100 Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Jeruk Nipis, Manfaat Jeruk Nipis, Khasiat Jeruk Nipis

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jeruk nipis adalah buah berasa masam juga memiliki bentuk yang bulat dan kecil. Buah jeruk nipis memiliki nama latin yaitu Citrus aurantifolia dan termasuk dari keluarga Rutaceae atau tumbuhan berbunga. Buah ini berasal dari tanaman yang memiliki tinggi sekitar 0.5 hingga 3.5 meter. Daunnya termasuk golongan majemuk dengan bentuk elips juga tumpul pada ujungnya. Tanaman ini masih satu spesies dengan jeruk purut, bali, dan lain sebagainya. Sama seperti jenis buah jeruk lainnya, manfaat jeruk nipis ini juga bisa dibilang sangat banyak.

Jeruk Nipis, Manfaat Jeruk Nipis, Khasiat Jeruk Nipis

Warna yang hijau dan rasa pahit pada bijinya memiliki keunikan serta kandungan vitamin tersendiri di dalamnya. Sehingga buah ini bisa mengobati juga mengatasi segala macam penyakit. Jadi, selain rasanya enak jika digunakan untuk minuman, penyegar makanan, dan penghilang bau amis, buah ini juga banyak digunakan sebagai bahan alami untuk pengobatan herbal.

Daftar Isi Manfaat

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jeruk Nipis :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jeruk Nipis

Kandungan gizi pada jeruk nipis tentunya sangat beragam dan bermanfaat untuk kesehatan. Jenis buah ini mempunyai kandungan serat untuk melancarkan pencernaan, karbohidrat, kaori, protein, vitamin C, thiamine, folat, vitamin B6, asam pantotenat, tembaga, potassium, beserta vitamin dan zat-zat lainnya. Keberagaman kandungan ini dipercaya mengobati berbagi macam penyakit secara alami.

Loading...

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan :

1. Menyeimbangkan pH

Asam dan basa dalam tubuh dapat menentukan kesehatan organ tubuh anda. Dua hal tersebut harus stabil karena jika salah satunya lebih rendah atau lebih tinggi dapat menyebabkan penyakit juga gangguan kesehatan lainnya. Jeruk nipis yang bersifat asam juga memiliki vitamin C mampu menyeimbangkan pH dalam tubuh anda.

2. Anti kanker

Jeruk nipis yang mempunyai kandungan liminoid mampu berperan sebagai penangkal radikal bebas di tubuh. Radikal bebas yang tidak terbersihkan dapat menyebabkan resiko kanker dalam tubuh, salah satunya adalah leukimia, kanker lambung, juga usus. Konsumsi jeruk nipis secara rutin untuk menghilangkan resiko kanker dalam tubuh. Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi kanker sama halnya dengan buah kiwi.

3. Obat asam urat

Jeruk nipis memiliki asam sitrat dan kandungan lainnya yang dapat melarutkan asam urat dalam tubuh secara alami. Asam sitrat mampu menghilangkan asam urat sehingga dapat menghilangkan rasa sakitnya ketika gangguan kesehatan ini kambuh. Minumlah segelas jeruk nipis secara rutin untuk khasiat yang maksimal.

4. Meningkatkan tingkat imun dalam tubuh

Tubuh yang kekurangan imun dapat dengan mudah terserang penyakit juga virus. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak memiliki penjaga sehingga mudah tertular gangguan kesehatan. Vitamin C, antioksidan, serta flavonoid dalam jeruk nipis mampu meningkatkan tingkat imun di tubuh anda. Andapun akan tetap sehat dan bugar.

5. Mengurangi tekanan darah tinggi

Darah tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah kelelahan ataupun stress. Disamping itu, darah tinggi mampu mendatangkan penyakit seperti gangguan pada jantung ataupun stroke, Jeruk nipis ternyata memiliki kandungan kalium yang banyak sehingga mampu mengurangi tekanan darah tinggi.

6. Membersihkan ginjal

Ginjal yang kotor dapat menimbulkan batu ginjal dan hal inipun tentunya sangat berbahaya. Jeruk nipis mempunyai kandungan asam sitrat yang mampu mencegah proses peningkatan mineral lain, tentunya tidak baik untuk kesehatan ginjal. Tentunya mudah untuk menyehatkan ginjal, dengan mengkonsumsi jeruk nipis setiap pagi dengan rutin.

7. Menghancurkan kolesterol jahat

Jeruk nipis yang kaya akan kandungan alami didalamnya ternyata mempunyai flavonoid. Zat ini mampu menjadi antioksidan yang sangat dominan sehingga menjadikan tubuh anda terbebas dari radikal bebas. Radikal bebas serta molekul tidak stabil dapat menghasilkan kolesterol jahat yang dapat merusak sel sehat secara bertahap.

8. Mengobati sakit gigi

Anti bakteri dalam jeruk nipis bisa membantu menghilangkan nyeri pada sakit gigi. Anti bakteri ini mampu membunuh kuman beserta bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Anda tidak perlu khawatir lagi ketika sakit gigi melanda karena jeruk nipis bisa mengobatinya secara alami. Cukup kumur-kumur dengan perasan jeruk nipis, maka gigi andapun akan sehat kembali.

