Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Belimbing wuluh atau belimbing sayur termasuk dari keluarga tanaman belimbing, namun sangat berbeda dengan belimbing buah yang biasanya Anda makan. Pada belimbing buah, rasa yang dihasilkan biasa sangat manis jika sudah matang. Begitu juga dengan belimbing sayur saat matang namun akan terasa kecut saat masih muda atau belum terlalu matang. Meski begitu, manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan sangat banyak sekali.

Belimbing Wuluh, Belimbing Sayur, Belimbing, Manfaat Belimbing Wuluh, Khasiat Belimbing Sayur

Belimbing wuluh ini bisa ditemukan di Indonesia dengan mudah biasanya terdapat di desa-desa. Dengan rasa kecut khasnya, belimbing wuluh ini bisa dijadikan sebagai bahan makanan yang memerlukan kecut keasaman untuk menambah cita rasa. Kandungan yang ada dalam buah ini juga terbilang sangat banyak dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Belimbing Wuluh :

Kandungan GIzi dan Nutrisi Belimbing Wuluh

Buah belimbing jenis ini terkenal karena manfaat vitamin C yang sangat banyak. Karena itulah belimbing wuluh sering dijadikan bahan sehat untuk mempercantik kulit karena vitamin C sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Selain vitamin C, kandungan belimbing wuluh lainnya adalah energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan kalium. Kalium menjadi nutrisi dengan jumlah terbesar setelah vitamin C yaitu sebesar 39 mg/100 gram buah belimbing wuluh.

Loading...

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Batuk

Sejak dulu, kandungan yang ada pada belimbung luwuh memang dikenal bisa menyehatkan paru-paru, tenggorokan, dan sistem pencernaan lainnya. Hal ini membuat masalah batuk bisa diatasi dengan buah ini. Cara penggunaan yang baik adalah meminur air rebusan dari buah ini kemudian dicampur sedikit dengan gula dan lakukan setiap hari 2 kali sampai batuk Anda sembuh.

2. Mengatasi Rematik

Rematik terjadi karena otot terlalu lemah dengan aktivitas yang itu-itu saja. Untuk mengatasinya, rajin lah berolahraga dan rutin konsumsi buah belimbing wuluh yang memiliki zat aktif anti-oksidan dan anti-inflamasi yang bisa sedikit membantu mengobati masalah rematik. Cara penggunaannya adalah menggunakan belimbing wuluh sebagai alat pelumas pijatan yang dicampur dengan bahan daun kantil, biji cengkeh, dan butiran lada hitam.

3. Mengatasi Sakit Gigi

Cara tradisional dalam penggunaan belimbing wuluh untuk mengatasi sakit gigi memang sedikit memaksa karena denyutan yang dirasakan namun sangat efektif. Caranya cukup sediakan beberapa buah belimbing wuluh yang dicampur dengan garam kemudian makan dan gosokkan pada gigi yang sakit. Garam maupun belimbing wuluh memiliki zat aktif yang bisa mengatasi rasa sakit gigi meski harus sedikit menahan sakit di awal.

4. Membantu Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi bisa mengakibatkan banyak penyakit jika dibiarkan begitu saja seperti strok dan masalah kesehatan lainnya. Selain untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi, buah ini juga bisa membantu tekanan darah rendah dan membantu mengstabilkan darah dalam tubuh. Penggunaannya cukup mudah, rebus beberapa buah ini kemudian airnya diminum. Bisa diminum selagi hangat atau pun dingin.

5. Mengatasi Penyakit Diabetes

Diabetes terjadi karena pola makan yang buruk dan terlalu banyak konsumsi manisan dan makanan tak sehat lainnya. Untuk mengatasinya, perbaiki pola makan dan rutinlah untuk mengkonsumsi buah ini karena memiliki zat aktif yang bisa membantu mengatasi diabetes dalam tubuh manusia. Buah ini juga terkenal bisa mengontrol kadar gula dalam darah sehingg sangat membantu dalam mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan darah seperti salah satunya adalah diabetes.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi sariawan.

7. Mengatasi panas dalam lainnya.

8. Membantu mengatasi gondongan.

9. Sebagai sumber antioksidan yang tinggi.

10. Meningkatkan imun tubuh.

11. Sebagai jus yang sehat.

12. mengatasi pegal linu.

