Connect with us
Biji alpukat, Manfaat Biji alpukat, Khasiat Biji alpukat, Biji Apokat

Biji

30 Manfaat dan Khasiat Biji Alpukat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Biji alpukat atau apokat merupan biji dari tanaman buah alpukat yang banyak manfaat dan khasiatnya. Hampir semua orang telah mengenal manfaat yang terkandung dalam buah alpukat. Bukan tidak hanya mengandung banyak vitamin dan mineral, buah bertekstur lembut ini juga mengandung lemak sehat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh serta berbagai organ penting dalam tubuh. Selain itu, buah alpukat juga menjadi salah satu menu diet yang disarankan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Biji alpukat, Manfaat Biji alpukat, Khasiat Biji alpukat, Biji Apokat

Namun bukan hanya buahnya saja yang kaya manfaat, ternyata manfaat biji alpukat bagi kesehatan bahkan untuk kecantikan sangat banyak sekali. Bahkan sudah tahukah anda bahwa bagian buah yang sering dibuang ini ternyata justru menyimpan banyak manfaat dibandingkan buahnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Biji Alpukat :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Biji Alpukat

Untuk mengetahui apa saja manfaat yang ada dalam biji alpukat, ada baiknya jika kita mengetahui kandungan gizi yang terdapat didalamnya terlebih dahulu. Berikut kandungan gizi yang tersimpan di dalam biji buah alpukat

Loading...

1. Antioksidan

Dalam sebuah penelitian di Singapura disebutkan bahwa diantara biji buah yakni biji asam, biji mangga, biji alpukat dan biji nangka, yang paling banyak mengandung antioksidan adalah biji buah alpukat. Dibandingkan dengan kulit dan daging buahnya, biji alpukat memiliki kandungan antioksidan sebanyak 70%.

2. Serat

Menurut seorang dokter ahli bernama Dr. Tom Wu, N.M.D, menyebutkan bahwa serat larut misalnya yang terdapat dalam biji alpukat akan sangat efektif untuk menyehatkan jantung dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

3. Potassium

Potassium adalah sejenis nutrisi yang efektif untuk membantu tekanan darah menjadi stabil serta menyehatkan organ jantung. Dalam sebuah study disebutkan bahwa kandungan potassium yang banyak adalah pada buah alpukat yang masih muda, kandungan potassium pada alpukat akan berkurang seiring dengan matangnya buah tersebut.

Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan :

1. Mengatasi penyakit maag

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyakit maag adalah salah satu jenis penyakit yang sering diderita kebanyak orang. Maag terjadi karena pencernaan dalam tubuh terganggu akibat pola makan yang tidak teratur. Namun penyakit maag dapat diatasi dengan memanfaatkan biji alpukat yang dikonsumsi secara rutin.

2. Meningkatkan sitem imun

Zat antioksidan yang terdapat pada biji alpukat dipercaya mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, melawan radikal bebas, dan juga membantu proses regenerasi sel. Jika kita mengkonsumsi buah alpukat beserta bijinya maka tubuh kita akan kuat dan siap melawan berbagai gangguan kesehatan yang menyerang.

3. Menurunkan tekanan darah

Biji alpukat mengandung kalium yang sama besarnya dengan kandungan pada daging buahnya.Kalium bermanfaat untuk melenturkan arteri serta pembuluh darah sehingga dapat mencegah terjadinya hipertensi.

4. Mencegah kanker

Biji alpukat juga mengandung flavonoid yang sangat mujarab sebagai anti kanker. Bukan hanya buah dan daunnya saja, namun kadar flavonoid yang tinggi juga terdapat pada bijinya. Selama ini belum ditemukan obat yang cocok untuk mengatasi penyakit kanker, oleh sebab itu ada baiknya kita mencegah penyakit tersebut dengan mengkonsumsi alpukay baik daunnya, buahnya maupun bijinya.

5. Menurunkan kolesterol

Bukan hanya buah dan daun alpukat saja yang efektif menurunkan kadar kolesterol, namun ternyata biji alpukat juga memiliki manfaat yang sama. Kolesterol dalam jumlah tinggi akan mengakibatkan berbagai penyakit kronis seperti stroke dan jantung, oleh sebab itu kita harus mencegahnya sebelum mengarah pada penyakit yang serius.

