Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Apel yaitu salah satu contoh buah-buahan yang memiliki nama latin Malus Domestica. Buah ini dihasilkan dari tanaman pohon buah apel. Terdapat dua jenis buah apel yaitu yang berwarna merah dan hijau. Jenis buah ini pertama kali ditanam di daerah Asia Tengah, lalu mulai berkembang ke daerah lain. Di Indonesia, jenis apel yang dikembangkan adalah jenis yang berwarana hijau, karena jenis yang merah akan berkembang lebih baik di daerah yang dingin. Manfaat apel bagi manusia sangat banyak, karena memiliki banyak kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Apel, Manfaat Apel, Khasiat Apel

Pohon apel memiliki tinggi 3 sampai 5 meter dengan bentuk daun yang menyirip. Buah yang merah biasanya ukurannya lebih besar dibandingkan jenis apel hijau, dan rasanya juga lebih manis. Apel memiliki biji yang berukuran kecil di dalam daging buahnya. Biji tersebut bisa diambil dan dikeringkan untuk selanjutnya ditanam lagi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Apel :

Kandungan Apel, Knadungan Gizi Apel, Kandungan Nutrisi Apel

Kandungan gizi dalam 100 gram jenis buah ini adalah 52 kcal kalori, 0,2 gram lemak, 1 miligram natrium, 107 miligram kalium, 14 gram karbohidrat, 10 gram gula, 2,4 gram serat pangan, 6 miligram kalsium, 5 miligram magnesium, 0,1 miligram zat besi, 54 gram vitamin A, dan 4,6 miligram vitamin C. Kandungan vitamin dan zat-zat dalam buah tersebut bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Loading...

Manfaat Apel Untuk Kesehatan :

1. Mencegah dan mengobati kanker

Kanker adalah penyakit yang timbul akibat gaya hidup yang tidak baik dan konsumsi makanan yang tidak sehat. Penyakit kanker tidak bisa di prediksi kapan akan terjadi. Salah satu cara untuk mencegah kanker adalah dengan rutin mengkonsumsi buah apel. Kandungan senyawa triterpenoids pada kulitnya telah dibuktikan untuk menghambat sel kanker. Selain itu, buah ini juga mengandung zat yang mampu mengurangi resiko kanker dan untuk mengobati kanker secara alami.

2. Menyehatkan mata

Seiring bertambahnya usia, mata manusia akan mengalami penurunan kemampuan. Mata akan terkena rabun jauh, rabun dekat, silinder, maupun masalah mata yang lain disebabkan karena faktor usia atau karena kebiasaan yang buruk. Cara untuk menjaga kesehatan mata salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah apel. Buah ini mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan adalah berupa sembelit dan diare. Terkadang sembelit terjadi karena kurangnya konsumsi serat. Dan diare terjadi karena kurang bersihnya makanan yang kita makan. Kedua masalah pencernaan ini dapat diatasi dengan apel. Kandungan seratnya dapat berfungsi untuk mengatasi sembelit, namun bisa juga menyerap kelebihan air dari kotoran yang menyebabkan diare.

4. Menyehatkan mulut dan gigi

Masalah yang sering dihadapi adalah bau mulut, plak pada gigi, dan gigi berlubang. Dengan mengkonsumsi buah ini, maka mulut akan memproduksi air liur untuk membersihkan rongga mulut sehingga tidak akan ada lagi masalah bau mulut. Selain itu, buah ini juga mengandung zat tanin yang berfungsi untuk membersihkan plak yang menempel pada gigi, sehingga gigi menjadi lebih sehat.

5. Mencegah dan mengobati penyakit diabetes

Penyakit diabetes atau gula darah diakibatkan karena konsumsi gula yang berlebihan, namun penyakit diabetes bisa juga diturunkan secara genetik. Untuk mencegah penyakit diabetes salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi gula alami yang berasal dari buah buahan yaitu apel. Selain itu, manfaat lainnya juga untuk mengobati diabetes karena adanya kandungan galaturonic acid untuk melepaskan hormon insulin. Untuk pengobatan diabetes, buah lezat ini  juga bisa diolah menjadi cuka.

