Connect with us
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah

Agama

80 Dalil, Keutamaan, Tata Cara, Doa dan Manfaat Wudhu

Manfaat Wudhu – Wudhu adalah rukun sholat yang wajib dilaksanakan. Wudhu juga merupakan syariat yang tidak boleh ditinggalkan. Saking pentingnya berwudhu, Allah pun menyerukan di dalam Al Quran tentang cara dan manfaatnya. Jika seseorang tidak mampu berwudhu karena sedang sakit atau tidak ada air, maka bertayammum menjadi penggantinya. Sehingga tidak ada alasan buat seseorang meninggalkan kewajiban bersuci, dalam kondisi apapun.

Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah

Allah tidaklah menyulitkan hambanya dalam melaksanakan sholat. Upaya untuk thaharah atau bersuci tidaklah dipersulit, justru dipermudah. Maka janganlah seorang hamba lalai dalam wudhunya, sebab segala sesuatu ada tujuan dan balasannya. Tentu sudah pernah mendengar tentang manfaat wudhu bisa menjauhkan dari api? Seseorang yang lalai dalam wudhunya, misalnya membasuh secara asal-asalan hingga tidak semua bagian tubuh (yang wajib kena air) jadi basah, maka bagian yang tidak kena air ini akan terbakar api, kelak di akhirat?

Dalil Wudhu dalam Al Quran :

Wudhu adalah rukun sholat yang wajib. Tidaklah sah melaksanakan sholat tanpa adanya thaharah (bersuci) dan wudhu adalah bagian dari langkah bersuci tersebut. Sebagaimana tersurat dan tersirat dalam Al-Quran surat Al Maidah ayat 6:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (Q.S Al Maidah: 6)

Loading...

Keutamaan Wudhu :

Tentu saja ada keutamaan-keutamaan wudhu yang seharusnya diketahui oleh hamba Allah yang ingin melaksanakan ibadah sesuai syariat, yaitu:

1. Merupakan Cara Bersuci yang Paling Utama

2. Membersihkan Diri Lahir dan Batin

3. Menyempurnakan Nikmat dari Allah

4. Menghindarkan dari Api Neraka yang Membakar

5. Memancarkan Cahaya Nurani

Tata Cara Wudhu yang Benar :

Tiap syariat dan rukun ibadah tentu saja ada tata cara, tahapan atau langkah-langkah yang benar. Begitu pun wudhu juga memiliki prosedur yang mesti dipahami, dihafalkan dan dilakukan dengan baik, yakni:

1) Mendatangi 7 sumber air suci untuk berwudhu

2) Utamakan air yang mengalir bersih

3) Mengucap basmalah (bismillaairrahmaanirrahiim)

4) Mulai membasuh telapak tangan secara keseluruhan, hingga jari dan sela-selanya. Pastikan tidak ada bagian yang terlewati atau tidak kena air

5) Tampung air dalam telapak tangan, gunakan untuk berkumur 3 kali. Bersihkan gigi dan sela-selanya dari sisa makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut

6) Basuhlah hidung bagian luar, lubang hidung bagian dalam, lalu tampung air dalam telapak tangan, hisaplah air ini melalui lubang hidung. Ini adalah sunnah berwudhu yang sempurna, namun bila tidak menghisap air melalui lubang hidung pun tak mengapa, tak membatalkan wudhu

7) Basuhlah wajah sebanyak 3 kali. Sapu wajah dari arah mulai tumbuhnya rambut (ujung atas dahi/akar poni) hingga ke pipi dekat telinga, lalu turun ke dagu.

8) Ketika membasuh wajah ini, di dalam hati atau diucapkan lirih, lafalkanlah niat berwudhu, yaitu: “”Nawaitul wudhuu-a liraf’il hadatsil ash-ghari fardhan lillahi ta’ala”.

9) Mencuci tangan kanan 3 kali hingga siku, harus basah semua

10) Mencuci tangan kiri 3 kali hingga siku, harus basah semua

11) Basahilah sebagian kepala dengan air sebanyak 3 kali

12) Usapkanlah air ke daun telinga kanan 3 kali, pastikan telinga luar kena air semua

13) Dilanjutkan dengan mengusap yang daun telinga kiri 3 kali, pastikan bagian telinga luar basah semua

14) Langkah terakhir adalah membasuh kaki dari telapak kaki, jari, sela-sela, betis, hingga ke sendi lutut harus basah semua. Dahulukan yang kaki kanan 3 kali, barulah kaki kiri

Do’a Setelah Wudhu :

Tahukah bahwa usai wudhu, ternyata ada do’a yang bisa dilafalkan. Memang membaca do’a ini tidaklah wajib, namun tentunya berpahala jika dilakukan. Berikut adalah do’a beserta artinya:

Doa Setelah Wudhu, Manfaat Doa Setelah Wudhu, Khasiat Doa Setelah Wudhu

“ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLOOH WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHUU WA ROSUULUHUU, ALLOOHUMMAJ’ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA”

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci.”

