Connect with us
Biji selasih, Manfaat Biji selasih, Khasiat Biji selasih

Biji

45 Manfaat dan Khasiat Biji Selasih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Biji selasih, tlasih, basil, atau basilikum merupakan biji dari tanaman kemangi atau tanaman basil yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal. Nama latin dari selasih yaitu ocimun, selasih juga disebut tanaman basil, tanaman yang dimanfaatkan bunga, daun dan juga bijinya. Manfaat biji selasih biasanya digunakan untuk menjadi bahan rempah-rempah.

Biji selasih, Manfaat Biji selasih, Khasiat Biji selasih

Biji tanaman selasih juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan penyegar, atau yang biasa dikenal dengan sebutan tonikum. Nah, jadi, biji selasih ini berasal dari tumbuhan apa, jawabannya merupakan bagian dari tumbuhan basil atau kemangi. Tanaman basil memiliki bentuk daun yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Manfaat biji selasih untuk kesehatan dan kecantikan. Masih asing dengan nama biji selasih? Biasanya biji bunga kemangi  ini digunakan sebagai campuran atau perlengkapan banyak sekali minuman dingin. Biji basil ini memiliki rona hitam mini dan luarnya dikelilingi warna putih bening, dan memiliki ukuran yang besarnya hampir seukuran dengan wijen. Biji selasih itu sendiri asal berdasarkan bunga kemangi yang sudah kering, dan biji tadi direndam usang hingga muncul selaput berwarna putih bening dibagian luarnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Biji Selasih :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Biji Selasih

Biji selasih sebenarnya mempunyai beragam manfaat yang sangat baik buat kesehatan maupun kecantikan. Biji tanaman bunga kemangi mempunyai kandungan yang beragam, seperti eugenol, tymol, metal eugenol, vitamin, lemak, dan serat. Fungsi dari Eugamol sebagai zat yang melindungi tubuh dari bacteri yang merugikan, dan tymol mempunyai fungsi sebagai antibiotic yang akan melawan bakteri, dan metal eugenol sebagai atraktan atau pemikat.

Selain itu, biji selasih pula mengandung minyak astiri misalnya linalool, methyichavicol, citral, geraniol, ocimenen, 1.8 cincole, encalyptole, himonene, eugenol methylether, furfural, methyl cinnamate, dan farnesol. Semua kandungan tadi sangat baik dalam dunia kesehatan juga kecantikan. Nah, ini dia beberapa manfaat biji selasih buat kesehatan dan kecantikan:

Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan :

1. Menguatkan sistem imun pada tubuh

Biji selasih mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang berperan sangat penting dalam kesehatan tubuh, yaitu dalam menaikkan dan menguatkan imunitas dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi biji selasih secara rutin, maka sistem imun tubuh akan lebih meningkat dan bertenaga.

2. Mampu mengobati batuk

Antispasmodic yang terkandung pada biji selasih bisa membantu menyembuhkan batuk rejan. Anda bisa memanfaatkan biji bunga kemangi ini buat menyembuhkan batuk anda. Sebab, sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan biji ini buat ekspektoran dan obat batuk menggunakan mencampurkan biji tanaman bunga kemangi dalam secangkir teh yang dapat mengencerkan dahak. Konsumsilah sampai batuknya benar-benar reda.

3. Mampu meredakan stres

Biji selasih sebagai bahan aromaterapi sudah banyak digunakan, karena mempunyai dampak menenangkan serta bisa memperbaiki suasana hati. Selain itu, biji selasih atau biji bunga kemangi bisa menyembuhkan kelelahan, syaraf tegang, migran dan mengurangi depresi. Jadi sangat cocok bagi anda yang memiliki masalah dengan pikiran anda yang cemas, bingung atau sebagainya. Anda dapat menyeduh sekitar 6 gram biji selasih dalam air sebanyak 200 cc, aduk rata kemudian minumlah ketika masih hangat serta campurkan jeruk nipis serta madu secukupnya.

4. Dapat menunda rasa lapar

Bagi anda yang sedang diet, biji selasih bisa digunakan sebagai alternetif buat menahan rasa lapar anda. Serat yang terkandung dalam biji selasih akan membantu menciptakan perut anda terasa kenyang lebih lama. Biji tanaman selasih ini pula dapat menyehatkan usus Anda, karena berfungsi memghambat konversi pati menjdai gula dan mengurangi penyerapan zat berbahaya atau toksin dalam tubuh.

5. Membantu menghilangkan sulit tidur

Apabila anda mempunyai kebiasaan susah tidur atau bahkan tidak bisa tidur, anda dapat memanfaatkan biji selasih. Biji selasih ini efektif membantu menghilangkan perkara insomnia. Rutin mengkonsumsi minuman dan makanan yang mengandung biji selasih tentu bisa mengurangi rasa gelisah yang berlebihan atau seperti susah tidur.

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyembuhkan sakit gigi
7. Menyembuhkan sakit kepala
8. Mengurangi efek tidak baik nikotin
9. Menyembuhkan sembelit dan perut kembung
10. Meredakan gangguan pernafasan
11. Menyembuhkan luka dan infeksi pada kulit
12. Menguatkan tulang
13. Menurunkan kadar gula dalam darah
14. melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh
15. Bersifat Analgesik
16. Obat Penurun Demam
17. Menjaga kesehatan Ginjal
18. Bersifat Anti-Inflamasi
19. Meningkatkan kinerja Hati
20. Mencegah Hipertensi

Cara Memanfaatkan selasih untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan biji selasih sebagai obat sakit gigi, anda cukup meminum rebusan 10 gr biji selasih yang dicampur menggunakan 4 butir cengkeh. Kombinasi bahan alami tersebut bisa membantu meredakan sakit gigi. Minumlah ketika masih dalam keadaan hangat supaya efeknya lebih maksimal .

