Connect with us

40 Manfaat dan Khasiat Thaharah (Bersuci) untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Agama

40 Manfaat dan Khasiat Thaharah (Bersuci) untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Manfaat Thaharah – Thaharah atau bersuci adalah untuk membersihkan diri dari hadats dan najis. Cara menyucikan badannya dari hadats besar atau kecil adalah dengan mandi, wudhu atau tayammum. Sedangkan untuk menghilangkan najis dengan menghilangkan sumber najisnya yang ada di badan, pakaian maupun tempat yang tersentuh. Untuk suci dari hadats dan hadits, utamanya membutuhkan air sebagai alat pembersihnya.

Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah

Thaharah sangat penting kedudukannya dalam Islam, sebab menjadi salah satu rukun sholat, yakni melalui berwudhu. Mengambil air wudhu tujuannya kan sebenarnya untuk berthaharah atau membersihkan diri dari hadats dan najis. Sehingga shalat dalam kondisi bersih dan rapi, sebab hendak menghadap Rabb Allah.

Ada yang penting sekali diketahui dalam thaharah, yakni bahwa air yang digunakan untuk membersihkan diri atau thaharah memiliki beberapa syarat, seperti:

1. Air yang berasal dari 7 sumber air suci
2. Bukan air musta’mal (air yang sudah digunakan untuk bersuci)

Jadi memang diwajibkan airnya adalah air yang suci dari hadats dan najis. Serta merupakan air yang mengalir atau tertampung dalam jumlah banyak (lebih dari 2 kulah) sehingga tidak tergolong musta’mal. Dan dilarang pula menggunakan air susu, air kelapa, air teh, air kopi atau air minuman lainnya.

Loading...

Macam-Macam Air untuk Bersuci:

Ada 7 jenis air yang bisa digunakan untuk thaharah. Sebaiknya jika memang hendak menyucikan diri, pakailah air-air berikut ini:

1. Air Hujan
2. Air Sungai
3. Air Sumur
4. Air Laut
5. Air Danau
6. Air Embun
7. Air Salju

Selain menggunakan air, cara thaharah lainnya adalah dengan Tayammum. Namun Tayammum hanya sah dilakukan bila memang sama sekali tidak ada air atau ketika diri sedang mendapati luka serius di tubuh, misalnya luka bakar, luka jahitan dalam, atau sakit yang tidak memungkinkan kena air. Cara bertayammum yakni dengan mengusap tanah yang bersih, bisa pula menggunakan debu.

Dalil Thaharah :

Allah Berfirman dalam Al Qur’an surat Al Maidah ayat 6 :

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (Al Maidah: 6)

Maka jelaslah mengenai kedudukan Thaharah ini dalam Islam merupakan Perintah Allah yang langsung disampaikan melalui kalam-Nya di Al Qur’an. Manfaat Thaharah yang utama adalah agar bisa mengerjakan sholat dalam keadaan bersih dan diliputi kesempurnaan nikmat dari Allah.

Manusia dapat lebih luas menafsirkan makna bersuci untuk urusan dirinya. Bersuci itu kegiatan yang seharusnya senantiasa dilakukan tiap saat. Jadi tiap detik dalam hidup, seseorang harus dalam kondisi yang bersih jiwa raganya. Seperti dalam ungkapan “kebersihan adalah sebagian dari iman”.

Macam-Macam Thaharah :

Untuk bersuci, bisa dilakukan 3 cara. Masing-masing cara di bawah ini memiliki ketentuan dan fungsi sendiri-sendiri. Anda dapat melakukan jenis thaharah di bawah ini sesuai dengan ketentuan dan tata caranya masing-masing.

1. Mandi

Yang dimaksud thaharah dengan mandi tentu saja mandi seperti biasanya yang ditujukan untuk menghilangkan hadats kecil. Atau melakukan mandi yang dilakukan secara khusus, seperti misalnya mandi wajib, mandi junub atau bisa pula disebut mandi besar. Yaitu mandi yang dilakukan untuk menghilangkan hadats besar, misalnya setelah melakukan hubungan intim dan setelah menjalani masa haid.

