Connect with us
Durian, Manfaat Durian, Khasiat Durian, Buah Durian, Tanaman Durian

Buah

50 Manfaat dan Khasiat Buah Durian untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Durian adalah nama buah dan tanaman yang tidak asing bagi orang Indonesia. Buah berduri dan beraroma sangat tajam. Di balik duri-duri yang tajam, tersimpan daging buah yang terasa lunak, lembut, berwarna kuning, orange, dan merah. Rasa buahnya benar-benar enak dan nikmat. Selain itu, manfaat durian untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan sangatlah banyak. Walau sudah dikenal khalayak umum, tak semua orang tahu manfaat apa saja yang ada pada buah beraroma menyengat dan tajam ini.

Durian, Manfaat Durian, Khasiat Durian, Buah Durian, Tanaman Durian

Bagi penggemarnya, akan bilang manfaat durian sebanyak bintang-bintang di langit. Sedangkan bagi yang tidak suka buah ini, hanya ujaran negatif yang dilontarkan. Agar tidak terjebak dengan dua sudut pandang tersebut, mari simak penjelasan di bawah ini.

Kandungan Gizi dan Kalori Buah Durian :

Si rajanya buah tropis ini mengandung banyak nutrisi, dari secangkir porsi durian diperoleh gizi sebagai berikut: kalori sebesar 357 kalori, karbohidrat sebanyak 130 gram, protein sebanyak 3,6 gram, lemak tak jenuh, vitamin C 80%, vitamin B6, zat besi, tembaga, kalium, magnesium, fosfor, triptopan, tiamin, folat, omega 3, omega 6, dan berbagai macam senyawa lainnya yang bersifat antioksidan.

Manfaat Durian Untuk Kesehatan :

1. Sebagai sumber energi

Kandungan karbohidrat yang tinggi serta kalori yang tinggi pula membuat sangat ampuh meningkatkan energi dalam seketika. Bagi yang sering mengalami loyo, lesu, dan kurang bergairah, cobalah konsumsi buah durian. Dalam waktu singkat, Anda akan merasakan tubuh penuh gairah. Itulah kenapa kaum adam sangat menyukai buah ini.

2. Menghangatkan tubuh

Kandungan lemak dan karbohidrat yang sudah terfermentasi membuat tubuh kita terasa hangat. Semakin lama diperam, buah jenis tanaman kapas-kapasan ini mengandung banyak alkohol. Ini yang membuat tubuh terasa hangat. Tapi ingat, jangan terlalu banyak dikonsumsi karena bisa membuat pening kepala (mabuk).

3. Menambah massa daging

Protein yang terkandung di dalamnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk massa daging. Massa daging lebih padat dan berisi. Sudah tentu ini kan membuat tubuh kita terbentuk dengan sempurna dan ideal. Protein nabati merupakan pembangun tubuh yang baik dan sehat seperti halnya pada kacang-kacangan.

4. Melancarkan metabolisme tubuh

Berbagai macam vitamin dan mineral yang terdapat dalam durian akan mengaktifkan berbagai enzim yang membantu kelancaran metabolisme tubuh. Proses pembentukan berbagai senyawa-senyawa organik dan transmisi perintah sistem koordinasi di dalam tubuh akan lebih lancar.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan mineral yang tinggi akan membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat. Tubuh tak mudah terserang oleh berbagai macam infeksi maupun gangguan-gangguan metabolisme. Vitamin C bersifat antioksidan yang akan mengenyahkan radikal-radikal bebas di dalam tubuh.

Manfaat Durian Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Memperkuat tulang

7. Mengontrol tekanan darah dalam tubuh

8. Menstabilkan denyut jantung

9. Menyembuhkan penderita epilepsy

10. Mendukung kesehatan sistem syaraf

11. Mencegah penyakit jantung

12. Membantu perkembangan janin

13. Memperkuat fungsi otak

14. Mematikan sel-sel kanker

15. Mencegah gejala penyakit diabetes

16. Memperlancar peredaran darah

17. Mendukung program diet

18. Meningkatkan stamina tubuh

19. Meningkatkan vitalitas untuk kaum adam

20. Bagus dikonsumsi untuk yang memiliki tekanan darah rendah

21. Menambah bobot badan

Cara Memanfaatkan Durian Untuk Kesehatan :

Dikonsumsi dalam keadaan segar sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Pilih durian yang benar-benar matang. Selain rasanya yang enak, juga mengandung nutrisi yang lengkap. Boleh juga mengkonsumsi olahannya yang dikenal dengan tempoyak. Nutrisinya cukup bagus untuk kesehatan tubuh. Hanya saja tak selengkap ketika masih dalam keadaan segar.

