Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jambu biji merupakan salah satu buah tropis yang menawarkan nutrisi tinggi untuk kesehatan dan kecantikan. Jambu Biji (Psidium Guajava) juga dikenal dengan nama jambu batu, jambu klutuk dan juga jambu siki. Tanamannya berasal dari Brasil, penyebarannya ke Indonesia melalui Thailand. Jambu klutuk mempunyai warna hijau, daging buahnya putih atau merah tergantung jenisnya. Sedangkan rasanya asam manis, sesuai tingkat kematangannya.

Jambu biji, Jambu Biji merah, Jambu Biji Putih, jambu batu, jambu klutuk, jambu siki, Manfaat Jambu biji, Khasiat Jambu biji

Begitu banyak manfaat jambu biji yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya secara langsung. Selain itu, jambu ini diolah dengan bahan kimia yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan buah bergizi lainnya seperti apel dan anggur. Khasiat jambu biji ini tidak lepas dari pengaruh vitamin C di dalamnya. Walaupun banyak manfaat, tapi adapula efek samping jambu biji yang bisa saja terjadi pada tubuh.

Jenis Jambu Biji :

  1. Jambu Biji Kristal Taiwan
  2. Jambu Tanjung Barat
  3. Jambu Biji Getas Merah
  4. Jambu Australia
  5. Jambu Sukun
  6. Jambu Bangkok
  7. Jambu Kristal

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jambu Biji :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jambu Biji

Dibandingkan dengan buah nanas, jambu siki mengandung lebih banyak 30 kali per porsi, 4 kali lipat seratnya dan 3 kali lipat proteinnya. Vitamin A, folat, flavonoid juga terdapat dalam jambu klutuk. Flavonoid bisa menjadi agen anti kanker yang bagus. Selain itu juga mengandung lycopene, lutein dan cryptoxantin sebagai antioksida, kalium, niasin, vitamin E dan K, tembaga, mangan, mineral magnesium dan beberapa zat lainnya. Karena itulah sangat banyak khasiat jambu klutuk bagi tubuh.

Loading...

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan :

1. Mengobati Diare

Khasiat jambu biji untuk diare sudah terbukti di seluruh dunia, penyakit ini terjadi saat usus melonggar. Kondisi ini dapat diobati dengan menggunakan astringents, yang dapat ditemukan di dalam jambu siki. Dengan mengikat usus yang kendur, beberapa gejala diare bisa terasa lega. Selain itu, astringents bisa membuat mulut Anda segar. Anda bisa merasakan kesegarannya setelah mengunyah jambu mentah atau daun jambu biji.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Mulut

Jambu klutuk juga mengandung sifat antibakteri yang dapat membantu menjaga kesehatan mulut Anda. Sifat ini pun efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroba yang menyebabkan disentri.

3. Menurunkan Berat Badan

Mampu menurunkan berat badan adalah salah satu manfaat jambu klutuk. Selain mendukung proses penurunan berat badan, juga dapat mencegah terjadinya obesitas. Jambu biji dapat digunakan sebagai makanan ringan yang sehat untuk para pelaku diet karena tidak mengandung kolesterol. Selain itu, karbohidratnya mudah dicerna dan dikemas dengan serat, mineral dan vitamin.

4. Mencegah Kanker

Alasan mengapa jambu biji sangat bagus dalam mencegah kanker adalah karena kaya akan lycopene dan vitamin C. Lycopene adalah sejenis antioksidan kuat, yang efektif dalam menurunkan risiko kanker prostat menurut beberapa penelitian karena ini mengandung anti kanker dan anti-kanker. -tumor properti. Jumlah vitamin C dalam jambu biji sangat kaya, bahkan lebih kaya dari jeruk, yang sudah lama dikenal sebagai pembangkit tenaga.