2. Wudhu

Siapapun yang hendak melakukan sholat tentu saja mengambil air wudhu terlebih dahulu. Namun pada dasarnya wudhu ini bisa dilakukan kapan saja di kala hendak melakukan kegiatan ibadah, seperti tadarus Al Qur’an atau hendak menghadiri pengajian. Bahkan salah satu amalan yang baik adalah wudhu sebelum tidur, agar diri selalu dalam kondisi suci.

3. Tayammum

Jika seseorang sedang sakit, maka thaharah nya bisa dilakukan dengan tayammum saja. Dengan catatan, sakit ini benar-benar membuat seseorang tidak bisa terkena air, seperti misalnya sakit demam tinggi, luka bakar, luka terbuka yang membutuhkan jahitan, luka berdarah dalam, dan lain sebagainya. Fungsi tayammum juga adalah untuk menggantikan wudhu, bilamana tidak ditemukan air. Tayammum adalah mengusap tangan dan muka dengan tanah yang bersih (debu).

Tata Cara Thaharah :

Oleh karena terbagi menjadi 3 jenis cara, maka bersuci ini pun memiliki tahapan-tahapan cara yang dilakukan dalam ketiganya.

1. Mandi

Untuk melakukan mandi tidak ada tata cara khusus. Hanya saja memang ada amalan sunnah mengenai langkah-langkah mandi yang sempurna. yaitu:

  • Cucilah tangan 3 kali, sebelum mengambil air lebih banyak di dalam bak penampungan air
  • Membersihkan kemaluan dengan tangan kiri
  • Mencuci kedua tangan lagi dengan sabun atau menggosok-gosokkan ke tanah
  • Berwudhulah seperti hendak sholat
  • Guyur kepala 3 kali hingga rambut basah semua
  • Membasuh kepala bagian kanan, kemudian kiri
  • Basuh rambut lagi
  • Basuh badan dari sisi kanan kemudian kiri
  • Lakukan hingga tubuh benar-benar bersih

Adapun niat atau do’a yang dilakukan untuk mandi wajib pun berbeda-beda menurut penyebab terjadinya mandi junub ini, yakni:

  • (Niat mandi besar karena mimpi basah/habis hubungan badan): Bismillahirahmanirahim Nawaitul Ghusla Liraf’il Hadatsil Akbar Minal Janabati Fardlon Lillahi Ta’ala.
  • (Niat mandi besar karena haid): Bismillahirahmanirahim Nawaitul Ghusla Liraf’il Hadatsil Akbar Minal Haidi Fardlon Lillahi Ta’ala.
  • (Niat mandi besar karena nifas): Bismillahirahmanirahim Nawaitul Ghusla Liraf’il Hadatsil Akbar Minan Nifasi Fardhlon Lillahi Ta’ala

2. Wudhu

Tentu saja semua orang sudah tahu dan bisa melakukan wudhu. Niat yang dilantunkan adalah “Nawaitul wudhuu-a liraf’il hadatsil ash-gari fardhan lillahi ta’ala”. Sedangkan tahapan atau urutannya adalah:

  • Membasuh kedua telapak tangan hingga jari-jari dan sela-sela jari tangan. Ucapkan bismillaairrahmaanirrahiim.
  • Berkumur dan bersihkan gigi dari sisa-sisa makanan
  • Membasuh hidung, lubang hidung, kemudian menghisap air ke hidung dan mengeluarkannya
  • Membasuh muka 3 kali dari mulai tumbuhnya rambut hingga dagu. Kemudian antara telinga krii hingga kanan. Sambil lantunkan niat wudhu
  • Membasuh kedua tangan hingga siku 3 kali-3 kali, dahulukan yang tangan kanan
  • Mengusap sebagian kepala 3 kali
  • Mengusap kedua daun telinga 3 kali
  • Membasuh kedua kaki hingga ke mata kaki, 3 kali. Dahulukan yang kaki kanan.

