Connect with us
Jeruk, Limau, Manfaat Jeruk, Khsaiat Jeruk

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jeruk atau limau adalah tanaman berbunga dari keluarga jeruk-jerukan yang memiliki rasa masam segar. Buah jeruk menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, meskipun kandungan vitamin C tertinggi bukan ada pada buah ini. Namun memang rasanya yang fleksibel dan lezat cenderung jadi favorit banyak orang. Misalnya untuk dimakan langsung, dibuat jus, es, atau bahkan minuman hangat. Selain itu, manfaat jeruk juga efektif untuk mengatasi dahaga dan dehidrasi.

Jeruk, Limau, Manfaat Jeruk, Khsaiat Jeruk

Ada beragam jenis jeruk di dunia ini. Namun secara keseluruhan manfaatnya sama, menjadi salah satu sumber vitamin C yang ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Minum sari perasannya yang segar tanpa gula, sebanyak 4-5 butir sehari di pagi hari, sudah terbukti ampuh membuat badan fit seharian, selama sedang kerja maupun sekolah.

Jenis Jeruk :

  • Jeruk Purut
  • Jeruk Nipis
  • Jeruk Kingkit
  • Jeruk Manis
  • Jeruk Kingkit
  • Jeruk Sitrun
  • Jeruk bali

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jeruk :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jeruk

Selama ini buah bernama jeruk identik dengan vitamin C saja. Padahal kandungan vitamin C tertinggi buah bukan padanya. Manfaat buah ini dianggap ampuh mengobati sariawan dan panas dalam, padahal bukan hanya itu saja manfaatnya. Untuk menilik manfaat sebenarnya dari buah ini tentu saja wajib mengetahui kandungan gizinya secara keseluruhan.

Rupanya, jeruk kaya dengan asam folat dan beta karoten yang bagus sekali sebagai antioksidan dan mengaktifkan enzim dan hormon penting. Selain itu, buah ini juga mengandung asam pantotenik dan zat zeaxanthin. Kemudian mineral seperti tembaga dan kalsium juga ditemukan.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan :

1. Mengobati Sariawan

Bagaimana bisa jeruk mengobati sariawan? Tentu bisa, buah ini mengandung banyak vitamin C yang dapat mengobati sariawan. Caranya mudah, kita bisa langsung memakannya atau memerasnya terlebih dahulu, jika bisa jangan tambahkan gula. Jika rutin memakan buah ini, sariawan pun akan cepat terobati.

2. Mencegah Radang Tenggorokan

Penyebab radang tenggorokan ada banyak, salah satunya adalah terlalu sering mengonsumsi makanan yang bersantan dan berminyak serta kekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan radang tenggorokan. jadi untuk mencegah terkena radang tenggorokan, kita bisa mengambil manfaat buah jeruk yaitu mencegah radang tenggorokan. Buah ini mengandung vitamin C seringga mampu melarutkan minyak yang kita konsumsi.

3. Mengobati Flu

Flu terjadi karena sistem imun didalam tubuh kita sedang turun. Turunnya sistem imun bisa terjadi karena kita kekurangan vitamin C. Untuk itu saat sudah ada tanda-tanda akan terkena flu segeralah mengonsumsi vitamin C atau buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C seperti buah jeruk.

4. Mengobati Batuk

Saat kita sering mengonsumsi makanan yang manis, berminyak, atau makanan atau minuman yang dingin kadang kita rawan terkena batuk. Sebenarnya mengonsumsi makanan manis, berminyak, dan makanan atau minuman yang dingin bukanlah masalah jika sistem pertahanan tubuh kita sedang bagus. Untuk itu kia harus rajin untuk mengonsumsi makanan khususnya buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk menjaga sistem pertanahanan tubuh kita. Kita bisa mengambil manfaat buah jeruk yang kaya akan vitamin C untuk mengobati batuk.

5. Mencegah Kolesterol

Kolesterol bisa menyerang siapapun mulai dari anak muda sampai orang dewasa semuanya bisa terserang kolesterol jika terlalu sering mengonsumsi makanan yang berlemak. Untuk itu saat kita mengonsumsi makanan berlemak seperti steak, ayam goreng, daging dan lain sebagainya, kita perlu imbangi dengan mengonusmsi jus jeruk. Buah ini mengandung banyak vitamin C yang bisa melarutkan lemak.

Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Lainnya:

6. Mengatasi demam
7. Melegakan tenggorokan
8. Membuat napas segar
9. Meringankan nyeri
10. Meningkatkan kekebalan tubuh
11. Membuat tubuh bugar
12. Menghilangkan rasa letih dan lemas
13. Membantu pembentukan membran sel
14. Melancarkan regenerasi sel
15. Menghilangkan sakit kepala
16. Menyembuhkan migraine
17. Mengatasi hipotensi
18. Meringankan gejala tifus
19. Menghilangkan asam lambung
20. Meningkatkan kadar basa dalam tubuh
21. Mencegah kanker
22. Membersihkan lambung
23. Membersihkan usus
24. Mengatasi anemia
25. Mengobati meriang

Cara Memanfaatkan Jeruk Untuk Kesehatan:

Agar diperoleh manfaat maksimal dari buah berasa masam ini, sebaiknya memakannya langsung dengan mengupasnya dan membuang biji serta jaring-jaring kulit pada siungnya yang warna putih dan rasa pahit.

Manfaat jeruk dimakan siuangan begini membuat kandungan gizinya masih lengkap dan mudah dicerna tubuh. Apalagi kalau makannya bersiung-siung dengan cara dikunyah. Proses pengunyahan ini akan membantu proses pencernaan lebih baik. Glukosa atau gula yang terkandung dalam jeruk lebih mudah diubah jadi energi.

Manfaat Jeruk Untuk Kecantikan:

1. Mengurangi Kadar Minyak di Wajah

Minyak diwajah adalah salah satu masalah yang paling banyak di alami orang orang. Untuk mengurangi masalah ini kita bisa mengambil manfaat buah jeruk yang mengandung banyak vitamin C untuk mengurangi kadar minyak di wajah kita. Caranya mudah, cukup peras buah ini lalu oleskan diwajah dan tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

2. Mencegah Jerawat

Jerawat adalah masalah yang sangat membuat kita tidak percaya diri. Penyebab jerawat adalah karena pori-pori yang besar dan tersumbatnya kotoran di wajah karena kadar minyak berlebih. Solusi untuk masalah jerawat adalah kita bisa gunakan masker dari jeruk. Caranya mudah kita hanya perlu mencuci wajah kita dengan air hangat lalu oleskan perasan buah ini ke wajah. Lalu tunggu sampai kering setelah itu cuci wajah dengan air dingin.

3. Memutihkan Kulit Wajah

Manfaat jeruk baik untuk memutihkan kulit. Cara memakainya mudah saja, tinggal pakai saja beberapa siung jeruk untuk kemudian diperas dan dioleskan ke wajah. Manfaat ini akan lebih ampuh terasanya bila dicampur dengan bahan lainnya, seperti madu.

4. Mencerahkan Kulit

Untuk yang sudah memiliki wajah putih, sebaiknya jangan ragu menggunakan jeruk untuk mencerahkan kulit tubuh. Kadang-kadang orang hanya putih wajahnya saja karena pengaruh krim, untuk itu, cerahkan pula bagian tubuh lainnya dengan rajin minum perasan buah ini.

5. Mencegah Komedo di Wajah

Sering memakan buah bisa mencegah komedo muncul karena minyak penyebab komedo bisa hilang. Sebagaimana manfaat jeruk ini pun ampuh untuk cegah komedo. Sekalipun sudah muncul komedonya, bisa kok hilang!

Manfaat Jeruk Untuk Kecantikan Lainnya:

6. Membuang lemak dari tubuh
7. Mengatasi kegemukan
8. Membuat wajah jadi segar
9. Membuat kulit tubuh lembab
10. Menjernihkan bola mata
11. Mengatasi mulut kering
12. Mencegah bibir pecah-pecah
13. Memutihkan gigi
14. Menghilangkan bau badan
15. Membuat bibir jadi segar kemerahan

Cara Memanfaatkan Jeruk Untuk Kecantikan :

Tak ada cara khusus untuk mengambil manfaat jeruk guna menunjang kecantikan ini. Yang paling penting adalah hindari buah yang busuk dan mengandung bakteri. Serta sebaiknya buah limau ini tidak dipanaskan dalam suhu tinggi.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, alangkah baiknya gunakan jeruk manis untuk masker wajah dan lulur. Hanya gunakanlah yang rasanya manis dan hindari kontak dengan luka jerawat. Sebab kalau buahnya asam dan ada luka pula, nantinya bisa perih.

Efek Samping Buah Jeruk :

Efek Samping Buah Jeruk

Berikut adalah efek sampingnya yang mungkin terjadi bila dikonsumsi berlebihan dalam kondisi perut kosong.

1. Nyeri perut
2. Perih perut
3. Bersendawa
4. Diare
5. Muntah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kurma untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tatkala memperhatikan berbagai manfaat buah jeruk untuk kesehatan dan kecantikan, sudah sepantasnya segera mengambilnya baik-baik. Minum air perasan murni dari buah limau sebanyak 3 kali sehari efektif untuk menambah stamina.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top