Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Alpukat, apokat, avokad, atau Persea americana merupakan buah dari tanaman alpukat. Buah alpukat menjadi salah buah yang sangat banyak disukai oleh orang-orang karena rasanya yang khas dan manis. Untuk memperkuat rasa dari buah alpukat, banyak orang yang mencampur alpukat dengan gula merah sehingga manisnya lebih terasa. Tidak hanya enak untuk dimakan, manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan juga sangat banyak.

apokat, avokad, Persea americana, , Manfaat Alpukat, Khasiat Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah dengan banyak manfaat, bahkan sejak dulu. Diketahui buah apokat pertama kali berasal dari Amerika Tengah dan banyak juga ditemukan di Mexico ketika awal-awal munculnya buah ini. Nama latinnya di sana adalah Persea Americana dan menjadi buah yang cukup populer di sana. Tidak jarang juga, buah alpukat dijadikan sebagai jus sehat di Amerika sana.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Alpukat :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Alpukat

Kandungannya adalah Kalori 160 kal, Karbohidrat 8,5g, Air Protein 2g Gula 0,7g, Serat 6,7g, Lemak 14,7g, Vitamin A, Vitamin C 10mg, Vitamin D, Vitamin E 2,07mg, Vitamin K 21µg, Vitamin B1 (Thiamine) 0,07mg, Vitamin B2 (Riboflavin) 0,13mg, Vitamin B3 (Niacin) 1,74mg, Vitamin B5 (Panthothenic acid) 1,39mg, Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,26mg, Vitamin B9 (Folat), Vitamin B12, Cholin 14,2mg, Kalsium 12mg, Zat Besi 0,55mg, Magnesium 29mg, Fosfor 52mg, Potassium (Kalium) 485mg, Sodium 7mg, Seng (Zinc) 0,64mg, Tembaga (Copper) 0,19mg, Manganese 0,14mg, Selenium 0,4µg.

Loading...

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan :

1. Atasi Kanker Prostat

Kanker ini terjadi para pria dan menjadi masalah besar pada pria jika terkena dengan penyakit ini. Tapi Anda bisa melakukan tindak pencegahan dan pengobatan menggunakan buah alpukat ini. Penggunaan yang paling sehat untuk mengobati dan mencegah prostat adalah dengan cara dijadikan jus, bisa setiap hari dengan catatan dilengkapi dengan gizi lainnya agar tidak menyebabkan overdosis vitamin.

2. Atasi Kanker Mulut

Zat anti kanker dalam kandungan alpukat membantu dalam mengatasi kanker mulut yang bisa menjadi masalah besar. Selain itu, anti inflamasi serta vitamin-vitamin dalam buah apokat membantu dalam mengatasi sel-sel kanker yang sedang berkembang di dalam mulut.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mata menjadi salah satu panca indera yang sangat penting. Seluruh aktivitas dalam hidup ini memerlukan mata agar tak terjadi apa-apa. Kandungan vitamin A pada buah apokat membantu dalam mengatasi gangguan pada mata yang biasanya terjadi karena kurangnya asupan vitamin ke mata. Selain itu, rutin konsumsi alpukat membantu dalam mempertajam penglihatan dan mengatasi gangguan mata.

4. Menurunkan Kolestrol

Kolestrol bisa jadi sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Zat yang ada pada buah apokat membantu penurunan kolestrol hingga 17%. Angka tersebut sebenarnya cukup tinggi mengingat kolestrol menjadi salah satu penyebab penyakit yang paling berbahaya. Hal ini pernah dijadikan bahan penilitian dan hasilnya membuktikan kalau buah apokat membantu dalam mengatasi kolestrol.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung menjadi salah satu organ yang paling penting untuk tubuh karena merupakan pusat dari perputaran darah. Mengkonsumsi buah apokat membantu dalam mengatasi berbagai masalah jantung mulai dari gagal jantung atau serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian. Anda bisa memulai dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat bisa dimakan langsung atau dijus. Untuk jaga-jaga, bersihkan buah apokat terlebih dahulu.