Manfaat Wudhu untuk Beribadah :

1. Merupakan Rukun Sholat

Khasiat wudhu tentu saja adalah untuk menjalankan rukun sholat. Syarat sah sholat adalah harus berwudhu dulu, jika tak mampu maka bertayammum. Oleh karenanya, seorang muslim dan muslimah wajib bisa berwudhu dengan baik dan benar.

2. Membersihkan Diri Lahir dan Batin

Jangan sampai lalai dalam melakukan wudhu, sebab berwudhu adalah jalan membersihkan diri secara lahir dan batin. Orang yang sering berwudhu, maka jasmani dan rohani-nya menjadi bersih dan berkilau cahaya. Ini menandakan hidupnya ruh dan ketakwaannya dalam beribadah.

3. Bersiap Menghadap Allah

Mau menghadap kekasih saja perlu dandan dengan rapi, begitu pun saat menghadap Allah, haruslah berdandan dengan rapi. Sama pacar saja malu kalau sedang kumal, masa dengan Allah tidak malu? Untuk itu, wudhu lah jika hendak menghadap-Nya ketika hendak melakukan ibadah apapun jua, supaya diri benar-benar dalam kondisi bersih.

4. Mendapatkan Ridho Allah

Ya, tentu saja dengan berwudhu akan mendapatkan ridho dari Allah. Ibadah yang diridhoi Allah haruslah dimulai dengan wudhu, terutama ibadah sholat. Maka janganlah seseorang berlalai diri dengan tidak berwudhu, bahkan dalam kondisi sakit dan di dalam kesulitan mendapatkan air, tetap ada cara untuk menyucikan diri dari najis dan hadats.

5. Menambah Nikmat Agar Syukur

Wudhu akan membuat seseorang mendapatkan nikmat yang melimpah dan banyak. Ini sudah janji Allah sendiri seperti tersurat dalam surat al maidah ayat 6. Maka janganlah manusia menyia-nyiakan kesempatan memperoleh nikmat ini, sebab Allah sungguh luas karunia-Nya, seluas dunia dan akhirat. Nikmat yang melimpah akan membuat seseorang selalu merasa damai, tentram dan berkecukupan.

Manfaat Wudhu untuk Beribadah Lainnya :

6. Menyempurnakan sholat

7. Mencegah dari lalainya sholat

8. Menambah pahala di dunia

9. Memudahkan perjalanan di akhirat

10. Menghindari dari godaan syaitan terkutuk

11. Menghilangkan najis

12. Menghilangkan hadats besar dan hadats kecil

13. Mencegah bisikan syaitan

14. Membuat ibadah lebih kusyuk

15. Menghindari gangguan jin

16. Mengikuti perintah Allah

17. Mendapatkan ridho Allah

18. Memperoleh kedamaian batin

19. Membersihkan ruh

20. Memancarkan sinar nurani

Manfaat Wudhu untuk Kecantikan :

1. Memancarkan Aura Jiwa

Untuk kecantikan, wudhu pun akan memancarkan aura jiwa. Di mana aura ini adalah sinar yang memancar dari batin seseorang, yang dipengaruhi oleh kualitas ibadah, kondisi psikis dan kesehatan. Aura yang memancar kuat akan membuat seseorang memiliki wibawa di mata orang lain. Karisma dan wibawa yang memancar begini, sungguh akan membuat seseorang jadi lebih percaya diri dan dihargai di tengah-tengah kerumunan masyarakat.

2. Membuat Wajah Jadi Putih

Dengan wudhu, seseorang akan memiliki wajah yang putih. Bagaimana tidak? Muka yang selalu mendapatkan cipratan air suci, tentu juga akan menjadi suci. Sel-sel kulit akan selalu hidup dan baru. Lihat saja wajah para ahli ibadah, rata-rata mereka putih bersih. Memancarkan paras yang begitu indahnya, serupa cahaya matahari yang redup dan menenangkan.

