Connect with us
Kacang Almond, Manfaat Kacang Almond, Khasiat Kacang Almond

Biji

78 Manfaat dan Khasiat Kacang Almond untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kacang almond atau badam dalam bahasa Indonesia merupakan biji dari pohon badam yang tergolong sebagai kacang-kacangan. Meskipun tergolong kacang-kacangan namun sebenarnya almond berasal dari tumbuhan keluarga rosaceae. Tanaman almond tidak menyerupai tanaman kacang-kacangan yang menjalar pada umumnya. Manfaat kacang almond sangat banyak, sehingga sering dikonsumsi dan digunakan untuk mendapatkan khasiatnya.

Kacang Almond, Manfaat Kacang Almond, Khasiat Kacang Almond

Almond menjadi biji kacang-kacangan yang tergolong mewah. Pasalnya harga almond jika dibandingkan dengan kacang lainnya seperti kacang tanah misalnya sangatlah drastis. Rasa almond yang lezat dan aroma yang khas dan harum. Almond diolah menjadi berbagai macam makanan mulai dari hanya digunakan sebagai toping, pelengkap, camilan, bahkan bahan masakan makanan suatu negara.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kacang Almond :

• Kalori
• Karbohidrat
• Gula
• Serta pangan
• Lemak (lemak jenuh, lemak tak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh majemuk)
• Protein
• Omega
• Tiamin ( vitamin B1)
• Riboflavin (Vitamin B2)
• Niasin (Vitamin B3)
• Asam pantotenat (Vitamin B5)
• Vitamin B6
• Kalsium
• Vitamin C
• Vitamin E
• Folat (Vitamin B9)
• Zat besi

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan :

1. Mencegah penyakit diabetes

Nutrisi kacang almond diyakini mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Diabetes tidak hanya dialami oleh orang-orang yang memiliki pola hidup yang tidak sehat sehingga kadar insulin dalam tubuh menjadi berkurang, diabetes disebabkan juga oleh faktor keturunan. Oleh sebab itu, meski merasa sudah menerapkan pola hidup sehat, keturunan yang memiliki riwayat diabetes harus tetap waspada.

2. Menyehatkan jantung

Nutrisi kacang almond mampu menjaga kesehatan dan memelihara fungsi kerja jantung. Jantung merupakan organ tubuh yang sangat rentan terhadap lemak jahat atau kolesterol. Oleh sebab itu perlunya menjaga kesehatan jantung menjadi alasan utama mengkonsumsi makanan yang mampu menyehatkan jantung salah satunya kacang almond.

3. Menjaga fungsi dan memelihara fungsi otak

Otak sebagai organ utama manusia yang memberikan perintah ke seluruh organ tubuh yang lain. Otak merupakan organ yang paling aktif baik ketika manusia bekerja maupun beristirahat. Bahkan ketik manusia tertidur atau pingsan, otak manusia masih mampu bekerja dan aktif. Oleh sebab kesehatan otak perlu dijaga dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan otak salah satunya yakni almond.

4. Menjaga keseimbangan berat badan

Almond mengandung serat pangan yang tinggi. Serta tersebut sangat membantu manusia dalam proses metabolisme dan menjaga keseimbangan berat badan. Selain itu, almond mengandung karbohidrat yang mampu mengenyangkan sehingga ketika mengkonsumsi bebrpaa biji almond saja perut sudah terasa lumayan terisi. Sangat dianjurkan sebagai camilan menu program diet.

5. Mengurangi tingkat bayi terlahir cacat

Asam folat berperan dalam pembentukan janin dengan sempurna. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung folat memiliki potensi rendah terhadap bayi yang lahir cacat. Oleh sebab itu perlunya seorang ibu yang memiliki kandungan yang masih muda dalam memenuhi kebutuhan makanan yang mengandung asam folat salah satunya asam folat dari kacang almond.

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah
7. Membantu melancarkan pencernaan
8. Mengobati maag
9. Mengatasi berbagai masalah pada lambung
10. Menguatkan janin pada ibu hamil
11. Menguatkan tulang
12. Melancarkan peredaran darah
13. Meminimalisir risiko terserang penyakit radiovaskular
14. Menjadi sumber energi alami
15. Memperbaiki jaringan sel tubuh
16. Sebagai anti bodi yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh
17. Meredakan penyakit asma
18. Berperan dalam proses metabolisme tubuh
19. Mengatasi berbagai masalah pernapasan lainnya
20. Meredakan radang dan nyeri pada tubuh
21. Meredakan radang pada sendi
22. Mencegah kerusakan sel tubuh
23. Sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas
24. Mencegah penyumbatan pada pembuluh darah
25. Mengontrol kadar gula dalam darah
26. Menjaga fungsi dan kerja jantung
27. Mengurangi risiko terserang penyakit stroke
28. Memperbaharui sel-sel tubuh
29. Mengurangi pertumbuhan sel kanker
30. Sebagai sumber energi dan karbohidrat
31. Memperbaiki fungsi pembuluh darah
32. Mencegah risiko terserang kanker
33. Mencegah sembelit
34. Melancarkan buang air besar
35. Baik untuk kesehatan metabolisme tubuh

Cara Memanfaatkan Kacang Almond untuk Kesehatan :

Umumnya kacang almond di konsumsi dengan cara disangrai atau dioven terlebih dahulu, namun jika ingin menggoreng kacang almond pastikan menggunakan minyak rendah kolesterol atau bisa menggunakan minyak zaitun. Selain itu, almond juga bisa diolah dengan cara di haluskan menjadi bubuk almond dan digunakan sebagai bahan makanan lainnya.