9. Mengobati gusi bengkak

Biasanya gusi bengkak disebabkan karena bakteri dan kuman yang menghambat kesehatannya. Disamping itu, kekurangan vitamin C bisa menjadi salah satu faktor gangguan kesehatan tersebut. Buah ini mempunyai kandungan vitamin C yang dapat mengobati gusi bengkak secara alami.

10. Mengobati radang tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu, rasa sakitnya dapat mengganggu aktivitas anda karena makanan akan susah ditelan. Jeruk nipis mampu mengobatinya dengan kandungan vitamin C yang dapat meredakan sakit serta mempermudah anda menelan makan secara perlahan.

11. Menghilangkan panu

Panu merupakan jamur yang tumbuh dikulit dan sangat mengganggu penampilan. Jeruk nipis mempunyai kandungan asam sitrat serta kandungan anti bakteri yang mampu membasmi jamur secara signifikan. Senyawa lain yang mampu menghancurkan jamur pada kulit dalam kandungan buah ini adalah vitamin C.

12. Menghilangkan bau badan

Bau badan disebabkan oleh bakteri dan kuman sehingga menghasilkan keringat yang kotor serta berbau. Bau badan tentunya bisa mengganggu orang disekitar anda, juga menghilangkan kepercayaan diri dalam bergaul. Gunakan jeruk nipis sebagai pengganti deodoran setelah mandi, untuk menghilangkan bakteri penyebab bau badan.

13. Melancarkan pencernaan

Jeruk nipis mempunyai tingkat asam yang tinggi juga disertai kandungan flavanoid mampu merangsang sekresi cairan pencernaan. Selain itu, air liur yang bersifat masam ini mampu memecah makanan lebih baik dalam pencernaan. Sifat asam dalam jeruk nipispun mampu membersihkan sistem sekresi sehingga dapat melancarkan pencernaan.

14. Menurunkan berat badan

Berat badan ideal tentunya dambaan bagi semua orang. Air jeruk nipis mampu menurunkan berat badan anda secara signifikan. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam sitrat yang mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga mampu membakar lemak secara alami. Seimbangkan dengan pola hidup yang sehat serta olahraga secara rutin.

15. Mengatur gula darah

Gula darah tinggi dapat menyebabkan gangguan penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang berbahaya jika tidak terobati dengan baik. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis mampu menurunkan gula darah yang tinggi, karena sistem kerjanya menyerap dan mengatur gula darah pada aliran darah.

16. Mengobati infeksi

Infeksi tentunya bisa timbul oleh beberapa faktor. Tingkat imun yang rendah dalam tubuh bisa menjadi salah satu faktornya. Jeruk nipis yang dipercaya berkhasiat meningkatkan imun dalam tubuh mampu mengobati infeksi dan mencegahnya datang kembali.

17. Mengurangi resiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan di dunia. Jeruk nipis mampu mengurangi resikonya dengan kandungan magnesium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung secara alami. Konsumsi jeruk nipis secara rutin untuk hasil yang maksimal dan jangan lupa imbangi dengan pola hidup sehat.

18. Mengurangi resiko penyakit stroke

Penyakit stroke dapat diderita oleh kalangan manapun. Stroke ini ditandai dengan matinya sel dalam tubuh sehingga, organ-organ tertentu tidak bisa berfungsi dengan baik. Tingkat kalium yang tinggi pada jeruk nipis mampu mengurangi resiko penyakit stroke, karena berfungsi menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan sirkulasi darah secara alami.

19. Mengatasi peradangan

Gangguan kesehatan pada persendian biasanya disebabkan oleh peradangan. Selain mampu melarutkan asam urat dalam tubuh, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dipercaya mampu mengurangi tingkat peradangan. Sendi andapun akan sehat terbebas dari rasa nyeri akibat peradangan.

20. Mencegah datangnya flu

Flu biasanya menyerang kesehatan karena tubuh tidak memiliki sistem imun yang kuat sehingga viruspun mudah masuk. Selain itu, cuaca yang ekstrem bisa menyebabkan tubuh lemah dan memicu timbulnya flu. Jeruk nipis mampu mencegah datangnya flu karena antioksidan yang dimilikinya sehingga dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

21. Mengobati amandel

Amandel dapat menyebabkan nyeri menelan sehingga mengganggu pola makan anda. jeruk nipis mampu mengatasi amandel dengan kandungan vitamin C didalamnya, sehingga amandel akan mudah kempes. Andapun bisa terhindar dari amandel secara alami, dan bisa kembali menikmati makanan dengan baik.

22. Obat batuk

Batuk tentunya dapat mengganggu aktivitas anda dengan rasa gatal ditenggorokan serta suara yang dihasilkannya. Vitamin C didalamnya mampu menghilangkan batuk secara alami sehingga tenggorokan akan terasa ringan kembali. Cukup minum air perasan jeruk nipis sebelum tidur, dan rasakan khasiatnya pada pagi hari.

23. Menghancurkan batu ginjal

Batu ginjal disebabkan oleh ginjal yang tidak sehat. Cara menyembuhkannya adalah dengan cara operasi. Jika tidak disembuhkan segera, gangguan penyakit ini akan menyebabkan hal yang fatal. Buah ini mampu menghancurkan batu ginjal karena senyawa alami yang terkandung didalamnya. disamping itu jeruk nipis mampu menutrisi ginjal dengan baik.

