Connect with us
Jeruk Bali, Manfaat Jeruk Bali, Khasiat Jeruk Bali

Buah

45 Manfaat dan Khasiat Jeruk Bali untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jeruk Bali (Citrus grandis, Citrus maxima), Pomelo, Nambangan, Srinyonya, Magetan, Bageng atau Jeruk Besar adalah jenis buah jeruk ukuran besar yang seringkali dipandang endemik dan khas pulau Bali. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Jenis jeruk-jerukan ini aslinya berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Manfaat Jeruk Bali untuk kesehatan terkenal ampuh untuk meluruhkan lemak jahat.

Jeruk Bali, Manfaat Jeruk Bali, Khasiat Jeruk Bali

Memang Jeruk Bali itu banyak dijajankan di pasar buah di pulau Dewata. Hanya saja, penamaan jeruk ini dengan nama “Bali” itu sebenarnya kurang tepat dan salah kaprah. Sehingga pemerintah Indonesia melalui Departemen Pertanian menghimbau agar buah ini disebut sebagai “Pomelo” saja. Namun tetap saja, nama “Bali” sudah kadung melekat dan terkenal.

Buah Pomelo memiliki ciri khas berupa ukurannya yang besar dengan kulit yang tebal membentuk sekat yang seperti busa tebal. Bulir-bulir buahnya juga besar-besar sehingga bisa dilepas-lepas bagaikan buah delima saja. Manfaat Jeruk Bali untuk kesehatan diyakini bisa menambah stamina. Buah ini juga efektif untuk memutihkan kulit.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jeruk Bali :

Tentu saja sebagaimana Citrus atau Jeruk lainnya, maka buah jeruk Bali ini pun memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah. Di dalam 100 gram takaran sajinya, terdapat:

• Kalori: 40 kkal
• Kolesterol: 0 mg
• Natrium: 1 mg
• Kalium: 200 mg
• Karbohidrat: 10 gram
• Serat Pangan: 1 gram
• Protein: 1 gram
• Vitamin A: 10 IU
• Vitamin C: 70 mg
• Kalsium: 5 mg
• Zat Besi: 0,2 mg

Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan :

1. Melancarkan Buang Air Besar

Buang air besar adalah suatu kebutuhan setiap orang. Saat kita mempunyai masalah dengan buang air besar tentu sangat tidak nyaman bukan? Apalagi saat masalahnya adalah tidak lancar buang besar, perut kita menjadi tidak nyaman. Untuk itu kita perlu mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan juga serat untuk melancarkan buang air besar, misalnya adalah buah jeruk bali.

2. Menambah Stamina

Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah menambah stamina. Saat stamina kita terkuras tentu tubuh menjadi lemas. Untuk itu kita harus rajin makan makanan yang memiliki kandungan vitamin C seperti jeruk bali untuk menambah stamina hang kita milik.

3. Mencegah Panas Dalam

Panas dalam bisa terjadi kare a kita terlalu banyak makan makanan yang berminyak. Bagaimana agar kita tidak panas dalam setelah kita mengonsumsi makanan yang berminyak? Caranya mudah yaitu imbangi makanan berminyak itu dengan vitamin C. Saat kita makan makanan yang berminyak kita bisa mengonsumsi jeruk bali.

4. Meringakan Sakit Tenggorokan

Jeruk bali memiliki kandungan vitamin C yang dapat meredakan sakit tenggorokan. Jeruk ini berbeda dengan jeruk yang lain karena cara makannya pun kita hanya makan bulirnya saja. Tapi rasanya tidak kalah enak dengan jeruk biasa. Kita bisa jadikan jeruk bali sebagai camilan sehari-hari untuk mencegah kita terkena sakit teenggorokan.

5. Mengobati Nyeri Kepala

Setelah memakan jeruk bali ada sensasi sejuk di dalam tubuh kita yang ini bisa mengobati nyeri di kepala. Oleh karena itu saat nyeri kepala kita bisa makan buah ini karena mengonsumsi obat kimia juga kurang baik untuk diri kita.

Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menghilangkan nyeri badan
7. Mengatasi masuk angin
8. Menurunkan panas demam
9. Mengobati batuk kering
10. Meringankan batuk berdahak
11. Mengeluarkan dahak
12. Menyuburkan rambut
13. Melancarkan buang air kecil
14. Mengatasi gangguan lambung
15. Menurunkan tekanan darah tinggi
16. Mencegah stroke
17. Mengatasi penyakit jantung
18. Mengobati infeksi paru-paru
19. Menghilangkan rasa letih
20. Mengobati hipotensi

Cara Memanfaatkan Jeruk Bali untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan jeruk khas bali demi kesehatan juga sangatlah mudah. Biasanya orang memakan buah ini secara langsung dengan melepas satu per satu bijinya. Meski rasanya tidak manis dan cenderung masam, namun justru inilah keistimewaannya yang membuat buah ini relatif aman untuk para penderita diabetes. Jeruk bali juga bagus sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jeruk Lemon untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Jeruk Bali untuk Kecantikan :

1. Memutihkan Kulit Badan

Bagaimana jeruk bali memutihkan kulit badan? Caranya adalah dengan menjadikan jeruk bali sebagai lulur di campur dengan susu murni. Lakukan pemakaian lulur tersebut secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal. Dalam waktu satu bulan kulitmu menjadi lebih putih.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Bagaimana mencerahkan kulit wajah dengan menggunakan jeruk pomelo? Caranya adalah dengan menggunakan masker jeruk ini di tambah dengan madu. Cara membuatnya mudah, pertama ambil bulir jeruk, setelah itu tambahkan madu. Sambil di aduk rata pecah bulir jeruk agar sarinya keluar. Setelah itu gunakan itu sebagai masker.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Untuk mengangkat sel kulit mati kita bisa gunakan masker kombinasi antara jeruk bali dan minyak zaitun. Caranya mudah yaitu siapkan bulir jeruk dan minyak zaitun setelah itu campurkan keduanya. Pastikan bulir sudah di pecah agar sarinya keluar. Setelah itu gunakan itu sebagai masker.

4. Mencegah Penuaan Dini

Untuk mencegah penuaan dini dengan menggunakan jeruk bali caranya bisa kita makan jeruk itu atau di gunakan sebagai masker yang di campur dengan putih telur. Cara membuat maskernya mudah yaitu kocok putih telur lalu campurkan dengan sari buahjeruk.

5. Mengobati Bibir Pecah-Pecah

Mengapa jeruk bali bisa mengobati bibir pecah-pecah? Karena jeruk bali mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan bibir dan juga mulut. Caranya adalah dengan mengonsumsi jeruk ini setiap hari pada saat kita mempunyai masalah pada mulut dan bibir.

Manfaat Jeruk Bali untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencerahkan bibir
7. Memerahkan bibir
8. Mengatasi kulit kusam
9. Mencegah jerawat
10. Membuang bekas jerawat
11. Memudarkan flek hitam
12. Menghilangkan flek hitam
13. Menghaluskan kulit
14. Membuat kulit kenyal
15. Mengatasi kulit kering
16. Mencegah bibir berdarah
17. Mengatasi bau mulut
18. Membuang lemak di tubuh
19. Membuat berat badan ideal
20. Mengatasi ketombe

Cara Memanfaatkan Jeruk Bali untuk Kecantikan :

Memanfaatkan jeruk khas bali untuk kecantikan amatlah mudah. Sebab buah ini akan memberikan sensasi menyegarkan yang tidak dimiliki jenis jeruk lainnya. Bentuk bulirannya yang besar-besar amat memudahkan buah mengeluarkan sarinya untuk dijadikan masker wajah.

Jadi kalau hendak menjadikan buah jeruk bali sebagai masker amat mudah langkahnya. Cukup lepas saja bulir-bulir jeruknya. Kemudian dipencet dan diusapkan ke wajah hingga air sarinya yang sedikit memenuhi wajah.

Efek Samping Jeruk Bali :

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa jeruk khas Bali ini meskipun memiliki bentuk dan ukuran yang besar, namun rasanya sungguh kurang enak. Sebab terasa hambar dan cenderung tidak manis sama sekali. Rasa agak masam dengan campuran hambarnya ini tentu saja membuat siapa saja yang melahapnya jadi mengalami beberapa efek samping di bawah ini:

1. Mual
2. Muntah
3. Pusing
4. Nyeri Perut
5. Lidah Pahit

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah beberapa manfaat dan efek samping yang terjadi bilamana mengkonsumsi jeruk bali. Namun jangan khawatir, walaupun ada efek sampingnya demikian, tetap saja jeruk ini memiliki manfaat dan khasiat yang jauh lebih banyak. Maka dari itu, sebaiknya kalau hendak konsumsi buah ini, percobaan dulu dengan memakan sebutir atau dua butirnya dulu.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top