Connect with us
Batang Pisang, Manfaat Batang Pisang, Khasiat Batang Pisang

Batang

35 Manfaat dan Khasiat Batang Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Batang pisang merupakan batang dari tanaman pisang yang sering dimanfaatkan sebagai kesehatan, kecantikan, pengobatan dan pakan ternak. Pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak penggemar karena selain enak juga menyehatkan. Namun sayangnya, pohon buah pisang ini hanya bisa berbuah sekali saja. Pohon pisang yang sudah berbuah dan matang harus ditebang agar segera tumbuh tunas kembali. Alhasil, banyak yang membuang batang pisang dan dibiarkan hingga membusuk.

Batang Pisang, Manfaat Batang Pisang, Khasiat Batang Pisang

Sudah tahukah anda, bahwa sebenarnya bukannya hanya buah pisangnya saja yang memiliki banyak manfaat. Akan tetapi batang pisang pun juga memiliki khasiat yang tak kalah dengan buahnya. Seperti yang kita ketahui bahwa pisang memiliki getah yang jika terkena baju akan membuat kainnya kotor dan sangat sulit dibersihkan. Namun dibalik getah batang pisang tersebut memiliki banyak manfaat yang bukan hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Batang Pisang :

  • Tanin
  • Gula
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • SaponinZat tepung
  • Kalium
  • Hidroksitriptamin
  • Serotonin
  • Neropinefrin

Manfaat Batang Pisang untuk Kesehatan :

1. Membantu mengatasi cacar air

Banyak yang mempercayai bahwa penyakit cacar air pasti akan menyerang setiap manusia setidaknya sekali seumur hidup. Namun faktanya hal ini belum tentu benar. Memang bagi mereka yang sudah mengalami cacar air sekali kemungkinan besar tidak akan terkena cacar air kembali. Namun hal ini bukan berarti mereka yang belum pernah mengalami cacar air pasti akan terkena cacar air tersebut. Mengalami cacar air ataupun tidak hal ini bergantung pada kondisi daya tahan tubuh serta kebersihan tubuh seseorang.

Namun meskipun anda terkena cacar air, anda tidak perlu khawatir. Penyakit cacar air yang juga dikenal sebagai cangkrang ini bisa disembuhkan dengan memanfaatkan bonggol batang pisang.

2. Menyembuhkan ambeien

Penyakit ambien bisa diatasi dengan pisang. Yakni dengan memanfaatkan lima buah pisang batu lalu diparut lembut. Setelah itu diperas dan diambil sarinya. Air saringan pisang ini bisa ditambahkan dengan gula aren dan pulosari. Ramuan ini bisa diminum secara teratur dua kali sehari.

Selain dengan buah pisang batu, penyakit ambeien juga bisa disembuhkan dengan batang buah pisang. Cairan yang terdapat di dalam bonggol batang pisang ini diyakini mampu meredakan penyakit ambien.

3. Membantu mencegah terjadinya batu ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah setiap harinya. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan akan terdapat endapan kalsium pada organ ini yang akhirnya menyebabkan adanya batu ginjal. Terjadinya pembentukan batu ginjal ini sebenarnya bisa kita cegah dengan cara yang alami salah satunya dengan memanfaatkan batang pisang. Efek diuretik yang terdapat pada batang buah pisang memiliki manfaat penting untuk membersihkan saluran ginjal dan melancarkan buang air kecil.

4. Mengurangi resiko asam lambung

Asam lambung biasanya akan meningkat terutama saat kita bangun pagi. Untuk menetralkan tingkat keasaman pada lambung kita maka kita bisa mencoba mengkonsumsi jus herbal dari batang buah pisang sebelum sarapan. Cara ini diyakini efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dinding lambung.

5. Membantu menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat batang pisang selanjutnya adalah untuk menyehatkan sistem cerna dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi ramuan dari batang buah pisang maka sistem pencernaan dalam tubuh kita akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Manfaat Batang Pisang untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu mengencerkan dahak

