Connect with us

32 Manfaat dan Khasiat Jambu Air untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

32 Manfaat dan Khasiat Jambu Air untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jambu air, jambu wer, jambu cai, nyambu er atau jhambhu wir (Syzygium aqueum) merupakan buah dari tanaman dengan nama sama dan salah satu jenis jambu-jambuan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buah jambu air banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara. Selain memiliki rasa yang segar dan renyah, buah jambu wer juga memiliki manfaat yang melimpah untuk dikonsumsi.

Jambu Air, Manfaat Jambu Air, Khsaiat Jambu Air, Buah Jambu Air, Tanaman Jambu Air, jambu wer, jambu cai, nyambu er,  jhambhu wir

Jambu air mirip dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), yang merupakan keluarga dekatnya. Selain itu kedua jenis jambu tersebut memiliki bentuk pohon serta buah hampir sama.  Bahkan beberapa macam banyaknya jambu menyebabkan sangat sulit di bedakan dan sering diberi nama sama. Jambu air mudah ditanam dan di budidaya. Berikut uraian mengenai beberapa manfaat mengkonsumsi buah jambu er bagi kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jambu Air :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jambu Air

Sebelum beranjak pada manfaat melimpah dari jambu air, ada baiknya kita mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada buah ini terlebih dahulu.

Loading...

Jambu wer memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti kalsium, protein, zat besi, serat, vit A dan juga vit C. Bagian kulit buah jambu air ini mengandung senyawa alkaloid jamboisme. Senyawa tersebut sangat berperan penting dalam mengatasi diabetes karena bersifat terapeutik. Selain itu, jambu wer juga memiliki kandungan natrium yang menjadikan buah ini buah yang sehat untuk dikonsumsi.

Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan :

Berbagai kandungan dalam jambu air memberikan banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Banyaknya manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah ini menjadikan buah renyah ini banyak disukai berbagai kalangan. Nah, berikut beberapa manfaat jambu air untuk kesehatan:

1. Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam jambu air mampu mencegah sembelit dan juga kembung. Jambu air juga dipercaya mampu mengatasi diare. Serat dalam ja ini juga dapat membantu mengontrol berat badan sehingga kita bisa terhindar dari obesitas.

2. Membantu mengontrol diabetes

Kandungan senyawa organik jamboisme diyakini sangat bermanfaat untuk mengatasi diabetes. Jamboisme merupakan alkaloid yang berfungsi mengontrol konversi pati untuk menjaga gula serta membantu mengendalikan kadar gula. Selain itu, jambu air termasuk buah yang memiliki kadar indeks glikemik yang rendah sehingga sangat efektif untuk menurunkan kadar gula bagi para penderita diabetes.

3. Membantu membersihkan ginjal dan hati

Sifat diuretik yang dimiliki jambu cai sangat bermanfaat untuk membersihkan ginjal dan hati dari zat beracun. Jambu air dapat dibuat jus ataupun rebusan jambu air dapat meningkatkan fungsi organ dan tubuh pun selalu sehat dan bugar.

4. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Jambu cai mampu meningkatkan sistem imun karena memiliki kandungan mineral dan vitamin yang cukup tinggi. Vitamin A pada jambu air berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif. Sedangkan kandungan vitamin C dalam jambu air berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi terhadap mikroba. Nutrisi penting lainnya yang juga terdapat pada jambu biji seperti kalsium dan zat besi berfungsi untuk menjaga tubuh agar senantiasa sehat dan kuat.

5. Membantu menjaga kesehatan organ jantung

Jambu air memiliki kandungan serat tinggi dan juga berbagai kombinasi nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan organ jantung. Kadar kalium yang cukup tinggi serta antioksidan dalam buah jambu air bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh akan selalu terjaga dari berbagai macam resiko penyakit yang mengancam jiwa seperti stroke, jantung dan berbagai penyakit lainnya.

Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu mencegah penyakit kanker
7. Mampu mengurangi masalah pembengkakan
8. Membantu menurunkan demam
9. Mengobati penyakit asma
10. Menjaga kesehatan otak
11. Membantu meningkatkan kemampuan kognitif
12. Membantu mencegah kanker payudara
13. Mampu meningkatkan kesuburan pria
14. Membantu mencegah dehidrasi
15. Mampu menangkal radikal bebas
16. Membantu menyehatkan tulang
17. Mampu mengatasi sariawan
18. Membantu menyembuhkan penyakit sore eyes
19. Membantu mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis)
20. Meningkatkan kecerdasan pada ibu hamil beserta janin dalam kandungan

Cara Memanfaatkan Jambu Air untuk Kesehatan :

Jambu air bisa dimanfaatkan khasiatnya dengan cara dikonsumsi secara langsung. Buahnya yang renyah dan menyegarkan sangat cocok dikonsumsi di pagi hari, siang hari bahkan di malam hari. Anda juga mengkonsumsi buah ini dengan cara mengolahnya menjadi manisan yang nikmat. Selain itu, buah ini juga cocok diolah menjadi rujak. Bagi yang anak-anak yang tidak suka mengkonsumsi bauh secara langsung, bauh jambu air bisa diblender dan disuguhkan sebagai jus dengan toping menarik agar menyukai minuman menyehatkan tersebut.

Manfaat Jambu Air untuk Kecantikan :

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, buah jambu air juga memiliki manfaat melimpah untuk menambah kecantikkan. Nah bagi anda yang penasaran apa saja manfaat buah jambu wer untuk kecantikan, berikut ulasan lengkapnya:

1. Membantu meregenerasi kulit

Agarproses regenerasi kulit dapat bekerja dengan maksimal, maka tubuh memerlukan mineral dan juga vitamin yang bisa didapatkan dari buah jambu air. Selain itu, buah ini juga bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada jaringan kulit.

2. Membantu mencerahkan kulit

Jambu air mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk membuat kulit wajah nampak cerag alami. Konsumsi jambu air ini sangat penting bagi para wanita khususnya bagi mereka yang mendambakan kulit yang sempurna dan sehat.

3. Membantu menghambat proses penuaan dini

Komponen terpenting dari zat antioksidan adalah vit C yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah jambu air. Dengan jambu air ini maka masalah kulit kusam, garis halus dan keriput akan segera sirna sehingga anda akan terbebas dari berbagai tanda penuaan dini yang mengganggu penampilan prima anda.

4. Mencegah terjadinya infeksi kulit

Senyawa anti inflamasi dan anti mikroba yang terkandung dalam buah jambu biji sangat bagus untuk menjaga kulit terhindar dari alergi dan juga infeksi yang mungkin terjadi karena adanya kontak dengan faktor eksternal pada lingkungan.

5. Membantu mencegah cacar

Penyakit cacar akan sangat mengganggu penampilan kita terutama jika terjadi pada bagian wajah. Penyakit ini juga membutuhkan waktu yang lama untuk proses penyembuhannya. Mengkonsumsi jambu air secara rutin dipercaya mampu mencegah penyakit cacar yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai smallpox.

Manfaat Jambu Air untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghmbat penuaan dini
7. Mengatasi kulit keriput
8. Meremajakan kulit
9. Bisa dibuat masker
10. Bisa dibuat lulur

Cara Memanfaatkan Jambu Air untuk Kecantikan :

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah jambu air juga bisa dijadikan sebagai masker alami untuk memelihara kecantikan wajah. Caranya adalah dengan menyiapkan 5-6 buah jambu air kemudian dihaluskan dengan cara diparut atau diblender. Setelah itu tambahkan sedikit madu atau minyak zaitu dan diaduk rata hingga berbentuk seperti pasta. Gunakan masker tersebut secara merata pada wajah dan diamkan hingga kering. Selanjutnya bilas wajah dengan air bersih dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, cerah dan bersinar.

Efek Samping Jambu Air :

Efek Samping Jambu Air

Beberapa varietas buah jambu air ternyata berpotensi untuk membahayakan kesehatan karena kandungan racun berbahaya di dalamnya. Buah jambu wer yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat mengakibatkan batuk serta rasa gatal pada tenggorokan. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang pas agar tidak menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat jambu air yang bukan hanya untuk kesehatan namun juga memberikan manfaat melimpah untuk kecantikan. Buah jambu air menjadi buah segar yang menyehatkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Konsumsilah jambu wer ini secara rutin setiap minggu. Bagaimana? Apakah anda akan ingin membeli buah jambu air sekarang?

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top