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Lainnya

6. Atasi kanker payudara

7. Membantu mencegah stroke

8. Membantu penyerapan gizi

9. Sebagai sumber glutathione

10. Sebagai sumber vitamin E

11. Atasi tekanan darah tidak stabil

12. Mengontrol gula darah

13. Atasi pradangan

14. Sehat untuk rambut

15. Menangkal radikal bebas

16. Mengatasi masalah maag

17. Sebagai obat sariawan

18. Bengkak

19. Atasi penyakit kencing manis

20. Baik untuk ibu hamil

Cara Memanfaatkan Alpukat Untuk Kesehatan :

Pada dasarnya alpukat paling nikmat dijadikan jus atau bisa dimakan secara langsung. Namun rasa manis alpukat yang kurang, biasanya banyak orang mencampur dengan gula aren atau gula pasir agar bertambah manis. Tapi cara ini tidak disarankan jika Anda penderita diabetes atau penyakit gula darah. Yang dimakan hanya dagingnya saja, untuk kulit dan bijinya sudah berbeda cara pemanfaatannya.

Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan :

1. Menambah Berat Badan

Solusi untuk Anda yang termasuk memiliki tubuh yang kurus. Kandungan kalori dan karbohidrat dari buah apokat membantu dalam mengisi tubuh agar lebih berisi. Tentu saja untuk yang ingin diet tidak disarankan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini, apalagi tanpa olahraga. Buah apokat sangat cocok untuk orang yang ingin memiliki tubuh yang ideal dengan menambah sedikit berat badannya dengan cepat.

2. Atasi Penuaan Dini

Penuaan dini biasanya diakibatkan karena pola makan yang tidak benar. Tapi biasanya paling besar disebabkan oleh tingkat stres yang selalu memuncak. Karena itulah banyak orang pebisnis mengalami penuaan dini karena stres dengan pekerjaannya. Untuk membantu mengatasinya, rutinlah untuk mengkonsumsi buah alpukat karena kandungan vitamin C dan E nya membantu meremajakan kulit.

3. Atasi Keriput

Keriput pada kulit biasanya terjadi pada bagian dahi, bawah mata, sikut, lutut, tumit, dan lainnya. Jika Anda mendapati kulit keriput, berarti kulit Anda perlu banyak cairan. Kandungan air dalam alpukat membantu dalam mencegah keriput karena membuat kulit Anda tetap berair.

4. Sebagai Pembersih Kulit

Vitamin A dalam buah alpukat membantu dalam membersihkan kulit. Biasanya paling efektif untuk diterapkan pada wilayah kulit yang kusam atau memiliki debu daki yang menempel banyak. Penggunaannya bisa dengan cara dijadikan masker seperti yang biasa diterapkan pada mentimun atau jeruk. Penggunaannya bisa juga dengan cara dihaluskan terlebih dahulu menggunakan blender atau sejenisnya kemudian dioleskan pada kulit.

5. Membuat Rambut Berkilau

Manfaat vitamin yang ada pada buah apokat membantu dalam menyehatkan dan menhitamkan rambut. Selain itu, kandungan anti bakteri dan lainnya juga membantu dalam mengatasi ketombe pada kulit kepala. Penggunaannya sedikit berbeda di mana Anda harus menyediakan sedikit santan yang kemudian dicampur dengan ekstrak alpukat yang kemudian dijadikan sebagai minyak rambut. Sisir secara lembut atau Anda juga bisa melakukan pijatan.

Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melindungi dari sinar UV

7. Sebagai pelembab kulit

8. Mengatasi bibir pecah-pecah atau kering

9. Membantu dalam menyehatkan penampilan mata

10. Membantu dalam mengatasi masalah gigi berlubang

11. Mencerahkan kulit

12. Membuat gigi lebih putih dan bersih

13. Menjaga kesehatan kuku agar lebih bersih dan tidak rusak

14. Membentuk otot untuk laki-laki

Cara Memanfaatkan Alpukat Untuk Kecantikan :

Bisa dijadikan sebagai masker dengan dua metode yaitu cukup diriskan saja kemudian tempel pada muka atau dihaluskan terlebih dahulu dan dioles pada muka. Untuk perawatan lainnya, bisa dilihat di ulasan di atas.

Efek Samping Alpukat :

Efek Samping Alpukat

Beberapa efek samping pada alpukat bisa terjadi jika dikonsumsi secara tidak tepat dan overdosisi seperti:

1 Menggemukkan

2. Defisiensi nutrisi

3. Alergi

4. Menurunkan tingkat produksi ASI

5. Merusak hati

6. Mengurangi efek obat

7. Menurunkan HDL

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kurma untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itu dia manfaat buah alpukat beserta kandungannya dan cara penggunaan yang benar serta efek samping yang bisa ditimbulkan. Tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan tanpa diimbangi dengan makanan buah lainnya karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan gizi atau overdosis vitamin.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top