24. Melancarkan menstruasi

Menstruasi yang tidak lancar dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan rahim. Jeruk nipis yang mempunyai kandungan kalium didalamnya, mampu melancarkan peredaran darah sehingga membuat rahim anda subur. Sistem menstruasipun akan lancar kembali serta bebas tanpa hambatan jika diimbangi juga oleh pola hidup yang sehat.

25. Mengatasi vertigo

Vertigo adalah gangguan kesehatan yang bisa menyerang secara tiba-tiba. Jeruk nipis yang mempunyai kandungan antioksidan serta vitamin C mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan vertigo sulit menyerang kesehatan anda karena tubuh terbebas dari molekul yang tidak bermanfaat.

26. Obat demam

Demam disebabkan karena melemahnya sistem imun dalam tubuh, sehingga suhu dalam tubuh menjadi naik dan membuat badan lemas. Pastikan untuk mengkonsumsi air perasan jeruk nipis setiap pagi dan pada malam hari sebelum tidur siang. Hasilnya, demam anda akan menurun drastis secara alami. Jangan lupa memakai kompres untuk hasil yang maksimal.

27. Mencegah diabetes

Diabetes disebabkan oleh kadar gula yang tinggi pada tubuh sehingga menjadi gangguan kesehatan. Diabetes adalah salah satu penyakit yang berbahaya karena mampu menurunkan sistem imun, contohnya jika anda mempunyai luka, maka lukanya akan sulit kering dan sembuh. Jeruk nipis mampu mencegahnya dengan vitamin C yang tinggi didalamnya.

28. Menambah stamina

Jeruk nipis bisa menjadi suplemen alami yang baik karena mengandung berbagai kandungan bermanfaat didalamnya. Kandungan yang beragam ini mampu menambah stamina tubuh sehingga tubuh anda akan sulit merasa cape dan selalu segar setiap saat. Minum air perasan jeruk nipis secara rutin untuk menambah stamina sebelum melakukan aktivitas.

29. Mengobati ambeien

Ambeien adalah penyakit yang sangat mengganggu kenyamanan, sehingga anda tidak bisa duduk nyaman juga tenang. Penyakit ini biasanya diderita karena kekurangan vitamin C serta senyawa penting lainnya. Jeruk nipis mampu mengatasi penyakit ini dengan kandungan vitamin C, sehingga anda bisa terbebas dari ambeien. Rutinlah mengosumsi jenis buah jeruk ini agar penyakit ambeien anda cepat sembuh.

30. Mengobati infeksi

Infeksi pada tubuh dapat disebabkan oleh bakteri dan virus. Tubuh yang lemah, akan mudah terserang infeksi dan menderita penyakit yang disebabkan oleh virus. Jeruk nipis yang mempunyai kandungan antioksidan cukup tinggi, mampu mengobati virus secara maksimal. Tubuh andapun akan terbebas dari infeksi serta sehat dan bugar.

31. Melangsingkan badan

Mempunyai berat badan yang ideal adalah dambaan bagi setiap orang, entah itu kaum hawa ataupun adam. Berat badan berlebih dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan berbahaya seperti diabetes, obesitas, serta serangan jantung. Temukan solusi melangsingkan badan dengan mengkonsumsi perasan jeruk nipis setiap hari.

32. Menambah daya nafsu makan

Jeruk nipis yang mempunyai rasa masam dan segar mampu menambah daya nafsu makan anda. Hidangan yang anda sajikan akan menjadi lebih lezat dan segar dengan tetesan dari perasan jeruk nipis. Nafsu makanpun akan bertambah, dan ini adalah hal baik bagi anda yang tergolong susah makan.

33. Mempermudah sistem kerja organ tubuh

Sistem kerja organ tubuh dapat terhambat oleh gangguan-gangguan kesehatan. Hal ini dapat menimbulkan penyakit pada tubuh karena organ tidak bekerja secara maksimal. Penuhi istirahat anda dengan baik, serta konsumsi jeruk nipis setiap hari untuk mempermudah sistem kerja tubuh.

34. Menutrisi ginjal

Ginjal yang tidak sehat dapat menimbulkan gangguan penyakit gagal ginjal. Donor ginjal adalah solusi terakhir untuk penyakit tersebut. Jeruk nipis terbukti dapat menutrisi ginjal karena vitamin c didalamnya mampu melancarkan sistem kerjanya, serta menutrisi sel didalamnya dengan baik. Ginjal anda akan sehat, dan terbebas dari penyakit berbahaya.

35. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah organ tubuh yang vital sehingga kesehatannya harus dijaga dengan baik. Jika jantung tidak sehat, maka organ lain akan terganggu juga karena jantung bekerja sebagai pompa dalam tubuh. Jaga kesehatan jantung anda dengan mengkonsumsi jeruk nipis yang mempunyai kandungan oksigen cukup tinggi.

36. Membersihkan pencernaan dari kotoran

Pencernaan yang tidak lancar dapat disebabkan oleh kotoran-kotoran yang tidak keluar. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis terbukti mampu membersihkan pencernaan dari kotoran, sehingga pencernaan bisa kembali lancar.

