Connect with us

35 Manfaat dan Khasiat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Buah

35 Manfaat dan Khasiat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Jambu biji merah merupakan jenis jambu biji yang sudah umum di negara Asia. Buah jambu biji merah memiliki bentuk yang mirip dengan buah pir. Saat masih mentah jambu biji memiliki kulit berwarna hijau dan saat sudah masak berubah menjadi kuning. Buah jambu biji memiliki daging merah marun atau putih yang di dalamnya terdapat banyak biji kecil. Secara umum manfaat jambu biji merah sering digunakan untuk minuman, obat herbal, olahan makanan, maupun kecantikan.

Jambu Biji Merah, Manfaat Jambu Biji Merah, Khasiat Jambu Biji Merah

Buah yang memiliki nama ilmiah Psidium guajava ini sering dikonsumsi dengan dimakan langsung, dibuat jus atau bisa juga dibuat selai. Karena kaya akan vitamin C maka banyak orang juga meracik buah jambu biji merah sebagai salah satu racikan obat herbal.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jambu Biji Merah :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jambu Biji Merah

Jambu biji mengandung vit C yang cukup tinggi dengan jumlah hingga 228 mg/ 100 g. Vitamin ini lebih banyak terdapat pada daging buah dibawah kulit. Jambu biji merah juga mengandung vitamin B kompleks asam pantotenik, asal folat, niacin dan piridoksin. Selain itu, buah ini juga mengandung tiamin, vitamin A, riboflavin dan vitamin K meskipun dalam jumlah yang tidak lebih banyak dari vitamin C.

Loading...

Jambu biji merah juga kaya akan mineral dan elektrolit. Yang cukup menonjol dari buah ini adalah magnesium, tembaga, zat besi, mangan, kalsium, seleium, fosfor dan seng. Adapun kandungan fitokimia dari jambu biji adalah polifenol galokatokin, karotenoid, likopen dan leukosianidin.

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan :

Setelah mengetahui berbagai kandunga jambu biji merah berikut beberapa manfaat dari jabu biji merah tersebut untuk kesehatan

1. Mengobati Diabetes

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki penderita diabetes dengan jumlah tertinggi di dunia. Jambu biji merah mengadung serat tinggi yang efektif menurunkan kadar insulin dan membantu meregulasi absorbs gula pada tubuh. Diabetes tipe-2 yang memiliki perkembangan tertinggi dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi buah jambu biji merah secara rutin.

2. Mencegah penyakit kanker

Salah satu manfaat terpenting yang terkuak dalam jambu biji merah ini adalah mampu menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker. Beberapa penelitia telah dilakukan untuk mengetahui efek mengkonsumsi jambu biji merah pada kanker payudara, kanker prostat dan kanker mulut.

3. Menyehatkan mata

Kandungan vit A yang terdapat dalam jenis jambu-jambuan ini dipercaya ampuh memperlambat kejadian katarak, degradasi penglihatan dan juga menyehatkan mata.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan niasin (vit B3) dala buah jambu biji merah diyakini mampu menstimulasi fungsi kognitif serta meningkatkan aliran darah. Sementara vit B6 didalamnya bermanfaat untuk menutrisi otak da menjaga fungsi saraf. Oleh sebab itu, anak akan menjadi lebih fokus dengan mengkonsumsi buah jambu merah.

5. Mengatasi susah BAB dan konstipasi

Dengan menelan biji jambu biji merah baik dalam keadaan utuh maupun yang sudah halus bisa bermanfaat untuk mendorong proses BAB da juga membantu fungsi usus.

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengurangi pilek dan batuk
7. Mengobati stress
8. Menyembuhkan sakit gigi dan gusi bengkak
9. Menurunkan berat badan
10. Mengobati demam berdarah
11. Mengatasi epilepsi
12. Melancarkan pencernaan
13. Mengendalikan tekanan darah
14. Menangkal radikal bebas
15. Membantu menyerap nutrisi
16. Menyehakan kelenjar tiroid
17. Merelaksasi tubuh
18. Baik untuk ibu yang sedang mengandung

Cara Memanfaatkan Jambu Biji Merah untuk Kesehatan :

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, jenis jambu ini juga dapat dikonsumsi dengan membuat jus jambu biji merah. Dengan menjadikan jambu biji merah sebagai jus segar, ini akan menjadi salah satu minuman favorit anak. Berikut cara membuat jus jambu merah

