Connect with us

70 Pengertian Keutamaan, Dalil, Waktu, Hikmah dan Manfaat Silaturahmi

Agama

70 Pengertian Keutamaan, Dalil, Waktu, Hikmah dan Manfaat Silaturahmi

Manfaat SilaturahmiSilaturahim, Hubungan Persaudaraan atau Ikatan Perkenalan adalah istilah yang merujuk pada relasi antara individu dengan individu lainnya, atau antara individu dengan suatu kelompok, maupun antara kelompok dengan kelompok lainnya. Singkatnya, silaturahmi merupakan sebuah fenomena interaksi sosial yang digunakan dalam terminologi pergaulan ala Islam.

Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi

Silaturahmi haruslah selalu dijaga erat-erat, jangan sampai putus supaya mendapatkan pahala dan dijauhkan dari dosa. Kecuali bila silaturahim ini memberikan dampak buruk bagi diri, misalnya menyebabkan seseorang jadi kafir, mengalami kekerasan fisik dan rentan kena sakit jiwa dan berbagai kerugian material dan spiritual, tentu saja wajib untuk memutuskannya.

Masalah hisabnya nanti urusan antara hamba dengan Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan Penyayang. Dan sesungguhnya manusia diberi kemampuan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, termasuk dalam hal ikatan silaturahim ini.

Pengertian Silaturahmi

Silaturahmi berasal dari kata shilah yang memiliki arti yaitu hubungan dan rahim artinya kerabat. Pengertian Rahim tersebut juga berasal dari Ar Rahmah yang memiliki arti kasih sayang, sehingga biasanya disebut dengan istilah berkasih sayang. Silaturahmi juga bisa diartikan sebagai hubungan menjalin kekerabatan atau persaudaraan.

Loading...

Dalil Silaturahmi dalam Al Qur’an :

Di dalam Al Qur’an memang tidak ada ayat yang secara tersurat hendak menyampaikan perintah silaturahmi. Hanya saja memang di dalam surat Ar Ra’d ayat 21 diterangkan mengenai orang-orang yang menghubungkan tentang apa yang Allah perintahkan tuk dihubungkan. Untuk menggali makna dari ayat ini, tentu alangkah baiknya untuk membaca pula ayat sebelum dan sesudahnya.

“Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya, (disediakan) pembalasan yang baik. Dan orang-orang yang tidak memenuhi seruan Tuhan, sekiranya mereka mempunyai semua (kekayaan) yang ada di bumi dan (ditambah) sebanyak isi bumi itu lagi besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu. Orang-orang itu disediakan baginya hisab yang buruk dan tempat kediaman mereka ialah Jahanam dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman.“ (Q.S Ar Ra’d:18)

“Adakah orang yang mengetahui bahwasanya apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itu benar sama dengan orang yang buta? Hanyalah orang-orang yang berakal saja yang dapat mengambil pelajaran,” (Q.S Ar Ra’d:19)

“(yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian,” (Q.S Ar Ra’d:20)

“dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.” (Q.S Ar Ra’d:21)

“Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),” (Q.S Ar Ra’d:22)

“(yaitu) syurga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;” (Q.S Ar Ra’d:23)

“(sambil mengucapkan): “Salamun ‘alaikum bima shabartum. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (Q.S Ar Ra’d:24)

“Orang-orang yang merusak janji Allah setelah diikrarkan dengan teguh dan memutuskan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan dan mengadakan kerusakan di bumi, orang-orang itulah yang memperoleh kutukan dan bagi mereka tempat kediaman yang buruk (Jahannam).” (Q.S Ar Ra’d:25)

Keutamaan Silaturahmi :

Apa saja keutamaan silaturahmi sehingga pantas sekali untuk dijaga selalu sepanjang hidup? Rupanya memang di balik ikatan persaudaraan ada nilai yang dapat diambil, seperti:

  1. Menjaga kekeluargaan
  2. Memberikan pelajaran kepada orang yang berakal untuk menyambung apa yang mesti disambung (silaturahim)
  3. Menjalankan perintah Allah
  4. Memperoleh ridho Allah
  5. Mencegah permusuhan dan peperangan
  6. Memperoleh kedamaian dunia dan akhirat
  7. Menghindari dari hisab yang buruk
  8. Mendapatkan surga ‘adn

