Connect with us

20 Manfaat Ukhuwah Islamiyah, Pengertian, Dasar Hukum, Hikmah, Ciri dan Contohnya

Agama

20 Manfaat Ukhuwah Islamiyah, Pengertian, Dasar Hukum, Hikmah, Ciri dan Contohnya

Manfaat Ukhuwah Islamiyah – Manusia sebagai mahluk sosial tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Manusia merupakan salah satu mahluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna. Agama Islam merupakan agama rahmatan lil a’lamin, oleh karena itu sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap umat muslim di dunia untuk saling menjaga hubungan dengan baik, baik itu dalam lingkup keluarga, masyarakat, maupun negara.

Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah

Islam mendidik umatnya dengan melarang memiliki sifat individualis (hidup sendiri), akan tetapi islam selalu menyuruh umatnya untuk menjalin hubungan yang baik kepada sesamanya, yang dalam agama islam sering kita kenal dengan Ukhuwah Islamiyah. Umat islam harus menyadari bahwa menjaga ukhuwah merupakan suatu kewajiban setiap muslim. Karena itulah ,lalai atau bahkan merusak jalinan ukhuwah tersebut adalah dosa,sebagaimana meninggalkan bentuk kewajiban- kewajiban yang lain.

Ukhuwah Islamiyah adalah rantai ikatan suci yang tak kenal batas wilayah. Ukhuwah sejatinya merupakan syarat dari kebangkitan dan kemenangan, itulah strategi yang pertama yang di tempuh oleh Rasulalloh Shalallohu ‘Alaihi Wassallam dengan mempersaudarakan sahabat Anshor dan Muhajirin, dan membangun mesjid tempat membina persaudaraan dan persatuan kaum muslimin.

Ukhuwah tidak bisa dibeli dengan apapun, tapi ukhuwah diperoleh dari penyatuan antara ikatan hati dan hati serta karakterisik istimewa dari seorang mukmin yang sholeh dan sholehah. Ukhuwah juga membangun umat yang kokoh, ia adalah bangunan maknawi yang mampu menyatukan masyarakat manapun.

Daftar Isi Manfaat

Loading...

Pengertian Ukhuwah Islamiyah

Dapat kita ketahui bersama bahwa ukhuwah berasal dari bahasa arab yang kata dasarnya adalah Akh yang memiliki arti saudara, sementara kata Ukhuwah berarti persaudaraan. Adapun secara istilah Ukhuwah Isalamiyah adalah kekuatan iman dan spiritual yang dikaruniakan Allah kepada hamban-Nya yang beriman dan bertakwa yang menumbuhkan perasaan kasih sayang, persaudaraan, kemuliaan, dan rasa saling percaya terhadap saudara se-akidah.

Dengan menumbuhkan ukhuwah, maka akan timbul sikap saling menolong, saling pengertian, dan tidak saling mendzolimi harta maupun kehormatan orang lain yang semua itu muncul karena Allah semata.

Secara terminologis ukhuwah dapat diartikan sebagai setiap persamaan dan keserasian dengan pihak lain, baik persamaan keturunan dari segi ibu, bapak, atau keduanya, maupun dari persusuan, juga mencakup persamaan salah satu unsur seperti suku, agama, profesi, dan perasaan.

Dasar Hukum Ukhuwah Islamiyah

Ukhuwah Islamiyah didasarkan pada hukum islam yang tertera dalam firman alah SWT.

QS. Al-Hujrat ayat 10
تُرْحَمُوْنَ لَعَلَّكُمْ اللهَ وَاتَّقُوْا أَخَوَيْكُمْ بَيْنَ فَأَصْلِحُوْا إِخْوَةٌ الْمًؤْمِنُوْنَ إِنَّمَا

“Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan bertakwalah kalian kepada Allah supaya kalian mendapatkan rahmat.” (QS al-Hujurat :10).

Dari ayat diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa setiap manusia sama dimata Allah SWT. setiap muslim merupakan saudara kita sendiri. Dan dianjurkan untuk tetap menjaga perdamaian diantara setiap umat muslim.

نِعْمَتَ كـُرُو وَاذْ تَفَـرَّقوُا وَلاَ جَمِيْعًا اللهبِحَبْلِ واَعْتصِمُواْ
إِخْوَانًا بِنِعْمَتِهِ فَأَصْبَحْتُمْ بِكُمْ قُلـُو بَيْنَ فَأَلَّفَ أَعْـدَاءً إٍذْكُنْتُمْ عَلَيْكُمْ الله

“Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah, dan ingatlah nikmat Allah atas kamu semua ketika kamu bermusuh-musuhan maka Dia (Allah) menjinakkan antara hati-hati kamu, maka kamu menjadi bersaudara.” (QS. Ali Imran :103).

