Connect with us
Buah Bit, Bit Gula, Manfaat Buah Bit, Khasiat Buah Bit

Buah

41 Manfaat dan Khasiat Buah Bit untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bit gula, buah bit adalah salah satu tanaman yang termasuk ke dalam jenis akar atau umbi. Tanaman bit ini disebut juga sebagai beta vulgaris dengan ciri khas buah bulat bersama warnya merah keunguan. Tidak hanya dikenal dari umbi atau buahnya saja, tanaman bit juga terkenal dengan daunnya yang bisa dijadikan sayur untuk disantap. Tentu saja manfaat buah bit untuk manfaat dan kesehatan juga sangat lah banyak.

Buah Bit, Bit Gula, Manfaat Buah Bit, Khasiat Buah Bit

Buah bit dikenal luas di Mesopotamia kemudian sudah dikenal luas setelahnya di Eropa dan Asia. Buah ini juga sering ditemukan bahkan hampir di semua supermarket di Inggris dan Amerika Utara. Meski tidak tersebar luas seperti di Inggris atau Amerika, buah bit juga bisa dijumpai di Indonesia tidak sesulit yang kita duga. Umbi bit ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai jus, tapi bisa juga dijadikan bahan sayuran bersama dengan daunnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Bit :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Bit

Kandungan didalamnya sudah sangat mencukupi untuk memenuhi asupan nutrisi dan gizi pada tubuh. Beberapa kandungannya adalah kalori, lemak, natrium, kalium, serat pangan, gula, protein, vitamin A, kalsium, vitamin D, vitamin B12, vitamin C, zat besi, vitamin B6, magnesium, dan zat mineral lainnya.

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan :

1. Menurunkan Kolestrol

Kolestrol tidak bisa diabaikan begitu saja, kolestrol yang terus melunjak bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang bisa saja bersifat berbahaya. Untuk mengatasinya, cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah bit yang kaya dengan vitamin serta nutrisi lainnya yang berfungsi untuk mengobati dan mencegah kolestrol dalam darah. Agar lebih menyakinkan lagi, hindari makanan yang memiliki lemak jenuh tinggi karena bisa mengundang banyak potensi kolestrol.

2. Mengstabilkan Tekanan Darah

Untuk Anda yang sering mengeluh tentang masalah pada tekanan darah Anda, cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah bit yang dipercaya bisa mengatasi masalah tekanan darah baik itu tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah. Penggunaan yang baik untuk masalah tekanan darah ini adalah dengan cara dijadikan jus agar khasiatnya tidak ada tercampur dengan bahan-bahan lain.

3. Mengatasi Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling berbahaya, bahkan sampai saat ini. Cara pencegahan kanker yang baik dan benar biasanya harus dimulai dengan pola hidup yang sehat pula. Kandungan anti-kanker pada buah bit sangat membantu dalam menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit kanker. Penggunaanya bisa dengan cara dijadikan jus atau bahan sayuran sehat.

4. Membersihkan Ginjal

Ginjal sangat penting untuk kesehatan. Fungsinya pun sangat perlu untuk tetap menjaga kesehatan seluruh organ karena salah satu fungsi ginjal adalah membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Karena itulah sering kali ginjal yang kotor menjadi penghambat dalam kesehatan Anda. Salah satu manfaat dari buah bit adalah membersihkan organ dalam tubuh khususnya ginjal dan juga kantung empedu. Buah bit juga dipercaya untuk meningkatkan kinerja organ hati agar bisa menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh.

5. Mengatasi Anemia

Anemia berkaitan dengan kurangnya volume darah dalam tubuh. Gejala anemia untuk kegiatan sehari-hari sangat lah tidak menguntungkan seperti bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, pucat, dan badan terasa lesu. Hal ini karena kandungan zat besi pada buah bit membantu dalam meningkatkan pembuatan sel darah merah sehingga membantu mengisi volume dari darah dalam tubuh. Selain itu, zat-zat mineral lainnya juga bisa sangat membantu untuk meningkatkan kinerja dari zat besi.