37. Mencegah penyakit berbahaya

Penyakit-penyakit berbahaya bisa timbul dari beberapa faktor, salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat. Jika anda sering mengkonsumsi makanan tidak sehat, anda mempunyai kesempatan untuk menderita penyakit. Kandungan yang dimiliki jeruk nipis terbukti dapat mencegah penyakit berbahaya.

38. Mengobati demam saat malaria

Jeruk nipis mampu menaikan tingkat trombosit kembali dengan mengkonsumsinya secara rutin serta sesuai dengan anjuran dokter. Kandungan tembaga dan potassium didalamnya mampu menutrisi tubuh anda pada saat malaria, sehingga anda dapat cepat pulih kembali.

39. Mengobati sendi yang terkilir

Sendi yang terkilir jika tidak diobati akan menjadi sesuatu yang vatal, sehingga tulang anda akan terganggu kinerjanya. Obati sendi yang terkilir dengan jeruk nipis, karena kandungan didalamnya mampu menutrisi tulang dengan baik. Pastikan untuk konsultasi juga dengan dokter tulang terdekat.

40. Menghilangkan pegal linu

Pegal linu dapat disebabkan karena sendi tidak mendapat nutrisi yang cukup, sehingga anda akan merasa cepat lelah dan pegal. Disamping itu, aktivitas yang beratpun akan menyebabkan pegal linu pada tulang. Asam yang terdapat pada jeruk nipis mampu menghilangkan pegal linu karena melarutkan zat-zat yang menyebabkan pegal linu pada sendi anda.

41. Mempermudah keluarnya lendir ditenggorokan

Lendir ini bisa disebabkan oleh penyakit ataupun tenggorokan yang tidak sehat. Konsumsi jeruk nipis setiap hari maka lendir anda akan terdorong untuk keluar, sehingga tenggorokan anda akan terasa nyaman kembali.

42. Membantu menghentikan kebiasaan merokok

Jika anda sering merokok dan ingin memulai hidup sehat pilihlah jeruk nipis sebagai solusinya. Jeruk nipis dipercaya mampu menghentikan kebiasaan merokok karena rasanya yang menyegarkan, sehingga bisa mengembalikan fungsi lidah akibat efek negatif dari rokok. Lidah andapun akan berasa kembali, dan anda tidak akan merokok lagi.

43. Melebatkan rambut

Rambut rontok dapat menyebabkan kebotakan serta penuaan dini pada kulit rambut. Rambut rontok tentunya dapat mengurangi kepercayaan diri anda, gunakan air perasan jeruk nipis pada rambut rontok. Kandung didalamnya mampu menutrisi kulit kepala, dan menghilangkan penyebab rambut rontok.

44. Menghilangkan ketombe

Ketombe di kulit kepala dihasilkan karena jamur yang membandel. Jamur yang membandel ini sangat mengganggu kesehatan kulit kepala. Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai solusinya karena mampu menghilangkan segala jenis jamur serta kuman penyebab ketombe.

45. Mengobati difteri

Difteri dapat disebabkan karena beberapa faktor. Gangguan kesehatan ini sangat berbahaya karena mengganggu sistem kerja organ dalam mulut. Obati difteri secara alami dengan menggunakan jeruk nipis, antisepktik alaminya mampu membunuh kuman, sehingga mulut akan terbebas dari penyakit. Pastikan anda konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Cara Memanfaatkan Jeruk Nipis Untuk Kesehatan :

Sebagai bahan alami, jeruk nipis berkhasiat mengobati dan mengatasi berbagai macam penyakit dengan kandungan beragam didalamnya. Jeruk nipispun mampu mengobati ambeien dengan cara memanfaatkan akarnya sebanyak 10gr, lalu cuci hingga bersih, kemudian rebus dengan 1 liter air selama satu jam. Minum hangat-hangat 3kali sehari.

Selanjutnya, untuk mengobati penyakit dalam, cukup siapkan buah ini secukupnya untuk dijadikan minuman. Caranya adalah peras buah yang telah dicuci, larutkan dengan dua gelas air hangat (biasanya satu buah cukup untuk satu gelas). Minum larutan ini setelah makan, dan lakukan secara rutin selama satu bulan.

Cara untuk mengobati demam atau flu adalah dengan mencampurkan jeruk nipis dengan bawang merah, sebelum dicampurkan panggang terlebih dahulu jeruk nipisnya, lalu lumatkan 3 siung bawang merah. Siapkan satu sendok minyak kelapa, lalu tuangkan kedalam campuran bawang merah dan jeruk nipis. Oleskan pada kening penderita demam

Cara selanjutnya untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur, anda cukup siapkan tiga sendok makan air perasan nipis, kemudian tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. Didihkan air sebanyak 2 gelas, lalu masukan jeruk nipis dan madu sesuai takaran kedalam air yang sudah didihkan. Minum selagi hangat, lakukan 3 kali sehari.

Jeruk nipis pun bisa mengatasi vertigo dengan cara sebagai berikut, pertama siapkan setengah buah jeruk nipis beserta lima buah daunnya yang telah dilumatkan. Campurkan keduanya dan gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Pijat perlahan dan imbangi dengan istirahat yang cukup untuk hasil yang maksimal.

Jika anda menderita radang tenggorokan, jeruk nipis bisa mengobatinya dengan cara memotong 3 buah jeruk nipis yang sudah masak. Seduh air perasannya dengan setengah gelas air panas, tambahkan satu sendok madu untuk pemanis rasanya, kemudian aduk hingga merata. Gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur selama 3 menit. Lakukan selama 3 hari secara rutin.

