Connect with us

45 Manfaat dan Khasiat Jambu Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

45 Manfaat dan Khasiat Jambu Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jambu Merah (Psidium guajava), Jambu Biji Merah, Red Guava, Jambu Klutuk Abang, Jambu Batu, Jambu Siki, Jambu Bangkok adalah buah dan jenis jambu biji yang memiliki daging berwarna merah muda. Tekstur dagingnya lembut dan empuk, dengan biji menyebar dan kulit bagian dalam yang kasar. Berbeda dengan jambu biji putih, kalau jambu biji merah ini memang sangat lunak dan cocok dijadikan minuman jus. Manfaat jambu merah menjadi sumber vitamin C tertinggi yang ada di dalam buah-buahan. Sehingga bisa menjadi penguat imun dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Jambu Merah, Manfaat Jambu Merah, Khasiat Jambu Merah

Pohon jambu merah bisa tumbuh tinggi hingga lebih dari 2 meter. Batang pohonnya meranggas ke samping dan ke atas, sehingga untuk menanam pohon ini butuh lahan yang cukup luas agar pertumbuhan pohonnya bebas, tidak menabrak genteng rumah atau pohon lainnya. Buah ini kalau masih mentah berkulit kehijauan. Semakin matang buahnya, kulitnya berubah jadi kekuningan dan kalau dipencet terkesan lunak.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jambu Merah :

Rasa jambu merah sangat manis dan cocok dijadikan jus. Buah ini juga populer sebagai perisa es krim dan bahan membuat es lilin. Tingkat kematangan memakan buah ini adalah pada level sedang, jadi belum terlalu lembek buahnya, masih bisa diiris-iris dengan mudah. Kalau buahnya sudah matang sekali rasanya cenderung kurang enak dan bikin mual. Maka dari itu, untuk keperluan jual beli di toko buah, biasanya jambu biji merah dipanen dalam kondisi setengah matang.

Di bawah ini adalah beberapa kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam manfaat jambu merah. Selain rasanya yang lezat, di dalam 10 gram jambu biji merah terdapat:

Loading...

• Kalori: 68 kkal
• Protein: 2,5 gram
• Karbohidrat: 14 gram
• Gula: 9 gram
• Kalsium: 18 mg
• Zat Besi: 0,25 mg
• Magnesium: 20 mg
• Fosfor: 40 mg
• Potassium: 400 mg
• Sodium: 2 mg
• Zink: 0,2 mg
• Copper: 0,2 mg
• Mangan: 0,15 mg
• Selenium: 0,5 mg
• Vitamin C: 230 mg

Manfaat Jambu Merah untuk Kesehatan :

1. Melancarkan Buang Air Besar

Jambu merah terkenal sangat bagus dalam melancarkan pencernaan. Oleh karena kandungan serat dan vitamin C nya yang tinggi. Berbagai jenis buah memang amat baik untuk tubuh. Hanya saja khusus untuk melancarkan BAB, pilih saja jambu ini.

2. Mengatasi Penyakit Maag

Banyak orang yang berkata bahwa makan buah bisa menyebabkan asam lambung naik. Apalagi buah yang kecut-kecut, sehingga sangat bahaya untuk penderita maag. Padahal ini keyakinan yang salah. Sebab manfaat buah jambu merah dan lainnya itu justru ketika masuk perut akan menetralkan asam lambung. Oleh karena asamnya buah, ketika di dalam saluran pencernaan akan berubah menjadi basa.

3. Menyehatkan Mata

Buah-buahan yang mengandung beta karoten tinggi ditandai dengan warnanya yang merah hingga kecoklatan. Beta karoten merupakan salah satu komponen vitamin A yang amat baik untuk tubuh, terutama organ mata. Seperti yang ada di dalam manfaat jambu merah ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Cocok untuk mereka yang memiliki gangguan penglihatan maupun sudah memasuki usia senja.

4. Meningkatkan Stamina

Meminum jus jambu merah atau memakannya sebagai buah potong langsung juga amat bagus dalam meningkatkan stamina. Cocok untuk mereka yang sehari-harinya beraktivitas padat dan membutuhkan asupan nutrisi. Memakan 100 gram buah ini saja sudah sangat bagus dalam memberikan energi selama satu jam ke depan. Apalagi kalau lebih dari 100 gram.

5. Mencegah Darah Tinggi atau Hipertensi

Ternyata dengan memakan buah jambu merah juga ampuh dalam mencegah darah tinggi. Penyakit yang memiliki nama resmi hipertensi ini ditandai dengan tingginya tingkat tekanan darah, melebihi 120. Orang yang terkena darah tinggi berpotensi alami stroke. Makanya atasi segera hipertensi dengan manfaat jambu merah jni.

