Connect with us
Delima, Buah Delima, Manfaat Delima, Khasiat Delima

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Delima untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Delima atau Punica granatum adalah buah yang berasal dari genus punica, spesies Punica granatum L. Buah Delima yang sudah ada sejak zaman kuno ini memiliki banyak penyebutan, seperti: Thaptim, Dalima, Granada, Garnet, Granat, Cochineal, Thap Lu’u dan Pomegrante. Buah ini masuk ke dalam keluarga suku Punicaceae yang pohonnya bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 8 meter.

Delima, Buah Delima, Manfaat Delima, Khasiat Delima

Tanaman buah ini berdasarkan catatan sejarah dikenal di banyak peradaban besar dunia, seperti Persia Kuno, Mediterania, India dan Amerika Kuno. Di wilayah Spanyol, buah ini dinamai Granada dan namanya menjadi salah satu nama kota kuno di sana. Selain itu, buah berwarna merah ini juga ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Buah Delima bentuknya bulat, mirip sama manggis dari luar, warnanya merah. Hanya saja isinya ternyata berbentuk butiran-butiran kecil warna merah pula yang tertanam di dalam sekat dagingnya yang tipis. Rasanya sangat manis dan ada asam-asamnya sedikit. Cocok dimakan langsung atau dicampurkan dalam menu desert pilihan. Selain itu diolah jadi sirup juga nikmat.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Delima :

Kandungan Gizi Delima, Kandungan Nutrisi Delima

Sudah tentu buah berwarna merah ini sangat kaya dengan vitamin A. Konsentrasi zat beta karotennya tinggi terlihat dari warna merah yang dominan di buah ini. Selain itu juga ditemukan kadar vitamin B kompleks dan C yang amat baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh dan melancarkan regenerasi sel-sel.

Jenis buah ini memiliki 3 jenis warna, ada Merah, Ungu dan Putih. Namun yang terkenal adalah Delima Merah. Pemanfaatannya memang sebatas untuk membuat makanan dan minuman. Namun jangan ragu buat konsumsinya karena kandungan gizi dan nutrisinya memang banyak.

Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan :

1. Mencegah Penyumbatan Pada Pembuluh Darah Arteri

Buah delima adalah buah yang kaya akan vitamin dan juga antioksidan. Antioksidan di dalam buah ini sangat baik untuk kesehatan kita. Antioksidan ini membantu untuk mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri kita oleh kolesterol jahat. Sehingga sangat baik jika kita rutin mengonsumsi buah ini, baik di jus atau memakannya langsung.

2. Mencegah Berkembangnya Radikal Bebas

Delima adalah buah yang kaya akan antioksidan, salah satu oksidan itu adalah flavonoid. Flavonoid ini dapat mencegah atau menghambat berkembangnya radikal bebas dalam tubuh kita sehingga akan sulit terserang penyakit. Akan baik jika kita rutin konsumsi buah delima. Memang buah delima sulit di temukan di indonesia.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Radikal bebas yang terus berkembang di dalam tubuh kita membut kita rentan akan terkena penyakit salah satunya adalah penyakit jantung. Sehingga solusi untuk masalah ini adalah kita sering mengonsusi makanan yang mengandung banyak antioksidan. Buah delima mengandung banyak antioksidan salah satunya adalah flavonoid yang dapat mencegah berkembangnya radikal bebas yang dapat menyebabkan salah satunya penyakit jantung. Dn buah ini juga mengandung kalium yang baik unntuk jantung.

4. Mencegah Kanker

Kanker terjadi bisa karena adanya radikal bebas yang masuk ke tubuh kita serta pertumbuhan sel yang tidak baik. Antioksidan dalam buah delima dapat mencegah adanya radikal bebas didalam tubuh kita dan memperbaiki pertumbuhan selsel tubuh sehingga kita terhindar dari penyakit kanker.

5. Menurunkan Risiko Terkena Alzheimer

Antioksidan didalam buah delima dapat menurunkan resiko terkena alzheimer. Mengonsumsi jus delima secara rutin dapat menurunkan resiko terkena alzheimer. Kandungan antioksidan dalam buah delima jauh lebih besar jika dibandingkan dengan buah jeruk, green tea, dll.

Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Sumber vitamin A
7. Menjernihkan bola mata
8. Mengandung vitamin B kompleks
9. Sumber vitamin C
10. Mengobati sariawan
11. Menambah stamina
12. Mengobati pegal linu
13. Melancarkan sistem pencernaan
14. Melancarkan BAB
15. Menyehatkan usus
16. Membuat badan bugar
17. Menambah nafsu makan
19. Memperbaiki sistem metabolisme tubuh
20. Mengaktifkan hormon anti stress dan rasa senang
21. Memasok enzim penting
23. Sumber glukosa alami
24. Mengandung serat pangan
25. Mecegah gangguan peredaran darah

Cara Memanfaatkan Buah Delima Untuk Kesehatan :

Untuk mengolah buah granada ini mudah saja. Spesies Punica yang rasanya manis dan asam ini cocok sekali dijadikan campuran es, puding dan kue. Selain itu juga bisa olah jadi minuman seperti sirup dan wine. Namun ada trik untuk mengolahnya agar rasanya lezat. Pilihlah hanya delima yang sudah matang.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari buah ini, sebaiknya juga pastikan buah dalam kondisi segar dan terbaiknya. Jangan memakai buah yang busuk sedikit, sebagian atau seluruhnya.

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Buah delima adalah buah yang mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, dan E yang baik untuk kulit. Vitamin-vitamin itu dapat mencerahkann wajah  kita. Carana mudah yaitu dengan meminum jusnya secara rutin dan juga menjadikannya sebagai masker.

2. Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat adalah masalah yang sangat urgent untuk orang-orang terutama kalangan remaja. Jerawat membuat kita menjadi kurang percaya diri. Untuk itu banyak orang berlomba-lomba mendatangi skincare untuk perawatan wajah yang mereka belum tahu apakah produk-produknya cocok atau tidak. Untuk itu solusi untuk masalah jerawat tanpa harus khawatir efek sampinya adalah dengan mengambil manfaat buah delima. Buah ini mengandung vitamin C, dan E yang baik untuk perawatan jerawat.

3. Memutihkan Kulit Wajah

Banyak oorang yang berlomba-lomba membuat wajahnya putih dengan produk-produk kecantikan yang ada di pasaran. Sebenarnnya untuk memutihkan wajah ada cara yang lebih aman, yaitu masker buah delima. Caranya mudah buatlah menjadi jus lalu jadikan itu sebagai masker, gunakan itu secara rutin.

4. Menghaluskan Kulit Wajah

Kulit yang halus dan tidak kusam adalah idaman semua orang. Bagaimana caranya untuk menjadikan kulit kita halus? Caranya mudah cukup mengonsumsi buah delima secara rutin atau rutin memakai maskernya.

5. Melembabkan Kulit Wajah

Vitamin E dan vitamin C dalam buah ini dapat membantu kita melembabkan kulit kita. Sehingga rajinlah untuk mengonsumsi buah yang selain rasanya enak ini juga karena khasiatnya sangat banyak.

Manfaat Buah Delima Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengangkat sel kulit mati
7. Membuat kulit segar
8. Mengecilkan pori-pori kulit
9. Membuat wajah cerah
10. Mencegah kanker kulit

Cara Memanfaatkan Buah Delima Untuk Kecantikan :

Untuk manfaatkan buah ini demi kecantikan, bisa melalui dua cara, dimakan atau dibalurkan ke tubuh menjadi masker dan lulur. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya kedua cara itu dipakai.

Efek Samping Buah Delima :

Efek Samping Delima

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti di atas, bisa saja buah ini menimbulkan beberapa efek samping yang tidak diharapkan, seperti:

1. Sakit Perut
2. Mencret
3. Gangguan lambung
4. Muntah
5. Disentri

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Berbagai manfaat buah delima di atas sudah sepatutnya dicoba dari sekarang. Memang butuh perjuangan buat mendapatkan buah ini di pasaran. Sebab peredarannya di Indonesia masih jarang, sekalipun ada biasanya hanya masuk mall-mall dan toko buah elite.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top