13. Mengatasi nyeri pada sendi.

14. Mengatasi perkembangan bakteri dalam tubuh.

15. Mengatasi pendarahan dalam tubuh.

16. Mengatasi iritasi.

17. Membantu mempertajam mata.

Cara Memanfaatkan Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan :

Buahnya bisa dimakan langsung atau dijadikan bahan makanan yang sehat seperti sayur dan lainnya. Anda juga bisa mengkonsumsi air rebusan dari belimbung luwuh untuk hasil yang maksimal. Untuk penggunaan kulit dan pegal linu, bisa dijadikan pelumas pijatan atau sebagai masker dengan catatan harus dihaluskan terlebih dahulu.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan :

1. Mengatasi Panu

Panu biasanya terjadi karena kurangnya perhatikan kebersihan pada kulit. Masalah ini biasa terjadi pada erea kulit wajah, leher, punggung, pundak, dan lainnya. Panu juga bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C yang sehat untuk kulit. Zat aktif vitamin C yang ada pada buah ini berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah panu di tubuh Anda. Caranya, haluskan beberapa buah kemudian tempelkan pada kulit yang terkena panu.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat memiliki banyak jenis dan pada dasarnya, akan membekas suatu saat. Kandungan vitamin C dalam buah belimbing wuluh bisa membantu dalam menghilangkan jerawat, mulai dari jerawat kecil sampai jerawat besar yang berisi cairan karena pada dasarnya, jerawat terjadi karena vitamin C yang kurang dalam tubuh. Konsumsi buah ini bisa membantu dalam mengatasi segala jenis jerawat.

3. Membantu Mengecilkan Pori-Pori

Pori besar bisa mengakibatkan penampilan Anda menjadi jelek karena berkesan memiliki lubang pori yang besar dan membuat kulit menjadi terlihat kasar. Dengan pori kecil, bisa membantu dalam memperindah kulit dan akan membuat kulit berkesan lebih halus. Kandungan zat pada belimbing wuluh dan vitamin C didalamnya bisa membantu mengecilkan pori-pori.

4. Membantu Memerahkan Bibir

Bibir merah membuat penampilan semakin bagus karena pada dasarnya, bibir harus berwarna merah. Untuk membuat bibir menjadi lebih merah dan terlihat alami, butuh vitamin C yang banyak agar memenuhi kebutuhan yang diperlukan kulit bibir. Vitamin C dalam buah belimbing wuluh sangatlah banyak.

5. Membuat Kulit Lebih Lembab

Kelembaban sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan kulit. Karena memiliki kandungan cairan dan vitamin C yang sangat banyak, belimbing wuluh sangat membantu dalam melembabkan kulit. Dengan kulit lembab, bisa menjaga kesehatan yang sangat bermanfaat untuk mempercantik kulit.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah masalah penuaan dini.

7. Membuat kulit lebih muda.

8. Memutihkan kulit.

9. Dijadikan sebagai masker sehat.

10. Mengatasi flek hitam pada wajah.

11. Membuat kuku lebih mengkilap dan kuat.

12. Mengatasi minyak pada wajah.

13. Membuat mata lebih kontraks.

14. Membantu membersih Gigi Palsu

Cara Pemanfaatan Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan :

Buah belimbing wuluh bisa dijadikan jus sehat yang bisa membantu memperindah kulit dan melangsingkan tubuh. Buah ini juga bisa dijadikan sebagai masker dengan catatan harus dihaluskan terlebih dahulu bisa menggunakan blender atau ditumbuk hingga halus. Penggunaan dengan metode ini sangat efektif untuk mengobati jerawat, panu, dan segala jenis masalah pada kulit.

Efek Samping Belimbing Wuluh :

Efek Samping Belimbing Wuluh

Karena tidak ada imbangnya dengan nutrisi lainnya, mengkonsumsi buah belimbing wuluh secara sepihak bisa mengakibatkan efek samping yang sangat berbahaya seperti:

1. Kulit perih.

2. Bintik-bintik.

3. Menyebabkan flek hitam.

4. Kulit kering.

5. Kerutan.

6. Alergi.

7. Membuat kulit kasar.

8. Wajah terlihat hitam.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Tin untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Itu dia manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan, kecantikan dan efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Terkenalnya belimbing sayur bermanfaat untuk mengatasi penyakit kolesterol, darah tinggi dan sering digunakan untuk diet. Pada aspek kecantikan tanaman ini biasanya dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah kulit pada wajah serta badan, masalah rambut dan jerawat. Anda dapat melihat serta mambaca manfaat buah lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top