala ali Sayyidina ibrahim fil alamina innaka hamidun majid.”

Yang artinya: “Ya Allah, limpahkan shawalat pada Muhammad dan keluarganya seperti yang telah Engkau berikan kepada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya seperti Engkau berkait Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau maha terpuji lagi Maha Mulia.”

2. Sholawat Ghairu Ma’tsurah

Shalawat ini adalah shalawat yang dibuat atau disusun oleh kekasih Allah (Waliyullah) serta para alim ulama yang sangat mencintai Rasulullah SAW. Beberapa shalawat berhasil disusun oleh karya Syekh Abdul Qodir Al Jailani, Syekh Muh Taqiyuddin an Nabhani, dan lainnya. Beberapa karya lainnya adalah:

  • Selawat “Tafrijjiyah”
  • Selawat Munjiyah
  • Selawat Badawiah, Karya Ahmad Badayi RA
  • Sholawat Nuril Anwar
  • Sholawat Adrikiyah
  • Sholawat ” Al Fatih”
  • ASholawat “Afiyyah”
  • Sholawat ‘AzhimiyyahSholawat
  • Sholawat Sughro, Karya Syekh Abdul Qodir Jailani
  • Sholawat Al Bihar

Manfaat Sholawat :

Setelah mengetahui seperti apa jenisnya dan keutamaannya, shawalat bisa memberikan banyak manfaat dalam beberapa aspek kehidupan.

Manfaat Sholawat Untuk Rejeki :

1. Mengundang Karunia Allah SWT

Karena sholawat juga merupakan doa, sehingga bisa dalam dijadikan sebagai doa untuk Rasulullah SAW yang akan dibalaskan kelak oleh Allah SWT dalam bentuk karunia yang agung dan nikmat yang akan dilimpahkan kepada hamba-Nya yang memohon.

2. Meningkatkan Motivasi

Sebuah dorongan atau motivasi sangatlah penting untuk meningkatkan rejeki dalam kehidupan ini karena rejeki itu dicari. Melakukan salawat bisa membantu dalam meningkatkan motivasi seseorang karena selalu mengingat Rasulullah SAW dan Allah SWT dalam setiap langkahnya untuk mencari rejeki.

3. Dikabulkan Doa-Doanya

Rejeki selalu terkait dengan doa. Dengan doa, hamba Allah SWT bisa memohon untuk ditingkatkan rejekinya. Tentu saja dengan kerja keras dan doa. Solawat bisa menjadi doa yang ampuh karena dilipatgandakan doa kepada hamba Allah SWT.

4. Memunculkan Karakter Positif

Karakter positif berarti sifat pada seseorang yang baik dan tidak melakukan aktivitas yang bisa membuatnya berdosa. Berselawat juga berarti mendekatkan diri kepada Rasulullah SAW dan juga Allah SWT sehingga terjauh dari karakter negatif.

5. Dibantu Dalam Mengambil Keputusan

Sering kali dalam bisnis, seseorang harus memilih keputusan yang bisa saja berbuah hasil dalam rejekinya nanti. Jika bingun, lakukan lah selawat karena niscaya diberikan pintu jalan keluar yang terbaik.

Manfaat Sholawat Untuk Rejeki Lainnya:

6. Bertanggung jawab
7. Keberanian
8. Melancarkan bisnis atau usaha
9. Dimudahkan usaha
10. Ditolong dikala sulit
11. Rejeki selalu barokah
12. Hilangkan sifat iri dalam bisnis
13. Menambah rejeki
14. Meningkatkan semangat kerja
15. Bisnis dalam hal-hal positif
16. Bekerja di tempat yang baik
17. Terhindar dari korupsi

Manfaat Sholawat Untuk Jodoh :

1. Dipertemukan Jodoh

Berdoalah sambil berselawat kepada Rasulullah SAW. Mintalah jodoh segar agar diberikan dan dipertemukan oleh Allah SWT. Jodoh yang diberikan bisa saja bersifat baik dan yang terbaik untuk Anda.

2. Dipermudah Dalam Mencari Jodoh

Seseorang hidup di dunia susah untuk hidup tanpa pasangan, karena itulah Allah SWT menciptakan setiap manusia memiliki pasangan. Namun berbeda dengan proses mencarinya. Selawat yang disertai doa bisa membantu dalam dipermudah dalam mendapatkan jodoh terbaik untuk dijadikan pasangan.

3. Dijadikan Pribadi yang Baik

Pribadi yang baik akan membuat diri seseorang tidak kesulitan dalam mencari jodoh. Selawat menggambarkan sifat seseorang yang cinta akan Rasulullah SAW dan sangat dekat dengan AL-Qur’aan serta Allah SWT. Karena itulah, orang ini adalah pribadi yang baik.

4. Dilimpahkan Rejeki Rumah Tangga

Seseorang sering kali selalu terhalang permasalah rejeki dalam rumah tangga. Melakukan selawat setiap hari bisa membantu dalam melancarkan rejeki jika sudah berumah tangga.

5. Menjaga Hubungan Kekeluargaan

Hubungan yang jelek atau sedang bertengkar memang sering ditemukan dan hal itu harus dihentikan. Melakukan selawat bisa membantu dalam menjaga kerharmonisan keluarga dengan catatan disertai dengan akhlak yang baik serta rejeki.