Terakhir adalah menghilangkan panu dengan jeruk nipis dengan cara sebagai berikut. Siapkan satu buah, lalu ambil airnya. Siapkan daun buah ini sebanyak tiga buah, daun kendal, dan daun prasman. Campur semuanya, kemudian rebus dengan satu gelas air hingga tersisa setengah gelas. Minum air tersebut setiap pagi dan sore.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan :

1. Mencegah kanker kulit

jeruk nipis mempunyai kandungan antioksidan yang berlimpah mampu memotong pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, termasuk kanker kulit. Senyawa antioksidan dalam buah jeruk ini mampu menghilangkan sel yang berlipat ganda, sehingga sel penyebab kanker akan putus dengan sendirinya.

2. Menghilangkan noda bekas jerawat

Noda bekas jerawat tentunya sangat mengganggu penampilan anda. Noda ini berasal dari jerawat yang berubah menjadi luka kemudian membekas menjadi warna hitam. Jeruk nipis mampu menghilangkan bekas jerawat dengan cara mengoleskannya dengan madu, anda harus bersabar walaupun terasa perih tapi hasilnya akan maksimal.

3. Mengencangkan kulit

Kulit yang terawat akan terlihat berbeda dan berkesan lebih kencang juga muda. Tentunya, anda pasti ingin terlihat awet muda dari umur anda saat ini. Mengkonsumsi buah ini secara rutin bisa mengatasinya karena kandungan vitamin C yang bisa menutrisi kulit dengan baik. Disamping itu kandungan minyak volatil serta antioksidan mampu menjaga kesehatan kulit anda.

4. Meregenerasi kulit wajah dengan baik

Sel kulit mati akan membuat wajah anda terlihat lebih kusam dan terlihat tidak sehat. Kolagen yang terdapat dalam vitamin C pada jeruk nipis mampu bekerja secara optimal dengan meregenerasi kulit. Kolagen ini pun akan membentuk kolegen yang baru pada kulit, sehingga permukaan kulit akan terangsang untuk membentuk sel yang baru.

5. Mencerahkan wajah

Vitamin C adalah senyawa yang sangat penting untuk perkembangan serta kesehatan kulit. Vitamin ini dipercaya mempunyai khasiat mencerahkan wajah secara alami, apalagi kandungannya dalam jeruk nipis sebanyak 48% dalam setiap seratus gramnya. Pastikan untuk mengkonsumsi buah ini ataupun mengoleskan perasannya ke wajah secara rutin.

6. Menghaluskan kulit

Kulit yang kasar biasanya disebabkan oleh kulit yang kering. Masalah ini terjadi pada kulit yang kurang nutrisi. Air perasan buah ini dengan vitamin C yang tinggi mampu menutri kulit dengan baik, sehingga kulit akan menjadi lembut dan lembab. Gunakan jeruk nipis setiap malam sebelum tidur secara rutin untuk hasil yang maksimal.

7. Mengangkat sisa kotoran dari kosmetik

Sisa kotoran dari kosmetik dapat menyebabkan efek samping, ataupun perangsang timbulnya jerawat. Pastikan anda selalu membersihkan wajah setelah memakai kosmetik, selain itu tambahkan jeruk nipis pada airnya. Jeruk nipis yang mempunyai kandungan antiseptik alami mampu membasmi kotoran yang dihasilkan dari sisa-sisa kosmetik.

8. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dihasilkan dari paparan sinar matahari, polusi, asap, serta debu yang dapat merusak kulit dan nutrisi didalamnya. senyawa antioksidan dalam jeruk nipis mampu menangkal radikal bebas dikulit, sehingga kulit andapun sehat dan ternutrisi dengan baik. Minum perasan jeruk nipis secara rutin untuk hasil yang maksimal.

9. Mengangkat komedo membandel

Komedo membandel disebabkan oleh pori-pori yang terbuka sehingga kotoran mudah masuk dan menetap didalamnya. komedo adalah masalah hampir untuk semua kalangan. Jeruk nipis mampu menghilangkan komedo karena mengandung vitamin C yang dapat menutrisi kulit sehingga pori-pori dapat dikontrok dengan baik.

10. Menyerap produksi minyak berlebih pada wajah

Minyak berlebih pada wajah dapat membuat kesan dekil, serta wajah tidak terlihat ternutrisi. Hilangkan semua minyak pada wajah anda dengan jeruk nipis secara efektif. Jeruk nipis mampu memberi stimulus kepada wajah sehingga kulit akan terbebas dari minyak. Wajah anda pun akan terlihat cerah serta berseri tanpa minyak.

11. Menghilangkan racun pada kulit

Menghilangkan kosmetik pada wajah dengan penghapus make up tentunya meninggalkan racun yang menyerap pada kulit. Racun tersebut bisa menyebabkan peradangan, infeksi ataupun kanker kulit. Pastikan untuk melibatkan jeruk nipis dalam proses membersihkan wajah anda supaya terbebas dari racun.

12. Membuat wajah lebih sehat

Terangkatnya komedo dan sel mati pada kulit menandakan wajah anda terawat dan sehat. Maka kulitpun akan terlihat segar dan putih alami. Hal ini bisa dihasilkan dari pemakain jeruk nipis secara rutin pada wajah anda karena mengandung vitamin B yang baik untuk menyehatkan kulit.

