Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Jeruk Lemon untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Jeruk Lemon untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jeruk lemon, lemon, sitrun, jeruk sitrun menjadi salah satu buah jenis jeruk yang sangat enak untuk dimakan. Selain memiliki cita rasa yang kuat, lemon juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Manfaat jeruk lemon paling sering digunakan oleh banyak orang adalah sebagai penambah energi. Karena itulah banyak atlet olahraga yang rutin mengkonsumsi jeruk lemon karena bisa membantu dalam mengembalikan tenaga yang hilang.

Jeruk Lemon, Manfaat Jeruk Lemon, Khasiat Jeruk Lemon

Tidak hanya itu, lemon juga dikenal salah satu obat dalam membersihkan gigi dan meningkatkan kecantikan karena kandungannya kaya akan vitamin. Lemon bisa dijadikan sebagai bahan makanan atau bahan minuman yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Tentu saja harus memerhatikan keseimbangan gizi dan nutrisi dari makanan lain. Kandungan gizi dan nutrisi pada lemon pun sangat banyak.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jerut Lemon :

Kandungan Jeruk Lemon, Kandungan Gizi Jeruk Lemon, Kandungan Nutrisi Jeruk Lemon

Lemon terkenal dengan vitamin C yang sangat banyak. Selain vitamin C, kandungan sehat lainnya adalah asam sitrat, fitokimia, politfenol, naringin, terpenes, hesperidin, naringenin, d-limonene, eriositrin, vitamin B6, potasium, magnesium, zat besi, kalsium, serat pangan, dan kandungan zat mineral sehat lainnya.

Loading...

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan adalah kondisi di mana terjadi masalah pada sistem pencernaan Anda. Biasanya hal ini terjadi karena terjangkit bakteri, virus, atau zat berbahaya yang akhirnya menyebabkan penyakit pencernaan seperti sakit perut, sembelit, dan lainnya. Kandungan dalam buah ini membantu dalam memperlancar sistem pencernaan dan mencegah segala gangguan yang bisa terjadi dalam perut Anda.

2. Meningkatkan Energy

Kandungan dalam buah lemon membantu dalam menambah energi. Karena itulah, jus lemon menjadi salah satu alternatif pengganti teh dan kopi yang diminum di pagi hari. Meminum lemon tidak harus sepenuhnya berasal dari ekstrak lemon saja, tapi ada baiknya dicampur dengan air untuk mencegah over vitamin yang bisa menyebabkan efek samping berbahaya. Meminum lemon atau memakan buah lemon di tengah aktivitas olahraga juga bisa diterapkan untuk membantu memulihkan tenaga yang hilang.

3. Meningkatkan Mood

Mood diperlukan untuk tetap menjaga pikiran sehat dan berpikir positif. Tidak hanya sebagai sumber energi, manfaat buah lemon yang lain adalah membantu meningkatkan mood. Mood buruk bisa menyebabkan berbagai masalah prilaku seperti stres dan sejenisnya. Kandungan molekul dan atom pada buah ini membantu dalam meningkatkan mood agar lebih bagus dan semangat lagi.

4. Mencegah Kanker

Lemon tidak hanya membantu dalam mencegah penyakit kanker yang memiliki resiko terburuk yaitu kematian, tapi juga membantu dalam mengatasi kanker namun presentasinya lebih sedikit. Pencegahan kanker bisa dimulai dengan rutin mengkonsumsi jeruk lemon setiap hari atau minimal 1 kali dalam seminggu dengan takaran yang pas. Jangan berlebihan dan perhatikan juga campuran lain jika Anda mencampurnya dengan bahan lain seperti madu dan lainnya.

5. Sebagai Anti Bakteri

Bakteri adalah zat berbahaya yang biasanya datang dari luar tubuh. Sel bakteri ini masuk ke dalam tubuh bisa melalui pori-pori, pernapasan, dan lainnya. Zat anti bakteri dalam lemon bisa membantu mengatasi bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa hal yang bisa disebabkan oleh bakteri adalah masalah pada tenggorokan dan sakit perut. Dengan lemon, Anda bisa mengatasi semua hal itu.