Manfaat Sholawat Untuk Jodoh Lainnya :

6. Membuat keluarga sakinah
7. Tidak mengumbar aib pasangan
8. Diberikan kebahagiaan
9. Ingat kepada Allah
10. Diberikan keturunan
11. Diperlancar hubungannya
12. Diberikan kepercayaan
13. Tidak mengecewakan pasangan
14. Menjaga nama baik pasangan
15. Jauh dari nafsu buruk
16. Disehatkan fisik pasangan
17. Ridho Allah bersama keluarga
18. Terhindari dari masalah rumah tangga
19. Jauh dari hukuman Allah SWT
20. Sehat sekeluarga

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Dzikir untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Manfaat Sholawat Untuk Dunia :

1 Mendatangkan Kebanggaan

Rasulullah pernah bersabda bahwa ia akan membanggakan adanya umatnya. Karena itulah memberikan selawat kepada Rasulullah bisa mendatangkan kebanggaan pada diri ummatnya. Dengan adanya bangga, bisa meningkatkan kepercayaan diri serta rasa kepemimpinan yang kuat sehingga bisa dimanfaatkan untuk kehidupan dunia.

2. Dijauhkan Dari Syaitan yang Terkutuk

Para syaitan akan takut kepada mereka yang selalu menyerukan selawat kepada Nabi. Melakukan selawat setiap hari bisa membantu dalam menjauhkan para syaitan yang menyesatkan hidup manusia. Godaan syaitan sangat mengganggu kehidupan manusia di bumi dan berjanji untuk memancing para manusia tersebut untuk masuk ke Neraka bersamanya.

3. Menghilangkan Rasa Takut

Biasanya rasa taku menghampiri seseorang dan membuat manusia meras berada dalam tekanan para makhluk yang berbahaya. Selain ayat kursi, bisa juga dibantu dengan selawat kepada Nabi. Dengan cara begitu, akan membantu dalam menghilangkan rasa takut yang biasanya berasal dari hati manusia akibat perbuatan syaitan.

4. Meningkatkan Rasa Tawakkal

Tawakkal berarti berarti berserah diri kepada Allah SWT. Melakukan selawat berarti mengagungkan Allah SWT yang telah memberikannya kehidupan. Berserah diri kepada sang pencipta membantu dalam meningkatkan rasa tawakkal dan kepercayaan yang lebih kuat lagi. Poin tersebut bisa berguna untuk kehidupan dunia yang singkat ini.

5. Ditingkatkan Derajat di Dunia

Melakukan selawat akan mendatangkan banyak rejeki kepada orang yang sering melakukan selawat setiap hari. Ia akan ditinggikan derajatnya baik itu derajat sosial selama di bumi maupun derajat di sisi Allah SWT. Tidak hanya itu, derajat di dunia juga selalu terkait dengan harta. Maka dari itu melakukan selawat bisa juga mendatangkan kekayaan berlimpah.

Manfaat Selawat Untuk Dunia Lainnya:

6. Dijauhkan dari kemasukan Jin
7. Membuat selalu optimis
8. Memudahkan pekerjaannya
9. Membuang sifat jahat pada seseorang

Manfaat Sholawat Untuk Akhirat :

1. Dijauhkan Dari Neraka

Selawat sangat berguna untuk kehidupan akhirat kelak seperti dijauhkan dari panasnya api neraka. Selawat mencerminkan kpribadian yang sangat baik jika dipandang dari pengamatan Allah SWT. Hal ini akan menjadi modal bagi mereka yang sering melakukan selawat agar terhindar dari tempat Neraka dan penghuninya.

2. Ditingkatkan Imannya

Orang yang sering melakukan selawat berarti orang yang kuat imannya. Melakukan selawat juga bisa ditingkatkan imannya kepada Allah SWT dan terus mengikuti Rasulullah SAW. Iman yang kuat mencerminkan prilaku yang baik dan sangat bermanfaat di dunia akhirat kelak karena iman yang kuat juga berarti kepercayaan kepada Allah SWT yang tinggi.

3. Mencegah Prilaku Jahat

Banyak sekali prilaku yang bisa membuat seseorang berakhir di api neraka, salah satunya adalah sifat sirik atau menduakan Allah SWT. Hal itu benar-benar dilaknat oleh Allah dan menempatkan orang tersebut ke Neraka. Dengan melakukan selawat, niscaya dijauhkan dari sifat-sifat yang tidak menguntungkan dunia akhirat itu.

4. Selalu Mengingat Allah SWT

Melakukan selawat adalah mengingat sang pencipta dan juga Rasulullah SAW. Kepercayaan bisa ditingkatkan disertai dengan mata batin yang selalu melihat Allah SWT dan meminta petunjuknya dalam memilih jalan yang baik dan benar. Dengan melakukan selawat juga mampu menarik hati seseorang dari gelapnya kegelapan ke terang menderang seperti yang diketahui sekarang ini.

5. Diberikan Amal yang Melimpah

Seperti yang kita ketahui, amal sangat penting untuk menentukan posisi kita di akhirat kelak. Karena itulah selain mengelola bumi, Allah menciptakan manusia juga untuk menyembahnya dan mengumpulkan amal yang baik. Amal ini akan menolong kelak di dunia akhirat serta memberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Melakukan selawat berarti meningkatkan amal baik ke dalam diri kita karena di balas dengan 10 kali lipat doa para Malaikat.

Manfaat Sholawat Untuk Akhirat Lainnya:

6. Memancarkan cahaya nurani
7. Menghilangka dosa
8. Didekatkan kepada surga Allah
9. Diingatkan kepada surga Allah
10. Dihilangkan sikap takaburnya
11. Didekatkan kepada Syafa’at

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Istighfar untuk Rejeki, Jodoh, Dunia dan Akhirat

Sangat banyak arti dan makna tersirat dari manfaat sholawat yang mungkin masih sangat sedikit diketahi oleh manusia. Namun satu hal yang pasti, sholawat bisa mengantarkan ke sisi yang baik dan sangat berguna untuk ummat Rasulullah SAW baik untuk kehidupan dunia dan akhirat.

Continue Reading

Lainnya dari Agama

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top