3. Tayammum

Tayammum adalah sebuah cara thaharah yang dilakukan dengan mengusap wajah dan tangan dari telapak hingga siku. Tahapannnya adalah sebagai berikut:

  • Menekan kedua telapak tangan di atas debu (tanah yang bersih)
  • Setelah debunya melekat di tangan, tiuplah pelan-pelan supaya tipis. Kemudian usapkan ke wajah sambil melantunkan niat.
  • Niat Tayammum: “Nawaitul tayammuma lis-tibaahatish shalaati fardhan lillahi ta’ala”
  • Buanglah sisa debu di telapak tangan dengan meniupnya
  • Ambil kembali debu atau tanah yang bersih dengan kedua telapak tangan ditekan. Tiup lagi agar tipis, usapkan ke tangan kanan hingga siku. Begitu juga tangan kiri hingga siku.

Manfaat Thaharah untuk Rejeki :

1. Meningkatkan Kualitas Diri

Dengan thaharah, seseorang diarahkan untuk mencapai kualitas diri yang maksimal. Artinya segala kompetensi dan kemampuan diri akan lebih terpancar berkat bersihnya jiwa raga. Hal ini terjadi karena aura positif yang memancar dari diri begitu terangnya.

2. Membuat Diri Lebih Berwibawa

Dengan aura yang memancar begini, niscaya seseorang akan tampak berwibawa. Di mana dengan kewibawannya biasanya rejeki mudah datang menghampiri. Untuk itu, jangan lupa buat merasakan sendiri manfaat thaharah setiap harinya. Jangan hanya ketika sedang mau sholat saja, namun ketika hendak kerja, hendak tidur atau hendak melakukan kegiatan demi meraup rejeki alangkah baiknya buat bersuci atau thaharah dulu.

3. Selalu Tampil Terpercaya di Hadapan Klien Bisnis

Orang yang bersih jiwa raganya akan lebih terpercaya di hadapan rekan bisnisnya. Kepercayaan adalah pintu utama dari rejeki yang masuk. Sebab dalam dunia bisnis, tanpa kepercayaan tidaklah mungkin ada konsesi atau perjanjian antara kedua belah pihak atau lebih yang berkepentingan.

4. Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Orang yang selalu bersih penampilannya akan mudah mendapatkan pekerjaan. Jangan dikira bahwa pekerjaan itu didapatkan hanya melalui berkas-berkas administrasi dan hasil tes wawancara. Sebab HRD juga akan melihat dari attitude dan kebersihan diri. Jika diri bersih dan rapi, niscaya dalam bekerja pun akan bersih dan rapi.

5. Tidak Mengundang Syaitan yang Menggoda untuk Putus Asa

Terkadang di kala rejeki sedang susah, seseorang akan mudah sekali putus asa. Sikap putus asa yang menggebu-nggebu tak terlepas dari godaan syaitan. Di mana salah satu sumber atau jalan masuk syaitan sebenarnya adalah melalui hadats dan najis. Jadi sesusah apapun hidup dijalani, dengan masalah rejeki yang seret, maka sebaiknya tetaplah tampil bersih dengan jalan thaharah,

Manfaat Thaharah untuk Rejeki Lainnya :

6. Menyelesaikan masalah keuangan
7. Membuat disenangi atasan
8. Sukses dalam pergaulan dan bisnis
9. Terhindar dari masalah akibat emosi labil
10. Menambah rasa yakin dan syukur

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Dzikir untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Manfaat Thaharah untuk Jodoh :

1. Disenangi Lawan Jenis karena Bersih

Khasiat bersuci thaharah akan membuat seseorang disenangi lawan jenis. Hal ini karena bersuci akan membuatnya jadi bersih lahir batin. Ketika itu terjadi, biasanya kecantikan seseorang akan memancar, sebab dirinya sungguh akan nampak bersinar.

