Connect with us
Asam Jawa, Manfaat Asam Jawa, Khasiat Asam Jawa

Buah

77 Manfaat dan Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Asam jawa adalah buah dari pohon asam yang memiliki rasa masam sesuai dengan namanya. Asam jawa dijadikan sebagai bahan pelengkap rasa rasa asam atau campuran bumbu dapur lainnya. Asam jawa memiliki rasa asam yang khas berbeda dengan rasa asam pada jeruk atau lemon. Kulit dan daging buah berwarna cokelat jika sudah matang dan daging berwarna putih kehijauan jika masih muda. Manfaat asam jawa yang selalu diketahui orang adalah sebagai jamu tradisional.

Asam Jawa, Manfaat Asam Jawa, Khasiat Asam Jawa

Padahal, ada banyak sekali manfaat asam jawa ini jika dikaji lebih jauh. Masyarakat Jawa sering mengolah asam jawa menjadi berbagai produk minuman dan obat herbal lainnya. Buah yang rasanya masam ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Konon asam jawa merupakan salah satu obat herbal rahasia kecantikan dan keanggunan wanita para Jawa.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Asam Jawa :

• Kalori
• Rendah Lemak ( lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, lemak tak jenuh tunggal)
• Natrium
• Kalium tinggi
• Karbohidrat
• Serat pangan
• Gula
• Protein
• Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C
• Kalsium
• Zat besi
• Magnesium

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan :

1. Mengobati disentri

Disentri merupakan penyakit yang mengganggu sistem pencernaan terutama di usus manusia. Gejalanya yaitu kram perut berlebihan danbuang air besar yang ditandai dengan keluarnya darah atau lendir. Kondisi tersebut tentunya mengindikasikan adanya masalah pada usus manusia. Ramuan asam jawa mampu membantu menghentikan disentri dengan cara meminum ramuan tersebut secara rutin.

2. Mencegah penurunan tingkat gula darah

Penurunan tingkat gula darah atau gula darah yang tidak stabil menyebabkan sakit kepala, keringat dingin, lemah, gemetar, gugup,dan hilangnya tingkat konsentrasi. Rendahnya kadar gula dalam darah juga disebabkan oleh penurunan tingkat kadar kalium. Buah dengan rasa masam ini kaya akan kalium dan gula sehingga sangat cocok bagi penderita kadar gula dara rendah.

3. Mencegah gangguan otot

Asam jawa mampu mengatur kontraksi otot sehingga otot tetap dalam keadaan normal. Otot yang kaku dan tidak normal akan menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri otot, dan kehilangan kapasitas dalam mengangkat benda. Oleh sebab itu untuk menjaga agar otot-otot tetap befungsi normal dengan cara rutin berolahraga dan meminum ramuan herbal alami dari ekstrak asam jawa.

4. Menghindari dehidrasi

Asam jawa mampu menjaga keseimbangan kebutuhan tubuh akan air. Beberapa organ tubuh manusia memerlukan cukup air untuk berfungsi dengan baik. tubuh Kadang tidak bisa mendeteksi kebutuhn air dikarenakan beberapa fungsi tubuh yang sedang tidak normal. Oleh sebab itu, kalium tinggi didalamnya mampu menyeimbangkan kadar air dan mendeteksi kebutuhan tubuh akan air.

5. Mengembalikan tenaga

Beraktifitas seharian membuat energi kita terkuras. Ditambah lagi aktivitas tersebut malah menjadikan kita lupa memenuhi nutrisi tubuh dengan makanan bergizi. Oleh sebab itu, kita sering merasa lelah atau letih meskipun aktivitas yang dilakukan tidak terlalu berat. Jamu herbal asam jawa mampu mengembalikan tenaga yang terkuras dan memenuhi nutrisi harian tubuh.