5. Mengontrol Diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu siki bagus untuk mengendalikan diabetes. Serat dapat membantu tubuh Anda menyerap penyerapan gula sehingga kadar gula darah bisa diatur. Selain itu, tanaman herbal ini juga rendah dalam indeks glisemik, yang sangat bagus dalam menghambat peningkatan kadar gula mendadak. Manfaat jambu biji untuk diabetes bisa didapatkan dengan langsung memakannya atau dibuat jus.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu menyembuhkan flu dan batuk

7. Meningkatkan kesuburan

8. Pengontrol tekanan darah

9. Menjaga kesehatan kelenjar tiroid

10. Membantu penyerapan vitamin

11. Membuat otak dan syaraf rileks

12. Sebagai bahan detoksifikasi tubuh alami

13. Menjaga kesehatan usus

14. Mengobati demam berdarah

16. Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh

17. Mengurangi tingkat stres

18. Menjaga kesehatan dan sebagai perawatan gigi

19. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

20. Dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh

Cara Pemanfaatan Jambu Biji untuk Kesehatan :

Tidak hanya buah jambu biji saja yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Manfaat daun jambu biji juga sama dengan buahnya. Untuk mengambil khasiat jambu klutuk, anda bisa langsung memakan buahnya atau membuat jus. Sedangkan pemanfaatan daunnya dengan cara dibuat jamu. Ambil daun jambu biji secukupnya, cuci dan masukkan ke dalam panci. Lalu, masak dengan 3 gelas air dan didihkan sampai tersisa satu gelas. Minum jus atau jamu setiap hari secara rutin untuk menyembuhkan penyakit.

Manfaat Jambu Biji untuk Kecantikan :

1. Memerangi Rambut Rontok

Karena kaya akan vitamin C, jambu biji merupakan salah satu buah yang mendorong pertumbuhan kesehatan rambut. Salah satunya dalam memerangi masalah rambut rontok.

2. Memperbaiki dan Menjaga Kesegaran Kulit

Jambu klutuk muda membantu mempercantik kulit Anda. Manfaat jambu klutuk untuk kecantikan ini dapat memperbaiki warna kulit kusam. Selain itu juga mampu  menghilangkan kotoran, sehingga memberi kulit Anda segar dan cerah.

3. Perlindungan UV

Melindungi dari sinar UV merupakan khasiat dari jambu biji merah muda. Sebab, mengandung dua kali jumlah lycopene yang ada pada tomat. Lycopene adalah antioksidan yang melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV dan pencemaran lingkungan.

4. Sebagai Agen Anti Penuaan

Kekayaan vitamin seperti A, B, dan C serta kalium yang terkandung didalam jambu siki dapat sebagai antioksidan dan detoksifikasi yang baik. Bahan alami ini dapat melawan radikal bebas, sehingga kulit Anda tetap bersinar dan terbebas dari tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus.

5. Sebagai Toner Alami Kulit

Konsentrasi tinggi vitamin, mineral dan nutrisi dalam jambu ini membantu menjaga kulit Anda kencang, segar dan keriput. Khasiat jambu biji efektif dalam meningkatkan tekstur kulit, mengencangkan kulit yang kendur dan mengembalikan elastisitas kulit yang hilang.

Manfaat Jambu Biji untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membantu mengobati jerawat

7. Menghilangkan flek hitam

8. Menghidrasi kulit

9. Pengobatan Masalah Kulit

10. Mengatasi komedo

11. Meredakan gejala alergi pada kulit

Cara Memanfaatkan Jambu Biji untuk Kecantikan :

Langkah memanfaatkan jambu siki untuk kecantikan adalah dengan mengambil daunnya. Ambil daun secukupnya, haluskan dan tambahkan sedikit air. Campur sampai berbaur rata dan terapkan pada kulit atau wajah yang bermasalah. Diamkan selama 20 menit dan bilas. Cara tersebut juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Aplikasikan secara menyeluruh, diamkan dan bilas. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal dan rasakan manfaat jambu klutuk ini.

Efek Samping Jambu Biji :

Efek Samping Jambu Biji

Selain ada khasiat jambu klutuk, ada pula efek samping yang bisa saja anda rasakan bila pemanfaatannya salah atau berlebihan. Efek samping jambu klutuk terutama ditimbulkan bila langsung dikonsumsi tamba diolah. Batasi konsumsi jambu siki untuk tubuh agar tidak menimbulkan hal buruk. Untuk lebih jelasnya tentang dampak buruknya, berikut ulasannya :

1. Sakit gigi

2. Diare bagi ibu hamil

3. Gangguan lambung

4. Radang usus buntu

5. Peningkatan kadar gula dalam darah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Itulah manfaat dan khasiat jambu biji bagi kesehatan dan kecantikan, cara pemanfaatannya beserta efek sampingnya. Gunakan jambu ini untuk mendukung pengobatan dokter. Tapi, jika masih belum yakin dengan penggunaan jambu klutuk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Khususnya jika anda sedang dalam pengobatan penyakit tertentu. Pengetahuan akan dosisnya juga sangat perlu.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top