13. Mengangkat sel kulit mati seketika

Kandungan AHA pada buah jeruk nipis berkhasiat mengangkat sel kulit mati pada wajah anda. kulit yang bersih tanpa sel kulit mati, dapat membuat pori-porinya bernapas dengan bebas, serta membuat regenerasi kulit menjadi lancar, sehingga menghasilkan kulit yang elastis serta awet muda.

14. Mencegah timbulnya jerawat

Jerawat tentunya sangat mengganggu kenyamanan serta penampilan anda. jerawat bisa dicegah dengan menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alami. Kandungan antiseptik dan vitamin C nya mampu membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Wajah andapun akan bersih dan terbebas dari masalah kulit yang membandel ini.

15. Mempercepat keringnya jerawat

Jangan kecewa jika anda terlanjur memiliki jerawat pada wajah. Jeruk nipis mampu membasminya dengan mempercepat keringnya jerawat sehingga kulit anda akan segera bersih kembali. Olehkan perasan jeruk nipis pada jerawat yang tumbuh, tahan sedikit meski rasanya agak perih. Hasilnya akan memuaskan bila anda menggunakannya secara rutin.

16. Menghilangkan beruntusan

Beruntusan bisa muncul secara tiba-tiba. Biasanya, masalah kulit ini datang karena air yang dipakai tidak cocok sehingga menimbulkan bintik-bintik pada wajah. Pastikan anda selalu menyiapkan jeruk nipis di rumah untuk menghilangkan beruntusan secara optimal. Oleskan perasan jeruk nipis, atau minum untuk menghilangkan beruntusan.

17. Menghilangkan darah kotor

Darah kotor merupakan penyebab timbulnya jerawat dikulit. Biasanya, jerawat yang disebabkan oleh darah kotor itu akan membandel dan susah untuk dimusnahkan. Jangan khawatir bisa anda memiliki keluhan ini karena jeruk nipis mampu mengatasinya. Kandungan antioksidannya mampu melancarkan peredaran darah, sehingga jerawatpun tidak akan tumbuh kembali.

18. Menutrisi kulit dengan baik

Nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis mampu menyehatkan serta menyegarkan kulit. Kulitpun akan lebih sehat dengan manfaat dari vitamin C yang dimiliki oleh jeruk nipis. Wajah andapun akan terlihat putih berseri secara alami.

19. Menjadi pemutih alami

Kulit putih dan bersih tentunya dambaan bagi setiap kaum hawa. Tak heran, skincare dan dokter kecantikan selalu penuh oleh pasien. Jeruk nipis mampu membuat kulit anda menjadi putih alami dengan menjadikannya sebagai masker. Andapun tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan kulit putih, karena jeruk nipis bisa menjadi solusinya.

20. Menghilangkan flek hitam

Flek hitam diwajah disebabkan karena bekas jerawat ataupun paparan sinar matahari, sehingga membuat kulit menghasilkan bintik-bintik hitam. Biasanya flek hitam ini sangat membandel jika tidak dirawat dengan baik. Jeruk nipis mampu menghilangkan flek hitam karena kandungan vitamin C didalamnya mampu menyehatkan kulit wajah secara optimal.

21. Menghilangkan lemak pada kulit wajah

Lemak pada kulit wajah dapat mengganggu penampilan anda, karena wajah anda akan terlihat, besar dan lebar. Mempunyai wajah yang tiru tentunya dambaan bagi setiap kaum hawa. Jeruk nipis mampu menghilangkan lemak karena kandungan vitamin C didalamnya. Konsumsi jeruk nipis secara rutin untuk mendapatkan pipi yang tirus dan terbebas dari lemak.

22. Mempercepat tumbuhnya sel baru

Sel lama yang tidak hilang akan menghambat proses regenerasi sel baru. Hal ini membuat wajah anda terlihat kusam dan tidak ternutrisi. Jeruk nipis mampu mengatasinya dengan mengganti sel lama dengan sel yang baru, sehingga wajah anda akan terlihat putih dan bersih secara alami.

23. Menghilangkan kulit kasar

Kulit kasar disebabkan oleh proses regenerasi kulit yang tidak merata. Kulit kasar ini akan memberi kesan wajah yang kusam dan terlihat kering. Jeruk nipis mampu melembabkan kulit dan menghilangkan kulit kasar karena vitamin C didalamnya. Minum perasan air jeruk nipis secara rutin sehingga akan terbebas dari kulit kasar.

24. Menutrisi kulit kering

Kulit kering disebabkan karena kekurangan vitamin C dan E serta mineral yang penting untuk kesehatan. Kulit kering dapat menghasilkan kerutan diwajah, tentunya masalah ini harus anda hindari. Kulit anda harus tetap terjaga kesehatannya dengan terus minum air perasan jeruk nipis secara rutin. Jeruk nipis mempunyai vitamin C yang akan menutrisi kulit yang kering.

25. Melembabkan kulit

Kulit yang lembab adalah salah satu indikator sehat dan ideal. Kulit lembab dapat dihasilkan dari kandungan jeruk nipis, karena didalamnyamempunyai kandungan vitamin yang mampu melembabkan kulit wajah secara alami. Andapun akan mempunyai kulit wajah yang sehat dan ideal tanpa harus pergi ke klinik kecantikan.