Bagi anda yang mempunyai masalah pada prnafasan anda, anda jangan panik. Manfaatkanlah biji tanaman selasih menjadi obat alami buat menyembuhkan. Campurkan minuman jahe dengan biji selasih dan madu. Campuran tersebut dapat dipakai menjadi obat alami mengatasi gangguan pernafasan misalnya asma dan bronkitis. Semua bahan adonan tersebut rebuslah menggunakan air segelas.

Manfaat Biji Selasih Untuk Kecantikan :

1. Membantu menghaluskan kulit wajah

Bukan hanya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, biji selasih juga dapat membuat wajah Anda menjadi halus. Dengan memanfaatkan biji tanaman bunga kemangi sebagai masker wajah. Untuk menghasilkan kinerja yang maksimal gunakan masker biji selasih secara teratur.

2. Kesehatan rambut

Biji selasih juga mengandung jumlah yang sangat tinggi dari vitamin K, protein dan zat besi. Nutrisi ini akan membantu membuat rambut kita menjadi sehat dan bersinar. Jadi, para ahli kecantikan pun menganjurkan untuk memasukan biji selasih kedalam daftar menu diet yang akan bermanfaat untuk mengurangi kerontokan rambut.

3. Mencegah Munculnya Jerawat

Wajah yang berjerawat tentu membuat kita menjadi tidak percaya diri dihadapan orang banyak apalagi didepan gebetan, selain itu wajah yang berjerawat juga membuat kita terlihat lebih tua. Maka untuk mencegah munculnya jerawat anda bisa memanfaatkan biji selasih agar terhindar dari masalah jerawat. Selain rajin mencuci wajah, anda bisa juga mengkonsumsi biji selasih atau mengoleskannya pada wajah.

4. Menurunkan berat badan

Biji selasih ternyata dapat digunakan untuk tujuan pengaturan dalam penurunan berat badan. Hal ini disebabkan karena biji selasih ini dipenuhi dengan kandungan serat yang dapat membuat perut kita kenyang dan tidak merasa lapar untuk jangka waktu tertentu. Karena sekarang ini banyak sekali orang termasuk kaum hawa yang mempermasalahkan kondisi tersebut yang cenderung akan mengganggu penampilan dan kepercayaan diri.

5. Mengurangi garis halus tanda penuaan pada wajah

Masker biji selasih yang Anda gunakan tidak befungsi menghaluskan tapi juga menghilangkan keriput da nada di wajah Anda. Garis halus yang terlihat pada wajah Anda merupan tanda dari penuaan dini. Dan itu bisa anda atasi mengunakan biji tanaman bunga kemangi ini.

Manfaat Biji Selasih Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Dapat membantu mengecilkan perut yang buncit
7. Dapat menghilangkan kantung mata
8. Sebagai pelembab kulit wajah
9. Anti bakteri
10. Anti radang pada kulit
11. Membuat Kulit Lebih Kencang
12. Mencegah kerontokan Rambut
13. Untuk Program Diet
14. Membuat kulit awet muda
15. Mencegah penuaan dini
16. Mengganti sel kulit mati
17. Menghaluskan kulit
18. Memperbaiki sel kulit akibat luka
19. Menyembuhkan luka secara cepat
20. Menghilangkan fek hitam dan noda pada kulit

Cara Memanfaatkan Biji Selasih untuk Kecantikan :

Untuk menghaluskan kulit Anda mengunakan biji tanaman basil, dengan caranya sangat mudah. Tubuk lah biji tersebut secukupnya hingga halus. Kemudian campur tumbukan biji selasih menggunakan air dingin. Aduk hingga merata. Aplikasikan masker biji tanaman bunga kemangi secara merata pada wajah Anda. Biarkan selama lima belas menit, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk Hasil yang maksimal gunakan masker biji selasih setiap hari.

Dan untuk mengatasi stres Anda karena pekerjaan atau masalah lain. Anda bisa mengkonsumsi biji selasih dengan cara menyeduh sikitar 6 Gram biji tersebut kedalam 200 cc air panas. Minumlah ramuan biji selasih 2 sdt setiap hari. Ini akan membantu Anda dalam menghilangkan Stress Pada Fikiran Anda.

Efek Samping Biji Selasih :

Efek Samping Biji Selasih

Memanfaatkan biji selasih memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, tetapi bila digunakan secara berlebihan tentunya sangat tidak baik bagi tubuh. Efek sampingnya pun pasti ada dan bisa mengakibatkan buruk pada kulit nantinya, yang tadinya ingin tampil sempurna malah bila pemakaian secara tidak teraur membuat kulit menjadi tidak sehat. Beberapa efek samping yang kurang baik dalam penggunaan biji selasih:

  • Menjadikan kulit kusam
  • Terjadinya peradangan
  • Menimbulkan bakteri kurang baik pada tubuh
  • Menyebabkan iritasi
  • Terjadi Alergi

Dilihat dari efek samping penggunaan biji selasih, kita harus waspada juga, sebenarnya bila pemakaian secara teratur, tidak akan mengakibatkan efek samping, maka dari itu kami sarankan gunakan biji tanaman bunga kemangi menurut panduan para ahli medis.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Biji Alpukat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah manfaat yang begitu besar dari biji selasih Untuk kesehatan dan kecantikan, tentunya Anda bisa memanfaatkan biji selasih untuk mengobati banyak macam penyakit. Namun ingat dibalik manfaat biji tersebut ada juga efek samping jika mengonsumsi secara berlebihan.

Continue Reading

Lainnya dari Biji

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top