  1. Siapkan 3 buah jambu merah
  2. Cuci dan potong kecil-kecil
  3. Blender buah jambu dengan ditambahkan air dan juga gula sesuai selera
  4. Tambahkan es batu bagi yang suka minuman dingin
  5. Sajikan dalam gelas dan jus buah jambu biji merah penuh nutrisi siap untuk diminum

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, jambu biji merah juga berperan besar untuk menjaga kecantikan. Berikut beberapa manfaat jambu biji  merah untuk kecantikan:

1. Merawat kulit wajah

Kandungan vitamin yang terdapat dalam jambu biji merah sangat efektif untuk perawatan wajah. Anda bisa membuat masker wajah alami dari buah ini dan diaplikasikan secara teratur untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan kencang.

2. Melindungi kulit dari sinar Ultraviolet

Zat likopen yang terkandung dalam jambu biji merah 2 kali lebih banyak daripada kandungan dalam tomat. Likopen merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV sehingga kulit tetap sehat.

3. Mencegah penuaan dini

Berbagai jenis antioksidan dan vitamin yang terdapat dalam jambu biji merah sangat efektif untuk menyehatkan kulit. Dengan berbagai kandungan tersebut tanda-tanda penuaan dini agar terhalau sehingga kulit akan jauh dari yang namanya keriput atau garis-garis halus yang dapat mengganggu penampilan. Racun dan radikal bebas akan segera hilang jika kita rutin mengkonsumsi buah jambu biji merah dan memanfaatkan sebagai masker.

4. Sebagai toner alami pada kulit

Masih berhubungan dengan kandungan mineral dan vitamin dalam buah ini yang diyakini dapat menjadi penyegar kulit alami. Elastisitas kulit akan terjaga dan masalah kulit seperti keriput, stretch mark dan berbagai masalah kulit lainnya bisa teratasi dengan mudah. Anda bisa memanfaatkannya dengan cara memakan langsung atau dibuat sebagak toner alami pada kulit dari jambu buji merah tersebut.

5. Memperindah rambut

Jambu biji merah juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Buah ini mengandung banyak vitamun seperti vit A, vit B kompleks dan juga vit C. Kandungan berbagai senyawa lain yang ada pada buah jambu biji merah ini juga efektif menjadikan rambut selalu sehat dan terlihat indah. Bagi anda yang mengalami masalah rambut seperti ketombe atau rambut bercabang maka anda bisa mengkonsumsi buah jambu ini untuk menjadikan rambut anda lebih sehat.

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kecantikkan Lainnya :

6. Mengatasi jerawat
7. Mengencangkan otot kulit
8. Menghilangkan garis halus pada wajah
9. Menghilangkan noda/ flek hitam
10. Mengatasi rambut rontok

Cara Memanfaatkan Jambu Biji Merah untuk Kecantikan :

Kandungan vitamin pada jambu biji merah sangat efektif untuk perawatan wajah. Anda bisa menggunakan buah ini sebagai masker agar wajah anda nampak cantik dan cerah. Berikut langkah-langkah membuat masker wajah alami dari jambu biji merah:

  1. Ambil 1-2 buah jambu biji merah yang sudah matang
  2. Cuci dan potong jambu biji seperti ukuran dadu
  3. Haluskan buah dengan cara diblender
  4. Tambahkan putih telur agar masker mudah melengket pada wajah
  5. Kemudian anda bisa mengaplikasikan masker pada seluruh bagian wajah dan diamkan hingga 20 menit,
  6. Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih
  7. Lakukan secara rutin dan anda akan mendapatkan wajah yang cerah dan terawat.

Efek Samping Jambu Biji Merah :

Efek Samping Jambu Biji Merah

Selain memiliki manfaat besar ternyata buah ini juga memiliki efek samping bagi tubuh. Misalnya diare bagi ibu yang sedang mengandung, gangguan lambung, sakit gigi, peningkatan kadar gula dan radang usus buntu. Bagi ibu hamil tidak disarankan untukmengkonsumsi buah ini lebih dari 300 gr per hari agar tidak menyebabkan iritasi, kontraksi dan kegelisahan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah beberapa manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain bisa dimakan langsung buah ini bisa dikonsumsi dengan cara di buat jus dan bisa juga dimanfaatkan sebagai masker alami untuk wajah. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba? Selamat mencoba dan buktikan sendiri manfaatnya!

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top