Sudah jelas dari ayat di atas bahwa Allah SWT, tidak pernah menganjurkan bahkan melarang kepada umatnya untuk saling bermusuhan dan berpecah belah. Allah SWT selalu memerintahkan kepada setiap umat muslim untuk tetap menjaga kerukunan,persatuan dan kesatuan.

Selain didasari oleh Al-Quran , hal ini pun didasari dari beberapa hadist Rasulullah SAW.

وَ تَرَاحُمِهِمْ وَ ادَّهِمْ تَوَفِى مِنِينَالْمُؤْ مَثَلُ
لْحُمَّى وَالسَّهَرِ بِا لْجَسَدِ ائِرُ سَا لَهُ عُضْوٌتَدَاعَى مِنْهُ اشْتَكَى إِذَاالْجَسَدِمَثَلُ تَعَاطُفِهِمْ

“Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mencintai, saling mengasihi, dan saling menyayangi adalah bagaikan satu jasad, jika salah satu anggotanya menderita sakit, maka seluruh jasad juga merasakan (penderitaannya) dengan tidak bisa tidur dan merasa panas.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadist Rasulullah SAW yang di riwayat kan oleh Bukhari dan Muslim, mengajarkan kepada kita untuk tetap saling mengasihi, menyayangi. Saling meringankan beban yang telah tertimpa pada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah.

فِى كَانَ وَمَنْ يُسْلِمُهُ وَلَا ايَظْلِمُهُ لَلْمُسْلِمِ أَخُو الْمُسْلِمُ
اللهُ فَرَّجَ كُرْبَةً مُسْلِمٍ عَنْ فَرَّجَ وَمَنْ جَتِهِ حا فِى اللهُ كَانَ يَهِ أَخَجَةِ حَا
يَوْمَ اللهُ سَتَرَهُ مُسْلِمًاسَتَرَوَمنْ الْقِيَامَةِ يَوْمِ كرَبِ مِنْ كُرْبَتً عَنْهُ
الْقِيَامَة

“Orang muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak akan menganiaya nya dan tidak akan menyerahkannya (kepada musuh). Barang siapa ada didalam keperluan saudaranya maka Allah ada didalam keperluannya. Barangsiapa menghilangkan suatu kesukaran dari orang muslim, maka Allah akan menghilangkan satu kesukaran-kesukaran yang ada pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutupi (aibnya) pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Perintah dalam menjaga keutuhan dan kekokohan persatuan antara umat manusia sudah sangat kuat dijelaskan oleh Allah SWT.

Hikmah Ukhuwah Islamiyah

Ukhuwah Islamiyah yang sangat begitu penting bagi kita selaku umat muslim, memiliki beberapa hikmah yang patut dan harus kita ambil pelajarannya untuk menjalin Ukhuwah Islamiyah dalam kehidupan kita sehari – hari, sehingga Allah SWT senantiasa menurunkan berkah dan rahmat-nya di dunia ini. Inilah beberapa diantaranya hikmah Ukhuwah Islamiyah :

1. Terciptanya solidaritas yang kuat anatara sesama muslim.

Dengan adanya saling tenggang rasa, seperti merasakan kebahagiaan saat orang lain bahagia, dan merasakn kesedihan saat orang lain tertimpa musibah, hal itu akan membuahkan sikap solidaritas yang kuat diantara sesama umat muslim. Seorang muslim akan lebih peduli dan memberikan perhatian yang lebih kepada saudaranya sesama muslim. Dari sikap inilah islam dan kaum muslimin akan kuat dalam berbagai hal.

2. Terciptanya kesatuan dan persatuan bangsa.

Kita sebagai seorang muslim akan merasakan betapa nikmatnya suatu kebersamaan sebagai umat islam dan bangsa yang kuat dan kokoh serta tidak mudah diadu domba apabila kita mampu memberikan kasih sayang terhadap muslim lainnya.

3. Terciptanya kerukunan hidup antara sesama warga masyarakat.

Kerukunan hidup antara sesama warga masyarakat umat islam akan tercipta apabila seorang muslim mampu menghargai dan menghormati orang lain dalam berbagai hal, termasuk menghargai dan menghormati terhadap adanya perbedaan, baik dalam hal bahasa, budaya, maupun pemahaman agama yang sarat akan perbedaan mazhab dan pendapat. Sebuah perbedaan tersebut di bingkai atas dasar Ukhuwah Islamiyah dengan menganggap perbedaan sebagai rahmat atas kasih sayang allah kepada seluruh hambanya.

