Connect with us

100 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

100 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Belimbing memiliki nama ilmiah Averrhoa carambola, adalah salah satu contoh buah-buahan yang kaya akan vitamin. Buah belimbing dalam bahasa Inggris disebut starfruit karena saat dipotong bentuknya akan menyerupai bintang. Belimbing yang sudah matang memiliki rasa manis dengan sedikit rasa asam. Karena banyaknya kandungan gizi dan vitamin dalam buah ini, maka banyak sekali manfaat belimbing dalam bidang kesehatan dan kecantikan.

Belimbing, Manfaat Belimbing, Khasiat Belimbing, Tanaman Belimbing, Buah Belimbing

Pohon belimbing berasal dari Indonesia, Sri Langka, dan India namun saat ini sudah tersebar ke berbagai daerah lainnya. Pohon buah tersebut hidup subur di daerah tropis, memiliki ketinggian hingga 5 meter. Batang pohon buah tersebut mempunyai banyak ranting cabang, dan memiliki daun berwarna hijau dengan ukuran yang kecil. Sebelum berbuah, biasanya akan muncul bunga bunga buah tersebut terlebih dahulu.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Belimbing :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Belimbing

Kandungan gizi dalam buah belimbing yaitu karbohidrat 6,73 gram, lemak 0,33 gram, protein 1,04 gram, serat 2,8 gram, vitamin A 61 IU, vitamin C 34,4 miligram, vitamin E 0,15 miligram, thiamin 0,014 miligram, riboflavin 0,016 miligram, pyridoxine 0,017 miligram, niacin 0,367 miligram, folat 12 mikrogram, kalsium 3 miligram, zat besi 0,08 miligram, sodium 2 miligram, kalium 133 miligram fosfor 12 miligram, seng 0,12 miligram dan magnesium 10 miligram.

Loading...

Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan :

1. Mencegah kanker

Kanker adalah penyakit yang mengancam setiap orang yang memiliki pola hidup yang buruk. Sejauh ini belum ada obat yang ditemukan untuk penyakit kanker, hanya ada usaha untuk membunuh sel sel kanker tersebut dengan kemoterapi. Kemoterapi juga memiliki efek bagi tubuh seperti muntah dan kerontokan rambut. Sebelum mengalami, alangkah baiknya kita mencegah. Mengkonsumsi belimbing adalah salah satu cara mencegah kanker.

2. Mengurangi kolesterol

Kolesterol adalah kadar lemak di dalam darah yang berfungsi untuk pembentukan hormon dan pembentukan dinding sel. Namun kadar kolesterol dalam darah bisa naik apabila Anda banyak mengkonsumsi lemak seperti daging dan makanan berminyak. Kolesterol yang berlebihan di dalam darah akan menyebabkan berbagai macam penyakit contohnya jantung koroner. Belimbing berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

3. Mengatasi hipertensi

Hipertensi adalah penyakit darah tinggi dimana tekanan darah dalam tubuh naik. Penyakit ini dipicu oleh keadaan stress yang memicu seseorang menjadi mudah marah. Bisa juga dipicu oleh faktor makanan seperti makanan yang asin dan daging kambing. Hipertensi bisa mengakibatkan penyakit stroke. Hipertensi dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah belimbing.

4. Mencegah anemia atau kurang darah

Anemia adalah penyakit kurang darah yang disebabkan kurangnya sel darah merah atau hemoglobin di dalam darah. Orang yang menderita anemia biasanya wajahnya pucat, badannya lemas dan mudah sekali pingsan. Anemia bisa dicegah dengan menambah konsumsi zat besi yang dapat ditemukan dalam buah berkhasiat ini. Rajin mengkonsumsi buah tersebut dapat mencegah seseorang mengalami penyakit anemia.

5. Menyehatkan pencernaan

Buah yang memiliki rasa masam dan manis ini mengandung banyak sekali kandungan gizi salah satunya serat yang baik bagi kesehatan pencernaan. Serat dapat membuat pencernaan lancar sehingga tidak menyebabkan sembelit. Serat juga akan mengikat bahan bahan kimia yang masuk ke dalam usus melalui makanan. Selain itu, serat juga berfungsi untuk menyerap kolesterol. Untuk mendapatkan manfaat buah tersebut untuk pencernaan, kita cukup mengkonsumsinya secara langsung.

Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menangkal radikal bebas
7. Kaya antioksidan
8. Meningkatkan kerja enzim
9. Menyehatkan mata
10. Meningkatkan vitalitas
11. Mengatasi peradangan
12. Obat batuk
13. Obat sariawan
14. Obat gusi berdarah
15. Mengatasi panu
16. Baik untuk diet
17. Mencegah penyakit gula
18. Mencegah rematik
19. Mengobati gondok
20. Meningkatkan sistem imun
21. Sebagai obat bisul
22. Obat gondongan

Cara Memanfaatkan Belimbing Untuk Kesehatan :

Cara mendapatkan manfaat belimbing untuk kesehatan adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung. Pilih buah yang masih segar dan sudah matang, lalu cuci bersih dengan air. Untuk mengkonsumsi buah ini, tidak perlu mengkupasnya karena di dalam kulit buah tersebut terdapat banyak zat yang berguna, cukup memotongnya saja. Jika Anda bosan mengkonsumsinya secara langsung, buah ini juga dapat dijadikan jus dengan campuran susu dan es.

Manfaat Belimbing Untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan kulit berminyak

Kulit berminyak timbul karena cuaca yang panas sehingga menimbulkan keringat dan minyak pada kulit wajah. Selain itu, pada dasarnya, kulit wajah memang memproduksi minyak karena adanya kelenjar minyak di bawah kulit. Minyak pada wajah sangat menggangu saat kita ingin tampil cantik. Solusi untuk kulit berminyak adalah menggunakan masker buah ini secara rutin.

2. Mengurangi dan mengatasi jerawat

Jerawat adalah peradangan pada kulit yang disebabkan karena kotoran yang menempel pada wajah dan banyaknya produksi keringat dan minyak pada wajah. Jerawat seringkali membuat kita kurang percaya diri karena warnanya merah dan sangat terlihat dan tidak bisa ditutupi oleh makeup. Rajin mengkonsumsi buah tersebut dan menggunakan maskernya bisa mencegah dan mengatasi jerawat.

3. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok bisa disebabkan karena rusaknya rambut setelah proses pelurusan, pengeritingan, pewarnaan, dan proses lainnya. Setelah terkena obat kimia dan pemanasan oleh alat alat salon, rambut akan menjadi rapuh dan mudah sekali rontok. Oleh karena itu rambut membutuhkan banyak vitamin untuk memulihkan keadaannya. Salah satu sumber vitamin dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah belimbing dan menggunakannya sebagai masker rambut.

4. Menghilangkan keriput di wajah

Keriput adalah garis garis kerutan yang ada vada wajah Keriput muncul akibat proses penuaan yang dialami oleh manusia. Keriput seringkali membuat kita kurang percaya diri. Kandungan vitamin yang ada pada belimbing dapat menghilangkan keriput pada wajah. Dengan rajin mengkonsumsinya, kebutuhan vitamin akan terpenuhi sehingga penuaan akan bisa dicegah dan wajah akan kencang tanpa keriput.

5. Mengatasi rambut yang beruban

Uban adalah rambut yang berwarna putih sebagai tanda dari adanya proses penuaan. Kondisi penuaan ini bisa dihambat dengan hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Vitamin dan kandungan gizi yang menyehatkan dapat ditemukan dalam buah belimbing. Buah ini juga mengandung antioksidan yang berguna untuk menjaga sel sel tubuh sehingga terhindar dari penuaan dini.

Manfaat Belimbing Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencerahkan dan menghaluskan wajah
7. Menghilangkan kantung mata wajah
8. Melembabkan kulit
9. Menghilangkan bekas jerawat
10. Melebatkan rambut

Cara Memanfaatkan Belimbing Untuk Kecantikan :

Manfaat belimbing untuk kecantikan dapat kita dapatkan dengan mengkonsumsi belimbing secara langsung dan membuat buah ini sebagai masker wajah maupun masker rambut. Untuk menghilangkan kantung mata cukup menempelkan potongan buah pada mata dan mata akan menjadi lebih segar. Jika ingin membuat masker, terlebih dahulu haluskan belimbing lalu campurkan dengan madu. Aplikasikan pada wajah atau rambut, lalu bilas. Gunakan secara rutin.

Efek Samping Belimbing :

Efek Samping Belimbing

Tidak ada efek samping yang ditimbulkan oleh belimbing. Namun, harus dihindari bagi orang yang memiliki penyakit ginjal. Karena kandungan asam oksalat dalam buah ini akan memicu pembentukan batu ginjal dan bisa menyebabkan gagal ginjal. Selain itu, asam oksalat juga bisa mengganggu penyerapan mineral mineral oleh tubuh.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Ciplukan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah tadi manfaat buah bagi kesehatan dan kecantikan. Namun bagi penderita penyakit ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi belimbing. Konsumsilah jenis buah ini secara teratur agar dapat merasakan khasiatnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top