3. Mencegah Munculnya Jerawat

Manfaat wudhu akan mencegah munculnya jerawat. Mengapa demikian? Ini karena wajah selalu dalam kondisi yang bersih sehingga tidak tersumbat pori-porinya serta tidak mengandung bakteri penyebab jerawat. Buat seseorang yang sering mengalami jerawatan, cobalah untuk sering-sering berwudhu, tentunya juga diiringi dengan ibadah. Supaya wajah benar-benar bebas dari jerawat.

4. Mengatasi Kulit Kusam

Jika ingin memiliki kulit yang bersih dan tidak kusam, maka cara yang terampuh adalah dengan wudhu. Sebab di balik air suci yang digunakan untuk berwudhu, mengandung energi positif yang sanggup mengangkat sel-sel kulit kusam. Bandingkan saja wajah orang yang ahli ibadah dengan yang kafir, serta bagaimana kualitas kulit mereka. Tentunya sangat-sangat berbeda. Di mana ahli ibadah akan punya kulit putih merona, sedangkan yang kafir akan gelap dan hitam.

5. Meremajakan Kulit

Salah satu cara merejamakan kulit yang paling ampuh ternyata cukup dengan sering wudhu. Sebab saat berwudhu, seseorang akan memiliki kulit yang seringkali dibasahi. Di mana kulit yang selalu dibasahi air suci, tentunya akan dalam kondisi selalu fresh. Jika seseorang melaksanakan sholat 5 kali dalam sehari, saat sholat wajib, maka 5 kali pula tubuh direfresh agar segar dan muda kembali. Maka jika ditambah dengan sholat sunnah, tentunya akan lebih banyak lagi direfresh.

Manfaat Wudhu untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan kerutan di wajah

7. Memudarkan flek hitam

8. Menghilangkan flek hitam

9. Mengatasi selulit

10. Mencegah sumbatan pori-pori

11. Mengeluarkan komedo

12. Membuat bibir jadi lembab

13. Mengatasi bibir kering

14. Mencegah bau badan

15. Membuat wajah jadi fresh

16. Menghilangkan timbunan minyak

17. Mengangkat daki

18. Mencegah bau mulut

19. Membuat badan jadi lebih sejuk

20. Mengatasi stress

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Thaharah (Bersuci) untuk Rejeki, Jodoh, Dunia Serta Akhirat

Manfaat Wudhu untuk Kehidupan Dunia :

1. Menambah Kenikmatan

Khasiat wudhu bagus untuk menambah kenikmatan dunia. Bagaimana ini terjadi? Tentu saja hanya Allah yang tahu bagaimana terjadi. Yang jelas janji Allah itu selalu benar dan persoalan nikmat yang ditambah ini sudah tertulis dalam suratan-Nya di Al Quran.

2. Membuat Diri Jadi Pandai Bersyukur

Orang yang pandai bersyukur adalah orang yang tidak pernah berprasangka buruk pada Allah. Ia selalu merasa cukup dan tidak pernah menyalahkan orang lain atas suatu masalah yang menimpa dirinya. Orang yang pandai bersyukur adalah orang yang tidak pernah mengabaikan sholat dan selalu menyempurnakan wudhu.

3. Mempersiapkan Diri untuk Sholat

Mereka yang hendak melaksanakan sholat tentu saja wajib berwudhu terlebih dahulu. Supaya diri dalam kondisi yang bersih jiwa raganya. Mempersiapkan diri sebaik mungkin saat hendak bersujud kepada Allah Ta’ala tentu adalah wujud sikap tanggungjawab dan menghormati dari hamba kepada Tuhannya.

4. Mencegah Gangguan Syaitan

Syaitan sesungguhnya suka dengan hal-hal yang kotor, seperti najis, hadats besar dan hadats kecil. Untuk itu, wudhu dan sucikanlah diri dari ketiganya agar tidak didekati syaitan. Gangguan dan fitnah dari syaitan amat bahaya untuk manusia, untuk itu janganlah pernah meremehkannya.

5. Melancarkan Rejeki

Rejeki yang lancar bisa didapatkan dengan jalan usaha. Ikhtiar yang diiringi dengan do’a dan tawakkal menjadi kunci dari terbukanya pintu rejeki selebar-lebarnya. Wudhu bisa menjadi jalan memperoleh rejeki yang demikian, sebab orang yang ikhtiar dan do’anya dalam kondisi berwudhu, tentunya akan mendapatkan kasih sayang dan kurnia dari Allah yang sangat luas.