Hikmah Silaturahmi

  1. Merekatkan ukhuwah
  2. Memperbanyak rezeki
  3. Saling mengenal
  4. Memperluas persaudaraan
  5. Menambah dan memperbanyak hikmah hidup
  6. Menambah ilmu
  7. Menambah Sikap Empati
  8. Menjauhi sikap egois
  9. Mempererat tali persaudaraan
  10. Menjaga kesatuan

Waktu Silaturahmi

Silaturahmi bisa anda lakukan kapan saja, namun hal paling penting kita harus paham etika waktu ketika hendak mau melakukannya. Ada dua waktu silaturahmi yang tepat yaitu:

  1. Ketika Hari Raya Idul Fitri / Hari Raya Umat Islam
  2. Menyesuaikan dengan Waktu Teman / Kerabat / Saudara

Manfaat Silaturahmi untuk Rejeki :

1. Membuka Peluang Karir

Khasiat silaturahmi akan membuka peluang karir. Ini disebabkan karena ketika seseorang saling menjalin hubungan kekeluargaan begini, maka relasi kepentingan akan selalu terjaga kuat. Bisa saja saat kongkow-kongkow dengan kolega akan tercetus ide untuk berkarya dan bisnis bersama. Ini kan sama saja membuka peluang karir!

2. Membuka Pintu Rejeki dari Arah Tidak Terduga

Tahukah bahwa manfaat silaturahmi bisa membuka rejeki dari arah yang tak terduga. Ini disebabkan karena kolega, teman dan kenalan sesungguhnya adalah jalan dari rejeki yang masuk. Apalagi bila mereka memang berdampak positif untuk kehidupan, misalnya selalu mengajak kepada kegiatan positif yang meningkatkan karir dan keuangan.

3. Membuat Pekerjaan Jadi Mapan

Ada banyak orang yang menjadi sukses dan berhasil berkat sebuah silaturahmi pertemanan. Memiliki pekerjaan mapan memang tidak selalu melalu ikatan pertemanan macam ini atau yang disebut nepotisme. Namun sudah banyak kasus dan contohnya di mana orang mendadak sukses karena dimerdekakan, dimuliakan dan diberi pekerjaan yang mapan oleh seorang CEO yang ternyata adalah temannya sendiri.

4. Mendapatkan Pertolongan Masalah Keuangan

Ingin mendapatkan pertolongan di saat masalah keuangan melanda? Cobalah untuk mempererat silaturahmi. Sebab hanya dengan ikatan persaudaraan macam ini, ada kemungkinan untuk saling tolong-menolong. Sudah tentu orang yang saling membantu adalah orang yang cenderung dekat dan akrab, kan? Makanya jangan pernah memutus secara sepihak sebuah ikatan persaudaraan. Apalagi kalau tanpa sebab yang jelas dan tanpa dampak buruk.

5. Mendapatkan Ide Usaha

Pernahkah terpikirkan bahwa silaturahmi bisa membuka peluang ide usaha? Sebuah usaha agaknya mustahil buat diritintis sendirian dari nol. Semuanya butuh kerjakeras dan usaha yang tak gentar. Persahabatan dan pertemanan yang positif dan akrab sungguh bisa menjadi jalan menemukan ide bisnis. Sudah banyak terjadi, perusahaan besar tercipta karena kekuatan persahabatan.

Manfaat Silaturahmi untuk Rejeki Lainnya :

6. Melancarkan urusan pekerjaan

7. Mencegah PHK

8. Lebih cepat dapat promosi jabatan

9. Mencegah sikap putus asa

10. Memberikan motivasi untuk terus maju

11. Menghindari sikap takabur

12. Mencegah sikap sombong

13. Membuat selalu mawas diri

14. Mengajarkan untuk sedekah

15. Memperoleh rejeki dari jalan halal

Manfaat Silaturahmi untuk Jodoh :

1. Menemukan Jodoh

Khasiat silaturahmi akan membantu seseorang menemukan jodohnya. Mengapa demikian? Sebab, jodoh biasanya muncul dari fenomena keakraban antar teman. Kebanyakan jodoh yang langgeng terbawa sampai pernikahan hingga berpisah karena kematian adalah jodoh yang berawal dari sebuah persahabatan. Tidak ada yang salah jika sahabat berubah jadi cinta. Asalkan sama-sama berkomitmen saling menjaga, tentu ini jauh lebih baik. Dibandingkan menikah dengan orang yang sama sekali tidak dikenal.