Manfaat Apel Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah gangguan pernafasan
7. Menyehatkan dan menguatkan tulang
8. Memelihara kesehatan otak
9. Menurunkan kadar kolesterol
10. Mencegah penyakit parkinson
11. Memelihara kesehatan jantung
12. Mencegah penyakit batu empedu
13. Sebagai detoksifikasi
14. Mencegah penyakit wasir
15. Mencegah penyakit katarak
16. Meningkatkan sistem imun
17. Mencegah alzheimer
18. Menyehatkan payudara
19. Mencegah kurang darah atau anemia
20. Mencegah pikun
21. Menetralkan irritable bowel syndrome
22. Menyegarkan tubuh
23. Mengobati penyakit asma
24. Mencegah dehidrasi
25. Menangkal radikal bebas

Cara Memanfaatkan Apel Untuk Kesehatan :

Cara untuk mendapatkan manfaat apel bagi kesehatan adalah dengan mengkonsumsinya setiap hari. Bisa juga dengan merebus 2 buah kemudian meminum air rebusannya. Selain itu, Anda bisa juga mengkonsumsi olahan cukanya dengan dicampur dengan madu, atau l dicampurkan pada air untuk mengatasi infeksi.

Manfaat Apel Untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan jerawat

Jerawat adalah keadaan dimana pori pori kulit tersumbat oleh kotoran yang menempel pada kulit wajah seperti debu dan kotoran lain sehingga menyebabkan peradangan pada kulit yang mengakibatkan timbulnya kantung nanah. Cara untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka tersebut mampu membunuh bakteri dan menjaga keseimbangan pH kulit, sehingga jerawat akan cepat mengering dan hilang.

2. Memutihkan gigi

Gigi yang putih bersih adalah impian banyak orang. Tidak sedikit yang menggunakan cara veneer gigi untuk memutihkan gigi dengan mengikis email gigi dan menggunakan zat kimia. Padahal ada cara mudah untuk memutihkan gigi. Saat kita menggigit buah ini, kita sama saja sedang menggosok gigi dengan sikat gigi dan pasta gigi. Kandungan yang ada dalam apel mampu memutihkan gigi dan menyehatkan rongga mulut.

3. Mengencangkan kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah akan semakin kendor dan akan memiliki banyak garis garis keriput. Banyak orang mengatasi hal ini dengan cara menggunakan krim anti aging yang mengandung bahan kimia atau dengan melakukan operasi plastik. Daripada melakukan hal tersebut, ada cara yang mudah untuk mengencangkan kulit, yaitu dengan menggunakan masker apel atau dengan mengoleskan cuka apel secara rutin pada kulit wajah.

4. Mengatasi kulit berminyak

Banyak sekali tipe kulit wajah manusia, salah satunya adalah kulit berminyak. Minyak muncul dari kelenjar dibawah permukaan kulit dan dari keringat saat melakukan aktivitas. Kulit yang berminyak dapat memicu timbulnya jerawat. Untuk mengatasi hal ini, bisa dengan menggunakan masker dan cuka apel. Sehingga kadar minyak pada wajah bisa berkurang.

5. Menghilangkan kantung mata

Kebiasaan begadang hingga larut malam akan menyebabkan timbulnya kantung mata di bawah mata dan lingkaran hitam di sekitar mata atau yang sering disebut dengan mata panda. Kantung mata dan mata panda ini dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan buah apel, kandungan vitamin yang dimiliki buahnya akan mampu menghilangkan kantung mata dan mata panda.

Manfaat Apel Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan noda bekas jerawat
7. Menyehatkan kulit kepala
8. Menyuburkan rambut
9. Menghilangkan ketombe
10. Mencerahkan wajah
11. Menghilangkan selulit
12. Menghilangkan noda komedo
13. Melembabkan wajah
14. Menghilangkan karang gigi
15. Masker rambut alami

Cara Memanfaatkan Apel Untuk Kecantikan :

Manfaat jenis buah ini ntuk kecantikan bisa didapatkan dengan cara mencampurkan cuka apel dengan air atau madu, kemudian diaplikasikan ke wajah. Bisa juga dengan menumbuknya kemudian dicampurkan dengan madu dan jeruk nipis dan digunakan sebagai masker. Cara yang paling sederhana yaitu dengan memotong buah secara tipis lalu menempatkannya pada wajah, untuk menyegarkan wajah.

Efek Samping Apel :

Efek Samping Apel

Tidak ada efek samping yang ditimbulkan oleh buah lezat ini. Namun kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat apel bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk menghindari berbagai macam penyakit, kita harus rutin mengkonsumsi jenis buah yang satu ini. hal ini dikarenakan buah ini adalah produk alami dari alam yang mengandung berbagai kandungan zat dan vitamin yang menyehatkan tubuh.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itu dia manfaat buah apel dari segi kesehatan dan kecantikan sangat banyak, walaupun ada beberapa efek sampingnya. Manfaat apel yang paling sering orang ketahui yaitu dapat meminimalisir risiko kanker usus besar, kanker paru-paru dan kanker prostat.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top