Connect with us

125 Manfaat dan Khasiat Surat Al Waqiah untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Agama

125 Manfaat dan Khasiat Surat Al Waqiah untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Surat Al Waqiah atau Surah Al-Waqi’ah merupakan surat ke 56 yang berada pada juz ke 27 dalam Al-Quran. Surat Al Waqiah ini mempunyai 96 ayat. Arti dari surat ini adalah kiamat. Surat Al Waqiah menceritakan tentang bagaimana yang akan terjadi di hari kiamat, juga balasan yang yang baik untuk orang mukmin, serta azab untuk orang kafir dan durhaka. Banyak sekali manfaat surat Al Waqiah yang bisa anda dapatkan dari berbagai aspek, mulai dari rejeki, jodoh, dunia dan akhirat.

Al Waqiah, Surat Al Waqiah, Manfaat Membaca Surat Al Waqiah

Al Quran adalah kitab suci yang setiap ayatnya mempunyai arti serta kandungan yang bermanfaat untuk petunjuk kehidupan. Al Quran sudah tidak diragukan lagi keberadaaan dan kesuciannya karena mempunyai predikat sebagai sumber hukum, dan juga asy-syifa yang memiliki arti sebagai penyembuh. Salah satu surat dalam Al Quran yang menarik untuk dikaji adalah Surat Al Waqiah.

Manfaat Surat Al Waqiah Untuk Rejeki :

1. Melancarkan segala hajat dan rejeki

Manfaat Surat Al Waqiah untuk melancarkan segala rejeki dan hajat yang akan diterima oleh kaum mukmin. Hal ini telah dijelaskan dalam khazinatul asror kubro, yang berisikan tentang seseorang yang rajin membaca surat i’ni pada waktu pagi, sore ataupun malam.

2. Dijauhkan dari kemiskinan

Membaca Surat Al Waqiah setiap hari dengan rutin, dapat menambah pahala dan kebaikan yang berlimpah. Keutamaan membaca Surat Al Waqiah adalah mendapat berkah dari Allah Subhanahu Wata ‘Ala, serta dijauhkan dari kemiskinan untuk selama-lamanya.

Loading...

3. Memperoleh Limpahan Kekayaan

Surat ini mampu menjaga setiap mukmin dari segala marabahaya. Al Waqiah pun akan memberikan limpahan kekayaan bila dibaca sebanyak 14x setelah sholat ashar. Bacalah surat ini sebanyak dan sesering mungkin untuk mendapatkan balasan yang baik dari Allah.

4. Menjadikan pembacanya sebagai hartawan yang dermawan

Tidak ada aturan kaku yang menerangkan hukum untuk membaca surat ini. Keutamaan yang tersebunyi yang dimiliki oleh surat ini adalah membacanya ketika ba’da subuh. Maka balasan yang akan didapat adalah dijadikannya ia sebagai hartawan yang dermawan.

5. Mendapatkan rejeki yang melimpah

Rejeki bisa datang darimana saja, oleh sebab itu anda harus optimis terhadap takdir tentang rejeki. Allah akan memberikan balasan dengan melimpahkan rejeki kepada orang yang selalu membaca Surat Al Waqiah setiap hari sebanyak 25x. Baca surat ini setelah menunaikan sholat 5 waktu.

Manfaat Surat Al Waqiah untuk Rejeki lainnya

6. Diberi kelancaran dalam usahanya
7. Mendapat ganjaran berupa rejeki yang melimpah
8. Dijauhkan dari bangkrut dalam berusaha
9. Dimudahkan dalam urusan hutang-piutang
10. Mendapatkan keberkahan dalam setiap rejekinya
11. Sebagai pelindung harta benda
12. Terbebas dari penipuan
13. Dijauhkan dari pengaruh riba
14. Doa tentang rejeki akan lebih sering diijabah
15. Memperlancar usaha baru
16. Dapat memperoleh rumah dengan mudah
17. Terhindar dari fitnah dalam perekonomian
18. Dijauhkan dari kemiskinan
19. Tidak akan pernah bangkrut
20. Terbebas dari lilitan hutang
21. Diberikan kemudahan dalam mendapat laba usaha
22. Diberi petunjuk dalam mendapatkan usaha
23. Diberi petunjuk dalam membuka usaha baru
24. Dimudahkan urusan rejekinya
25. Mendapat karunia dalam hal materi
26. Mendapat barokah dalam setiap rejekinya
27. Diberi kekuatan untuk mendapat rejeki
28. Mendapat kesempatan untuk bekerja
29. Usahanya tidak sia-sia
30. Dijauhkan dari penipuan dan kehilangan

Manfaat Surat Al Waqiah untuk Jodoh

1. Mendapatkan petunjuk tentang jodoh

Cara untuk dilancarkan mendapatkan jodoh adalah dengan berusaha, berdoa, dan tetap percaya kepada takdir yang diberikan oleh Allah. Surat Al Waqiah mempunyai keutamaan yang istimewa, jika ada orang yang membacanya setiap sholat subuh. Petunjuk tentang jodoh adalah ganjarannya.