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Sebagai obat tumor

7. Membersihkan kantung empedu

8. Meningkatkan stamina

9. Memperlancar pencernaan

10. Mengatasi peradangan

11. Menjaga kesehatan hati

12. Memperpanjang masa olahraga

13. Mengobati diabetes

14. Menjaga kesehatan otak

15. Mencegah pikun

16. Menjaga kesehatan jantung

17. Menjaga kesehatan mata

18. Mengatasi alergi

19. Mengatasi iritasi

20. Menyehatkan tulang

21. Mengatasi stroke

22. obat sembelit

23. Meningkatkan sel darah merah

24. Meningkatkan fungsi otot

25. Sembuh lebih cepat

26. Atasi racun dalam tubuh

27. Pewarna rambut alami

Cara Memanfaatkan Buah Bit Untuk Kesehatan :

Pada dasarnya buah bit dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, bisa menggunakan bahan-bahan lainnya untuk menambah cita rasa. Sebagian besar orang lebih memilih umbi bit yang dijadikan jus karena merasa dengan metode ini, bisa memaksimalkan khasiat dari buah ini. Selain itu, umbi ini juga bisa dijadikan sebagai bahan sayur sama halnya seperti tomat, terong, dan lainnya.

Manfaat Buah Bit Untuk Kecantikan :

1. Menyehatkan Penampilan Mata

Mata sehat berarti juga bisa menjaga penampilan mata pada wajah Anda. Sering kali banyak orang yang mengeluh dengan penampilan matanya yang merusak pandangan orang lain seperti mata merah dan lainnya. Untuk tetap menjaga kesehatan mata dan penampilannya, rutinlah untuk mengkonsumsi umbi bit yang dipercaya memiliki vitamin A dan C yang tinggi baik untuk mata dan sekitarnya.

2. Memutihkan Gigi

Gigi menjadi bagian dari tulang, karena itulah gigi sangat memerlukan sebuah nutrisi yang bernama kalsium pada buah bit. Kalsium ini berfungsi aktif untuk meningkatkan kesehatan gigi dan tulang Anda. Selain memperkuat sel-sel gigi, lapisan gigi juga akan diganti dengan kalsium yang masuk ke dalam gigi sehingga memutihkan gigi Anda.

3. Melangsingkan Tubuh

Karena tidak memiliki kandungan lemak didalamnya dan lebih banyak kandungan serat, bit menjadi salah satu buah yang sangat manjur untuk dijadikan sebagai obat diet. Karena itulah penggunaan buah bit sebagai jus harian di program diet Anda tidak bisa ditentang karena hasilnya memang sesuai harapan. Meski begitu, penggunaan setiap hari dengan takaran yang banyak tidak baik untuk dilakukan.

4. Mengatasi Ketombe

Ketombe menjadi salah satu masalah kulit kepala yang sering terjadi pada banyak orang. Ketombe yang muncul secara berlebihan bisa mengganggu penampilan khususnya para kaum wanita. Kandungan vitamin A dan vitamin C serta vitamin lainnya sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe. Namun penggunaan yang disarankan tidak dengan cara dimakan melainkan diaplikasikan langsung ke area kepala dengan cara dihaluskan terlebih dahulu kemudian dioleskan. Diamkan beberapa jam dan bilas menggunakan air bersih.

5. Mengatasi Jerawat

Jerawat biasanya terjadi karena ada masalah pada bagian kulit. Peradangan kecil ini disebut sebagai jerawat yang bisa mengganggu penampilan seseorang. Kandungan vitamin C pada buah ini membantu dalam mengatasi jerawat. Selain itu, anti inflamasi juga berperan penting dalam mengatasi peradangan pada kulit.

Manfaat Buah Bit Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencerahkan kulit

7. Melembabkan kulit

8. Mengencangkan kulit

9. Menlindungi dari sinar UV

Cara Memanfaatkan Buah Bit Untuk Kecantikan :

Bisa digunakan sebagai jus, bahan sayuran, atau dimakan. Namun jika ingin lebih maksimal, aplikasikan dari luar dengan cara memarut atau memblender kemudian oles pada wajah dan kulit.

Efek Samping Buah Bit :

Efek Samping Buah Bit

Jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi, bisa menyebabkan efek samping berbahaya seperti:

1. Menyebabkan beeturia

2. Tidak baik untuk penderita batu ginjal

3. Pita suara terganggu

4. Demam

5. Menurunkan tekanan darah secara drastis

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itu dia manfaat buah bit untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa anda terapkan dengan mudah di rumah. Penggunaan bit gula secara berlebihan sangat tidak disarankan dan jika terjadi sebuah gejala seperti alergi atau ketidakcocokan, sebaiknya hentikan konsumsi.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top