Connect with us
Kayu cendana, Manfaat Kayu cendana, Khasiat Kayu cendana, Batang Cendana, Tanaman Cendana

Batang

22 Manfaat dan Khasiat Kayu Cendana untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kayu cendana merupakan batang atau kayu yang dihasilkan dari tanaman cendana. Kayu atau tanaman cendana sudah tak asing lagi di telinga orang Indonesia karena sangat bermanfaat dan harganya terjangkau. Bahkan sudah banyak yang menggunakan cendana untuk obat-obat herbal tradisional atau rempah-rempah. Tidak hanya bermanfaat untuk bahan pembangunan, manfaat kayu cendana untuk kesehatan dan kecantikan ternyata cukup banyak. Tidak hanya itu, bahan kuat dan tekstur bagus membuat kayu ini menjadi komoditas terjamin di pasaran.

Kayu cendana, Manfaat Kayu cendana, Khasiat Kayu cendana, Batang Cendana, Tanaman Cendana

Untuk pohon cendana sendiri memiliki dua jenis, yaitu kayu cendana putih dan kayu cendana merah. Keduanya hampir memiliki manfaat yang sama, namun ada sedikit perbedaan. Mutu yang dihasilkan oleh kayu cendana merah tidak sebaik kayu dari cendana putih. Kayu cendana banyak tumbuh di daerah Funan dan India. Khusus untuk cendana putih, bisa ditemukan cukup banyak di Nusa Tenggara Timur. Tumbuhan cendana merupakan tanaman parasit, memerlukan inang agar bisa tumbuh dengan besar.

Kandungan Kayu Cendana :

Tanaman ini dikenal memiliki banyak kandungan astirinya. Minyak atisiri ini akan membantu dalam pembentukan asam dihidro oc santalat. Selain zat minyak tersebut, kayu cendana juga dipercaya memiliki kandungan zat perwarna yang disebut sebagai santalin dan santarubin. Untuk bagian kulit kayu, ada kandungan turunan asam palmitat dan juga tanin yang memiliki kandungan hampir sebanyak 14%.

Manfaat Kayu Cendana Untuk Kesehatan :

1. Mengobati Peradangan

Karena memiliki kandungan zat kimia yang sehat, kayu cendana dipercaya bisa membantu dalam mengatasi peradangan baik radang dalam atau radang luar. Karena itulah, penggunaan kayu cendana sebagai obat herbal sangat disarankan dan banyak diproses oleh orang-orang. Minyak astiri pada kayu ini akan membantu dalam mengatasi peradangan pada tubuh.

Loading...

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan memang sering kali menjadi masalah penting karena bisa mengganggu keseharian Anda, apalagi terjadi sering kali. Beberapa masalah pencernaan yang bisa diatasi oleh kayu ini adalah disentri, sembelit, dan semacamnya. Penggunaan untuk masalah pencernaan adalah dengan cara direbus kayunya atau pertama-tama haluskan kayunya kemudian rebus halusan tadi. Jangan lupa saring kemudian minum setelah dingin.

3. Membantu Pembersihan Saat Menstruasi

Kandungannya bisa membantu dalam pembersihan saat menstruasi bagi wanita. Hanya wanita yang mengerti dan bisa dijadikan sebagai alternatif lain dalam pembersihkan saat sedang menstruasi. Selain itu, kandungan di dalam kayu ini juga sangat sehat untuk kesehatan kulit sekitar daerah kewanitaan dan kewanitaan itu sendiri. Namun ingat akan kecocokan dengan obat herbal ini agar tak menyebabkan efek samping.

4. Mengatasi Stres

Stres menjadi salah satu gangguan saraf pada otak. Biasanya masalah ini terjadi karena kebanyakan pikiran atau sedang bingun. Untuk pencegahan Anda bisa meminum air yang banyak dan jauhkan diri dari pikiran berat serta perbanyak istirahat. Alternatif lainnya adalah bisa menggunakan manfaat dari kayu cendana. Kayu ini bisa menghasilkan wangi yang membuat tubuh dan pikiran menjadi relaks, karena itulah kayu ini bisa menjadi obat stres yang cukup ampuh.

5. Mengatasi Kecemasan

Kecemasan atau rasa cemas pasti terkait dengan otak dan kejiwaan Anda. Sama dengan stres, rasa cemas sering kali bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebagai tindak pencegahan, Anda bisa rutin mengkonsumsi air rebusan dari kayu cendana yang dikenal luas memiliki manfaat untuk mengatasi kecemasan yang berlebihan. Jika rasa cemas terus dibiarkan saja tanpa tindak mengantisipasi, bisa menyebabkan depresi berat yang tentu saja akan membuat tubuh sakit pada akhirnya.