Olahan segar lainnya yaitu dibuat aneka minuman yang biasa dijajakan di restoran dan café-café. Yang perlu diwaspadai adanya penambahan gula olahan yang bisa mengurangi khasiat durian itu sendiri.

Bila Anda mabuk dengan buah king of fruit, makanlah manggis sebagai penawarnya. Bisa juga minum air putih yang ditaruh di kulit durian. Air putih ini sebagai penawar mabuk akibat terlalu banyak makan buah berbau tajam ini.

Manfaat Durian Untuk Kecantikan :

1. Meremajakan kulit

Senyawa dari kelompok flavonoid berperan dalam peremajaan sel-sel kulit. Regenerasi sel-sel kulit akan membuat kulit Anda tetap terjaga kelembaban maupun kekenyalannya. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda bisa memakai daging buahnya sebagai masker wajah.

2. Mencerahkan kulit

Siapa sih wanita yang tidak suka dengan kulit cerah. Buah durian mampu mencerahkan kulit Anda. Zat yang berperan dalam mencerahkan kulit yaitu vitamin C. Kandungan vitamin C di dalam daging buah cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk mencerahkan kulit sekaligus menyehatkan kulit.

3. Menghilangkan jerawat

Berkat adanya senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan di dalam daging buah akan mematikan berbagai jenis kuman penyebab infeksi pada jerawat. Infeksi bakteri yang menyebabkab peradangan dan timbul nanah di jerawat.

4. Menghaluskan kulit

Kulit halus butuh nutrisi vitamin E yang cukup. Untuk memenuhi kebutuhan ini bisa diperoleh dari daging buah king of fruit. Kulit kasar dan bersisik bisa halus berkat asupan nutrisi vitamin E yang cukup.

5. Menghilangkan noda hitam di wajah

Lagi-lagi berkat kadnungan senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan, vitamin C, vitamin E dan beberapa mineral yang saling bekerja sama untuk melenyapkan noda-noda hitam di wajah.

Manfaat Durian Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah kemunculan jerawat

7. Menghitamkan rambut

8. Menyuburkan rambut

9. Melenyapkan bagian kulit yang berwarna gelap

10. Menghilangkan retak-retak pada tumit

11. Mencegah tumit retak-retak

12. Menjaga elastisitas kulit

13. Mengharumkan badan

14. Menghilangkan bau tak sedap badan

15. Merawat rambut tetap kuat

16. Dapat digunakan sebagai masker

Cara Memanfaatkan Durian Untuk Kecantikan :

Untuk perawatan kulit, cara pemakaiannya yaitu dibuat menjadi masker. Ambil daging buah durian yang sudah kuning dan matang. Hancurkan sampai terbentuk pasta. Lalu gunakan untuk masker wajah. Aplikasi ini dipakai sebelum tidur. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu. Untuk keperluan melenyapkan noda-noda hitam, tambahkan madu alam sebanyak dua sendok makan. Cara pemakaiannya sama, yaitu untuk masker wajah.

Cara lainnya, yaitu dikonsumsi segar. Namun perlu dibatasi asupannya. Untuk kecantikan, pilih buah yang sudah matang pohon. Barengi dengan makan buah manggis sebagai pasangan si raja buah. Kedua buah tersebut mengandun vitamin E yang cukup tinggi yang akan membuat kulit lebih halus.

Efek Samping Durian :

Pada intinya, jangan sampai berlebihan mengkonsumsi si rajanya buah ini. Karena akan mengganggu sistem pencernaan kita dan mengganggu metabolisme tubuh. Walau tidak dikonsumsi berlebihan, jangan berikan buah ini kepada orang-orang yang mengidap diabetes, orang yang memiliki resiko penyakit jantung, orang yang memiliki tekanan darah tinggi, dan ibu yang sedang hamil.

Bagi penderita diabetes tentu pantang memakan buah-buahan yang kadar gulanya tinggi. Bagi yang memiliki penyakit jantung, pantang memakan buah-buahan yang bisa mempercepat denyut jantung. Demikian pula dengan orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Pada ibu hamil pantang mengkonsumsi buah-buahan yang berpotensi menimbulkan konstraksi perut.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Pir untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Hampir semua orang Indonesia mengatakan buah durian itu enak dan nikmat. Tak hanya itu, manfaat untuk kesehatan dan kecantikan juga diakui. Hanya saja, jangan sampai terlena dalam mengkonsumsinya. Dianjurkan untuk dikonsumsi hanya 100-200 gram saja setiap kali makan. Hal ini mengingat untuk menjaga keseimbangan nutrisi di dalam tubuh kita.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top