2. Mendapatkan Jodoh yang Tidak Pernah Disangka Sebelumnya

Siapa yang dapat mengira tentang jodohnya? Tentu tidak ada yang bakalan tahu tentang siapa jodohnya. Namun percayalah bahwa kebanyakan jodoh memang tidak pernah disangka-sangka sebelumnya. Banyak orang yang sudah sangat dekat sebagai teman, ternyata di kemudian hari malah berjodoh. Salah satu cara untuk mewujudkan perjodohan macam ini ternyata dengan mengikat tali silaturahmi.

3. Mempersiapkan Diri Mendapatkan Jodoh

Tahukah bahwa jodoh itu datangnya dipersiapkan? Untuk mempersiapkan diri mendapatkan jodoh, maka langkah yang baiknya ditempuh memang adalah menjalin silaturahmi. Perluaslah pergaulan, agar sang jodoh juga mudah menemukan diri kita. Ingatlah bahwa bukan hanya diri kita sendiri yang sedang mencari siapa jodohnya. Namun pasangan kita yang entah di mana itu juga sedang mencarinya: mencari diri kita.

4. Mendapatkan Jodoh Terbaik

Orang yang luas pergaulannya cenderung akan mendapatkan jodoh yang terbaik. Ini disebabkan karena pergaulan akan menempa kepribadian dan saling mempertemukan kepribadian yang berbeda. Banyak orang merasa menemukan jodoh terbaik berkat sebuah komunitas yang diikutinya. Terutama komunitas di dunia nyata. Di mana di dalam komunitas itu tentunya ada ikatan silaturahmi yang kuat antar anggotanya.

5. Membuat Rumah Tangga Disegani Masyarakat

Tahukah bahwa salah satu cara membuat rumah tangga disegani dan dihormati oleh masyarakat adalah dengan menjadi pasutri yang ramah terhadap tetangga dekat maupun jauh. Sebuah rumah yang selalu mau menerima tamu dari tetangga dekatnya, pintunya selalu terlihat terbuka. Atau setidaknya memiliki pagar yang tidak ketat dijaga anjing, cenderung lebih disegani memang karena terkesan membuka tali silaturahmi.

Manfaat Silaturahmi untuk Jodoh Lainnya :

6. Mendapatkan kebahagiaan pernikahan

7. Membuat keluarga jadi samawa

8. Membuat semakin akur dengan pasangan

9. Mencegah perceraian

10. Menghindari konflik keluarga besar

Manfaat Silaturahmi untuk Dunia :

1. Memperluas Pergaulan

Bagaimana caranya memperluas pergaulan agar tidak kuper? Tentunya dengan mengikat banyak-banyak tali silaturahmi dengan seluruh kalangan. Tidak pandang status ekonomi dan sosial, seseorang yang pandai mengikat tali silaturahim memang cenderung luas pergaulannya. Salah satu cara mengikatnya adalah dengan belajar jadi orang yang ramah dan peduli terhadap sesama. Perbaiki cara berkomunikasi yang sopan dan jujur juga amat penting melanggengkan sebuah ikatan perkenalan.

2. Menjaga Ikatan Persahabatan

Hanya orang yang memiliki kecerdasan sosial tinggilah yang sanggup menjaga ikatan persahabatan. Sebuah perkenalan dengan relasi penting bisa saja terhempas seketika karena seseorang gagal dalam menjaga tali silaturahmi. Untuk itu, mereka yang punya banyak kenalan, belum tentu juga memiliki banyak “kenalan yang potensial”, yang mampu membawa hidupnya ke arah yang lebih baik.

3. Mencegah Konflik

Menjaga sebuah ikatan silaturahmi juga ampuh dalam mencegah datangnya konflik. Misalnya dalam kehidupan berumah tangga, di mana sepasang pasutri sudah memiliki rumah sendiri dan pisah dari rumah orang tuanya masing-masing. Sudah tentu mereka harus selalu jaga ikatan kekeluargaan dengan mertua kedua belah pihak pasutri. Jangan hanya orang tua atau mertua yang satu saja yang dikunjungi. Agar tidak terjadi konflik kecemburuan antar ortu dan mertua,

4. Membuka Peluang Kerjasama

Menjaga ikatan silaturahmi pun ampuh sekali dalam membuka peluang kerjasama. Maksudnya adalah kerjasama dalam mengembangkan taraf hidup masing-masing. Ingatlah bahwa sebaik-baiknya rekan bisnis itu adalah rekan yang sudah dikenal dengan sangat baik. Segala karakter dan wataknya telah tersingkap dengan sangat jelas melalui tali persaudaraan dan perkenalan selama ini.