Manfaat Biji Manggis untuk Kesehatan Lainnya :

  1. Mengurangi bengkat yang terjadi akibat peradangan
  2. Mengobati sakit gigi
  3. Mengobati diabetes melitus
  4. Membantu menurunkan berat badan
  5. Untuk mengobati gagal ginjal
  6. Mengurangi rasa letih
  7. Menyembuhkan sariawan
  8. Mengatasi mata bengkak

Cara Memanfaatkan Biji Alpukat untuk Kesehatan :

Berikut cara mengolah biji alpukat yang tepat untuk kesehatan

  1. Bersihkan biji alpukat yang sudah kering lalu tumbuk hingga halus. Jika anda merasa kesulitan untuk menumbuk biji ini, maka anda bisa menggilingnya atau menggunakan blender. Agar biji cepat halus anda bisa memotongnya kecil-kecil menjadi beberapa bagian.
  2. Biji alpukat juga dapat diolah dengan cara lain yakni dengan merebus biji tersebut air mendidih. Setelah itu saring air tersebut dan tuangkan ke dalam gelas. Tambahkan madu agar seduhan biji alpukat tidak terasa pahit.
  3. Cara ketiga untuk mengolah biji alpukat adalah dengan memanggang potongan biji alpukat selama 10 menit. Haluskan biji tersebut hingga berbentuk bubuk.

Manfaat Biji Alpukat untuk Kecantikan ;

Biji alpukat tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan saja, namun biji buah alpukat ini juga efektif untuk menambah kecantikan. Mulai dari mengencangkan kulit hingga menjadikan rambut bersinar. Tak heran jika selama ini kita sering menjumpai produk kecantikan yang memanfaatkan alpukat sebagai salah satu komposisinya. Berikut manfaat biji alpukat:

1. Mencegah terjadinya penuaan dini

Biji alpukat mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta mencegah terjadinya penuaan dini. Noda hitam pada wajah serta garis-garis wajag dapat diatasi dengan sempurna menggunakan lotion atau masker yang terbuat dari tumbukan biji alpukat.

2. Merawat rambut

Selain dijadikan sebagai lotion maupun scrub, biji alpukat juga dapat diolah sebagai masker basah untuk menjadikan rambut lebih tebal, kuat dan halus. Masker rambut yang terbuat dari biji alpukat ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe.

3. Menghaluskan tangan

Memiliki tangan yang halus juga dapat membuat kita tampil lebih percaya diri. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat pasta dari buah alpukat dan ditambahkan putih telur, minyak zaitun, lemon serta outmeal.

4. Mengatasi rambut berminyak

Rambut berminyak dan kering juga bisa diatasi dengan masker rambut yang terbuat dari biji alpukat. Jika kita memakainya secara rutin maka rambut akan sehat dan terhindar dari ketombe maupun masalah rambut yang lain.

5. Mengatasi kulit kering

Biji alpukat selain dapat menghaluskan tangan dan mencegah penuaan dini, ternyata juga sangat efektif untuk mengatasi kulit kering. Pengaplikasiaannya pun sama yaitu dengan mengolahnya sebagai masker pada wajah atau kulit yang kering.

Cara Memanfaatkan Biji Alpukat untuk Kecantikan :

Biji alpukat dapat diolah sebagai pasta, masker atau srcub untuk memaksimalkan kecantikan. Anda bisa mengeringkan biji alpukat lalu menumbuknya hingga halus. Tambahkan sedikit air dan juga bahan lain seperti jeruk lemon, putih telur atau minyak zaitun untuk memaksimalkan hasil detox anda.

Efek Samping Biji Alpukat :

Efek Samping Biji Alpukat

Disamping memiliki banyak manfaat, mengkonsumsi alpukat juga tidak terlepas dari efek samping. Berikut beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat mengkonsumsi alpukat.

1. Mengakibatkan alergi kulit

Gejala alergi yang mungkin terjadi akibat mengkonsumsi alpukat diantaranya ruam pada kulit dan juga gatal-gatal.

2. Menyebabkan alergi mulut

Alpukat yang dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat mengakibatkan alergi pada mulut. Gejala ini ditandai dengan pembengkakan pada lidah dan gatal pada mulut.

3. Mengurangi kolesterol

Mengkonsumsi alpukat dengan kadar berlebih tidak baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menyerap HDL atau kolestreol baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

4. Iritasi pada saluran pencernaan

Alpukat yang dikonsumsi dalam jumlah besar juga dapat mengakibatkan resiko sakit perut. Bahkan terkadang konsumsi buah alpukat yang berlebih ini dapat mengakibatkan iritasi pada saluran pencernaan.

Manfaat dari biji alpukat baik untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah banyak, namun anda juga harus mengerti efek samping yang ditimbulkan. Dengan uraian di atas kita menjadi tahu bahwa bukan hanya daun dan juga daging buah alpukatnya saja yang kaya akan manfaat, tapi biji alpukat juga memiliki manfaat yang sama. Jadi, apakah anda tertarik untuk menjadikan biji buah alpukat sebagai piranti kesehatan dan kecantikan anda?

Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Biji

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top