7. Sebagai antiseptik

8. Menjaga kestabilan gula darah

9. Menurunkan demam nifas

10. Sebagai detoksifikasi

11. Membantu mengatasi sariawan usus

12. Membantu program diet

13. Sebagai obat bisul

14. Mengobati luka bakar

15. Menyembuhkan infeksi

16. Menghilangkan kutil

17. Sebagai obat wasir

18. Mengobati gigitan serangga

19. Sebagai obat diare

20. Menyembuhkan hepatitis

21. Mengatasi kencing terasa sakit

22. Sebagai bahan makanan menyehatkan

23. Membantu menghentikan mimisan

24. Menyembuhkan migrain

25. Mencegah radang ginjal

26. Mengatasi disentri

27. Mencegah amandel atau radang tenggorokan

28. Mengatasi gejala maag

29. Mengobati panas dalam

30. Mencegah anemia

31. Menyembuhkan luka

32. Mengatasi sembelit

Cara Memanfaatkan Batang Pisang untuk Kesehatan :

1. Mengatasi cacar air

Sediakan bonggol batang pisang lalu tambahkan dengan batang pulosari dan adas. Setelah itu rebus semua bahan sampai mendidih dan minum ramuan herbal ini secara teratur 2 kali sehari.

2. Mengatasi ambeien

Sediakan cairan yang terdapat pada bonggol batang buah pisang lalu diamkan dalam wadah sampai nampak jernih. Setelah jernih, cairan dapat diminum secara rutin sebagai ramuan yang berkhasiat untuk mengatasi ambeien.

3. Mencegah batu ginjal

Sediakan batang pisang secukupnya, potong kecil dan cuci hingga bersih. Setelah itu, rebus batang buah pisang tersebut hingga mendidih dan minum ramuan herbal ini secara teratur 2 kali seminggu.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kayu Cendana untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Batang Pisang untuk Kecantikan :

1. Menyuburkan rambut

Kandungan nutrisi yang terdapat pada batang pisang juga bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut serta mencegah kebotakan.

2. Melembutkan telapak tangan

Selain bermanfaat untuk menyuburkan rambut, batang buah pisang ini ternyata juga berkhasiat untuk membuat telapak tangan kita terasa halus dan lembut.

3. Menghitamkan rambut

Cairan batang pisang juga terbukti efektif untuk mengembalikan warna rambut agar nampak hitam dan sehat. Anda dapat menggunakannya dengan cara meratakan cairan batang tanaman pisang tersebut ke seluruh bagian area rambut.

Cara Memanfaatkan Batang Pisang untuk Kecantikan :

1. Menyuburkan rambut

Cara I :

Ambil bonggol batang pisang dan oleskan pada kulit kepala.

Cara II

Bonggol batang pisang ditumbuk hingga halus lalu diambil sarinya dengan cara diperas. Setelah itu campurkan dengan minyak urang aring dan embunkan semalaman. Ramuan herbal ini bisa digunakan untuk treatment rambut selama beberapa jam lalu dibersihkan dengan sampo.

2. Melembutkan telapak tangan

Gosokkan batang pisang ke tangan agar kulit nampak segar dan terasa halus. Gunakan secara teratur agar anda dapat merasakan khasiatnya tersebut.

3. Menghitamkan rambut

Sediakan cairan bonggol pisang yang bisa didapatkan dengan membuat lubang besar pada bonggol tersebut. Usahakan untuk menutup bonggol pisang ini dengan kain agar tidak terkena debu atau kotoran. Cairan yang terkumpul dalam waktu beberapa lama ini dapat disendoki dan dikumpulkan pada wadah.

Gunakan cairan yang berasal dari batang tanaman pisang untuk masker rambut sambil melakukan pemijatan ringan pada kulit kepala. Lakukan secara rutin setiap pagi agar rambut anda kembali memiliki warna hitam yang sehat dan berkilau. Namun ada hal penting yang harus anda ingat, jangan sampai cairan bonggol pisang tersebut mengenai baju anda, karena noda yang ditinggalkan akan sulit dihilangkan.

Efek Samping Batang Pisang :

Pemanfaatan batang pisang ini mungkin akan memberikan efek samping terasa sedikit gatal. Hal ini karena getah batang pisang ini masih mengandung zat yang memiliki efek negatif pada kulit terutama pada kulit yang luka. Namun hal ini tidak berpengaruh pada proses penyembuhan.

Oleh sebab itu, getah dari batang pisang ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan terutama untuk menyembuhkan luka lecet. Selain untuk kesehatan, batang pisang juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan secara alami.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kulit Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Batang pisang yang biasanya hanya dibuang setelah ditebang masih bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh serta mempercantik penampilan. Cara alami dengan bahan-bahan yang alami memang ekonomis dan minim efek samping namun dibutuhkan ketlatena karena untuk merawat diri dengan cara alami memang membutuhkan waktu yang tidak instan.

Continue Reading

Lainnya dari Batang

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top