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan lainnya :

6. Mencegah risiko terserang penyakit stroke dini
7. Menjaga kinerja dan fungsi otak
8. Mengurangi rasa nyeri akibat kram otot
9. Mengobati penyakit difteri
10. Mengontrol tekanan darah (menurunkan tekanan darah)
11. Mengobati penyakit ambeien
12. Meringankan demam setelah nifas pada ibu yang baru melahirkan
13. Menurunkan demam pada anak-anak
14. Menurunkan tingkat kolesterol dalam darah
15. Mengurangi rasa nyeri ketika haid
16. Mengobati sariawan dan penyakit mulut lainnya
17. Menyembuhkan dan mencegah bisul
18. Mengobati penyakit asma atau penyakit pernapasan lainnya
19. Dapat diolah sebagai ramuan obat batuk kering
20. Sebagai obat sakit perut dan gangguan perut lainnya
21. Mengurangi keputihan pada wanita
22. Menurunkan suhu panas pada badan anak-anak
23. Mencegah penyakit reumatik dan radang sendi lainnya.
24. Menghindari anak dari penyakit campak
25. Menguatkan tulang
26. Menyehatkan gigi dan membunuh kuman penyebab bau mulut
27. Menyembuhkan penyakit gusi berdarah
28. Mencegah penyakit beri-beri
29. Menjaga kesehatan dan penglihatan mata.
30. Membantu pembentukan sel tubuh
31. Menjaga kesehatan jantung
32. Mengobati flu dan penyakit hidung tersumbat lainnya.
33. Melindungi fungsi hati
34. Mengobati luka usus akibat tumbuhnya bakteri pada usus manusia.
35. Mencegah risiko terserang kanker.

Cara Memanfaatkan Asam Jawa Untuk Kesehatan :

Memanfaatkan asam jawa bisa langsung dionsumsi utuh. Rasa asam jawa memang sangat masam, namun ketika sudah matang, buah ini akan megandung banyak gula alami sehingga rasanya akan berubah menjadi berpaduan antar asam dan manis. Bisa juga meramu asam jawa menjadi jamu herbal atau ramuan lainnya. Jika tidak menyukai jamu, bisa dengan mengolah asam jawa sebagai bumbu masakan.

Manfaat Asam Jawa Untuk Kecantikan :

1. Memutihkan wajah

Vitamin C pada kandungan gizi asam jawa mampu memutihkan kulit dengan alami. Kulit putih memang menjadi salah satu ukuran mengapa seseorang wanita di kategorikan sebagai wanita yang cantik. Menggunakan asal jawa sebagai pengganti obat pemutih berbahaya sangat disarankan bagi wanita yang menginginkan wajah putih namun dengan cara alami dan ekonomis. Jika masih ada cara alami, buat apa menggunakan cara lainnya?

2. Menghilangkan selulit

Selulit merupakan kondisi dimana lemak di bawah permukaan kulit tidak keluar merata atau tidak tersebar dengan rata. Kondisi tersebut menyebabkan permukaan kulit juga tidak merata akibat tumpukan lemak. Asam jawa yang dicampurkan dengan gula dapat digunakan sebagai scrub yang mampu menghilangkan selulit dan kulit tidak merata. Tentunya ramuan berbahan dasar buah ini akan memecahkan solusi para wanita yang tidak percaya diri karena selulit.

3. Mengobati radang jerawat

Hampir setiap wanita dan pria sangat khawatir jika wajah mereka ditumbuhi jerawat. Bagi seseorang yang pekerjaannya dituntut untuk berhadapan dengan orang banyak, sangat pantang terkena penyakit kulit yang satu ini. Untuk itu, ramuan herbal asam jawa yang dipadukan dengan kunyit, kencur, atau temulawak mampu mengobati jerawat yang meradang dengan cepat jika dikonsumsi sesuai aturan dan rutin.

4. Mencerahkan kulit

Kulit cerah dan kulit putih tentu berbeda. jika kulit hanya putih saja maka kulit akan terlihat pucat. Mencerahkan kulit sangat penting karena kulit cerah menandakan bahwa nutrisi kulit sudah terpenuhi. Lulur atau masker asam jawa mampu mencerahkan kulit dan mengembalikan rona wajah alami yang hilang akibat terlalu sering terpapar sinar matahari.

