Categories: Buah

50 Manfaat Degan Untuk Pengobatan, Wajah, Diet dan Ibu hamil

Manfaat Degan – Degan adalah salah satu bukti bahwa Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya akan tanaman berkhasiat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kelapa muda memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat. Buah yang sering ditemukan di pantai ini memang menyegarkan, namun siapa yang sangka bahwa manfaatnya juga sangat kaya untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Kelapa muda sendiri kerap kali disebut sebagai degan oleh sebagian masyarakat Indonesia dan sudah banyak sekali yang faham bahwa memang kelapa muda memiliki manfaat yang sangat kaya. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari kelapa muda.

Kandungan Degan

  1. Kalori
  2. Gula
  3. Protein
  4. Sodium
  5. Karbohidrat
  6. Serat
  7. Potassium
  8. Magnesium
  9. Fosfor
  10. Zat besi
  11. Zinc
  12. Tembaga
  13. Mangan
  14. Selenium
  15. Vitamin A
  16. Vitamin B6
  17. Vitamin B12
  18. Vitamin C
  19. Vitamin D
  20. Vitamin E
  21. Vitamin K
  22. Thiamin
  23. Niacin
  24. Folat
  25. Asam pantotenat
  26. Kolin
  27. Betaine
  28. Riboflavin

Manfaat Degan untuk Pengobatan Penyakit dan Kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah

Memiliki tekanan darah tinggi merupakan hal yang harus diwaspadai sebab dapat memberikan pengaruh pada beberapa penyakit berbahaya lainnya. Untuk membantu menurunkan tekanan darah sebenarnya tidak sulit dan banyak caranya, bahkan dapat juga menggunakan bahan alami seperti kelapa muda.

Dengan mengkonsumsi degan atau kelapa muda selama dua minggu membuat tekanan sistolik yang ada dalam tubuh menurun sampai 71%. Bahkan diastoliknya menjadi lebih rendah 29% jika dibandingkan dengan mengkonsumsi air putih biasa saja. Hal ini dikarenakan adanya kandungan potassium yang akan mengurangi resiko kardiovaskular.

2. Menurunkan kolesterol

Selain tekanan darah, ternyata kolesterol juga memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Memang kolesterol termsuk salah satu penyakit yang mematikan dan membuat seseorang tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari mereka. Mengkonsumsi air kelapa muda dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan air kelapa muda memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan juga potassium.

3. Meredakan stress

Stress memang tidak memberikan dampak gangguan kesehatan fisik yang terlihat, namun ketika anda mengalami stress juga dapat berdampak berbahaya. Untuk mengkonsumsi air kelapa muda atau degan juga membantu mengurangi stress anda sebab hal tersebut dapat memberikan rasa relaksasi yang menenangkan pada diri anda. Jika anda terhindar dari stress, maka otot juga akan rileks dan mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Air kelapa muda sendiri memiliki kandungan magnesium untuk mengatasi stress tersebut dengan baik, bahkan kandungan tersebut juga dapat digunaka untuk merangsang produksi hormone serotonin.

Manfaat Degan untuk Pengobatan Penyakit dan Kesehatan Lainnya

4. Meredakan otot kaku

5. Menambah energi

6. Menurunkan berat badan

Manfaat Degan untuk Wajah

1. Mengatasi jerawat

Memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh memang membuat banyak orang menyukai air kelapa yang satu ini. Namun, tahukah anda bahwa air kelapa muda juga memiliki khasiat yang cukup tinggi untuk menjaga kecantikan wajah. Salah satu manfaat dari air kelapa muda ini dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang membandel. Kandungan vitamin C yang tinggi akan membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah.

Caranya, sediakan satu gelas air kelapa muda yang sudah dicampur dengan 3 sendok kunyit yang sudah diparut. Diamkan dalam lemari es semalaman kemudian esoknya gunakan sebagai masker gosok ketika kering. Bilas dengan bersih, untuk hasil maksimal lakukan setiap hari.

2. Mencerahkan wajah

Selain membantu menghilangkan jerawat, ternyata kelapa muda juga dapat digunakan untuk membantu mencerahkan wajah anda. Jadi untuk anda yang memiliki wajah kusam dapat mencoba menggunakan degan untuk perawatan alami. Hal tersebut dikarenakan kelapa muda memiliki kandungan yang banyak seperti vitamin E, vitamin C, alanin, dan beberapa yang lainnya.

Caranya, lembutkan timun dan campurkan dengan ½ gelas air kelapa. Oleskan pada wajah seperti menggunakan masker dan bilas ketika sudah kering. Agar hasil lebih cepat cerah, gunakan dengan rutin.

3. Mengatasi bercak hitam

Bercak hitam merupakan salah satu tanda-tanda penuaan yang seringkali dihindari oleh banyak wanita. Untuk mengatasinya memang tidak mudah seperti masalah wajah yang lainnya. Namun anda dapat mencoba mengatasi bercak hitam dengan menggunakan kelapa muda yang alami dan kaya akan kandungannya. Kandungan di dalam kelapa muda akan mengangkat sel kulit mati dan membantu meremajakan kulit wajah anda dengan cepat. Kulit anda akan terlihat lebih muda tanpa ada tanda penuaan di wajah.