2. Dimudahkan dan segera dipertemukan dengan jodoh

Tidak perlu resah dalam masa penantian menunggu jodoh. Pasangan anda bisa hadir dengan pertolongan Allah Subhanahu Wata Ala. Allah akan memberikan balasan dengan memudahkan jalan bertemu jodoh kepada orang yang menghafal Surat Al Waqiah satu hari minimal satu ayat.

3. Mengurangi rasa bimbang dalam memilih pasangan

Rasa bimbang memilih pasangan biasanya hadir ketika hati sudah terjebak dalam pilihan. Segera lakukan sholat istikharah untuk mendapatkan keputusan yang terbaik, serta tidak lupa untuk membaca Surat Al Waqiah setelah melakukan sholat istikharah.

4. Tidak mendatangkan keraguan

Keraguan untuk memilih jodoh akan datang karena mungkin anda tidak melibatkan Allah dalam keputusan ini. Bacalah Surat Al Waqiah setiap pagi untuk memberikan ketenangan setelah membaca Al-Ma’surat, kemudian berdoa kepada Allah untuk menghilangkan keraguan di hati.

5. Mendapat jodoh dengan lancar

Luka-liku mendapatkan jodoh pasti akan ditemukan oleh setiap orang. Masa pencarian jodoh tentunya tidak selamanya mulus, karena mungkin anda lupa untuk berdoa kepada Allah dengan Khusyu. Libatkan lah Allah dalam setiap rintangan yang anda temukan, termasuk dalam mendapat jodoh dengan membaca Surat Al Waqiah setelah sholat duha.

Manfaat Surat Al Waqiah untuk Jodoh lainnya

1. Diberikan jodoh yang baik
2. Dimudahkan proses pencarian jodohnya
3. Mendapat jodoh yang dapat memberikan keturunan yang baik
4. Dijauhkan dari kegagalan berjodoh
5. Diberi petunjuk tentang jodoh
6. Dijauhkan dari fitnah zinah
7. Dijauhkan dari sifat ragu
8. Mendapat keteguhan hati
9. Dilancarkan rejekinya
10. Diberi kesehatan
11. Diberi kemudahan
12. Dijauhkan dari pilihan yang merugi
13. Mendapat kesempatan baru
14. Dijauhkan dari galau
15. Dijauhkan dari perasaan resah
16. Dijauhkan dari sakit hati
17. Diberi kemudahan dalam berjodoh
18. Diberi pilihan jodoh yang baik
19. Mendapat calon jodoh yang baik rupanya
20. Mendapat calon jodoh yang baik agamanya
21. Mendapat calon jodoh yang baik akhlaqnya
22. Mendapatkan calon jodoh yang cukup rejekinya
23. Terbebas dari rasa kebencian
24. Mendatangkan keikhlasan
25. Mendatang kepasrahan
26. Dilancarkan pertemuannya
27. Menghilangkan rasa gugupnya
28. Diberi kemudahan untuk berjodoh
29. Mendapat calon yang baik hatinya
30. Terjauh dari calon yang tidak baik

Manfaat Surat Al Waqiah untuk Dunia

1. Dijauhkan dari sifat lalai

Lalai adalah sifat lahiriah manusia, dan termasuk kedalam golongan sifat tidak baik. Lalai akan membuat manusia merugi baik dari waktu maupun tenaga. Mengamalkan Surat Al Waqiah dapat menghilangkan sifat lalai, serta dijauhkan sejauh-jauhnya. Hal ini diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab tentang keutamaan mengamalkan Surat Al Waqiah.

2. Mendapatkan kehidupan yang tentram dan nyaman

Membaca Al-Quran dapat menenanbkan hati apabila dengan penuh kenyakinan juga keikhlasan. Surat-surat di dalam Al-Quran mempunyai kandungan dan manfaat masing-masing untuk siapapun yang membacanya dengan ikhlas, salah satunya dengan membaca Surat Al Waqiah. Ganjarannya membaca surat tersebut adalah terbebas dari penyakit hati.

3. Dijauhkan dari kefakiran

Bersumber dari pernyataan Abdullah bin Masud tentang sabda Rasul yang menyatakan “barang siapa yang membaca Surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya” (Tafsit Nur Ats-Tsaqalayn 5/203). Hal ini membuktikan bahwa Surat Al Waqiah mengandung ganjaran yang baik di kehidupan dunia, untuk siapapun yang rajin membacanya.

4. Diringankan sakitnya

Sakit adalah bukti ujian dari Allah, untuk menaikan tingkatan level iman seseorang sehingga menjadi sebuah ujian. Ujian ini akan menguji kesabaran seseorang, apakah akan sabar, atau malah menjauh dari Allah. Dekatkanlah diri kepada Allah bila dilanda sakit dengan membaca Surat Al Waqiah yang memberikan ketenangan, sehingga sakit akan terasa ringan.