2. Memancarkan Aura dan Kharisma Kebaikan

Aura adalah pancaran sinar jiwa yang diperoleh melalui perbuatan. Singkatnya, aura adalah cerminan perbuatan diri itu sendiri. Kharisma adalah pancaran wibawa seseorang yang muncul karena kompetensi atau kemampuan dirinya dalam kecerdasan maupun emosional. Antara aura dan kharisma saling bertautan dan sama-sama bisa diupayakan untuk terbuka dan terpancar dengan jalan thaharah.

3. Meningkatkan Wibawa di Hadapan Pasangan

Wibawa di hadapan pasangan sangatlah penting, terutama bagi kaum laki-laki. Sebab wanita akan takluk kepada laki-laki yang berwibawa dan dapat diandalkan dalam segala hal. Wibawa yang baik sungguh akan menjadi penarik jodoh yang baik. Manfaat thaharah akan bisa meningkatkan wibawa ini.

4. Dapat Menjadi Imam yang Baik

Imam yang baik wajib diikuti. Suami yang baik adalah dia yang bisa menjadi imam yang baik. Dengan thaharah, seseorang akan mampu menjadi imam yang baik untuk keluarganya. Sungguh akan menjadi panutan dan pemimpin dalam ibadah kepada Allah maupun urusan dunia.

5. Menjadi Teladan Bagi Anak dan Istri

Jika ingin menjadi teladan yang baik bagi anak dan istrinya, seseorang haruslah menyucikan dirinya dulu lahir dan batin. Thaharah adalah jalan pertama untuk memasuki ibadah lainnya yang lebih panjang, seperti sholat. Di mana dengan ibadah-ibadah yang tegak ini akan menjadi teladan bagi anak dan istri.

Manfaat Thaharah untuk Jodoh Lainnya :

6. Melanggengkan pernikahan
7. Membuat pasangan semakin cinta
8. Mendapatkan kehidupan rumah tangga yang selamat dunia akhirat
9. Memudahkan bertemu jodoh
10. Baik untuk pemuda yang masih single

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ruqyah untuk Rohani, Kesehatan Serta Efek Samping

Manfaat Thaharah untuk Dunia :

1. Mempersiapkan Diri untuk Sholat

Manfaat thaharah yang utama bisa untuk mempersiapkan diri untuk sholat. Tentu saja, sebab cara bersuci salah satunya kan dengan wudhu yang merupakan syarat sholat sah. Ingatlah bahwa sholat itu tidak hanya mempermudah urusan akhirat, tapi juga akan mempermudah urusan dunia. Sehingga fungsi bersuci ini menjadi saling bertautan dan penting.

2. Mendapatkan Nikmat Dunia dari Allah

Allah sudah berfirman dalam surat Al Maidah ayat 6 bahwa Allah akan Menyempurnakan nikmat mereka yang bersuci. Maka thaharah ini adalah sebuah jalan yang dikehendaki-Nya yang sepantasnya dilakukan oleh semua orang Islam. Tujuannya agar manusia dapat menikmati nikmat di dunia ini.

3. Memudahkan Diri untuk Bersyukur

Lebih lanjut Allah mengingatkan bahwa menyucikan diri itu akan menambah rasa syukur di dalam diri. Syukur akan segala nikmat dunia yang diberikan-Nya kepada hamba yang mengerjakan thaharah dan amal yang soleh. Maka alangkah baiknya yaitu harus suci secara lahir maupun batin.

4. Menambah Sikap Disiplin dan Tanggungjawab

Disiplin dan tanggungjawab menjadi 2 sikap yang sangat diperlukan manusia untuk mengarungi rumitnya dunia. Permasalahan dunia yang pelik tidak akan pernah bisa selesai tanpa kedua sikap itu. Sebab keduanya sama-sama menjadi pilar dari ikhtiar dan usaha manusia dalam melakukan perbaikan atas dirinya sendiri.

