Connect with us
Ciplukan, Cimplukan, Ceplukan, Cecendet, Yor-Yoran, Keceplokan, Dedes, Leletokan, Angket, Kepok-Kepokan, Tanaman Ciplukan, Buah Ciplukan, Khasiat Ciplukan, Manfaat Ciplukan

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Ciplukan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Ciplukan (Phisalis angulata L.) atau Cimplukan, Ceplukan, Cecendet, Yor-Yoran, Keceplokan, Dedes, Leletokan, Angket, Kepok-Kepokan, atau dalam bahasa Inggris disebut Morel Berry merupakan jenis buah kecil yang sering dianggap buah tanaman gulma belaka. Padahal jenis terong-terongan ini memiliki rasa yang sangat lezat kalau sudah matang. Ketika matang, ceplukan akan berwarna kuning kecoklatan dengan kulit serupa kantong daun yang mengering atau menguning. Sedangkan kalau masih mentah, ciplukan sangat pahit rasanya.

Ciplukan, Cimplukan, Ceplukan, Cecendet, Yor-Yoran, Keceplokan, Dedes, Leletokan, Angket, Kepok-Kepokan, Tanaman Ciplukan, Buah Ciplukan, Khasiat Ciplukan, Manfaat Ciplukan

Manfaat ciplukan untuk kesehatan dipercaya bisa meningkatkan stamina. Kandungan vitamin C yang tinggi sangat bagus memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak. Memakan buah ceplukan sebanyak 10 butir sehari efektif mengatasi panas dalam dan sariawan yang tak kunjung sembuh. Namun karena buah ciplukan tidak diperdagangkan secara komersil, maka untuk memakannya tentu harus mencarinya dulu di area persawahan. Biasanya di desa-desa masih banyak tumbuh.

Buah morel berry ini memiliki bentuk yang khas, berupa bulatan-bulatan kecil dengan banyak biji. Di bagian luarnya ada kantong daun yang jika sudah matang akan menguning dan mengering. Morel Berry ini di Jepang dijual dalam kemasan-kemasan dan masuk supermarket. Namun kalau di Indonesia tentu saja belum ada pemanfaatannya secara komersil.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Ciplukan :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Ciplukan

Manfaat ciplukan dikenal sebagai buah sumber vitamin C, B12 dan vitamin A. Dengan memakannya, maka kebutuhan akan vitamin-vitamin itu jadi terpenuhi. Misalnya vitamin C yang selama ini dikenal ampuh meningkatkan imunitas. Sedangkan vitamin B12 yang juga ampuh dalam meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Selain itu, vitamin A beta karoten yang ampuh untuk menyehatkan mata.

Makan 10 butir ciplukan tiap hari begitu baik untuk pencernaan. Membuat asam lambung berkurang karena rasa asam buah ceplukan justru bersifat basa saat masuk ke dalam perut. Meskipun bukan jenis buah komersil di Indonesia, namun manfaat buah ini sudah selayaknya dicoba.

Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat cimplukan bagus sekali untuk mengatasi nyeri sendi. Membuat tubuh orang tua yang seringkali nyeri-nyeri jadi sembuh. Biasanya rasa nyeri ini disebabkan karena terlalu banyaknya asam urat di saluran pembuluh darah dan persendian.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat ciplukan bagus sekali buat tingkatkan kekebalan tubuh. Membuat tubuh jadi tidak gampang sakit. Selain itu, buah cimplukan juga ampuh untuk mengembalikan imunitas mereka yang baru dilanda sakit parah berkepanjangan. Misalnya habis kena tifus atau habis menjalani kemoterapi.

3. Menambah Stamina

Manfaat cimplukan baik pula buat tambah stamina. Khasiat buah cimplukan ampuh untuk mereka yang sehari-harinya membutuhkan stamina yang banyak dan kuat untuk aktivitas. Misalnya para atlet.

4. Mencegah Kanker

Ternyata ciplukan juga ampuh buat mencegah kanker. Ini karena kandungan vitamin B kompleksnya yang menunjang pertumbuhan sel agar bergerak dengan baik.

5. Membuat Tekanan Darah Stabil

Tekanan darah yang stabil bisa diperoleh karena banyak faktor. Mulai dari pola makan yang baik, olahraga yang teratur, manajemen stress dan istirahat yang cukup. Selain itu, konsumsi buah-buahan juga ampuh stabilkan tekanan darah.

Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menghilangkan letih
7. Menghilangkan lesu
8. Menurunkan tekanan darah
9. Mengatasi diabetes
10. Mengandung serat
11. Menyehatkan jantung
12. Mencegah gangguan paru-paru
13. Mengatasi gangguan jantung
14. Mencegah gangguan ginjal
15. Mengatasi meriang
16. Mengatasi anemia
17. Mengobati tekanan darah rendah
18. Membuat pencernaan lancar
19. Mengatasi sembelit
20. Membantu penyerapan gizi

Cara Memanfaatkan Ciplukan Untuk Kesehatan :

Memanfaatkan buah cimplukan untuk kesehatan mudah saja. Tinggal langsung mamakannya sebagai buah. Tidak ada perlakukan khusus yang membuat buah ciplukan mencapai manfaat maksimalnya. Justru manfaat ciplukan didapat dalam kondisi segar dan alaminya.

Proses pengunyahan buah berbentuk bulat-bulat kecil ini akan membantu mengeluarkan gula alami yang terkandung di dalamnya. Selain itu sensasi asamnya juga berubah menjadi basa ketika masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, memang manfaat ciplukan amat baik untuk sistem pencernaan.

Manfaat Ciplukan Untuk Kecantikan :

1. Meremajakan Kulit

Khasiat ciplukan terkenal ampuh buat meremajakan kulit. Artinya kulit-kulit yang sudah tua selnya. Yang membuat keriput dan kusam itu nantinya akan terkelupas dan tergantikan dengan sel kulit baru. Gunakanlah ceplukan secara rutin agar dapat hasil maksimal pada kulit anda.

2. Membuat Kulit Halus

Manfaat ciplukan ampuh membuat kulit jadi halus. Khasiat ciplukan yang kaya dengan vitamin C membuat kulit senantiasa segar dan halus. Proses peremajaan yang sukses kan salah satunya juga ditandai dengan menghalusnya kulit.

3. Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering bisa disembuhkan dengan rutin konsumsi buah dan sayuran. Buah ciplukan ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kulit kering. Tidak hanya di wajah, tetapi juga di tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya selain wajah.

4. Membuat Wajah Cerah

Manfaat ciplukan juga terkenal untuk mencerahkan wajah. Jika selama ini memiliki wajah yang kusam, maka pelan-pelan bisa sembuh dan cerah. Coba saja rasakan sendiri betapa dasyatnya buah ceplukan jika dikonsumsi secara rutin.

5. Memutihkan Kulit

Kemudian, manfaat ciplukan pun terkenal ampuh dalam memutihkan kulit. Ketika kulit mati terangkat selnya, kemudian digantikan sel kulit baru. Maka kemudian bakalan bisa jadi putih kulitnya.

Manfaat Ciplukan Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah bibir pecah-pecah
7. Mengatasi jerawat
8. Menghilangkan komedo
9. Membuat kulit berseri
10. Melembabkan wajah
11. Mengangkat sel kulit mati
12. Mempercepat regenerasi sel kulit
13. Mengatasi kulit kusam
14. Membuat kulit segar
15. Mencegah kulit pucat
16. Membuat badan langsing
17. Menghilangkan bau badan
18. Meluruhkan lemak
19. Baik untuk diet
20. Membuat mata jernih

Cara Memanfaatkan Ciplukan Untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan buah ini mudah saja. Tinggal langsung memakan saja buahnya. Namun sebaiknya hanya memakan buah yang masih segar dan baru dipetik dari pohonnya. Sebab rasanya jauh lebih enak. Selain itu, kandungan vitaminnya pun masih lengkap.

Untuk memanfaatkan ciplukan demi kecantikan memang satu-satunya jalan dengan langsung memakannya. Tidak lazim bila buah ini dibuat masker atau ditumbuk dan ditempelkan ke kulit. Semua usaha kecantikan dilakukan dari dalam.

Efek Samping Ciplukan :

Efek Samping Ciplukan

Ada beberapa efek samping yang didapatkan bila mengonsumsi morel berry ini terlalu banyak. Berikut ini efek sampingnya yaitu:

1. Lidah perih
2. Tenggorokkan terbakar
3. Mencret
4. Sakit perut
5. Mual dan muntah

Banyak sekali memang manfaat ciplukan yang bisa didapatkan, untuk itu jangan ragu lagi buat konsumsi buah ini. Buah tropis berbentuk bulat ini cocok dikonsumsi untuk sehari-hari sebagai cemilan. Tinggal mau usaha atau tidak buat mencarinya sendiri di sawah.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Anggur Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Satu lagi yang mesti ditekankan adalah bahwa memakan Morel Berry itu seharunya masih dalam kondisi segarnya. Jangan memetik buah ini terlalu banyak dari pohonnya. Sebab rasanya bisa berubah nanti kalau disimpan kelamaan. Jika pun terpaksa menyimpannya agak lama sebelum dimakan, maka sebaiknya disimpan dalam kulkas saja, dibekukan jauh lebih baik. Tenggat waktu penyimpannya, paling lama 7 hari.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top