Caranya, anda dapat mencampurkan kelapa muda dengan potongan kunyit. Diamkan beberapa menit kemudian dapat anda bilas atau cuci wajah anda dengan menggunakan air tersebut. Memang tidak langsung hilang sebab anda harus menggunakannya secara rutin.

Manfaat Degan untuk Wajah Lainnya

4. Membersihkan pori kulit

5. Mengatasi kulit kering

Manfaat Degan untuk Ibu Hamil

1. Sumber elektrolit dan antioksidan

Menjadi ibu hamil memang tidak mudah, selain harus menjaga kesehatan janin anda juga diharuskan untuk menjaga kesehatan diri anda sendiri agar ketika melakukan persalinan dapat dengan lancar dan dalam keadaan yang kuat. Mengkonsumsi degan juga dapat memberikan manfaat besar untuk ibu hamil.

Degan sendiri memiliki kandungan elektrolit yang akan mengganti cairan tubuh ketika ibu terserang morning sickness. Bukan hanya itu tetapi degan juga dapat digunakan untuk melenyapkan radikal bebas dalam tubuh sebab memiliki kandungan antioksidan. Ada baiknya mengkonsumsi air kelapa atau degan yang memang murni bukan yang di dalam kemasan.

2. Menambah energi

Elektrolit di dalam air degan bukan hanya dapat digunakan untuk mengganti cairan ketika ibu hamil muntah, tetapi juga dapat digunakan untuk membantu mengembalikan energi yang hilang. Bahkan elektrolit juga akan membantu ibu hamil untuk dehidrasi sebab hal tersebut cukup membahayakan.

Ibu hamil yang kekurangan garam juga dapat digantikan dengan air kelapa sebab adanya kandungang garam yang alami seperti klorida, kalium, dan juga natrium. Menggunakan air kelapa muda atau degan yang diambil langsung dari buahnya tanpa campuran jauh lebih menyehatkan bagi ibu hamil.

3. Melancarkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah pada ibu hamil memang sangat penting, namun kerap kali terjadi gangguan. Dengan mengkonsumsi degan dapat membantu mengoptimalkan sistem sirkulasi di dalamd arah. Jika sirkulasi darah tidak normal maka dapat memberikan efek janin tidak menerima suplai oksigen dengan baik. Kalium dan magnesium menjadi kandungan yang berperan penting dalam hal tersebut.

Manfaat Degan untuk Ibu Hamil Lainnya

4. Mencegah infeksi saluran kemih

5. Memberikan nutrisi untuk janin

Efek Samping Degan

1. Bukan minuman yang baik untuk olahragawan

2. Meningkatkan kalori dalam tubuh

3. Kurang baik untuk orang yang rentan alergi

4. Penyebab ketidakseimbangan elektrolit

Mengkonsumsi degan memang sangat baik sebab kaya akan manfaat, namun harus dalam takaran dan batas yang wajar. Bahkan untuk ibu hamil juga sebaiknya tidak mengkonsumsinya terlalu sering sebab dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Mengkonsumsi degan dalam taraf yang wajar akan membantu menjaga kesehatan anda.

Share
Tags: Degan

Recent Posts

54 Manfaat Kencur untuk Penyakit, Wajah, Kulit dan Bayi

Manfaat Kencur - Kencur merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk keluarga jahe dan mampu dijadikan bahan obat-obatan serta tergolong…

2 bulan ago

50 Manfaat Air Putih Bagi Pengobatan, Tubuh, Wajah, Diet, Keputihan dan Promil

Manfaat Air Putih - Air putih merupakan sebuah zat cair yang mempunyai molekul hidrogen dan oksigen. Air ini mempunyai warna…

2 bulan ago

20 Manfaat Hewan Bagi Manusia, Lingkungan dan Kehidupan

Manfaat Hewan - Manusia tidak bisa bertahan hidup seorang diri. Dalam upaya memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya manusia akan memanfaatkan makhluk…

2 bulan ago

20 Manfaat Facial Wajah, Pengertian, Cara Melakukan, Harga dan Efek Samping

Manfaat Facial Wajah - Facial wajah kini menjadi hal yang sangat penting untuk merawat wajah supaya tampak lebih segar dan…

2 bulan ago

34 Manfaat Air Mani Pria untuk Kesehatan, Kecantikan dan Wanita

Manfaat Air Mani Pria - Air mani atau yang juga disebut dengan istilah semen adalah cairan putih yang keluar saat…

2 bulan ago

99 Manfaat Olahraga di Pagi, Sore dan Malam Hari untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga - Manfaat olahraga secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun masih sangat sedikit yang mengatahui manfaat olahraga…

2 bulan ago