26. Membersihkan kulit

Jika anda mempunyai kulit yang bersih, anda akan terbebas dari segala macam gangguan kecantikan termasuk jerawat dan flek hitam. Kulit yang bersih dihasilkan dari peredaran darah yang lancar, jerawatpun tidak tumbuh membandel. Kandungan vitamin, antiseptik, serta antioksidan dalam jeruk nipis mampu membersihkan kulit secara alami.

27. Membuat kulit terlihat glowing

Kulit glowing merupakan kulit yang lembab dan terawat sehingga terkesan bersih serta bersinar. Kulit glowing ini tentunya dambaan bagi setiap kaum hawa. Jeruk nipis mampu memberi nutrisi pada kulit sehingga kulit menjadi terawat dan sehat. Andapun bisa mempunyai kulit glowing yang membuat anda terlihat lebih cantik dari sebelumnya.

28. Membuat wajah terlihat awet mudah

Wajah yang terlihat awet muda karena mempunyai kulit yang elastis dan fleksibel sehingga tidak ada kerutan penuaan dini. Kerutan diwajah bisa ditimbulkan dari stress, kulit kering, kulit yang tidak sehat dan kurang nutrisi. Rawat kulit anda dari dalam dengan minum air jeruk nipis, karena kandungan vitamin Cnya mampu membuat anda terlihat awet muda.

29. Menetralkan pH diwajah

pH diwajah dapat berubah karena pelembab, pembersih wajah, ataupun jenis skincare lainnya yang mengandung zat kimia didalamnya. Jika pH diwajah tidak stabil, maka jerawat akan mudah tumbuh, dan kesehatan kulit wajahpun terngganggu. Kandungan asam pada jeruk nipis mampu menetralkan pH diwajah, pastikan untuk menggukannnya sesuai dengan dosisnya.

30. Menyembuhkan radang jerawat

Jerawat bisa meradang jika membandel, dan tidak dirawat dengan baik. Jerawat disebabkan karena wajah yang kotor, ukuran pori-pori yang tidak terkontrol, ataupun efek samping make up juga skin care. Jeruk nipis mampu menyembuhkan radang jerawat dengan kandungan antiseptik alami, vitamin C serta vitamin B yang terkandung didalamnya.

31. Mencegah komedo

Komedo diwajah disebabkan oleh kotoran, debu, ataupun bekas make up yang tidak dibersihkan dengan baik. Kotoranpun berubah menjadi komedo dan bertahan didalam pori-pori wajah. Buah ini mampu mencegah komedo, karena mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi membersihkan wajah secara menyeluruh.

32. Mengontrol ukuran pori-pori

Ukuran pori-pori wajah dapat menentukan kebersihan kulit anda. Jika pori-pori terlalu terbuka lebar, maka kotoran penyebab komedopun akan mudah masuk dan bertahan disana. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit. Jeruk nipis yang mempunyai kandungan antioksidan baik untuk kulit, mampu mengontol ukuran pori-pori pada wajah.

33. Mengontrol minyak pada kulit

Minyak pada kulit wajah dapat membuat kulit anda terlihat kusam dan tidak menarik. Hal ini membuat wajah anda terlihat tidak cantik dan kurang ternutrisi. Pastikan untuk menjaga kesehatan kulit wajah anda dengan mengontrol minyaknya. Jeruk nipis mampu mengatasi masalah ini karena vitamin C didalamnya dapat mengontrol minyak secara optimal.

34. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini dapat disebabkan oleh kerutan diwajah yang dapat membuat anda terlihat lebih tua dari umur seharusnya. Masalah ini sering ditemui dan banyak sekali yang mengeluhkannya. Gunakan jeruk nipis sebagai masker untuk menutrisi kulit anda, sehingga anda akan terlihat lebih muda dan segar seketika.

35. Menghilangkan radikal bebas

Radikal bebas pada kulit wajah mampu menghilangkan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatannya. Antioksidan mampu menyangkal radikal bebas penyebab kulit menjadi tidak sehat, kandungan ini bisa anda dapatkan dari air perasan jeruk nipis. Pastikan untuk mengkonsumsinya secara rutin untuk menghilangkan radikal bebas secara natural.

36. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Jerawat dapat disebabkan oleh wajah kotor yang dipenuhi bakteri jahat. Bakteri ini akan berkembang jika tidak bersihakan dengan baik. Jeruk nipis mampu membunuh bakteri tersebut karena kandungan antiseptik, antibakteri dan vitamin C di dalamnya. Wajah andapun akan ter bebas dari bakteri penyebab jerawat.

37. Menghilangkan jamur pada wajah

Jamur pada wajah tentunya dapat menyebabkan penampilan anda terlihat tidak menarik. Solusinya terdapat pada jeruk nipis yang terbukti mengandung antiseptik, asam sitrat serta antibakteri yang mampu menghilangkan jamur pada kulit. Wajah andapun akan bersih terbebas dari jamur, dan cerah berseri.