Ciri – Ciri Ukhuwah Islamiyah

Ciri – ciri Ukhuwah Islamiyah antar sesama manusia dapat kita lihat dari berbagai hal, diantaranya seperti saling bertegur sapa antar sesama, silaturahmi antar sesama, menjauhi prasangka buruk antar sesama, menjauhi perdebatan dengan sesama dan saling memaafkan sesama umat muslim. Selain itu ciri dari Hal ini, dapat kita lihat dari kebersamaan antar sesama umat muslimin dan muslimat, dimana mereka akan saling menjaga, menghormati, menghargai, dan bahkan saling berbagi nikmat yang Allah SWT berikan kepada salah satu diantara mereka.

Manfaat Ukhuwah Islamiyah

Menumbuhkan ukhuwah dalam kehidupan sehari – hari tak hanya akan mendapatkan pahala, namun dapat juga memberikan manfaat yang tak kalah pentingnya untuk kita, yaitu :

1. Jaminan surga dari Allah SWT

Dari berbagai macam cara yang bisa dipilih oleh umat muslim dalam mencari surga Allah SWT, menumbuhkan Ukhuwah Islamiyah merupakan salah satu cara yang dianjurkan, yang perwujudan nya pun terlihat mudah, misalnya menjenguk saudara muslim lainya ketika terkena suatu musibah. Sebagai mana sabda Rasulalloh yang diriwayatkan oleh At – Tirmidzi “barang siapa yang mengunjungi orang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah, maka malaikat berseru ‘Berbahagialah kamu. Berbahagialah dengan perjalananmu, dan kamu telah mendapatkan salah satu tempat di surga. ”

2. Dosa –dosa kita diampuni Allah SWT

Begitu besar kasih sayang Allah SWT kepada umatnya yang selalu berusaha mendekatkan diri dan selalu mengingatNya setiap waktu. Tak hanya menjalankan semua kewajiban dalam beribadah, mendekatkan diri pada Allah SWT juga bisa dilakukan dengan menjalin silaturahmi dan senantiasa menjaga persaudaraan. Bagi mereka yang melakukanya, Allah SWT menjanjikan ampunan baginya.

Rasulalloh SAW bersbada : “jika dua orang muslim bertemu dan kemudian mereka saling berjabat tangan, maka dosa – dosa mereka hilang dari kedua tangan mereka, bagai berjatuhan dari pohon.”

3. Terciptanya kerukunan, kesatuan dan persatuan bangsa

Sebuah kerukunan, kesatuan dan persatuan bangsa muncul dan tercipta karena adanya rasa toleransi, saling menghargai dan menghormati. Kita juga harus mampu mempertahankan bahkan memperkuat rasa kerukunan tersebut, dengan begitu kesatuan dan persatuan bangsapun akan tercipta dengan sendirinya. Begitupun kerukunan, kesatuan dan persatuan dengan umat lain harus tetap kita jaga.

4. Mempererat kerukunan hidup antar sesama masyarakat

Kerukunan hidup antar sesama masyarakat merupakan manfaat ukhuwah yang akan dirasakan dengan sesama masyarakat yang semakin erat. Namun, kita tidak boleh lupa jika ukhuwah begitu erat kaitanya dengan tasamuh. Jika diri senantiasa memiliki sikap tasamuh atau tenggang rasa, insyaallah ukhuwah ini akan lebih muda tercipta.

5. Solidaritas sesama umat muslim semakin menguat

Solidaritas atau rasa senasib sepenanggungan adalah salah satu hal yang begitu penting dalam Islam. Berbahagia ketika orang lain berbahagia dan turut berduka ketika orang lain mendapat musibah. Solidaritas inilah yang membuat Ukhuwah Islamiyah semakin erat.

6. Terhindar dari sikap saling bermusuhan

Allah SWT tidak menyukai umatnya yang diselimuti oleh rasa dendam atau saling bermusuhan. Tak hanya itu kitapun tahu bahwa Islam adalah agama terbaik yang mampu menyatukan berbagai hati manusia menjadi satu kerukunan dan perdamaian yang kuat.

7. Menumbuhkan rasa tolong menolong

Manfaat dari Ukhuwah Islamiyah dapat menumbuhkan rasa tolong menolong terhadap saudara yang mengalami kesulitan. Dengan tumbuhnya rasa tersbut kita akan semakin erat dalam menjaga tali silaturahmi antar sesama.

8. Mendapatkan perlidungan Allah SWT dihari kiamat

Bagi umat Islam yang menegakan Ukhuwah Islamiyah akan mendapatkan perlidungan dari Allah dihari kiamat dan akan termasuk dalam tujuh golongan yang dilindungi pada kiamat nanti.