Manfaat Wudhu untuk Kehidupan Dunia Lainnya :

6. Meningkatkan kesehatan tubuh

7. Membuka peluang bisnis

8. Mencegah kesurupan

9. Melapangkan dada

10. Meningkatkan gairah hidup

11. Mencegah sakit

12. Mengobati sakit

13. Mencegah gangguan psikis

14. Menyehatkan mental

15. Membuat iman meningkat

16. Mencegah dari kesengsaraan

17. Mendapatkan perlindungan dari Allah

18. Dijaga oleh malaikat

19. Mencegah perbuatan jahat

20. Meningkatkan rasa cinta pada Islam

Manfaat Wudhu untuk Kehidupan Akhirat :

1. Mencegah dari Siksa Api Neraka

Tahukah bahwa wudhu akan mencegah dari siksa api neraka? Ini karena dengan berwudhu, diri selalu dalam kondisi yang bersih lahir dan batin. Siksa api neraka sungguh menyengsarakan dan sifatnya abadi. Tentu tidak ada yang mau mengalaminya, kan?

2. Mempermudah di Alam Kubur

Tentu saja, wudhu akan meringankan perjalanan manusia di alam barzah alias alam kubur. Sungguh di dalam kuburan nanti manusia akan didatangi malaikat dan ditanyai berbagai pertanyaan. Mereka yang menegakkan sholat dan tidak lalai dan benar dalam berwudhu, maka kuburnya akan dilapangkan. Tubuhnya tidak akan merasakan sesaknya alam kubur. Tidak pula akan terbakar oleh api dan didekati segala macam kengerian alam kubur.

3. Melancarkan Perjalanan di Sirotol Mustakim

Perjalanan yang lancar di sitorol mustakim, siapakah yang menginginkannya? Seluruh hamba Allah yang soleh dan solehah pasti menginginkannya. Sebuah jembatan di akhirat yang lurus namun begitu kecil dan tipisnya, sehingga seseorang yang berat dosanya tentu akan terjungkal jatuh. Sedangkan mereka yang ringan dosanya dan bahkan membawa banyak pahala, tentunya akan bisa melewatinya dengan sangat mudah. Salah satu cara supaya mendapatkan kondisi yang lancar di sirotol mustakim adalah dengan wudhu.

4. Menambah Pahala

Pahala memang bukan satu-satunya alat ukur kenapa seseorang beribadah. Namun tentu saja di dalam hati tiap insan selalu mengharapkan pahala. Sesungguhnya wudhu adalah bagian penting dari ibadah yang berpahala. Jika sholat adalah tiang agama, maka wudhu dan niat adalah tiang sholat.

5. Memudahkan Masuk Surga

Tahukah? Seseorang yang menyempurnakan wudhu akan mendapatkan balasan surga? Sebab menyempurnakan wudhunya sama saja menyempurnakan sholatnya. Kalau ingin sholatnya sah dan mendapatkan pahala yang melimpah, tentunya jangan pernah asal-asalan dalam berwudhu.

Manfaat Wudhu untuk Kehidupan Akhirat Lainnya :

6. Menjauhkan dari perbuatan syirik

7. Menjadi hamba yang lebih bertakwa

8. Mendapatkan catatan amalan yang baik

9. Diharamkan dirinya atas neraka

10. Dijauhkan dari marabahaya

11. Meningkatkan iman dan takwa

12. Melejitkan rasa cinta pada Allah

13. Membuat ibadah lebih tenang dan kusyuk

14. Memperoleh surga firdaus

15. Mendapatkan syafaat di hari akhir

16. Dimudahkan dalam perjalanan di padang mahsyar

17. Mendapatkan naungan dari Allah

18. Mencegah gangguan sihir

19. Membuat ruh selalu sadar akan siapa Tuhannya

20. Membersihkan batin dan nurani

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sedekah untuk Beribadah, Kehidupan Dunia Serta Kehidupan Akhirat

Banyaknya manfaat dan khasiat wudhu harusnya membuat seorang hamba selalu mengingat tuk melakukannya. Jangan hanya ketika hendak beribadah sholat, namun alangkah baiknya jika dilakukan saat akan melakukan aktivitas apapun. Bahkan berwudhu sebelum tidur pun akan mencegah seseorang mengalami mimpi buruk, gangguan jin dan syaitan, serta tidur dalam perlindungan Allah hingga saatnya bangun nanti. Janganlah pernah meninggalkan aktivitas bersuci ini, sebab Allah sungguh tidak hendak menyulitkan manusia, tapi justru memudahkan dan melimpahkan rahmat dan nikmat.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Agama

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top