Manfaat Jambu Merah untuk Kesehatan Lainnya :

6. Melancarkan sirkulasi darah
7. Menyehatkan jantung
8. Mencegah gangguan paru-paru
9. Menyehatkan organ hati
10. Membantu kerja ginjal
11. Meningkatkan kekebalan tubuh
12. Memperbaiki imunitas
13. Menangkal radikal bebas
14. Mengatasi nyeri sendi
15. Mencegah kanker
16. Menghilangkan rasa kantuk
17. Meningkatkan daya pikir
18. Membuat tidur nyenyak
19. Mencegah kekurangan sel darah merah
20. Mengatasi kekurangan zat besi

Cara Memanfaatkan Jambu Merah untuk Kesehatan :

Memanfaatkan jambu biji merah untuk kesehatan merupakan langkah yang cerdas. Manfaat jambu merah bisa untuk menjadi sumber serat yang baik untuk membersihkan usus. Sehingga usus selalu dalam kondisi baik dalam menyerap sari-sari makanan. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada jambu biji merah ini pun ampuh sekali untuk meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tiap hari yang dijalani sehabis minum jus jambu ini, rasanya tubuh sangat bugar.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Jambu Merah untuk Kecantikan :

1. Membuat Awet Muda

Manfaat jambu merah bagus sekali untuk meremajakan kulit. Di mana proses ini akan memberikan kesan awet muda pada wajah. Proses peremajaan ini ditandai dengan perubahan warna kulit dari kusam menjadi cerah. Pada banyak kasus, kulit juga akan terkelupas beberapa hari sebagai tanda dari regenerasi sel.

2. Melembabkan Bibir

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jambu merah bagus sekali untuk melembabkan bibir sehingga bibir tidak pecah-pecah lagi. Cocok untuk mereka yang memiliki masalah pada bibirnya. Ketika bibir menjadi lembab, biasanya cenderung nampak merah merona dan gampang diolesi lipstik.

3. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut dikenal dalam dunia medis sebagai halitosis. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti ada infeksi bakteri pada gigi berlubang, mulut, tenggorokan maupun kerongkongan. Bisa pula karena adanya masalah pada saluran pernapasan dan pencernaan. Untuk mengatasi bau mulut, cobalah konsumsi buah jambu merah ini.

4. Menurunkan Berat Badan

Dengan rajin menyantap buah jambu merah amat ampuh dalam usaha menurunkan berat badan. Oleh karena buah ini kaya serat yang bagus dalam pencernaan. Selain itu, jenis buah ini juga membantu memberantas lemak jahat LDL yang menjadi penyebab kegemukan. Singkatnya, buah ini baik sekali dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet ketat dan mendambakan berat badan ideal.

5. Memutihkan Kulit

Manfaat jambu merah bagus pula untuk memutihkan kulit. Sehingga bisa menunjang perawatan kulit secara medis kimiawi yang sudah dijalani. Selain itu, buah ini bagus untuk mencerahkan kulit. Jadi kalau orang yang dasarnya memiliki pigmen gelap pada kulitnya, maka warna kulitnya akan berubah jadi cerah merona sehat. Meski hitam tetap manis dan enak dipandang.

Manfaat Jambu Merah untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencerahkan kulit
7. Mengangkat sel kulit mati
8. Menghilangkan flek hitam
9. Mengatasi jerawat
10. Membuang bekas jerawat
11. Mencerahkan kulit yang kusam
12. Membantu membuang daki
13. Menyegarkan napas
14. Mengatasi bau mulut
15. Mencegah penumpukan lemak di perut
16. Membantu membentuk otot
17. Menyegarkan wajah
18. Mencegah gigi keropos dan ompong
19. Menguatkan akar rambut
20. Mengatasi kulit kering

Cara Memanfaatkan Jambu Merah untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan jambu biji merah untuk kecantikan sangat mudah. Selain langsung diminum sebagai jus, dimakan sebagai buah potong, jambu ini juga cocok dijadikan lulur dan masker. Cara membuatnya sangat mudah, tinggal diblender saja hingga halus. Jangan tambahkan air karena jambu ini memiliki kadar air yang tinggi. Jika sudah halus dan lembek, tinggal dioleskan ke wajah dan seluruh bagian tubuh, terutama tangan dan kaki.

Efek Samping Jambu Merah :

Meskipun buah mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh, namun jika dikonsumsi oleh orang yang sedang alergi atau memiliki kondisi kesehatan tertentu yang menolak jambu, tentu saja menjadi berbahaya. Berkut adalah beberapa efek sampingnya bila mengonsumsi jambu biji merah.

1. Diare
2. Muntah
3. Mual
4. Disentri
5. Sakit Perut

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Rambutan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Namun ada yang mesti ditekankan di sini bahwa tidak semua orang akan merasakan efek samping seperti di atas, hanya beberapa orang saja yang mengalaminya. Manfaat dan khasiat jambu merah jauh lebih banyak daripada kontraindikasinya. Yang paling penting sebelum konsumsi buah ini adalah pastikan perut memang sedang dalam kondisi baik menerima buah-buahan. Kadar gula yang tinggi pada jambu biji merah ini pun perlu diwaspadai oleh pengidap diabetes.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top