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Atasi sembelit

7. Atasi sakit perut

8. Atasi maag

9. Atasi flu

10. Meningkatkan sel darah putih

11. Menjaga tekanan darah

12. Atasi rematik

13. Atasi peradangan

14. Bersihkan darah

15. Atasi batu ginjal

16. Atasi diabetes

17. Menjaga kesehatan hati

18. Atasi stroke

19. Atasi asma

20. Meningkatkan penyerapan zat besi

21. Menghilangkan bau

22. Atasi sakit kepala

Cara Memanfaatkan Jeruk Lemon Untuk Kesehatan :

Pada umumnya buah jeruk lemon bisa dimakan langsung dan pastikan buahnya sudah benar-benar matang serta sudah dibersihkan terlebih dahulu. Mengkonsumsi jus lemon juga disarankan karena terbilang mudah dan cita rasa yang diberikan juga kuat dengan hasil yang lebih maksimal. Waktu konsumsi lemon yang baik bisa di pagi hari karena pagi hari merupakan awal di mana tubuh akan berkativitas sehingga lemon yang memiliki sumber energi besar sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kecantikan :

1. Melangsingkan Badan

Tubuh langsing menjadi idaman para wanita dan untuk melakukannya perlu melalui berbagai proses seperti salah satunya adalah melakukan program diet. Banyak jenis program diet yang bisa Anda terapkan dan semuanya merekomendasikan buah jeruk lemon sebagai minuman jus yang sehat untuk Anda konsumsi.

2. Memutih Gigi

Setiap orang tak mau giginya terlihat hitam dan tampak berkarang, khususnya para wanita karena hal itu bisa mengganggu penampilan mereka. Kandungan aktif dalam buah ini membantu dalam memutihkan gigi. Cara penggunaannya pun bukan sekedar di makan saja, tapi untuk memaksimalkan Anda bisa mengubahnya menjadi alat kumur atau menggosokkannya pada gigi Anda.

3. Atasi Ketombe

Ketombe berlebihan sangat tidak enak dipandang, apalagi jika warna rambut alami Anda adalah hitam. Ketombe ini biasanya menjadi penyebab gatal sehingga akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, tentu saja penampilan akan semakin buruk di mata orang. Kandungan dalam lemon membantu dalam menyeimbangkan kadar pH dalam kulit kepala sehingga membantu mengatasi minyak dan ketombe.

4. Meremajakan Kulit

Kulit terlihat muda di usia tua memang menjadi hal yang langka namun bisa jadi Anda mendapatkannya dengan rutin mengkonsumsi buah lemon. Kandungan vitamin C dalam lemon membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit dan wajah sehingga memutihkan serta menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari masalah kulit seperti jerawat, bisul, ruam, dan lainnya. Penggunaannya bisa dengan dipakai sebagai masker atau diminum secara rutin.

5. Menghilangkan Komedo

Komedo tampak seperti flek hitam yang rata-rata tumbuh di bagian hidung. Hidung yang berada di tengah wajah tentu sering kali menjadi pusat perhatikan selain mata dan bibir saat ketika seseorang menatap Anda. Tentu dengan hadirnya komedo membuat kurang PD. Kandungan aktif pada lemon membantu dalam mengangkat komedo dan tidak membiarkannya tumbuh lagi.

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Merangsang tumbuh rambut

7. Menyegarkan nafas

8. Atasi bibir pecah

9. Atasi jerawat

10. Atasi ruam dan gangguan kulit lainnya

Cara Memanfaatkan Jeruk Lemon Untuk Kecantikan :

Jeruk lemon bisa dijadikan masker sehat yang digunakan setiap hari. Cara ini biasanya paling ampuh untuk menjaga kesehatan kulit dan memutihkannya. Untuk gigi, bisa dengan dijadikan alat kumur yang dicampur sedikit air. Penggunaanya untuk rambut biasanya dijadikan alat pijatan yang sehat. Namun pada dasarnya, meminum lemon rutin bisa membantu mengatasi berbagai masalah kecantikan.

Efek Samping Jeruk Lemon :

 

Lemon yang dikonsumsi secara besar-besaran bisa mengakibatkan efek samping seperti :

1. GERD

2. Tukak lambung.

3. Batu ginjal.

4. Penyerapan zat besi yang kuat.

5. Sering BAK.

6. Migrain.

7. Keruasakan enamel gigi.

8. Kulit sensitif.

9. Rambut rapuh.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itu dia manfaat jeruk lemon untuk kesehatan, kecantikan dan cara penggunaan yang baik beserta efek samping yang bisa terjadi. Maka kami sarankan jangan mengomsumsi jeruk lemon secara berlebih, biasanya efek yang ditimbulkan yaitu sakit perut.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
5 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top