9. Terhindar dari Suudzon

Dari terbentuknya kebersamaan , persaudaraan yang kokoh, dan saling kepercayaan yang terjalin dengan baik, maka antar umat muslim akan terhindar dari sifat suudzon yang dapat menimbulkan berbagai pertentangan, atau perpecahan sesama umat muslim.

10. Saling melindungi

Terjalin rasa saling memiliki antar sesama umat muslim didunia , sampai akhirnya terwujud sikap saling melindungi antar umat muslim, yang terjalin dari adanya ukhuwah.

Manfaat Ukhuwah Islamiyah lainnya

11. Tercipta kekompakan dalam penyebaran islam
12. Terbentuk perdamaian antar sesama umat muslim dan warga negara.

Contoh Ukhuwah Islamiyah

Dari satu pengertian Ukhuwah, banyak sekali beberapa contoh yang mencerminkan terbentuknya sebuah ukhuwah. Adapun beberapa contoh Ukhuwah Islamiyah yaitu seperti :

1. Saling menghormati dan menghargai antar manusia.
2. Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.
3. Menjenguk kerabat yang sakit.
4. Ikut mendonasikan sebagian harta, tenaga, maupun doanya bagi saudara yang sedang mengalami kesulitan.
5. Mendamaikan saudara yang berselisih.
6. Bersatu dalam membesarkan agama islam.
7. Ikut merasakan sakit yang dirasakan oleh sesama umat muslim yang lainnya

Dampak Ukhuwah Islamiyah

Dari Ukhuwah Islamiyah lahir banyak dampak positif yang didapatkan umat muslim, dalam menyatukan hati, menyamakan kata, dan merapatkan barisan. Beberapa dampak positif yang ditimbulkan dari adanya Ukhuwah Islamiyah yaitu : umat muslim yang menegakkan akan merasakan buah dari lezatnya iman. Sedangkan orang yang jauh dari ukhuwah, maka tidak akan merasakan nikmatnya iman. Umat muslim yang berukhuwah berada pada naungan cinta Allah, mereka yang berukhuwah merupakan ahli syurga di akhirat kelak, menjalin persaudaraan karena Allah serta di ampuni dari dosa-dosanya oleh Allah SWT.

Anda pasti memiliki pertanyaan yang mungkin belum anda dapatkan jawabannya, Apakah pentingnya menjaga ukhuwah islamiyah? dari berbagai hikmah, manfaat dan dampak yang positif dari terjalinnya ukhuwah.  Peran ukhuwah sangatlah penting untuk terwujudnya umat islam yang utuh dan bersatu padu dalam kekompakan dan kebersamaan.

Selain itu ukhuwah dapat memperbaiki ikatan agama yang telah sedikit demi sedikit pudar, dan memperbaiki kehangatan persaudaraan yang semakin menipis. Pentingnya dalam menjaga ukhuwah yaitu agar tetap terjalin tali silaturahmi, kebersamaan antar umat muslim, serta mempermudah bagi kita dalam menjalankan syiar islam, membesarkan dan memperluas ajaran agama islam.

Dengan ukhuwah , sesama mukmin akan saling menopang dan menguatkan, menjadi satu umat yang kuat.
Berbagai hal telah kita bahas tentang ukhuwah islamiyah, dari hikmah , manfaat dan dampak yang akan ditimbulkan, bahkan ukhuwah sendiri sangat penting untuk dijaga dalam mewujudkan umat islam yang kokoh , kuat, dan bersatu. Dari berbagai ulasan di atas, mari kita bersama-sama menjalankan apa yang harus kita jalani, menjaga apa yang harus kita jaga, dan selalu tetap mengamalkan apa yang harus kita amalkan, agar kita kelak termasuk golongan orang- orang yang dilindungi Allah dan dijadikan sebagai penghuni surga-Nya.

Itulah ulasan lengkap mengenai Ukhuwah Islamiyah masih banyak manfaat- manfaat dari menjaga Ukhuwah. Jalinlah ukhuwah dengan sesama umat didunia, perbaiki tali persaudaraan, kokohkan rasa kepedulian. Jangan jadikan jarak, waktu, ras, suku, dan kedudukan menjadi pembatas untuk kita dalam tetap menjalin persaudaraan. Karena Allah SWT selalu memerintahkan untuk tetap menjalin Ukhuwah yang baik bersama setiap hamba- hambaNya. Maka sudah sepatutnya kita umat muslim lebih mencintai sesama umat muslim lainnya. mohon maaf apabila ada kesalahan, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda..!

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Agama

Advertisements

Terbaru

Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
Ertos Facial Treatment
Internet, manfaat Internet
Daun Lidah Buaya, Manfaat Daun Lidah Buaya, Khasiat Daun Lidah Buaya
Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud
Advertisements
To Top