38. Mengatasi efek samping dari make up

Pemakaian make up setiap hari bisa menurunkan tingkat kesehatan pada kulit anda. Kulit anda bisa menjadi kering, berminyak, dan kusam karena zat kimia yang terkandung pada make up. Jeruk nipis mampu mengatasi efek samping tersebut karena kandungan vitamin B dan C yang baik untuk kesehatan kulit.

39. Membuat make up bertahan lebih lama

Make up bisa bertahan lama berkat kondisi wajah yang lembab terbebas dari minyak berlebih. Minyak berlebih pada wajah, dapat membuat make up cepat luntur dan ini tentunya sangat melelahkan. Penuhi nutrisi kulit anda dengan vitamin yang terkandung dalam jeruk nipis secara alami. Make up andapun bisa bertahan lebih lama dari sebelumnya.

40. Membersihkan kulit dari kotoran

Aktivitas sehari-hari tentunya bisa membuat kulit wajah kotor karena debu ataupun kotoran yang menempel. Kulit akan menjadi kotor dan terlihat kusam. Pastikan anda sering membersihkan kulit anda secara menyeluruh dengan jeruk nipis. Manfaatnya akan terasa jika anda membersihkan kulit anda secara rutin.

41. Memberi nutrisi pada sel kulit baru

Sel kulit baru ibaratkan bayi yang butuh nutrisi lebih dan khusus. Sel kulit baru harus dijaga dengan merawatnya dengan baik. Kandungan vitamin C dan B pada jeruk nipis mampu memenuhi nutrisi pada sel kulit baru, sehingga kulit anda akan menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

42. Mempercepat regenerasi kulit

Regenerasi kulit tentunya harus tepat waktu, jika tidak sel kulit mati akan menumpuk di permukaan dan menyebabkan kulit menjadi kusam. Kulit yang bersih tentunya mempunyai proses regenerasi yang cepat dan tepat. Kandungan anti oksidan pada jeruk nipis mampu mempercepat proses regenerasi pada kulit.

43. Membuat bibir merah alami

Bibir merah alami bisa dihasilkan dari kandungan vitamin C pada jeruk nipis. Tempelkan irisan jeruk nipis pada bibir untuk mendapatkan bibir merah alami. Selain itu, minum air perasannya setiap pagi untuk mendapatkan bibir yang lembab dan sehat.

44. Membuat kulit lebih fresh

Kulit fresh disebabkan oleh nutrisi yang cukup dan sel-sel yang sehat. Jeruk nipis mampu membuat kulit lebih fresh karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang mampu menghilangkan radikal bebas sehingga kulit akan terasa lebih segar dan fresh. Kulit andapun akan ternutrisi dengan baik.

45. Menghilangkan kerutan di wajah

Kerutan diwajah pastinya dapat menimbulkan menuaan dini dan sangat mengganggu kecantikan anda. Kerutan diwajah ini disebabkan karena otot pada sel kulit kendur, dan tidak elastis. Jeruk nipis mampu menghilangkan kerutan diwajah dengan menjadikannya sebagai masker alami, dan minum air perasannya secara rutin.

Cara Memanfaatkan Jeruk nipis untuk Kecantikan :

Pastikan untuk selalu menyiapkan jeruk nipis di rumah anda, karena khasiatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan wajah. Buah ini bisa manfaatkan sebagai masker alami untuk menghilangkan segala jenis masalah pada kulit wajah. Cukup peras beberapa buah, campurkan dengan madu, olehkan pada wajah, dan biarkan selama 5 menit. Rasakan khasiatnya.

Disamping itu, jika anda masih ragu dengan mengaplikasikannya langsung pada wajah, buah ini bisa dijadikan sebagai minuman yang segar. Tentunya, minuman ini bisa dijadikan tonik alami untuk menutrisi kulit anda, caranya ambil air perasan jeruk nipis, campurkan dengan air kelapa. Rasanya yang segar ternyata memiliki banyak khasiat.

Efek Samping Jeruk Nipis :

Efek Samping Jeruk Nipis

Ternyata, dibalik banyaknya manfaat yang didapat dari mengkonsumsi perasan nipis, ada beberapa efek samping yang perlu diwaspadai, diantaranya :

1. Dapat menimbulkan alergi
2. Menaikan produksi asam lambung
3. Memicu timbulnya Gatal-gatal
4. Terasa perih pada kulit
5. Gangguan pencernaan
6. Memicu datangnya penyakit maag
7. Menimbulkan radang
8. Mengganggu kinerja organ tubuh
9. Menghilangkan bakteri baik
10. Merusak ginjal pada pemakaian diluar dosis wajar
11. Merusak sel kulit yang baik pada pemakaian berlebih
12. Gangguan nafsu makan
13. Mengikis lapisan gigi
14. Bau mulut
15. Produksi air liur yang berlebihan
16. Gigi menjadi mudah merasa ngilu
17. Pembentukan batu ginjal
18. Gangguan hemokromatosis
19. Migran
20. Sering buat aing kecil

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Itulah informasi mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, kecantikan, beserta efek sampingnya yang telah dijelaskan dengan lengkap. Ingat, pastikan untuk mengkonsumsinya secara teratur, jangan berlebihan jika tidak ingin menimbulkan efek samping. Rata orang memanfaatkan jenis jeruk ini untuk obat penyakit batuk, penyedap makanan,  menghilangkan karatan pada besi, perawatan kulit dan mencuci rambut.

Advertisements

Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Buah

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top