5. Mendapatkan 10 pahala

Siapapun yang sering membaca Al Waqiah pada waktu yang tidak ditentukan, maka orang itu akan mendapat pahala sesuai dengan hadist Rasullah yang telah diriwayatkan At-Tirmidzi. Semakin sering membaca Surat Al Waqiah maka akan semakin banyak ganjaran pahala yang didapat oleh orang tersebut.

Manfaat Surat Al Waqiah untuk Dunia Lainnya

6. Mendapat kelancaran
7. Mendapat kesehatan
8. Diberi ketenangan
9. Diberi ketentraman
10. Dijauhkan dari keresahan
11. Dijauhkan dari rasa malas
12. Dilindungi dari godaan setan
13. Dapat megontrol hawa nafsu
14. Terbebas dari sikap keji
15. Dihindari dari fitnah dunia
16. Menumbuhkan sikap qonaah
17. Dipermudah ibadahnya
18. Dilancarkan rejekinya
19. Diberi ganjaran pahala 10x lipat
20. Mendapat karunia dari Allah
21. Meningkatkan keimanan
22. Meningkatkan ketauhidan
23. Meningkatkan ketaqwaan
24. Memberikan rasa syukur
25. Diberi kekuatan
26. Diangkat penyakitnya
27. Diberi keturunan dengan mudah
28. Dimudahkan ujiannya
29. Diberikan kekuatan
30. Dijauhkan dari sifat dengki

Manfaat Surat Al Waqiah untuk Akhirat

1. Dimudahkan jalannya menuju surga

Hadist riwayat Imam Bukhari menyebutkan bahwa di dalam surga terdapat pohon yang bilamana seseorang berkendara dibawahnya selama seratus tahun maka dia masih belum habis melewati bayangnya, karena itu bacalah (wa dzilim mamduud), Surat Al Waqiah ayat 30. Tentunya untuk menggapai surga harus diimbangi dengan ibadah sholeh lainnya.

2. Memudahkan proses sakaratul maut

Surat Al Waqiah mampu menolong orang yang sedang mengalami sakaratul maut. Bacakan Surat Al Waqiah saat berada di sisi orang yang sedang nazak. Maka dengan izin Allah, orang itu akan dimudahkan proses sakaratul mautnya.

3. Mendapatkan ganjaran kebajikan di hari kiamat

Orang yang sering membaca Surat Al Waqiah akan dimudahkan untuk melalui hari kiamat. Disamping itu, orang itu akan mendapat ganjaran kebajikan berupa safaat pada hari kiamat tersebut.

4. Dijauhkan dari siksa api neraka

Orang yang sering membaca Surat Al Waqiah akan dimudahkan segala urusannya di dunia. Pada masa kematiannya ia akan dimudahkan sakaratul mautnya, dan diakhiratnya kelak ia akan dijauhkan dari siksa api neraka.

5. Diringankan dosa-dosanya

Dosa-dosa bisa dihapus atas dasar izin Allah. Allah akan selalu berkendak baik kepada hambanya yang selalu berbuat kebaikan. Surat Al Waqiah akan menjadi saksi untuk meringankan dosa di akhirat kelak.

Manfaat Surat Al Waqiah untuk Akhirat Lainnya

6. Dijauhkan dari panasnya api neraka
7. Menjadi saksi kebaikan di dunia
8. Menghapus dosa di dunia
9. Dapat mencium wangi surga
10. Dijauhkan dari bau neraka
11. Mendapat amalan yang baik
12. Penolong di siratalmustakim
13. Mendapat pahala berlimpah
14. Mendapat nikmat di surga
15. Mendapat tujuh bidadari
16. Di jauhkan dari siksa kubur
17. Mendapat tempat yang layak di akhirat
18. Dilayani oleh malaikat
19. Kuburan akan diterangkan
20. Dijauhkan dari azab akhirat
21. Dijauhkan dari azab kubur
22. Mendapat balasan kebajikan
23. Terjauh dari siksa api neraka
24. Mendapat ketenangan di akhirat
25. Mendapat ketentraman di surga
26. Tidak akan ditimpakan siksa yang kejam
27. Mempermudah roh keluar dari jasad
28. Didekatkan dengan mati syahid
29. Diberi tempat yang setara dengan para syuhada
30. Dilayani oleh tujuh bidadari
31. Diberikan kenikmatan di akhirat
32. Dianggap kaum nabi muhammad
33. Diberi kelancaran dalam proses perhitungan amal
34. Menjadi penerang di dalam kuburan
35. Dijauhkan dari gelapnya kuburan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Surat Yasin untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Meskipun surat Al Waqiah ini menceritakan mengenai hari kiamat dan balasan untuk orang mukmin juga orang kafir. Namun, banyak sekali manfaat yang bisa anda dapat dengan mengamalkan atau membacanya secara khusyuk. Jadi, rajinlah membaca surat ini di waktu senggang atau di malam jumat ya!

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top