Connect with us
Buah Mahoni, Manfaat Buah Mahoni, Khasiat Buah Mahoni

Buah

33 Manfaat dan Khasiat Buah Mahoni untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah mahoni merupakan buah dari tanaman dengan nama yang sama. Mahoni dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat mulai dari buah, biji, dan semua bagian pohonnya. Hal itu membuat mahoni menjadi salah satu tanaman yang cukup populer dijadikan sebagai obat herbal. Tanaman ini juga banyak ditemukan di daerah pasifik selatan khususnya kepulauan solomon. Manfaat buah mahoni untuk kesehatan sangat banyak karena memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi.

Buah Mahoni, Manfaat Buah Mahoni, Khasiat Buah Mahoni

Tanaman herbal ini terkenal dengan manfaat bijinya yang banyak digunakan oleh orang-orang. Tapi tidak jauh berbeda dengan buahnya yang juga mengandung zat sehat untuk kesehatan tubuh. Sayangnya masih banyak orang yang lebih menggunakan biji daripada buahnya padahal tak jauh berbeda. Bahkan buah ini dikenal bisa mengobati penyakit jantung dan selalu menyehatkan jantung Anda.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Mahoni :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Mahoni

Kandungan yang ada pada buah mahoni memiliki banyak zat kimia didalamnya seperti saponin dan flavonoid. Kandungan glikon dan aglikon didalamnya juga cukup banyak. Selain itu, buah ini juga dikenal memiliki kandungan dari berbagai vitamin, protein, zat mineral, asam lemak, dan lainnya.

Manfaat Buah Mahoni Untuk Kesehatan :

1. Sehat Untuk Jantung

Karena memiliki kandungan flavonoid tinggi, buah mahoni sehat untuk jantung dan membantu dalam mengatasi berbagai masalah jantung seperti gagal jantung, serangan jantung, dan lainnya. Kandungannya juga membantu dalam memperkuat aliran darah yang masuk ke jantung agar kondisi jantung selalu sehat karena cukupnya pasokan darah ke jantung. Selain itu, zat besi dan berbagai macam vitamin juga bisa membantu dalam menyehatkan jantung.

2. Mengontrol Gula Darah

Gula darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya bahkan mematikan, seperti contohnya penyakit diabetes. Diabetes bisa diakibatkan oleh gula darah yang terlalu tinggi. Untuk membantu dalam mengontrolnya, Anda perlu yang namanya kandungan zat saponin yang bisa membantu dalam mengontrol gula darah. Kandungan zat ini bisa ditemukan dengan mudah di buah mahoni dan bijinya. Untuk penderita diabetes, mengkonsumsi buah ini bisa membantu dalam mengatasi diabetes.

3. Sebagai Penangkal Serangga

Biji atau buah mahoni bisa dijadikan sebagai penangkal serangga dalam artian lain, dijadikan bahan semprotan untuk mengusir serangga sehingga terhindar dari berbagai masalah seperti ruam pada kulit, gigitan serangga, dan penyakit yang dibawa oleh serangga. Sangat cocok untuk Anda yang tinggal di wilayah beriklim tropis karena memiliki banyak kehidupan serangga di sana.

4. Membantu Dalam Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan salah satu masalah organ pencernaan yang diakibatkan bisanya karena salah makan. Rasa sakit akibat sembelit bisa mengganggu kesehatan, karena itulah Anda perlu mengobatinya. Mengkonsumsi buah ini bisa membantu dalam mengatasi sembelit. Pemakaiannya tak perlu harus rutin jika hanya ingin dijadikan sebagai obat sembelit, karena sembelit bukan lah penyakit yang kronis. Namun pemakaiannya bisa setiap hari dengan catatan memiliki takaran yang pas.

5. Mengatasi Nyeri Ketika Haid

Rasa sakit saat sedang hadi sering kali menjadi sebab keluhan dari wania. Jika hal itu benar-benar terjadi pada Anda, cobalah untuk mengatasinya menggunakan buah mahoni yang dikenal bisa membantu dalam mengatasi nyeri ketika haid. Cara penggunaannya pun sedikit berbeda yaitu gunakanlah pada saat hari pertama siklus menstruasi. Gunanya untuk mengatasi ketika nantinya terjadi nyeri ketika hadi.