5. Melancarkan Segala Urusan Duniawi

Manfaat thaharah pada akhirnya dapat disebut dengan satu kalimat, yakni untuk melancarkan segala urusan duniawi. Ya, urusan duniawi ini membutuhkan kondisi lahir batin yang bersih dan sehat. Jalannya adalah dengan senantiasa berwudhu atau tayammum bagi yang tidak mampu. Allah Memudahkan hamba-Nya untuk bersuci, maka janganlah mempersulit diri. Agar Allah melimpahkan kesempurnaan nikmat pada hamba-Nya, hingga hamba-Nya jadi lebih bersyukur dan sabar.

Manfaat Thaharah untuk Dunia Lainnya :

6. Melatih kesabaran
7. Memperbaiki sikap buruk menjadi baik
8. Membuat waspada dan mawas diri
9. Menghilangkan kegundahan hati
10. Stabilkan emosi

Manfaat Thaharah untuk Akhirat :

1. Menyiapkan Diri untuk Sholat

Dengan senantiasa bersuci, seseorang akan bisa menyiapkan dirinya untuk sholat. Ya, sebab bersuci atau thaharah ini adalah rukun dari sholat. Wudhu atau tayammum menjadi dua jalan untuk bersuci dari hadats dan najis. Sehingga ia akan siap buat menghadap Allah.

2. Menjalankan Rukun Islam

Sholat adalah rukun Islam kedua setelah syahadat. Sedangkan bersuci dari hadats atau najis melalui wudhu menjadi rukun sholat. Maka secara kausal, thaharah juga bagian dari menjalankan rukun Islam. Makanya semua orang mesti paham tentang bagaimana cara bersuci yang benar dan baik,

3. Mencegah Api Neraka

Neraka berisi api yang berkobar abadi. Disediakan untuk mereka yang semasa hidup di dunia membantah dan membangkang atas perintah Allah. Salah satu ibadah utama yang akan mengharamkan diri dari neraka, dalam arti menjauhkan diri dari kobaran siksa api neraka adalah sholat. Dan ketika hendak sholat, sudah wajib hukumnya buat thaharah.

4. Menambah Pahala

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Allah Menyukai hamba yang bersih secara lahir dan batin. Ganjaran bagi mereka yang melaksanakan perintah menyucikan diri tentu saja adalah pahala. Dan sesungguhnya janji Allah itu benar, tidak akan ingkar.

5. Mendapatkan Ridho Allah

Namun ada satu lagi yang lebih besar nilainya daripada pahala, yakni Ridho Allah. Saat Allah Meridhoi hamba-Nya, niscaya hamba itu akan senantiasa dilindungi dan mendapat Kasih Sayang-Nya. Semua makhluk Ciptaan Allah yang beriman dan beramal soleh tentu saja selalu mengharap ridho-Nya di dunia maupun di akhirat.

Manfaat Thaharah untuk Akhirat Lainnya :

6. Mendekatkan pada surga
7. Menjamin keselamatan di akhirat
8. Menjauhkan dari siksa kubur
9. Mendapatkan syafaat di hari perhitungan dan pembalasan
10. Membuat ruh bersih dan bercahaya terlindungi hijab di padang mahsyar

Baca Juga: Keutamaan, Jenis, Manfaat dan Khasiat Sholawat untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Janganlah ragu lagi buat thaharah, jika bisa malah dilakukan tiap saat. Jadi diri senantiasa dalam kondisi suci lahir batin. Pertolongan dan Nikmat Allah yang sempurna hanya akan didapatkan ketika diri dalam kondisi demikian. Jadi marilah bersuci, sebelum kelak mati malah diri yang disucikan orang lain.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top