5. Memperoleh Nikmat Dunia

Silaturahmi adalah jalan mendapatkan nikmat dunia. Sebab Allah sungguh akan memberikan karunia yang besar kepada mereka yang mampu bersikap baik pada saudara-saudaranya. Menyambung tali persaudaraan di dunia akan berdampak pada nikmat yang turun tiada habisnya.

Manfaat Silaturahmi untuk Dunia Lainnya :

6. Dimudahkan dalam segala urusan dunia

7. Menumbuhkan karakter dan kepribadian positif

8. Menjadi orang yang bertakwa

9. Menjalankan perintah Allah di dunia

10. Mencegah kesengsaraan duniawi

Manfaat Silaturahmi untuk Akhirat :

1. Mendapatkan Pahala

Bagaimana caranya mendapatkan pahala? Tentunya dengan beribadah. Menjaga tali silaturahmi agar tetap erat juga wujud dari ibadah yang layaknya dilakukan oleh seorang muslim dan muslimah. Tidaklah baik memutuskan tali persaudaraan jika memang tidak berdampak buruk dan membawa kepada kekafiran dan perbuatan yang zalim.

2. Menghindarkan dari Neraka

Manfaat silaturahmi ternyata juga akan menghindarkan seseorang dari neraka. Sebab menjaga ikatan persaudaraan sama saja menjalankan amalan baik yang berpahala. Di mana pahala yang dikumpulkan oleh manusia sewaktu hidup sesungguhnya bisa menghindarkan dirinya dari semburan api neraka, kelak. Ingatlah bahwa neraka itu nyala apinya abadi dan jika api itu hampir padam, sungguh Allah akan membesarkan apinya lagi. Bahan bakar neraka adalah manusia dan batu.

3. Memperoleh Kebahagiaan Surga

Khasiat silaturahmi bisa untuk peroleh kebahagiaan surga. Ini karena silaturahim adalah salah satu cara untuk mendapatkan balasan surga, kelak di akhirat atas segala amal perbuatan. Biar bagaimana pun, surga memang dipersiapkan untuk mereka yang selama hidup selalu berbuat baik seperti senantiasa menyambung tali silaturahim.

4. Mendapatkan Nikmat Akhirat

Jika ingin memperoleh nikmat di akhirat, salah satu caranya adalah dengan menjaga silaturahmi agar selalu terjaga dengan akur. Akhirat memang begitu mudah ditapaki oleh mereka yang selalu berbuat baik dan beramal soleh ketika masih hidup di dunia. Mempererat tali persaudaraan termasuk amalan soleh yang mempermudah perjalanan di akhirat kelak, sebab diri tidak keberatan dosa. Dengan catatan, tali persaudaraan yang hendak dijaga ini memang baik untuk diri, tidak membawa efek buruk secara syariat dan akidah.

5. Mendorong untuk Bermajelis dan Berjamaah dalam Ibadah

Tahukah bahwa silaturahmi akan mendorong seseorang untuk mau bermajelis dan berjamaah dalam ibadah? Sebagaimana saat sedang sholat jamaah, para muslim dan muslimah harus merapatkan barisan dalam shaf-shaf yang baik dan rapat. Begitu pun silaturahim sesungguhnya juga menjadi upaya merapatkan barisan ummat Islam dan antar ummat beragama lain.

Manfaat Silaturahmi untuk Akhirat Lainnya :

6. Mencegah dari neraka jahanam

7. Menghindari momentum hisab yang buruk

8. Membuka pintu karunia Allah

9. Mendapatkan ridho Allah di akhirat

10. Selamat di akhirat dan masuk surga bersama saudara-saudaranya

Begitu banyaknya manfaat silaturahmi harusnya menjadikan manusia mau mengeratkannya. Terutama bila hubungan persaudaraan ini membawa dampak positif bagi kehidupan. Sungguhlah rugi orang yang selama hidup tidak memiliki teman dan kenalan karena hobi memutus silaturahmi, sebab mereka tergolong orang yang kesepian. Padahal di dalam Islam diajarkan untuk saling interaksi dan berdiri dalam shaf-shaf untuk beribadah pada-Nya. Memutus silaturahim sama saja memutus rahmat dan nikmat dari Allah.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top