Manfaat Buah Mahoni Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengobati arzheimer

7. Meningkatkan kehamilan

8. Mengatasi berbagai penyakit hati

9. Membantu mengatasi stroke

10. Menambah nafsu makan

11. Atasi impotensi

12. Menambah energi

13. Sehat untuk program kehamilan

14. Menambah keharmonisan keluarga

15. Mengatasi malaria

16. Mengobati tumor

17. Membantu atasi kolestrol

18. Mengatasi diabetes

19. Mengatasi asma

20. Sebagai sumber flavonoid tinggi

21. Sebagai sumber saponin tinggi

Cara Memanfaatkan Buah Mahoni Untuk Kesehatan :

Biasanya buah dan biji mahoni dijadikan sebuah obat herbal terlebih dahulu dengan cara dihaluskan atau dijadikan bubuk. Cara ini cukup ampuh untuk memaksimalkan khasiatnya. Apalagi mengingat rasa dari mahoni yang terkenal dengan pahitnya, karena itulah metode tersebut bisa dijadikan sebagai alternatif mengurangi rasa pahitnya. Namun di balik rasa pahit itu, buah ini terkenal kaya dengan manfaat.

Manfaat Buah Mahoni Untuk Kecantikan :

1. Mengatasi Alergi Kulit

Sering kali alergi khususnya alergi pada kulit pasa membuat si penderita mengeluh. Terutama alergi kulit, efek lainnya adalah mengganggu penampilan Anda. Karena itulah Anda perlu untuk mengatasinya dengan cara rutin mengkonsumsi buah ini dan menghindari apa saja yang bisa membuat alergi Anda kambuh. Beberapa efek samping dari alergi untuk kulit adalah ruam, gatal, kulit merah, bengkak, berkelupas, dan lainnya.

2. Kurangi Bau Nafas Tak Sedap

Semua orang ingin memiliki nafas yang segar karena nafas bau bisa mengakibatkan penampilan Anda menjadi terganggu di mata dan penciuman orang lain. Jika Anda mengalami hal tersebut, cobalah mengkonsumsi buah ini karena akan membantu dalam mengatasi nafas tidak sedap. Rasa pahitnya bisa berefek baik untuk menghilangkan bau mulut tak sedap, bisa menggunakan biji atau buahnya.

3. Membantu Mencerahkan Kulit

Meski persentasinya sedikit, tapi faktanya kandungan yang ada didalamnya bisa bermanfaat untuk mencerahkan kulit Anda. Zat aktif pada buah ini akan membantu dalam mengangkat sel-sel mati pada bagian luar kulit yang biasa menyebabkan kulit kusam dan tampak hitam. Jika sudah terangkat, sistem jaringan kulit akan membentuk sel-sel kulit baru yang menggantikan sel kulit yang telah mati.

4. Mengatasi Gigitan Hewan atau Serangga

Luka akibat serangga bisa mengganggu penampilan Anda, apalgi luka tersebut berbekas secara permanen. Selain bisa membantu dalam mengusir serangga, ternyata kandungan yang ada di dalam buah mahoni bisa digunakan sebagai obat gigitan serangga sekaligus membantu dalam menghilangkan bekas gigitan tersebut. Penggunaannya sendiri bisa diaplikasikan langsung ke kulit yang terluka. Karena zat anti oksidan yang tinggi, buah ini dipercaya bisa membantu dalam menyembuhkan luka ringan pada kulit.

5. Mengatasi Jerawat

Penggunaan rutin untuk buah ini juga bisa membantu dalam mengatasi jerawat yang diderita. Hal ini karena buah mahoni mengandung zat-zat anti oksidan yang membantu dalam mengatasi jerawat atau radang ringan pada kulit. Meski tak sefektif obat-obat jerawat lainnya, namun bisa dijadikan sebagai alternatif yang cukup bisa diandalkan.

Cara Memanfaatkan Buah Mahoni Untuk Kecantikan :

Pada dasarnya olahan bubuk hasil biji atau buah mahoni digunakan sebagai obat herbal. Namun beberapa orang mungkin berpikir mengaplikasikan langsung ke kulit cukup ampuh. Namun metode yang sangat disarankan adalah menggunakan buah ini sebagaimana aturan yang telah ditetapkan oleh dokter agar tak menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Efek Samping Buah Mahoni :

Efek Samping Buah Mahoni

Penggunaan yang terlalu sering, bisa menyebabkan overdosis gizi dan kandungan sehingga berakibat dampak buruk seperti:

1. Sakit kepala

2. Gangguan kantung empedu

3. Tekanan darah rendah

4. Keguguran

5. Obesitas

6. Keracunan

7. Stroke untuk lansia

8. Penyakit jantung untuk lansia

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Biji Mahoni untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Perhatikan takaran yang pas dalam mengkonsumsi buah ini karena banyak konsumsi bukan berarti mengeluarkan manfaat buah mahoni sepenuhnya, bahkan bisa berefek samping berbahaya. Akan tetapi yang anda perlu tahu bahwa buah mahoni kaya akan khasiat sebagai obat herbal.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top