Selain itu minyak almond juga dapat diminum seperti biasa. Cara mengolah almond sehingga menghasilkan minyak almond yang sehat adalah dengan cara disangrai atau diover terlebih dahulu tanpa menambahkan bahan lainnya kemudian almond di haluskan dengan cara di tumbuk kemudian suling atau peras kacang almond yang sudah ditumbuk menggunakan saringan.

Manfaat Kacang Almond untuk Kecantikan :

1. Menyehatkan kulit

Kesehatan kulit sangat perlu diperhatikan apalagi bagi wanita yang menginginkan kecantikan. Kulit yang sehat merupakan salah satu representasi kecantikan. Almond mengandung sejumlah vitamin E yang berperan dalam menyehatkan seluruh kulit tubuh tanpa terkecuali. Vitamin E pada almond juga mampu memperbaiki sel kulit yang rusak akibat radikal bebas.

2. Menyuburkan rambut

Vitamin E pada almond tidak hanya berperan dalam menyehatkan kulit saja namun mampu sebagai vitamin yang menyuburkan rambut. Masalah rambut memang sangat mengganggu terutama bagi orang-orang yang menginginkan hal praktis sehingga dalam menata rambut sering kali rambut yang rusak dan rontok sering kali menjadi masalah yang sangat menyebalkan.

3. Menghaluskan kulit

Minyak alami kacang almond berperan dalam menghaluskan kulit. Minyak kacang almond mengandung sejumlah mineral dan asam lemak esensial yang mampu menghaluskan kulit. Untuk itu sebabnya mengapa minyak almond sering dijadikan bahan pembuatan produk kecantikan. Tetapi alangkah baiknya jika menggunakan minyak almond alami yang diproses secara tradisional.

4. Melembabkan kulit

Vitamin E pada kandungan almond lagi-lagi berperan dalam melembabkan kulit. Vitamin E memang sudah terbukti sejak dahulu mampu merawat kesehatan kulit. Oleh sebab itu, vitamin E pada almond juga memiliki manfaat yang sama dengan vitamin E pada kandungan tumbuhan lainnya. Nutrisi vitamin E banyak digunakan sebagai bahan pembuatan suplemen kecantikan kaum wanita.

5. Memerahkan bibir secara alami

Bibir merah merona merupakan ciri bibir cantik dan bukti bahwa bibir tersebut sehat bernutrisi. Minyak esensial almond membantu mengembalikan warna merah alami pada bibir dan menyamarkan permukaan bibir hitam atau bibir pucat. Minyak almond aman digunakan untuk area sensitive seperti bibir karena jika tertelan maka tidak menimbulkan bahaya karena merupakan bahan alami.

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengurangi jerawat berlebih pada kulit wajah
7. Menyamarkan flek hitam
8. Mengangkat sel kulit mati
9. Memudarkan seluruh kulit kusam
10. Mengendalikan kelebihan minyak pada wajah
11. Mencegah komedo
12. Mengurangi risiko terserang penyakit kanker kulit
13. Mengatasi kulit kering dan pecah-pecah
14. Menutrisi kulit tubuh secara menyeluruh
15. Mengatasi kulit bersisik dan terkelupas
16. Pelindung kulit wajah dari radikal bebas
17. Mencegah kerontokan rambut
18. Menyehatkan kulit kepala dan menghindari gatal-gatal pada kulit kepala
19. Menyehatkan jaringan rambut
20. Mencegah rambut kering dan kusam
21. Melembabkan rambut
22. Minyak almond membuat rambut berkilau
23. Memperbarui sel-sel rambut pada kulit kepala
24. Menyamarkan lingkaran hitam pada mata
25. Meredakan mata bengkak
26. Memanjangkan bulu mata
27. Mencegah bibir pecah-pecah dan kering
28. Menghaluskan seluruh permukaan kulit
29. Menebalkan alis
30. Menyamarkan noda bekas jerawat
31. Menjadikan kulit tampak bersinar
32. Melancarkan sirkulasi darah di bawah lapisan kulit
33. Menutrisi lapisan kulit pada bibir sehingga kulit bibir tidak mudah rusak
34. Melembabkan bibir
35. Melembutkan bibir

Cara Memanfaatkan Kacang Almond untuk Kecantikan :

Memanfaatkan kacang almond untuk kecantikan kulit dari dalam bisa langsung mengkonsumsi kacang almond yang sudah dioven atau di sangrai. Hindari memasak almond menggunakan minyak goreng yang mengandung kolesterol. Jika tidak suka mengkonsumsi almond secara langsung, bisa dengan mencampur almond dengan sayuran dan yogurt sebagai salad almond.

Untuk perawatan dari luar, bisa dengan diolah sebagai masker dengan cara menumbuk kacang almond kemudian mencampurkan dengan madu lalu usap pada tubuh dan wajah. Minyak almond juga baik sangat berkhasiat untuk menyehatkan kulit. Bisa langsung dioleskan pada permukaan kulit dan permukaan bibir yang menginginkan bibir tampak merah merona.

Efek Negatif Kacang Almond :

• Menyebabkan gatal pada tenggorokan ketika di konsumsi
• Memicu alergi
• Over dosis vitamin E
• Tubuh Lemas
• Penglihatan kabur dan berkunang-kunang
• Nyeri kepala
• Diare
• Buang gas berlebihan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kacang Mete untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kacang almond memang populer sebagai kacang-kacangan mewah yang diminati oleh semua kalangan. Selain rasanya yang sangat gurih, manfaatnya yang beragam untuk kecantikan dan kesehatan menjadi point penting mengapa kacang almond sangat dianjurkan untuk di konsumsi. Akan tetapi melihat dari berbagai efek negative tentunya sangat mengkhawatirkan. Oleh sebab itu, tetap jaga pola dan aturan.

Continue Reading

Lainnya dari Biji

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top