Connect with us
Kayu Secang, Manfaat Kayu Secang, Khasiat Kayu Secang

Batang

72 Manfaat dan Khasiat Kayu Secang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kayu secang merupakan batang dari tanaman dengan buah jenis polong-polongan yang dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai rempah-rempah maupun obat herbal. Pohon secang tumbuh subur di India, Asia tenggara dan Pasifik. Pada umumnya bagian kayu atau kulit tanaman inilah yang dimanfaatkan sebagai ramuan atau obat herbal. Orang-orang mengetahui manfaat kayu secang sebagai komoditi rempah-rempah dan bahan pewarna yang dijual pada level lintas negara.

Kayu Secang, Manfaat Kayu Secang, Khasiat Kayu Secang

Kayu secang memiliki segudang khasiat. Ramuan herbal kau secang sudah digunakan sejak zaman dahulu kala dan masih populer hingga saat ini. Ciri kayu tanaman ini yakni serat kayu berwarna merah kecokelatan dan aroma yang khas. Kayu ini mengandung minyak esensial yang diolah menjadi berbagai macam obat-obatan herbal alami dan ampuh mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kayu Secang :

• Brazilin
• Polifenol
• Flavonoid
• Saponin
• Tannin
• Minyak esensial atsiri

Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan :

1. Menangkal radikal bebas

Flavonoid dan polifenol merupakan zat penghasil senyawa antioksidan yang mampu melindung tubuh dari pengaruh buruk radikal bebas. Kedua jenis zat tersebut terkandung pada setiap serta kayu tanaman ini. Manfaat kayu tanaman itu untuk kesehatan tubuh memang tidak banyak yang tahu dikarenakan tanaman tersebut lebih dikenal sebagai bahan pewarna daripada bahan herbal obat-obatan

2. Membantu tubuh dalam menyerap vitamin C

Tubuh manusia memang tidak selamnay berfungsi dengan sempurna. Selalu ada organ tubuh yang mengalami penurunan tingkat kemampuan dalam menyerap berbagai nutrisi yang masuk ke tubuh. kayu secang bermanfaat sebagai bahan alami yang membantu tubuh menyerap vitamin C dimana vitamin C yang masuk ke tubuh tidak terbuang percuma karena vitamin C tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.

3. Sebagai anti biotik alami

Flavonoid merupakan pigmen pada tumbuhan terutama pada kayu secang yang selain berfungsi sebagai anti oksidan penangkal radikal bebas juga berfungsi sebagai anti biotik alami yang mampu melawan berbagai bakteri dan racun yang masuk ke tubuh baik melalui makanan yang di konsumsi atau melalui udara dan radikal bebas. Oleh sebab itu tanaman ini berguna sebagai detoksifikasi tubuh.

4. Melawan bakteri pada usus

Organ tubuh manusia yang paling banyak terdapat bakteri yaitu usus dikarenakan makanan yang kita konsumsi berakhir dan diproses selama beberapa jam bahkan hari di dalam usus. Oleh sebab itu usus merupakan organ yang paling rentan terkena infeksi bakteri. Kayu secang berperan sebagai anti bakteri yang mampu melawan bakteri penyebab masalah usus.

5. Menghentikan pendarahan

Serutan kayu secang mengandung flavonoid yang mampu menghentikan pendarahan pada luka dengan cepat. Serutan kayu bisa di campurkan dengan air kemudian digunakan disirami diatas permukaan luka yang berdarah atau bisa juga menggunakan minyak esensial kayu secang dan langsung diolesi menggunakan kapas atau tisu diatas luka yang berdarah.

Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi diabetes tipe 2
7. Mengurangi rasa sakit dan nyeri
8. Mengobati kanker prostat
9. Meminimalisir risiko terserang kanker prostat
10. Memelihara kesehatan jantung
11. Sebagai anti bakteri alami
12. Mengobati sakit perut dan masalah perut lainnya
13. Sebagai anti inflamasi
14. Berkhasiat sebagai terapi detoksifikasi
15. Menjaga kesehatan usus
16. Sebagai bahan pengobatan penyakit sifilis
17. Mengandung anti jamur yang dapat mencegah pertumbuhan jamur pada tubuh
18. Mengatasi masalah obesitas
19. Mengobati radang usus
20. Mencegah tumbuhnya bakteri dalam usus
21. Membantu penyembuhan dengan cepat
22. Bahan alami obat masuk angin
23. Mencegah risiko terserang penyakit kanker usus besar
24. Meningkatkan kekebalan tubuh
25. Menurunkan tekanan darah
26. Menaikkan suhu tubuh sehingga mampu menghangatkan tubuh
27. Mengobati penyakit TBC
28. Mencegah maag kronis
29. Meningkatkan stamina dan energi
30. Mencegah tumbuhnya sel tumor
31. Sebagai anti bodi yang mampu menguatkan sistem imun manusia
32. Mengembalikan stamina dan energi tubuh
33. Aroma yang khas sebagai aroma terapi atau relaksasi
34. Sebagai anti septik yang membunuh bakteri pada luka
35. Mengatasi diare

Cara Memanfaatkan Kayu Secang untuk Kesehatan :

Meramu kayu secang untuk kesehatan sangat mudah, praktis dan ekonomis. Kayu secang yang sudah dibersihkan kemudian di serut menjadi ukuran yang lebih halus dan kecil kemudian kayu direbus. Bisa juga menambahkan beberapa bahan alami sesuai kebutuhan seperti madu untuk mengatasi infeksi usus. Setelah direbus saring air rebusan kayu secang dan minum secara rutin di pagi dan sore hari.