Manfaat Kayu Cendana Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Sebagai bahan baku furniture

7. Bahan baku kerajinan tanan ramah lingkungan

8. Menaikkan prestise

9. Sebagai bahan obat herbal sehat

10. Bisa digunakan sebagai balsam sehat

11. Bisa digunakan sebagai aromaterapi

12. Bahan pembuatan parfum

13. Bahan pembuatan dupa

Cara Memanfaatkan Kayu Cendana Untuk Kesehatan :

Penggunaan kayu cendana pada umumnya dijadikan sebagai obat herbal. Namun Anda bisa dengan mudah mengelolanya sendiri. Salah satu metode paling umum adalah dengan merebus langsung potongan kayu cendana kemudian air rebusannya diminum. Namun untuk memaksimalkan, bisa dengan cara dihaluskan terlebih dahulu kemudian direbus dan diminum setelah dingin.

Manfaat Kayu Cendana Untuk Kecantikan :

1. Mengatasi Noda Hitam di Kulit

Karena memiliki kandungan anti septik dan anti mikroba, kayu cendana juga bisa membantu dalam mengatasi berbagai masalah noda hitam pada kulit. Noda hitam ini biasanya terjadi pada bagian kulit wajah dan sangat mengganggu dalam penampilan di muka umum. Agar tak menimbulkan efek samping, penggunaan untuk kulit sebaiknya benar-benar dijaga takarannya. Selain itu, manfaat dari kayu ini juga bisa membantu dalam mengatasi masalah kulit lainnya.

2. Mengatasi Jerawat

Mengatasi bukan kata yang tepat, tapi mencegah. Kandungan kayu cendana akan membantu dalam mencegah dan mengatasi masalah jerawat. Jerawat pada umumnya terjadi pada kulit wajah, ada juga dipunggung tapi tidak terlalu mengganggu penampilan, kecuali untuk wanita. Kandungan anti septik akan membantu dalam mengatasi peradangan ringan pada kulit wajah yang juga disebut sebagai jerawat. Ingat untuk tidak menggunakan secara berlebihan karena bisa menyebabkan efek samping yang berdampak langsung pada kulit Anda.

3. Mengatasi Minyak Pada Wajah

Minyak wajah menjadi salah satu dari sekian masalah yang terjadi pada kulit wajah. Tidak hanya mengganggu dalam hal kecantikan atau penampilan di mata orang lain, muka berminyak juga bisa berdampak negatif pada keseharian Anda seperti saat bertelepon, minyak akan menempel pada handphone Anda. Kandungan zat kimia aktif pada minyak astiri pada kayu cendana membantu dalam mengatasi masalah minyak pada wajah dan membuat wajah tampak cerah tanpa minyak.

4. Mengatasi Luka Ringan

Luka ringan seperti gigitan seranggan, goresan, atau lecet bisa menyebabkan bekas luka dan mengganggu penampilan Anda. Tentu saja jika dibiarkan, bisa menyebabkan masalah yang besar untuk kecantikan Anda apalagi jika terjadi di kulit yang sering dilihat seperti tangan, dada, dan muka. Kandungan anti septik pada kayu cendana akan membantu dalam mengatasi masalah luka ringan dan mencegah luka tersebut untuk berbekas.

5. Sebagai Wangi-Wangian

Wangi tentu sangat penting untuk kecantikan Anda. Kayu cendana adalah tanaman herbal yang dikenal sebagai bahan utama pembuatan parfum. Karena itulah sekarang banyak wangi-wangian yang berbahan kayu ini. Jika tak mau repot, Anda bisa membelinya langsung di pasaran. Tidak hanya sebagai penunjang rasa percaya diri dan penampilan Anda, wangi dari kayu cendana juga bermanfaat untuk relaksasi otak.

Cara Memanfaatkan Kayu Cendana Untuk Kecantikan:

Penggunaannya bisa diminum air rebusannya, metode tersebut akan membantu kecantikan dari dalam. Namun metode lainnya adalah dengan menggunakannya sebagai pembasuh muka. Pemanfaatan lainnya adalah dijadikan sebagai parfum sekaligus sebagai wangi-wangian relaksasi otak agar terhindar dari masalah stres yang bisa menyebabkan keriput pada wajah.

Efek Samping Kayu Cendana :

Mengkonsumsi terlalu berlebihan sangat berbahaya untuk kesehatan karena bisa menyebabkan efek samping seperti:

1. Gangguan pada pencernaan

2. Keracunan

3. Alergi pada kulit

4. Masalah pada sistem saraf

Penggunaan yang pas akan menghasilkan manfaat kayu cendana yang lebih baik. Selain itu, lebih baik konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan kayu cendana untuk rempah-rempah atau bahan pengobatan penyakit

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Batang

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top