60 Manfaat dan Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Buah Pala, Manfaat Buah Pala, Khasiat Buah Pala

Buah

60 Manfaat dan Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah pala memiliki nama latin Myristica fragrans adalah buah dari tanaman pala yang berasal dari Banda, Maluku. Tumbuhan berumah dua tersebut dikenal memiliki pohon jantan dan betina dan daunnya elips langsing dengan buah yang berbentuk lonjong dengan warna kuning. Daging dan aromanya sangat khas karena mengandung minyak atsiri. Jika masak, kulot dan daging akan terbuka dan terlihat sebuah bungkus fusi warna merah. Dal satu buah, menghasilkan satu biji warna cokelat.

Buah Pala, Manfaat Buah Pala, Khasiat Buah Pala

Karena nilainya yang baik sebagai rempah-rempah, biji dan buahnya, maka buah pala ini telah menjadi komoditi perdagangan sejak masa Romawi. Dalam karya Plinius, pala disebut sebagai Si Tua dan juga merupakan yang tersebar luas dari Eropa ke Mauritius dan Karibia. Selain itu obat herbal ini sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, karena kandungan nutrisi yang lengkap.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Pala :

Banyaknya Buah Pala = 100 gr :

  • Bagian Buah Pala yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 30 %
  • Energi Buah Pala = 42 kkal
  • Protein Buah Pala = 0,3 gr
  • Lemak Buah Pala = 0,2 gr
  • Karbohidrat Buah Pala = 10,9 gr
  • JKalsium Buah Pala = 32 mg
  • Fosfor Buah Pala = 24 mg
  • Zat Besi Buah Pala = 2 mg
  • Vitamin A Buah Pala = 29 IU
  • Vitamin B1 Buah Pala = 0 mg
  • Vitamin C Buah Pala = 22 mg

Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan :

Buah pala yang sedang banyak kontroversi ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain adalah sebagai pencegahan dan pengobatan terhadap beberapa penyakit yaitu:

Loading...

1. Bantu Mengobati Masuk Angin

Manfaat yang pertama dari buah pala adalah untuk mengatasi masuk angin. Dengan memakan rebusan buah pala, sama saja seperti Anda minum minuman jahe, yang akan bekerja dengan cara memberikan kehangatan pada badan dan perut. Hal ini dikarenakan minyak atsiri dalam buah pala yang bisa meredakan perut kembung.

2. Bantu Mengatasi Insomnia

Manfaat dari buah pala yang selanjutnya adalah dapat mengatasi insomnia. Untuk mengatasi gangguan tidur ini, Anda perlu mencampurkan 1 sdt biji pala dengan 1 sdt madu, 1 sdt pala halus dan juga gula batu rebus. Rebus susu hingga mendidih lalu campur dengan bahan lainnya.

3. Sebagai Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah manfaat yang penting dari buah pala untuk kesehatan tubuh. Detoks yang merupakan proses pengeluaran racun ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, dan racun yang paling banyak adalah di bagian ginjal usus, dan hati. Senyawa yang terkandung dalam buah pala dapat membersihkan toksin pada organ-organ tersebut, terutama pada hati dan ginjal yang nantinya akan dikeluarkan melalui urin, feses maupun keringat.

4. Bantu Menyembuhkan Influenza

Influenza sendiri terjadi karena virus yang ada di sekitar kita, dan penyakit ini bisa dihilangkan atau diredakan dengan buah pala. Mengapa demikian? Karena buah pala mengandung asam aleanolat yang merupakan senyawa pada makanan atau pun minuman. Dan asam ini bukanlah asam beracun, justru punya sifat anti-virus sehingga mudah baginya menghilangkan virus penyebab influenza.

5. Bantu Mencegah Leukimia

Senyawa etanol telah ditemukan dalam buah pala sebagai fakta yang relevan, ini merupakan kabar baik untuk mencegah penyakit leukimia atau kanker darah. Memang untuk sekarang ini, khasiat buah pala untuk mengobati kanker masih belum banyak diketahui orang. Dengan mengkonsumsi buah pala akan mencegah datangnya sel leukimia dalam tubuh, juga akan menghambat pertumbuhan sel kanker pada penderita leukimia.

Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Dapat Menambah Nafsu Makan
7. Berkhasiat Melancarkan Pencernaan
8. Mengatasi / Meredakan Muntah
9. Bantu Menghilangkan Nyeri Haid
10. Sanggup Meredakan Asam Lambung
11. Terbukti Mampu Meredakan Rasa Sakit
12. Menghilangkan Suara Yang Parau Karena Berteriak, Dll.
13. Menjaga Kesehatan Otak
14. Bantu Menyehatkan Mulut
15. Melancarkan Sistem Peredaran Darah
16. Memperlancar Proses Penyerapan Nutrisi
17. Dapat Menormalkan Tekanan Darah
18. Bantu Menjaga Kesehatan Tulang
19. Menjadikan Sistem Imun Tubuh Lebih Baik
20. Mampu Mencegah Risiko Anemia
21. Sebagai Pengobatan Terhadap Diabetes
22. Bantu Menciptakan Mata Yang Sehat
23. Sebagai Penangkal Radikal Bebas
24. Mampu Mengobati Sakit dan Infeksi Pada Gusi
25. Membantu Tubuh Menghasilkan Energi
26. Membantu Meredakan / Menghilangkan Stres
27. Bantu Mengobati Hepatitis
28. Bantu Mengobati Rematik
29. Dapat Meringankan Cegukan
30. Sebagai Obat Masuk Angin
31. Sebagai Sumber Anti-Oksidan
32. Baik Untuk Menghangatkan Tubuh
33. Bantu Memelihara Stamina Tubuh
34. Bantu Mengembalikan Nafsu Makan
35. Meringankan Perut Melilit
36. Pala Mampu Menunda Kepikunan
37. Dapat Memperkuat Ingatan
38. Bantu Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Dari Osteoporosis
39. Bantu Meredakan Sakit Kepala
40. Bantu Menjaga Kesehatan Mata dan Mempertajam Pandangan
41. Bantu Menjaga Kesehatan Organ Hati

Cara Memanfaatkan Buah Pala Untuk Kesehatan :

Buah pala bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa dimasukkan dalam bumbu masakan demi menambah aromanya. Selain itu bisa dijadikan penambah aroma pada kue, manisan, dan lain-lain yang tentunya bisa memberikan efek positif bagi kesehatan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Mahoni untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Buah Pala Untuk Kecantikan :

Minyak dari Sari buah pala memang sudah tidak asing lagi di telinga kaum wanita yang sering merawat diri ke tempat-tempat perawatan kecantikan. Karena bukan hanya satu atau dua, namun banyak sekali produk kecantikan yang menjadikan minyak buah pala sebagai bahan dasar.

1. Dapat Mencerahkan Kulit

Sebab manfaatnya yang melimpah, minyak atsiri ini pun sudah tidak asing lagi dalam dunia kecantikan dan sudah biasa digunakan sebagai campuran produk pembersih atau pelembap wajah. anda juga bisa melakukan perawatan dengan minyak pala sendiri di rumah untuk mendapatkan kulit yang sehat dan lebih cerah.

2. Ampuh Menghilangkan Jerawat

Kemampuan buah pala untuk mengatasi dan menyamarkan noda bekas jerawat adalah berasal dari kandungan anti-mikroba serta anti-peradangan dalam buah pala. Dengan mencampurkan buah pala dan beberapa bahan lain (yang berkhasiat dalam bidang perawatan wajah), lalu basuhkan ke wajah dan berikan sedikit pijatan. Untuk penggunaan masker buah pala, sebaiknya nanti dibilas dengan air hangat.

3. Mampu Mengurangi Kulit Keriput

Bahan aktif dalam buah pala juga efektif sebagai anti-penuaan dan tentunya ini menjadikan buah pala sangat bermanfaat membantu mencegah mencegah timbulnya garis-garis dan kulit keriput.

4. Bantu menjaga Kesehatan Rambut dan Menguatkan Akarnya

Minyak pala juga kerap digunakan sebagai formula tambahan pada berbagai produk perawatan rambut, selain itu juga banyak dicampurkan pada sampo dan kondisioner demi mendapatkan rambut yang kuat, sehat dan berkilau.

5. Bantu Menambah Volume Rambut

Minyak pala selain dapat menjadikan rambut sehat, juga bisa menjadikan rambut lebih bervolume. Karena di sisi lain, minyak pala juga mampu mengatasi kerontokan rambut sehingga rambut dapat tumbuh dengan maksimal.