Kayu secang juga bisa diolah sebagai teh yakni dengan cara memilih kayu secang yang berkualitas kemudian serut menjadi bagian kecil-kecil seukuran potongan daun teh. Kemudian keringkan menggunakan sinar matahari langsung. Teh kayu secang bisa di seduh dan langsung diminum. Selain itu teh dari tanamn ini lebih awet ketika disimpan.

Manfaat Kayu Secang untuk Kecantikan :

1. Anti okasidan

Kayu secang berkhasiat sebagai anti oksidan yang mampu melindungi tubuh dari serangan radiasi dan pengaruh buruk radikal bebas yang menyebar di lingkungan. Radiasi emyebabkan kerusakan fatal pada kulit oleh sebab itu perlunya menhindai dan melindungi kulit dari radikal bebas dengan meminum ramuan kayu secang banyak salah satu manfaatnya sebagai anti oksidan.

2. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Kandungan kayu secang yang kaya akan senyawa anti bakteri mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat tumbuh di permukaan kulit terutama kulit wajah. Jerawat tidak hanya mengganggu penampilan saja akan tetapi menyebabkan rasa sakit, nyeri bahkan yang lebih parah adalah iritasi yang dapat melebar ke permukaan kulit lainnya.

3. Membersihkan kulit

Kulit merupakan bagian tubuh paling luar dan langsung terkena kontak sinar matahari, debu, bakteri, dan segala jenis polutan yang mampu merusak kulit. Kulit menjadi bagian tubuh yang paling rentan terhadap berbagai macam masalah. Oleh sebab itu membersihkan kulit setiap harinya sangat dianjurkan. Salah satu bahan pembersih kulit yang efektif adalah air kayu secang.

4. Mengatasi pendarah pada kulit

Kayu secang mampu menghentikan pendarahan luka pada kulit dan memperbaiki jaringan kulit paska terluka. Oleh sebab itu banyak anti biotik yang di produksi menggunakan bahan alami utama yakni tanaman ini. Tanaman ini juga menutrisi kulit sehingga kulit yang terluka atau robek akibat luka bisa pulih kembali dengan cepat.

5. Sebagai anti infalmasi

Kayu secang mengandung senyawa anti inflamasi yang berperan dalam meredakan pembengkakan dan radang pada kulit. Menggunakan ramuan kayu secang juga cukup aman jika langsung bersentuhan pada kulit karena merupakan bahan alami. Oleh sebab itu, tanaman ini dapat dijadikan obat anti radang alami yang menggantikan krim kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Manfaat Kayu Secang untuk Kecantikan Lainnya :

6. Meringankan rasa gatal pada kulit
7. Mengobati penyakit kudis dan kurap
8. Meredakan bintik merah pada kulit akibat biang keringat
9. Menyamarkan bekas luka pada pemukaan kulit
10. Menyamarkan flek hitam pada kulit
11. Menyehatkan kulit secara alami
12. Menutrisi kulit baik dari dalam maupun dari luar
13. Memulihkan luka robek pada kulit
14. Menjadikan kulit tampak lebih putih
15. Meremajakan kulit
16. Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini
17. Melindungi kulit dari risiko penyakit kanker kulit
18. Menyamarkan garis-garis halus tanda penuaan
19. Mempercepat penyembuhan luka pada kulit
20. Menghilangkan flek hitam bekas luka
21. Sebagai obat anti jerawat
22. Berperan sebagai antiseptik pada kulit
23. Memperkuat jaringan kulit
24. Mencegah penumpukan kotoran pada kulit
25. Mencegah bisul dan penyakit kulit lainnya
26. Bisa dijadikan sebagai pewarna kuku alami
27. Bisa dijadikan sebagai pewarna alami bibir
28. Menjaga kesehatan kulit bayi
29. Memerahkan bibir dan aman jika tertelan
30. Mencerahkan warna kulit dan mengembalikan warna alami kulit
31. Membersihkan darah kotor yang menyebabkan penyakit kulit seperti jerawat dan bisul
32. Aroma khas sebagai efek relaksasi
33. Mencegah bekas luka berupa warna kulit yang tidak merata
34. Mencerahkan warna kuku

Cara Memanfaatkan Kayu Secang untuk Kecantikan :

Memanfaatkan kayu secang untuk kecantikan ada beberapa cara. Pertama perawatan kecantikan dari dalam dengan cara meminum ramuan dari bahan alam ini yang sudah di rebus atau di seduh. Bisa juga menambahkan bahan lainnya untuk sensasi rasa. Jika tidak suka rasa pahit khas tanaman ini boleh aja ditambahkan gula sedikit. Di beberapa daerah bahan makanan ini biasa digantikan sebagai teh.

Kemudian cara kedua dengan cara mengekstrak minyak kayu secang dan mengoleskan pada permukaan kulit atau luka yang ingin disembuhkan. Cara lain yakni dengan menggunakan air rendaman tanaman ini untuk mandi atau mencuci wajah. Pada bayi, rendaman air dari tanaman ini juga aman digunakan untuk memandikan bayi.

Efek Samping Kayu Secang :

• Meninggalkan warna merah pada permukaan kulit
• Memicu alergi bagi penderita alergi senyawa kayu secang

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kayu Cendana untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Siapa yang menyangka sebatang pohon kayu secang biasa memiliki kandungan senyawa yang sangat luar biasa untuk menjaga dan merawat kesehatan serta kecantikan tubuh manusia. Perlu diingat juga bahwa tentunya hasil dari sekian manfaat yang sudah disebutkan hanya dapat dirasakan jika dalam mengkonsumsi dan mengolah tanaman ini dengan cara yang teratur dan tepat.

Continue Reading

Lainnya dari Batang

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top