5. Melangsingkan tubuh

Tubuh langsing merupakan aspek utama yang menjadi faktor penentu seorang wanita disebut cantik secara fisik. Namun mempertahankan tubuh pada posisi ideal sangatlah sulit sebab gizi dan nutrisi dari asupan makanan yang bervariasi setiap harinya tidaklah mampu menyeimbangkan berat badan. Oleh sebab itu, jamu asam jawa hadir sebagai solusi ekonomis yang dapat membentuk tubuh ideal.

Manfaat Asam Jawa Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengobati gatal-gatal dan biduran akibat bakteri pada kulit
7. Mencegah jerawat tumbuh kembali
8. Mengeringkan luka pada permukaan kulit dengan cepat
9. Menyamarkan bekas luka
10. Mengobati penyakit borok kulit
11. Melembutkan kulit
12. Meringankan gatal-gatal bekas luka yang kering
13. Meratakan warna kulit
14. Mengangkat sel kulit mati
15. Memudarkan stretch mark
16. Meningkatkan elastisitas kulit
17. Menutrisi kulit dari dalam maupun luar
18. Anti oksidan yang terkandung berperan dalam sebagai penangkal radikal bebas
19. Menyamarkan garis halus
20. Mengencangkan kulit keriput
21. Membunuh bakteri pada kulit
22. Mengangkat kotoran pada kulit
23. Merupakan bahan alami sehingga aman digunakan langsung pada kulit
24. Menghaluskan kulit
25. Cepat diserap oleh kulit karena partikel asam jawa bersifat halus
26. Membunuh bakteri penyebab utama munculnya jerawat
27. Menyehatkan kuku
28. Mampu mengangkat kotoran yang melekat pada sela-sela kuku
29. Mencegah tanda-tanda penuaan dini
30. Menggantikan masker atau obat perawatan kecantikan lainnya yang mengandung bahan kimia berbahaya
31. Memancarkan aura cantik
32. Menyegarkan kulit
33. Mencegah kulit kusam
34. Partikel yang sangat halus sehingga kotoran mudah meresap tanpa menyebabkan iritasi pada kulit
35. Mengobati penyakit kulit akibat jamur.

Cara Memanfaatkan Asam Jawa Untuk Kecantikan :

Asam jawa bisa menutrisi kulit baik dari dalam maupun dari luar. Meminum ramuan herbal atau jamu asam ini mampu mempercantik kulit dari dalam. Sedangkan untuk digunakan di luar, biasanya diolah menjadi masker yang ditambahkan dengan berbagai bahan alami lainnya seperti kunyit, kemiri, madu atau air lemon dan dijadikan scrub apabila diambahkan dengan gula.

Efek Samping Asam Jawa :

Dibalik banyaknya manfaat, selalu ada efek samping tersendiri apabila anda mengkonsumsinya secara berlebihan, adapun efek sampingnya adalah:

  1. Menyebabkan hipoglikemia, dimana merupakan kondisi kadar glukosa dalam darah mengalami penurunan drastis akibat mengkonsumsi buah ini secara berlebihan.
  2. Menimbulkan reaksi alergi bagi penderita alergi asam jawa.
  3. Sesak napas.
  4. Muntah.
  5. Dapat menyebabkan korosi pada gigi.
  6. Menyebabkan batu empedu.
  7. Menyebabkan asam refluks.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Asam jawa memang sudah terbukti sebagai ramuan yang memiliki banyak khasiat semenjak zaman Jawa kuno hingga kini. Jamu yang berbahan dasar buah ini menjadi warisan leluhur bangsa dan masih sangat populer sebagai minuman kuno yang memiliki rasa perpaduan antara masam dengan manis. Namun perlu diwaspadai pula bagi para penderita alergi dan konsumsi yang diatas batas wajar supaya lebih memperhatikan kadar asam dan pemakaian.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top