Manfaat Buah Pala Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Bantu Menyamarkan Flek Hitam
7. Bantu Memberikan Kelembapan Pada Kulit
8. Dapat Mencegah Komedo Kembali Lagi
9. Sebagai Bahan Dadar Parfum
10. Bantu Mengembalikan Elastisitas Kulit
11. Melancarkan Proses Pergantian Sel Kulit Wajah
12. Ampuh Mengembalikan Warna kulit Akibat Paparan UV
13. Bantu Menjaga Kesehatan Kulit

Cara Memanfaatkan Buah Pala Untuk Kecantikan :

Zat dalam buah pala akan membantu menghentikan banyak masalah kulit, terutama wajah agar penampilan Anda lebih maksimal. Buah pala bisa menghasilkan kulit wajah yang lebih halus dan terawat serta terhindar dari banyak masalah. Jika Anda ingin menghilangkan bisul, Anda bisa menggunakan cara di bawah ini:

1. Parutlah buah pala hingga halus, lalu campurkan dengan air dan madu.
2. Balurkan ke kulit yang ada bekas lukanya.
3. Diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Untuk Menghilangkan Bau Badan :

Kandungan limonene dalam buah pala ternyata bisa menghilangkan serta menghalau bau badan serta bau mulut, minyak atsiri sendiri juga bisa digunakan sebagai penghilang bau badan.

Untuk meraciknya adalah bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa dicampurkan dengan bumbu masakan, kue, atau manisan buah pala.

Sebagai Masker :

Jika ingin menjadikannya sebagai perawatan wajah, yaitu masker maka Anda butuh beberapa bahan tambahan dan harus dihaluskan hingga berbentuk bubuk. Lalu, beri madu, aduk hingga campuran berbentuk jelly. Dan oleskan pada wajah secara merata.

Diamkan hingga 10-15 menit atau bisa menunggunya hingga kering, dan bilaslah dengan air sampai bersih. Lalukan 2x dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Efek Samping Buah Pala :

1. Halusinasi

Buah pala yang merupakan bumbu dapur ini ternyata sudah menimbulkan kontroversi sejak lama. Salah satu efeknya adalah mampu membuat seseorang berhalusinasi. Namun efek tersebut tidak akan dirasakan jika mengonsumsinya hanya dalam takaran bumbu masakan saja.

2. Masuk Dalam Kategori Memabukkan

Nutmeg adalah sebutan bagi buah pala di negara luar. Dan buah ini bahkan dianggap sebagai salah satu jenis narkoba dengan efek luar biasa jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Dan efek yang paling buruk adalah ketika seseorang mengalami overdosis yang mengakibatkan sistem syaraf menjadi rusak, telinga berdenging kencang, dan juga sembelit.

Bahkan selain sembelit, juga akan merasakan sudah buang air kecil. Dan efek yang paling umum, yang biasa dirasakan oleh orang yang makan pala dalam jumlah banyak adalah timbulnya rasa tegang dan cemas. Setelah itu, ia akan berhalusinasi dengan pikiran yang kacau dan tidak ada kontrol diri. Jika sudah seperti ini, buah pala sangat pas jika disamakan dengan minuman keras yang punya efek memabukkan.

3. Haram Bagi Umat Islam

Menurut Imam Nawawi dan Ibnu Taimiyyah, memakan buah pala dalam jumlah berapa pun, sedikit atau banyak, tetap haram hukumnya. Hal iji didasarkan karena sesuatu yang memabukkan akan tetap haram meski dikonsumsi hanya sedikit, seperti minuman keras.

Pernyataan buah pala haram ini juga sejalan dengan apa yang telah Rosulullah ungkapkan di Ahmad, Ibnu Majah, dan Al-Nasa’i. Dengan terang dal hadist tersebut dijelaskan bahwa pala sama dengan ganja yang dapat membuat akal manusia rusak.

4. Tidur Terlalu Pulas

Jumlah yang sedikit dalam mengkonsumsi pala tentu tidak akan memberikan efek kerusakan yang berarti seperti halnya saat digunakan sebagai bumbu masakan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Pinang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Namun, ada kalanya Anda menghindari makan buah pala karena meski membuat tidur terlalu pulas juga akan memberikan efek yang kemungkinan negatif pada beberapa orang meski mengkonsumsi hanya sedikit. Semua tanaman atau obat herbal memang rata-rata memiliki manfaat dan juga efek samping.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Buah

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top